Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Rendang Pedas Manis yang Enak Banget

Dipos pada January 16, 2020

Rendang Pedas Manis

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Rendang Pedas Manis yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Rendang Pedas Manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Rendang Pedas Manis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Pedas Manis bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Pedas Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Pedas Manis memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini mungkin beda dengan versi asli Padang, tapi ini resep ala ibu saya & gak pedes karena saya gak bisa makan pedas. Walau bikinnya dadakan (karena gak nyangka daging kurban dikirim pas hari lebaran) tapi lumayan buat nyatet & kapan² bisa diulang lagi dengan lebih proper & tertata.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Pedas Manis:

  1. Sekitar 3 kg Daging Sapi, bersihkan & potong²
  2. Bumbu halus, diblender:
  3. 15 siung Bawang Merah
  4. 10 siung Bawang Putih
  5. 2 sdm Ketumbar
  6. 1 sdm Jinten
  7. 6 butir Kemiri
  8. 4 ruas Jahe
  9. 3 ruas Lengkuas
  10. Lainnya:
  11. 3 butir Kelapa Parut
  12. 200 ml Minyak Sayur
  13. Daun Kunyit
  14. Asam Jawa, dilarutkan
  15. 2 buah Gula Merah, ukuran kecil

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Pedas Manis

1
Sari Minyak Kelapa: - 1 butir Kelapa Parut dikasih 1 sdt Garam. - Digongseng hingga kering. - Di ulek sampai keluar minyaknya. - Simpan minyaknya. Di foto ini, minyaknya sudah kondisi dibekukan.
Rendang Pedas Manis - Step 1
2
Santan Kelapa dibuat dari 2 butir Kelapa Parut, menjadi Santan Kental & Santan Encer. Kali ini santannya dalam kondisi dibekukan juga.
3
Siapkan Daging Sapi.
Rendang Pedas Manis - Step 3
4
Tumis Bumbu Halus dengan Minyak Sayur hingga harum, tambahkan sedikit garam. Tambahkan Daging Sapi & Daun Kunyit.
Rendang Pedas Manis - Step 4
Rendang Pedas Manis - Step 4
5
Tambahkan Sari Minyak Kelapa, Gula Merah & air Asam Jawa. Kandungan air dari Daging Sapi akan keluar & terus masak sampai agak berkurang.
Rendang Pedas Manis - Step 5
Rendang Pedas Manis - Step 5
6
Ini tahapan yang paling makan waktu... 😄 - Tambahkan Santan Encer & masak sampai airnya berkurang, sambil sesekali di aduk biar gak gosong daging yang bagian bawah. - Kemudian tambahkan Santan Kental, masak sampai mengental & berminyak.
Rendang Pedas Manis - Step 6
Rendang Pedas Manis - Step 6
7
Rendang bisa disimpan & disajikan ketika mau dimakan.
Rendang Pedas Manis - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang sapi

Rendang sapi

Salah satu makanan wajib kl mau naek gunung ya ini..asal tau aj..biar jago masak,giliran masak nasi susahhh.jarang yg mau..dah dipastikan nasi suka berwujud dan berasa aneh🤣🤣nahh supaya ga makin ambyaarr..kudu ada sang penyelamat...ini dia...rendang...mau nasi nya ky bubur,atau bahkan mentah..selama panas n pk rendang,bs 2 piring😂😂..thanks #Mamah Al resepnya #SrikandiGA3 #PejuangGoldenApron3 #minggu31

Rendang sapi

Rendang sapi

Ini rendang versi saya, rendang Jawa (manis pedas)

Rendang Ayam (no minyak, no santan)

Rendang Ayam (no minyak, no santan)

Ceritanya lagi pengen hidup sehat sekalian diet, walaupun selalu gagal, tapi dari situ jadi lebih seneng dan berkreasi didapur, pengen ngebuktiin bisa tetep enak gak sii masakan tanpa bahan bahan andalan itu, dan.... Really, makananya tetep enak guyss...

4 orang
Rendang Daging

Rendang Daging

Karena masih tinggal berdua lebih sering kalau mau makan olahan daging kami beli di luar, ya kecuali ada hari spesial baru masak sendiri di rumah. Kali ini sebenarnya gak dalam moment apapun. Tiba tiba pengen aja makan rendang. Pas nanya ke suami di sarankan untuk masak aja. Biar puas makannya, jadi saya masak dalam porsi kecil untuk menu sehari.

8 - 10 potong
80 - 90 menit
Rendang Jamur

Rendang Jamur

Requestan suami, dlu pernah buatin suami sate jamur. Terus td pagi minta dibuatin rendang pake jamur. Sempet kepikiran enak apa ga ya tapi ternyata Hasilnya enak looh...

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Masak rendang memang perlu effort banyak baik dari segi waktu, tenaga dan uang 🤭😂 Tapi dibalik itu semua percaya deh hasil ga mengkhianati usaha 😁. Rendang yang saya buat ga otentik rendang padang karena saya ga punya daun kunyit, tapi untuk rasa dijamin mantulllll....cekidot

4 jam
RENDANG SAPI KERA.

RENDANG SAPI KERA.

Hampir setengah tahun lebih selama masa COVID ini keluargaku tidak pernah makan di rumah makan Padang, rasanya kangen banget menikmati rendangnya. Berhubung anak" ku tidak suka daging sapi akhirnya aku bikin rendang campur aja, jadi semua anggota keluarga menikmatinya, jadilah menu RENDANG SAPI KERA... RENDANG SAPI KEntang campuR Ayam...rendang ini dipersembahkan buat almarhumah mama tercinta, yang telah memberikan resep ini semasa hidupnya, sebagai persembahanku #MasakanUntukIbu.

8 porsi
90'
Rendang ati ampela (instan : KOKITA)

Rendang ati ampela (instan : KOKITA)

Pengen nyoba bikin rendang yang simpel dan ga ribet bumbunya, ternyata nemuin bumbu instan KOKITA, sengaja ga pake daging sapi/ayam Karna pengen nyoba pake ati ampela.

Rendang lembut praktis bumbu instan. No presto

Rendang lembut praktis bumbu instan. No presto

Suka rendang aja apa suka banget? Pasti maunya yang praktis kan ...tapi dagingnya tetap lembut? Sudah berapa kali coba resep akhirnya bisa dapat resep simpel dan ga pake lama tapi dagingya lembut.

10 porsi
40menit
Rendang Jengkol Mak Nyus

Rendang Jengkol Mak Nyus

Mantul banget ni loh mba @HanaRapunzel,,special saya persembahkan untukmu #AkuLahSangSantan #Semarak_AkuLahSangSantan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Merauke #PejuangGoldenApron3

Ayam bakar bumbu rendang simple

Ayam bakar bumbu rendang simple

Masak yg mudah dan bikin anak nafsu makan pada saat sahur

Rendang Daging

Rendang Daging

#PejuangGoldenApron3 #Minggu_ke_30

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Makan nasgor enak dg rasa beda dg bumbu rendang sisa olahan kapan hari..cus berkreasi.. #cookpadcommunity_surabaya

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Bismillahirrahmanirrahim... Arisan Minggu ini yang dapat Dapoer Hanna... Resep nya banyak... Yang pasti endul😍 Source :Dapoer Hanna #Rendangjengkol #MakWin #RecookMenyadikKalBar #RecookMenyadik_DapoerHanna #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

5 orang
1jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Prosesnya lamaaaa sekali , pertama kali masak jengkol tapi sebanding sama rasanya sih wkwkwk 🤣

Jengkol rendang bumbu padang

Jengkol rendang bumbu padang

Selalu penasaran dengan masakan yang satu ini. Biasanya saya beli bumbu jadi di pasar. Nah beberapa bulan lalu saya bertemu dengan nenek nenek tukang masak untuk pesta. Beliau lagi masak rendang daging di rumah sepupu saya. Jadi sekalian saya tanya bumbu rendang jengkol Khas padang dan bumbu rendang daging andalan si nenek. MaasyaaAllah beliau dengan senang hati membeberkan bumbu masakan yang selama ini di pakai. Kali ini akan saya praktek kan resep dari si nenek. Memang qadarullah beliau asli dari padang, tepatnya di daerah mana saya lupa.

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Full Video bisa cek youtube aku : Viviean Anneesa #Cookpad #CookpadIndonesia #PadangFood #CookpadCommunity_Sumbar

6 orang
2 jam
Daging rendang

Daging rendang

Kerna masih ada daging jadi ku masak rendang aja.nasi goreng rendanģ udah ku posting duluan.kelupaan ternyata rendangnya belum di posting, Maaf ya...klau mencari rendang aku heee...resepnya ku ambil dari buku majalah aku lama,ada tambahan satu bungkus bumbu Indofood.santannya 2 kotak ukuran 200 ml,jadi santannya 400 ml. Aku ambil 100 ml yang kental, tambahkan air 200 ml.butuh waktu lama masaknya tapi hasilnya enak banget. #Rekreasi_Depok #Masakan khas _Padang #CookpadCommunity_Balikpapan