Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Ketupat yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ketupat yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Ketupat yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ketupat, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ketupat ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Ketupat yaitu 20 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat memakai 3 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ketupat salah satu menu yg wajib ada dirmh tiap hari raya Idul Fitri, kalau lebaran gak ada ketupat rasanya ada yg kurang. Buat yg blm prnh bkn ketupat, pasti takut hasilnya nanti keras & berbentuk spt nasi. Alhamdulillah dg cara yg diajarin mama ini, tiap kali bikin ketupat sendiri​ sll berhasil, ketupatnya lembut, pas gak terlalu lembek/keras. Udah gitu awet gak gampang basi moms, bs bertahan smp 2-3hr lho 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat:

  1. 1 kg beras, cuci bersih
  2. 20 buah ketupat
  3. Air untuk merebus ketupat

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat

1
Cuci bersih beras, rendam dg sedikit air. Didihkan air 1 panci besar, untuk merebus ketupat. Airnya hrs byk ya moms, spy semua ketupat bs terendam air.
2
Isi dg beras, sebanyak setengah dr ketupatnya (untuk ketupat kecil) & setengah lebih sedikit untuk ketupat yg besar (3/4 nya)
Ketupat - Step 2
3
Masukkan ketupat yg sdh diisi beras kedalam panci berisi air (spy beras yg keluar/nempel2 diluar ketupat bs jatuh kedlm air).
Ketupat - Step 3
4
Setelah semua ketupat telah terisi beras, masukkan kedalam panci yg airnya sdh mendidih, satu per satu & smp semua ketupat terendam air.
Ketupat - Step 4
5
Masak slm 4 jam, agar ketupat tanek (bhs jawanya 😁) & awet tdk gampang basi. Setiap air rebusan ketupat berkurang, isi kembali dg air panas, agar ketupat tetap terendam air seluruhnya, sekali2 ketupat yg ada dibawah, dibalik/diaduk ke atas. spy semua ketupat bnr2 matang dg rata.
Ketupat - Step 5
6
Setelah 4 jam, angkat ketupat, cuci dg air mengalir sekedarnya, untuk menghilangkan beras yg nempel2 diluar ketupat, spy saat disajikan kulit ketupat bersih & tdk lengket (terlihat kotor)
7
Gantung semua ketupat smp airnya turun & bnr2 kering/set
Ketupat - Step 7
8
Ketupat siap disajikan dg opor ayam dan teman2nya πŸ˜„
9
Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri moms, mohon maaf lahir batin πŸ™ 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Pernah masak sayur nangka dibumbu opor,moms? Enak lho.. Coba yuk dan share juga yaa ^.^

Cara mengisi & rebus ketupat sinta

Cara mengisi & rebus ketupat sinta

Sebelumnya salam kenal dulu nih berbagi resep yang aku bisa , kebetulan tadi paman dapet janur jasilah iseng bikin ketupat bareng ibu hehe maklum , masih rada belajar juga , dan ingin berbagi resep sama pemirsa setia cookpad dan sahabat yang lain...yuk mari ikuti langkahnya...

20 buah ketupat ukuran sedang
-+4jam
Ketupat sayur / lontong sayur padang

Ketupat sayur / lontong sayur padang

Lagi kngen sama ketupat sayur langganan ,,

10 porsi
2 jam
Ketupat betumis

Ketupat betumis

Karna sudah bosen dengan menu yang itu itu aja . Jadi mari kita coba menu khas Banjar yaitu ketupat betumis πŸ˜‰

banyak
1 jam 30 menit
Ketupat

Ketupat

Lihat video bikin ketupat cepat jadi pengin bikin.. ni bikinan yang pertama kali ya..

20 porsi
1 jam
Lodeh Labu Siem (Sayur Ketupat)

Lodeh Labu Siem (Sayur Ketupat)

Penduduk rumah bgt sayur labu siem ini. Apalagi dikasih telor rebus plus lauk tambahan ayam goreng, sambel terasi dan nasi hangat 😊 Cocok juga untuk jadi sayur tupat. Bisa ditambah kacang panjang dll sesuai selera. Saya buat labu siem aja karna special request dari penduduk rumah... Tips: Telor rebus.yg ditaro jgn yg pecah ya (keliatan kuningnya) kalo ditaro bisa bleber itu kuning telor nyampur ke kuah jadi kuahnya agak kental dan kurang maknyus) #TiketMasukGoldenApron3

2 buah labu (750gr), kupas dan potong korek
30 menit-1jam (tergantung lamanya potong2 si labu)
Sayur ketupat / Lontong Sayur

Sayur ketupat / Lontong Sayur

Ini enak banget deh..resepnya aku modifikasi dr cookpad mba Rita...cocok ama lidah ku...

Ketupat presto

Ketupat presto

Hai bunda.. Ini postingan pertama saya di cookpad, Saya sudah lama punya panci presto, tapi belum pernah nyoba bikin ketupat pakai panci presto. Nah pas momen idul adha kali ini pengen buat ketupat tapi ga mau nunggu lama, jadi pakai panci presto deh. Alhamdulillah sukses dan enak sekali. Semoga postingan ini mengispirasi ya..

10 porsi
2jam
30. Ketupat gulai kikil

30. Ketupat gulai kikil

Assalamualaykum .. alhamdulillah bisa ikutan #WeekendChallenge walaupun dengan resep seadanya . Karena zuzur @mamahcookpad ibuk bingung mau cari pohon kelapa dimana lagi udah jarang bgt soal nya 😭 . Kali ini dengan tema #CABEKU & #KelapaSeribuManfaat ibu bikin ketupat gulai kikil . Semoga memberi manfaat buat buibu yang lain dan ibuk bisa masuk jadi kategori pemenang, karena ibu pingin banget hadiah nya . Menangin ibuk ya mah πŸ˜˜πŸ˜­πŸ˜‚

Kupat Goreng

Kupat Goreng

Lebaran lalu, ada sisa kupat, tapi ppor ayam habis..hmm..akhirnya jadilah kupat goreng. Silakan di coba :)

1 porsi
10 menit
Ketupat Sayur Bakso

Ketupat Sayur Bakso

Dalam hitungan jam..umat muslim di dunia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Bunda bunda di rumah sudah menyiapkan menu special andalan keluarga belum ? Nah buat yang masih bingung mau masak apa? Tenang...Kali ini saya mau share menu lebaran yang simpel dan anti mainstream. Sekalian setoran buat challenge #komunitaspaders yang minggu ini temanya *Hidangan Lebaran* . Nama menunya "ketupat sayur bakso". Menu ini paling pas buat lebaran kali ini. Kenapa ? Karena menu ini praktis dan lengkap banget karena sudah ada karbohidrat, protein, sayuran, tahu dan telur. Rasanya juga ga' kaleng kaleng loh..enak pake buanget dehπŸ˜‹. Resep ini saya recook dari resep chef Devina Hermawan di youtube. Disini saya modifikasi di ketupatnya saja. Ketupat yang saya gunakan adalah ketupat rebus pelepah kelapa. (Resep ketupat sudah tayang sebelumnya) Source : Chef Devina Hermawan #GA_TheNextLevel #GoDa_Parsel #GoyangDapurRamadhan #Parsel_week4 #Goda_Paders #Parsel _nidarudi #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #Cookpadcommunity_Balikpapan #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_id #CookpadIndonesia #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan

10-20 orang
Sayur ketupat

Sayur ketupat

Sayur ketupat khas Betawi disini itu pakai pepaya mengkel bukan pakai labu. Tp rasanya enak pakai pepaya loh, yuk coba buat. #siapramadan

Ketupat cantik irit gas tahan 3 hari

Ketupat cantik irit gas tahan 3 hari

Moment lebaran

10 porsi
12 menit
Ketupat

Ketupat

Hari terakhir puasa, besok lebaran.... Tanpa ketupat ? Ow... Tak mungkin....! Yok kita buat ketupat sendiri.. Ini si cantik yang isikan berasnya ke kulit ketupat.... Sambil nonton TV, atau sambil dengarkan tilawah Qur'an dari player... Sedikit lagi waktu utk khatam...

Ketupat (Metode 5.30.7)

Ketupat (Metode 5.30.7)

Bikin ketupat gak pake lama, irit gas, hemat waktu πŸ˜‰ #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

10 buah
1 jam
Ketupat jangan lombok tolo khas lebaran

Ketupat jangan lombok tolo khas lebaran

Lebaran ketupat, alhamdulillah