Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran yang Lezat Sekali

Dipos pada March 10, 2022

Sayur Labu Ketupat Lebaran

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Sayur Labu Ketupat Lebaran yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sayur Labu Ketupat Lebaran, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Sayur Labu Ketupat Lebaran di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran sekitar 4 org. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Sayur Labu Ketupat Lebaran diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur Labu Ketupat Lebaran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lebaran tahun ini ga bisa pulkam, dan rindu pasakan mamah. Jadi kita buat masakan resep ala2 mamahku...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran:

  1. 1 buah labu siam (ukuran besar)
  2. 1/4 daging sapi atau tetelan sapi
  3. 1 liter santan atau susu murni
  4. 5 buah buah petai
  5. 2 buah cabe tanjung
  6. 5 buah cabe keriting
  7. 3 buah cabe domba
  8. 1 Laja (bisa di skip)
  9. 5 buah ebi (besar)
  10. 1/4 sdt jinten
  11. 1/2 sdt ketumbar
  12. 2 buah sereh
  13. 2 lembar daun salam
  14. 7 buah bawang merah
  15. 5 buah bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Sayur Labu Ketupat Lebaran

1
Siapkan bahan dan alat. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, jinten, ebi, ketumbar dan minyak atau air di blender. Kemudian Iris labu siam dengan bentuk persegi panjang dan tipis.
Sayur Labu Ketupat Lebaran - Step 1
2
Masukan bumbu halus kedalam katel yang diberi minyak dan di panaskan, masukan daun sereh, salam, petai dan potongan daging. Oseng hingga masak dan wangi.
Sayur Labu Ketupat Lebaran - Step 2
3
Jika sudah matang dan wangi masukan labu siam yang sudah di iris, aduk hingga merata dan setengah matang
Sayur Labu Ketupat Lebaran - Step 3
4
Beri susu murni 1 liter atau santan (yang sudah di masak setengah matang agar tidak mudah basi) kedalam katel yang diisi labu siam. Aduk hingga rata dan terus menerus sampai matang (jangan berenti mengaduk agar bumbu dan susu/santan pecah (menyatu). Beri gula putih, garam, dan penyedap kemudian aduk kembali.
Sayur Labu Ketupat Lebaran - Step 4
5
Jika sudah matang, matikan kompor. Sayur labu siam di tuangkan kedalam ketupat atau lontong dan siap di nikmati bersama.
Sayur Labu Ketupat Lebaran - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

15-20 orang
4 jam 30 menit
Ketupat sayur#BikinRamadhanBerkesan8

Ketupat sayur#BikinRamadhanBerkesan8

Bismilah semoga alhamdulilah ... Ini menu buka puasa baru sempet share...😊Dan tentunya Mudahmudahan bisa kesempatan kumpulin 30resep untuk dapetin celmek cookpad...semoga saja πŸ™ Ini sayurnya ku tambahin daging kambing sama telur puyuh.....bagi yg gak suka bisa skip/ganti daging lain... ini juga aku dibagi 2 1 gak pedas buat anak dan 1 lagi pedas tapi gak terlalu merah dikarenakan pake cabe orange πŸ˜… Dan kebetulan gasku habis pas mau goreng bawang hihiii...yuk intip mom

Ketupat 5.30.7

Ketupat 5.30.7

Ceritanya yang biasa kita order ketupat lagi gk buat ... Biasanya tinggal emplok karena taunya kalo buat ketupat itu lama.. Jadilah kita coba buat pake rumus 5.30.7 Berhasil. Berasa master chef kita...😁

Terik Tempe Daging Endulll

Terik Tempe Daging Endulll

Hai,,,im back. Heheh.. ini gara2 diprotes nih, karena kerjaan lagi padat merayap dan makin jarang masak. Makanya pas weekend gini mumpung ada waktu luang, saya sempetin masak eksperimen2 baru. Hmhmmm..

7 porsi
90 menit
Ketupat

Ketupat

10 porsi
200 menit
Ketupat Sayur ala my mom

Ketupat Sayur ala my mom

Dari kemarin saya kepingin banget makan ketupat sayur, di Cilacap blm ada yg jualan. Ngga kaya wkt di Jekardah tinggal loncat ke samping rumah udah ada tukang nasi uduk dan ketupat sayur. Kalau di sini harus Go Kitchen dlu untuk menikmati ketupat sayur. Masa iya hrs ke jakardah dlu atau kalau ngga nunggu lebaran baru bisa menikmatinya, lamaaaa kaliiiii...udh keburu ngga kepingin lagi 😝😝😝. Trs kemarin mlm beli ketupatnya aja di abang2 yg jual sate padang. Pagi2nya cari sayuran dan pelengkapnya di mamang sayur πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Alhamdulillah akhirnya bisa menikmati ketupat sayur....sedaapnya πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹. Ini sayur ketupat yg slalu ibu saya masak ketika hari Lebaran tiba. Bener jika ada yg bilang "kemanapun anak2 nnt pergi dia akan slalu rindu masakan ibunya 😊😊😊. Saya cm tny ke ibu bumbunya apa aja, kalo takaran2nya menurut feeling saya aja πŸ˜…πŸ˜…. Monggo yg mo coba bikin juga ini resepnya.

Opor Kuning Ayam Kampung

Opor Kuning Ayam Kampung

Lama banget dah gak masak opor ayam..masa mau makan mesti nunggu lebaran dulu sih..Hhehehe...πŸ˜€πŸ˜ nah kali ini saya sempetin masak opor ayam deh buat suami..spesialnya nih pake ayam kampung juga..mantap dahh...πŸ‘

Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

Ini adalah resep warisan dari ibu almarhumah yang berasal dari Tondano, Sulawesi Utara. Ketupat Ketan selalu hadir dalam kesempatan Idul Fitri maupun Idul Adha. Rasanya gurih dan cocok disandingkan dengan lauk teman ketupat apapun. Selamat menikmati...

12-15 buah ketu
1 jam
Ketupat magic

Ketupat magic

Kepengen makan lontong sayur, tapi mager bikin ketupan daun..jadi gini aja..ala2 simpel..rasa tetap sama

Cara Mengisi Lontong Ketupat

Cara Mengisi Lontong Ketupat

#cloverdandelion17 #SerbaDirebus #IdeMasak Sebenarnya ini ketupat yang aku bikin tahun 2017 untuk instagram aku tapi masih relevan sampai kapanpun yah kan, moms?

10 porsi
4 jam
Ketupat metode 5, 30, 7

Ketupat metode 5, 30, 7

Ketupat metode 5, 30 ,7 ini sangat praktis, hemat gas dan hasilnya bagus. Selamat mencoba

10 buah
Ketupat Janur

Ketupat Janur

Ini pertama kalinya masak ketupat sendiri, biasanya udah tinggal makan aja kalo mudik πŸ˜… Untuk banyak orang, tahun ini adalah yg pertama kali tidak mudik, masak sendiri, jauh dari keluarga terutama yg rantauan. Begitupun saya yg rantau, tapi saya tetap bahagia bisa tetep bareng anak & suami. #dirumahsaja #TiketMasukGoldenApron3

Ketupat legit

Ketupat legit

Momen lebaran yang hanya setahun sekali akan berkesan dengan memasak ketupat sendiri. Karena tekstur ketupat selera keluarga adalah ketupat bertekstur empuk dengan rasa legit, maka proses pembuatan ketupat pun bisa disesuaikan.

4 jam
Lemper kuning Ayam Opor Merah

Lemper kuning Ayam Opor Merah

Gak cuma di Bandung bisa nemuin makanan unik, Surabaya juga banyak. Ini dia salah satunya.. 😁

Ketupat Sayur Bakso

Ketupat Sayur Bakso

Dalam hitungan jam..umat muslim di dunia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Bunda bunda di rumah sudah menyiapkan menu special andalan keluarga belum ? Nah buat yang masih bingung mau masak apa? Tenang...Kali ini saya mau share menu lebaran yang simpel dan anti mainstream. Sekalian setoran buat challenge #komunitaspaders yang minggu ini temanya *Hidangan Lebaran* . Nama menunya "ketupat sayur bakso". Menu ini paling pas buat lebaran kali ini. Kenapa ? Karena menu ini praktis dan lengkap banget karena sudah ada karbohidrat, protein, sayuran, tahu dan telur. Rasanya juga ga' kaleng kaleng loh..enak pake buanget dehπŸ˜‹. Resep ini saya recook dari resep chef Devina Hermawan di youtube. Disini saya modifikasi di ketupatnya saja. Ketupat yang saya gunakan adalah ketupat rebus pelepah kelapa. (Resep ketupat sudah tayang sebelumnya) Source : Chef Devina Hermawan #GA_TheNextLevel #GoDa_Parsel #GoyangDapurRamadhan #Parsel_week4 #Goda_Paders #Parsel _nidarudi #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #Cookpadcommunity_Balikpapan #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_id #CookpadIndonesia #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan

10-20 orang
Ketupat ketan kacang merah

Ketupat ketan kacang merah

Ketupat ketan kacang merah ini mirip lemang, tapi saya masaknya pake bumbu gurih gk hanya garem. Kupat ini enak dimakan pake rendang. #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadanCookpad #MudikOnline #TimGulaJawa

Sayur Kupat Daging Sapi

Sayur Kupat Daging Sapi

Event Idul Adha, pas bgt kalau menu nya serba daging... apalagi kalau disajikan bersama ketupat. Dijamin seluruh anggota keluarga pasti menyukainya...πŸ™πŸ»πŸ˜

10 porsi
45 menit
Ketupat sayur kacang tunggak campur sumsum kambing pedas

Ketupat sayur kacang tunggak campur sumsum kambing pedas

Karena di rumah kurang suka opor ayam jadi setiap lebaran dateng pasti masaknya begini πŸ˜„ #TiketGoldenBatikApron

4-6 orang