Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak Biji Salak yang Bikin Ngiler

Dipos pada September 25, 2018

Kolak Biji Salak

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak Biji Salak yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kolak Biji Salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Biji Salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Biji Salak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Kolak Biji Salak yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Kolak Biji Salak diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

udah lama banget pengen bikin ini tapi ga sempet2. akhirnya hari ini eksekusi untuk #takjil hari ini. rasanya pas ga terlalu manis seperti kolak lainnya. selamat mencoba bu ibu 😘😘😘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak:

  1. 250 gr ubi jalar (bisa diganti dengan ubi ungu atau labu kuning)
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 1/4 sdt garam
  4. bahan kuah gula merah :
  5. 150 gr gula merah
  6. 500 ml air
  7. 2 sdm gula pasir
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1 sdm tepung tapioka larutkan dengan 2 sdm air
  10. 1 lbr daun pandan, simpulkan
  11. bahan kuah santan :
  12. 200 ml santan kara
  13. 100 ml air
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1 lbr daun pandan, simpulkan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak

1
Rebus atau kukus ubi jalar hingga matang dan empuk. angkat dan tiriskan.
Kolak Biji Salak - Step 1
2
Hancurkan ubi yang telah matang hingga lembut.
Kolak Biji Salak - Step 2
3
Masukkan tepung tapioka tambahkan uleni adonan hingga kalis.
Kolak Biji Salak - Step 3
4
Bentuk bulatan seperti biji salak atau sesuai selera. kemudian rebus hingga biji salak mengapung. angkat dan tiriskan.
Kolak Biji Salak - Step 4
5
Panaskan air. masukkan gula merah, garam dan daun pandan. aduk hingga mendidih. masukkan biji salak dan masak sebentar. matikan api.
Kolak Biji Salak - Step 5
6
Siapkan panci. masukkan air, garam dan santan. masukkan daun pandan. masak hingga mendidih. matikan api.
Kolak Biji Salak - Step 6
7
Siapkan mangkok. tuangkan biji salak dan kuah gula merah. tambahkan sedikit kuah santan di atasnya. sajikan.
Kolak Biji Salak - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak Kenyal ala chef yessy

Kolak Biji Salak Kenyal ala chef yessy

Suami ku kemarin request dimasakin biji salak. Dan udah lama juga mami ku enga buatin biji salak. Kangen juga biji salak oma.. Karna skrg omanya koko sibuk jadi gantian deh aku yang buatin kolak biji salaknya..

7 porsi
45 menit
Biji Salak

Biji Salak

Waktu belanja di tukang sayur langganan.. ada ubi merah bagus-bagus... Jadi muncul ide bikin biji salak seperti yang mami saya suka bikin, karena kalau beli di jajanan pasar rasa dan teksturnya ga ada yang pas buat saya.. Heppy banget saya baru pertama kali nih nyoba bikin sendiri... eh berhasil... biasanya tinggal minta bikinin sama mami 😊 #alacicijen

6 porsi
45 menit
Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Simpel aja lagi pengen buat kolak biji salak tapi kali ini dari ubi ungu. Kebetulan juga dibawain pisang tanduk hasil kebon di rumah ortu. Santan sedikit aja ingat kolesterol. Pas jadi eh warnanya cantik juga ya. Resep biji salak dari Ibu Fatmah Bahlawan.

6 porsi
60 menit
Bubur Kacang Ijo Biji Salak

Bubur Kacang Ijo Biji Salak

Resep ini hasil recook dari resep Biji Salak mba Mel'z Kitchen. Awalnya ragu mau eksekusi, soalnya liat resep lain rata2 pake tapioka, bukannya ketan. Saya ga gitu suka bau tepung ketan, tapi lidah ini lagi kepengen banget makan biji salak, dan dari sekian resep, saya jatuh cinta sama resep mba Mel ini. Kebetulan tukang sayur bawa ubi jalar tadi pagi, jadi deh eksekusi resep ini..hasilnya, amazingly delicious! Ga bau ketan sama skali! Kemaren karena bikinnya banyak, jadi bagi ke tetangga, tadi pagi pada ke rumah minta resepnya, enak banget katanya, ga ada rasa pahit tepung ketan, dan ga bau, alhamdulillah pada suka.. Kebetulan (lagi) ada kacang hijau di dapur, udah direndam dari semalam, sekalian dicampur aja deh..enaak, legit biji salak campur kacang hijau, kuahnya yang kental, sedaaaaappp..biji salak ini tidak keras dan alot, tapi lembut, agak kenyal, enak enak enak πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹makasih resepnya mba Mel..ohya, saya lebih suka makan dingin, dah masuk kulkas, masyaallah nikmatnyaa..resep aslinya ga pake kacang ijo, ini saya tulis ulang dengan sedikit penyesuaian yaa..

Biji salak

Biji salak

Baru pertama kali makan yg namanya biji salak, enak, kenyal tapi lembut 😁 semoga suami gk bosen beberapa hari kedepan bikin ubi ubi terus πŸ˜‚

Kolak Biji Salak Ubi Ungu Mudah

Kolak Biji Salak Ubi Ungu Mudah

Source: idntv.yummy

6 porsi
45 menit
Candil

Candil

Recook resep dari ig rondut

6 porsi
2 jam
Cendil alias biji salak

Cendil alias biji salak

Abaikan gambar yang elleqh

Biji salak pandan kuah asam manis

Biji salak pandan kuah asam manis

Terinspirasi dari tangyen di Indonesia wedang ronde, kebetulan puasa pertama di Taiwan dpt jeruk nipis dri paman di rumah punya gula merah sama tepung ketan...

Jenang Pasar

Jenang Pasar

Saya bilang jenang pasar karna dulu kalo pengen makan ini saya selalu beli dipasar. Sebenarnya nama nya jenang sapar, tapi saya nyebutnya pasar😁😁

Biji Salak Ubi +Nangka

Biji Salak Ubi +Nangka

Pngen yg anget,, brkuah kbtuln shrian hujan trs..

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di Malang susah nemuin kolak biji salak kalo g pas puasa. Jadinya pas kepingin gini bikin aja deh. Kebetulan di kulkas ada sisa labu kuning. Jadi di manfaatkan yang ada saja ;)

Kolak biji salak

Kolak biji salak

4 -5 porsi
Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme πŸ’›πŸ₯°πŸ₯£

Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme πŸ’›πŸ₯°πŸ₯£

Makanan tradisional yg ngangenin, kali ini dalam versi lebih "aman" untuk yg berdiet, krn menggunakan fibercreme sbg pengganti santan. Tetep enak kok πŸ˜πŸ’• Serius!

Biji salak KW

Biji salak KW

#PejuangGoldenApron2#DiRumahAja Bareng aa,teteh sm papa bikin#cemal cemil yang mudah#WeekendChallange dari cookpad tambah seru bersama keluarga tercinta yang lagi pada ngumpul menghindari covid 19.semoga kita semua terbebas dari segala penyakit juga marabahaya aamiin YRA.

Biji salak ubi

Biji salak ubi

Perdana bikin ini, tp hasilnya cukup memuaskn 😁

2 porsi