Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 6, 2022

Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih kira-kira 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih diperkirakan sekitar 12-14 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih memakai 3 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Yang mau belajar ngupat buat lebaran atau buat jualan. Boleh dicoba.. Cocok untuk ibu ibu muda yang masih belajar masak. Kupat dengan tekstur lembut dibuat tanpa apu atau kapur sirih. Yuk cobain!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih:

  1. 5 buah kulit kupat ukuran sedang yang siap pakai
  2. 425 gr Beras
  3. Sebanyak-banyaknya air

Langkah-langkah untuk membuat Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih

1
Cuci beras hingga bersih. Kemudian rendam beras dengan air biasa selama 10-12 jam
2
Setelah lama direndam hingga beras sedikit mengembang, lalu buang airnya dan tiriskan hingga air benar benar habis.
3
Masukan beras ke dalam kupat sebanyak setengah dari volume kupat. Bisa dikurangi sedikit untuk mendapat tekstur lebih benyek (sesuai selera aja yaa guys)..
4
Masukan kupat yang telah diisi tadi ke dalam presto. Beri air hingga kupat terendam air. Rebus kupat kurang lebih selama satu jam (sejak bunyi presto keluar) Note: Total lama memasak 70-75 menit jika dihitung dengan mendidihkan air di dalam presto.
5
Jika sudah matang, tiriskan dan gantungkan kupat agar panas tidak terperangkap di dalamnya. (Biar ga cepet basi guys)
Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih - Step 5
6
Hidangkan bersama opor ayam ataupun rendang buatan kalian yaa guys..! Selamat mencoba!!
Kupat Lembut Tanpa Apu a.k.a Kapur Sirih - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sayur gulai utk ketupat lebaran bebas santan

Sayur gulai utk ketupat lebaran bebas santan

Mau lebaran gini, biasanya banyak konsumsi makanan bersantan. Pasti kolesterol meningkat nih stlah lebaran. Putar otak biar ttp bs makan katupek jo kuah gulai tanpa harus takut panyakik tibo. Hehehe... Sayurnya boleh apa aja sesuai selera ya bund, boleh labu siam (japan), buncis, kacang panjang, pakis (pucuak paku), nangka dll... Tapi makan katupek nyo tetap jo randang πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‚πŸ˜‚

Ketupat Bungkus Plastik

Ketupat Bungkus Plastik

Untuk bisa menikmati ketupat di hari Raya Idul Fitri ini, harus mau coba-coba buat sendiri. Karena yang jualpun susah ditemui. Kalau adapun itu ketupat frozen yang kurang nikmat meski sudah dipanasi. Meski ga ada daun janur, plastikpun jadi alternatif. Pastikan plastiknya aman jika dipanaskan yaa... Happy Eid Mubarak 1439 AH. Hiroshima, Jepang.

18 ketupat
90 menit
Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Saya kerap menggunakan kemiri untuk menggantikan santan dalam masakan sehari-hari. Seperti hari ini, saya ingin makan opor ayam yang gurih, tapi perlu membatasi makanan bersantan karena beberapa hari terakhir secara kebetulan berturut-turut makan hidangan bersantan pekat. Maka pilihan saya jatuh pada β€œOpor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan”. http://www.komporkecil.com/index.php/2016/03/16/opor-ayam-dengan-kemiri-sebagai-ganti-santan/ Sebenarnya saya bingung, kalau tanpa santan, apakah hidangan ini masih bisa disebut opor? Setahu saya, ciri khas opor adalah pemakaian santan kelapa. Tapi (sepertinya) tidak masalah, hihihi. Yuk, mari dicoba :)

Ketupat Sayur Nangka Muda

Ketupat Sayur Nangka Muda

Menu sarapan yang banyak disukai dengan cita rasa gurih dan aroma rempah menjadikan ketupat sayur sebagai sarapan favorit para penikmat makanan. #sarapan #idemasak #resepterbaru #halal #cookpadcommunity_jakarta

5 porsi
1 jam 20 menit
Ketupat Pulut / Ketan

Ketupat Pulut / Ketan

Lebaran kemarin bikin ketupat untuk dibawa ke rumah neneknya anak-anak. hmmm...nikmatnya...

45 Mnt- 1 Jam
Ketupat (Metode 5.30.7)

Ketupat (Metode 5.30.7)

Bikin ketupat gak pake lama, irit gas, hemat waktu πŸ˜‰ #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

10 buah
1 jam
MP Asi 8m+ #Ketupat ayam wortel+zuchini (Lungsuran upacara otonan (^-^)

MP Asi 8m+ #Ketupat ayam wortel+zuchini (Lungsuran upacara otonan (^-^)

Hmmm...hbis upacara otonan (balinese bday) ponakan ganteng.Bnyak dikasi lungsuran ketupat dan ayam kampung panggang. Bikin mp asi utk baby praba. Skalian nyobain tes alergi protein hewani nya msih ato gak heee. Yukk ahh

2 porsi
15 menit
Ketupat sayur simpel (bahan seadanya)

Ketupat sayur simpel (bahan seadanya)

Jadi ceritanya bingung mau bkin apa, pas kbtulan di tukang sayur ada ketupat tp sy lupa beli sayurnya (labu siam) πŸ˜‚ jadilah ketupat kuah tempe dn telur puyuh. bukan ketupat sayur huehehe blm lagi bumbu2 yg seadanya. Gak pakai kunyit dsb 😁

3 orang
30 menit
Kupat sumpil daun bambu, irit gas

Kupat sumpil daun bambu, irit gas

Kupat sumpil khas cilacap.. rasa enak menul".. khas rasannya nyaman diperut nyes/dingin.. Bukan dingin es ya ibu" 😬😬 cocok dimkan dg apa saja, medoan bakwan pecel, tahu isi ayam goreng opor ayam dll..

Ketupat presto

Ketupat presto

Hai bunda.. Ini postingan pertama saya di cookpad, Saya sudah lama punya panci presto, tapi belum pernah nyoba bikin ketupat pakai panci presto. Nah pas momen idul adha kali ini pengen buat ketupat tapi ga mau nunggu lama, jadi pakai panci presto deh. Alhamdulillah sukses dan enak sekali. Semoga postingan ini mengispirasi ya..

10 porsi
2jam
Ketupat Sayur Godog

Ketupat Sayur Godog

Bismillahirrahmanirrahim. Masakan kesukaan yang paling ditunggu pada hidangan Idul Fitri, kali ini saya bikin sendiri karena sudah 2 tahun tidak berlebaran dikampung, biasanya kalau dikampung yaitu di Bandung selalu bantuin ibu bikin ketupat sayur godog ini, walaupun tinggal di Bandung, ibu tetap mempertahankan membuat sayur godog karena beliau lahir dan besar di Jakarta, untuk kulit ketupatnya saya selalu membuat sendiri dan kalau di Bandung membantu ibu menjual kulit ketupat, senang rasanya bisa mengayam sendiri, benar-benar mengasah kesabaran dan butuh konsentrasi. Sekarang berlebaran di Depok, tetap mengayam kulit ketupat, bedanya di sini daun kelapanya harus beli😁, membuat kulit ketupat sendiri, enaknya mengayam sesuai kebutuhan yang akan dimasak, jika ketupat sudah hampir habis, saya akan mengayam kembali, jadi kulit ketupat tidak perlu direndam di air terlalu lama, saya merendam kulit ketupat hanya untuk membilasnya saja, jadi jika mendadak dianyam, kulit ketupat segar selalu. #GASpesialRamadanPeda #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel

Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Pernah masak sayur nangka dibumbu opor,moms? Enak lho.. Coba yuk dan share juga yaa ^.^

Lontong Sayur aka Ketupat Sayur

Lontong Sayur aka Ketupat Sayur

Resep lontong n Ketupat hampir sama ya, sudah diupload sebelum ini.

6-8 porsi
Topa (ketupat) Mie Madura

Topa (ketupat) Mie Madura

Bismillah,... Jum'at, 12 Maret 2021 Alhamdulillah,... Salah satu favorit keluarga saya, pake bumbu2 simpel dan mudah. . #cookpadcommunity_kalteng #cookpadcommunity_palangkaraya #cookpadcommunity_borneo #BerapiManjuhu #PekanPosbarMie #PekanRayaMie #PanjangNgaliker #CookpadCommonity_id

2 porsi
Ketupat

Ketupat

Biasanya tinggal makan aja, dimasakin ibu. Baru pertama ini bikin hehe buat pemula lumayan lah hehe Alhamdulillah

7 Porsi
3-4 Jam
Ketupat

Ketupat

30 buah
Ketupat metode 5, 30, 7

Ketupat metode 5, 30, 7

Ketupat metode 5, 30 ,7 ini sangat praktis, hemat gas dan hasilnya bagus. Selamat mencoba

10 buah
Ketupat metode 5.30.7

Ketupat metode 5.30.7

Bikin kupat tapi g mau ribet lama... Kita bisa praktekaan ini.. Tapi ingat ya..ketahanan ketupat ini tidak sama dg yg dimasak berjam2.. Namun agar tidak cepat basi ..saya akan memberikan triknya.. #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #PekanPosbarSayurLebaran #PutriChristian

Ketupat kantong plastic

Ketupat kantong plastic

Makan opor enaknya ditemani sama ketupat. Berhubung tidak ada daun kelapa, maka sebagai alternative saya menggunakan kantong plastic sebagai pembungkusnya. Hasil dan rasanya tidak kalah nikmat dengan ketupat dari daun kelapa. Berikut resepnya.

5 porsi
180 menit