Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit yang Sempurna

Dipos pada February 11, 2017

Baso Aci Tulang Rangu komplit

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Baso Aci Tulang Rangu komplit yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Baso Aci Tulang Rangu komplit, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Baso Aci Tulang Rangu komplit enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Baso Aci Tulang Rangu komplit kira-kira 6_7 mangkuk.. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit diperkirakan sekitar 1/2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Baso Aci Tulang Rangu komplit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit memakai 16 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mumpung idul adha daging masih banyak saya buat baso aja tapi versi baso aci yg lagi hitz 😂 Tapi biar nikmat isianya pakai daging sapi cincang asli

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit:

  1. 1/4 Daging sapi+lemak(Pakai tetelan lebih bagus)
  2. 15 SDM Terigu
  3. 10 SDM Tapioka
  4. 6 Siung Bawang putih
  5. 4 Bawang merah
  6. 1 sdt merica
  7. 1 Sdm garam
  8. 1 Sdm masako
  9. 1/4 sdt micin
  10. secukupnya Minyak goreng
  11. Air putih
  12. Pelengkap: Tahu matang,Sawi putih,kulit pangsit,pilus
  13. 6 Cabai rawit&2 Cabai merah keriting
  14. 2 bungkus Bon cabai
  15. Jeruk limau/nipis
  16. 1 ikat seledridan bawang daun. Bawang goreng secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit

1
Cuci bersih daging kemudian rebus sampai empuk dalam 1 liter air. (Jangan buang air rebusannya ya) sisakan sedikit daging yang mentah untuk di cincang.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 1
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 1
2
Daging mentah yg dicincang marinasi dengan Masako saja. Sementara yg sudah di rebuh cukup dipotong kecil-kecil.
3
Siapkan teflon. Haluskan 3 Siung Bawang putih,1/4 sdt merica,1 sdt garam,1 Sdm masako, sedikit micin. Kemudian larutkan dalam 3 gelas belimbing air putih matang.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 3
4
Aduk"bumbu sampai larut. Tambahkan tepung terigu sedikit" sambil di aduk sampai rata. Masak dalam api sedang sampai mengumpal.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 4
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 4
5
Pindahkan dalam wadah adonan terigu ya lalu taburi dengan tapioka dan tambahkan potongan seledridan daun bawang aduk sampai merata.
6
Baso Aci. Ambil secukupnya adonan lalu bulatkan kemudian pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan daging sapi cincang lalu bulatkan kembali.(Saya sebagian pakai daging sapi matang,dikarenakan daging cincang saya terlalu sedikit) saya buat baso Acinya 20 biji ukuran sedang.
7
Siapkan air putih 1 liter beri minyak goreng 1/2 Sdm tunggu keluar buih baru masukan baso Acinya. Tunggu sampai mengapung.
8
Kol gulung isi daging. Cuci sawi putih kemudian kopek" ambil bagian yang lebar lalu kukus sebentar(5mnt). Setelah di kukus sawinya di ambil. Ambil adonan Aci pilihkan adonan seukuran pangkal sawi. Kemudian beri daging giling. Lalu gulung sawinya. Lakukan sampai sawi selesai di buat(saya buat 10 gulungan) kemudian sisihkan.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 8
9
Baso Aci tahu. Siapkan tahu yg sudah di goreng(saya beli langsung matang dari pasar biar praktis). Buang isi putihnya kemudian isi dengan adonan Aci lakukan sampai selesai. Kemudian sisihkan.
10
Baso Aci pangsit. Ambil kulit pangsit potong menjadi 4 bagian lalu ambil sedikit adonan/ambil kecil saya adonanya (saya seukuran kelereng tapi lebih kecil) lalu lipat pangsit sesuka kalian. Baso Aci sosis. Iris sosis sapi menjadi 3 bagian lalu potong 4 bagian ujungnya. Bagian atas beri adonan Aci kemudian goreng lalu sisihkan.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 10
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 10
11
Siapkan kukusan kemudian beri air di bagian bawah olesi minyak di atasnya. Tunggu sampai mendidih lalu masukan baso Aci,baso kol gulung dan Aci yg sudah di rebus tadi kukus sampai matang(30mnt kurleb)
12
Goreng pangsitnya sampai berwarna kekuningan lalu campur dangan sosis Aci yg sudah di goreng dalam wadah. Setelah agak dingin baru tutup agar tidak melempem terkena udara.
13
Cara membuat kuah. 2 cabai merah keriting 6 rawit. 1)4 sdt merica 1 Sdt garam 1 sdt Masako 1 bungkus Bon cabai level 15 Beri sedikit air lalu blender halus. Setelah halus tumis sebentar dengan sedikit minyak sampai harum. Masukan kaldu sapinya bisa di beri jeroan sapi jika suka. Lalu masukan sisa daun bawang dan seledri yg sudah di potong kecil-kecil.
14
Koreksi rasa kuahnya yaa jika di rasa kurang asin bisa di tambahkan garam. Tunggu mendidih lalu taburi bawang goreng matikan kompor.
15
Siapkan mangkuk tata porsi basonya sesuai selera. Saya. 2 buah baso tahu 4 baso Aci 1 kol gulung Aci 2 pangsit goreng 1 Aci sosis gurita. Tetelan sapi Siram dengan kuahnyaa lalu taburi dengan pilus dan tambahkan irisan jeruk limau.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
16
Baso Aci siap di nikmati selamat mencoba☺️☺️☺️☺️ jika suka pedas bisa di taburi lagi dengan bin cabai atau saos sambal👍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nugget Ayam

Nugget Ayam

Siapa lagi yang suka masakan ini selain anak2 ku? Bikin banyak buat stok, bertepatan dgn hari raya Idul adha, ayam harganya lagi anjlok banget, 1kg nya cuma 20rb. Fotonya belum dikasih tepung panir hehehe

50 biji
60 menit
Kacang goreng ala jadul

Kacang goreng ala jadul

salah satu jamuan khas yg hrs ada ditoples saat lebaran....mengingatkan masa kecil...resep nya juga dipke ala jadul..sederhana rasanya. tp renyah..proses nya rada mkn waktu karena kacangnya ngupas sendiri GK beli yg udah jdi dikupas.,,.😉

5orng
1 jam
Opor Ayam

Opor Ayam

Lebaran Idul Adha tahun ini di rumah aja, mulai belajar masak sendiri menu lebarannya. Seneng rasanya bisa juga ya akhir nya. Source : @azizarahmi

Gulai daging sapi

Gulai daging sapi

Ini masakan waktu dapat daging Qurban, cuma baru sempet nulis aja krna baru ada waktu hehe

4 porsi
1jam
Hamburger Steak

Hamburger Steak

Masih punya stok daging kurban tapi bosan nyate .. cuusssss dibikin Hamburger Steak ajah!!!! Dijamin enyaaakkk!!!

8 porsi
Soto daging sapi

Soto daging sapi

Variasi masakan dengan daging qurban.. Alhamdulilah rasa tidak mengecewakan😊

4 porsi
setengah jam
Empal Goreng

Empal Goreng

Assalamualaikum cookpaders, apakabar hari ini? Arisan Cooksnap dengan resep milik mba @Ernidwip_4730565 Untuk dapatkan daging sapi di Jimbaran ku ga segampang di Bekasi ya 🙈 harus pesan dl kalo mau beli langsung lumayan deh harus ke pasar induknya, dan itu juga harus pilih pilih lg, jgn sampai tertukar daging 🤭 jadi bisa di bilang selama diriku merantau di di sini mengolah daging sapi cukup bisa dihitung pake jari loh 😭 waktu lebaran aja harus bangun pagi" utk dpt daging sapi hihihi Dan khusus arisan Cooksnap ini aku pesan dulu. Alhamdulillah dikit tp rasanya enak Semoga menginspirasi 🌺 Happy cooking 🥩 #CooksnapResep_Erni #dirumahaja #kedapuraja #masakitusaya #cookpadindonesia #cookpadcommunity_ID #cookpadcommunity_Bekasi #tidaksekdarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #PekanCooksnap

MaduMongso

MaduMongso

Salah satu sajian yg ditunggu2 saat lebaran tiba ya makanan ini, madumongso. Mengingatkan saya pd masa kecil saya saat lebaran di rumah mbah di Magetan, Jawa Timur, pertama kalinya merasakan rasa dr makanan ini, legit, manis sedikit asam kayak ada tapenya. Ternyata makanan ini bahan utamanya dr tape ketan, pantas kok ada rasa asam tape dan saya baru tahu dewasa ini😅. Kmarin pas banget dpt hantaran tape ketan. Bingung mau diapakan, berhubung orang rumah perutnya pada sensitif, akhirnya coba cari2 resep di sini dan baru ingat klo tape ketan bisa dijadikan makanan 'madumongso'. Ternyata resep ini udah lama banget di cookmark. Yah, langsung eksekusi deh. Teksturnya ini kurang legit karena mungkin dr tape ketannya yg tdk murni terbuat dr ketan hitam (ada campurannya), maklum tapenya tidak buat sendiri😄. Bungkusnya seadanya sesuai ketersediaan bahan di rumah. Sumber: @andaikubisa #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #CookpadCommunity_Solo

31 bungkus
Sambel Goreng Daging Cabe Ijo

Sambel Goreng Daging Cabe Ijo

Source : @MG_Baldguy Gak terasa sebulan lagi udah mao hari raya Idul Adha ya Bun... Nah.. kebetulan ada stok daging di kulkas. Bikinan dulu neh resep daging nya, kalo dapat daging kurban bisa bikin lagi nanti 😁. Ini cooksnap resep nya @MG_Baldguy , simple bikin dan bahannya. Yg pasti enak rasanya 🥰.

Tongseng Kambing / Sapi

Tongseng Kambing / Sapi

Bingung daging kurban mau dimasak apa ? Bikin tongseng aja yuk !

4-5 orang
1 jam
Gadon daging sapi

Gadon daging sapi

Ngabisin stok daging kurban yg bertapa di freezer dari pada di anggurin mending di bikin sesuatu utk lauk atau pun di makan biasa juga enak #PosbarIdaman #DiBuangSayang

Sapi Lada Hitam Simple Ala MamsKin

Sapi Lada Hitam Simple Ala MamsKin

Masih ada stock daging byk di kulkas pasca idul adha . Suami blg klo daging nya ga diolah nanti busuk 😆

2 - 3 orang
Sop Marak Kambing

Sop Marak Kambing

Dikasi daging kambing kurban alhamdulillah... Wlopun kami sekeluarga kurang suka daging kambing, tapi namanya pemberian ga boleh ditolak ya...😁 Aku suka bingung mau ngolah daging kambing seperti apa... Karena dah phobia duluan bayangin baunya...🙈 Makanya begitu dikasi langsung aku cuci bersih terus olah dah...😃 Maksudnya biar cepet abis, ga perlu disimpan di freezer...😆 Dan terlintas bikin masakan arabian satu ini...😃

Tumis Daging Teriyaki #69

Tumis Daging Teriyaki #69

Mengolah daging kurban, dagingnya harus dipotong tipis2 ya agar nanti dimasak empuk,

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Idul Adha kemarin, aku dikasih tetangga rendang. Udah abis dong dagingnya diserbu anak2, tinggalah bumbu rendangnya yg kalau dibuang kok sayang. Soale rendang ibu tetangga itu the best punya, aku pernah intip cara masak dia duluuuuu (sebelum pandemi pastinya, saat di mana kita dulu bisa visit rumah tetangga sambil rumpik dan makan di rumahnya🤣🤣) Pakai santan asli dari 3-6 kelapa, bumbu2 premium, duuh pokoke the best lah, harumnya sampai kecium di rumahku getooo😋 So.. putar otak nih gimana memanfaatkan si bumbu rendang ini. Ah bikin nasgor aja deh moms. Jadi pagi2 ketika liat masih ada sisa nasi, dibikin deh nasgor pakai bumbu rendang. Kalau bhs Inggris nya meremake Left Over Food..😂 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop

Dendeng Daging Sapi

Dendeng Daging Sapi

Kangen masakan lebaran dan menunya simple bisa jadi lauk makan..

3 orang
1jam 30 menit
Asem Asem Paru Sapi

Asem Asem Paru Sapi

Kemarin kepasar bareng busuri beuh pasare Kyok semut🤣 uyel2an . Tadi mau di tumbasno ayam gak jdi soale bakol ayam kehabisan ayam akhire di tumbasno paru aku disuruh masak dewe soale org e gak ngerti masak beginian 🤭 aku awale Yo bingung tak masak opo yo 🤔 eh t ada sebuah keajaiban ada chalenge dari coboy nge cooksnap cp Tangerang buat menu Idhul Adha yasudahlah dari pada bingung tak masak opo Iki tak ubek2lah itu resepnya yg cocok eh Nemu resep mbak Avril @avriliacahyani tapi resep dia daging ini aku ganti aja pake paru sapi soalnya gak trlalu suka daging suka kesel klo makan daging tuh mesti nylilit di gigi 😩 jdi aku ganti pake paru sapi aja pokok Iki jek bagian dlm e sapi 🐂🐄 mumpung dibelakang rumah jg pohon belimbing wuluh lagi panen byk 🤣. Dan Sebenarnya jg emang gak prnah ada menu khusus buat Idhul Adha busuri sendiri jg gak suka makan daging jdi klo dpt daging ya di kash ke keluarganya mbakku disana byk yg doyan daging jadi bisa lebih di manfaatkan #CoboyDolan #CoboyDolanNangCocomtang #CoboyDolan_Cocomtang #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #Kampungidaman #OlahanDagingKurban #posbarIDAMAN

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Resep khas lebaran niiihh 🥰

8 orang
1 jam
Dimsum udang ayam

Dimsum udang ayam

Bosen bgttt idul adha makan daginggg.. Kebetulan stock mpasi bocil habis jd bunda bkinin dimsum udang ayam dannn lahappp 😁😆 Resep by : angelica

30 porsi
Gulai Kambing dan Sapi

Gulai Kambing dan Sapi

Abis lebaran haji, dapet daging kambing dan sapi, 300gr. Aku masak Gulai aja semuanya aku campur hehehe

5 orang