Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Ketupat Sayur Godog yang Lezat Sekali

Dipos pada March 11, 2022

Ketupat Sayur Godog

Hari ini saya akan berbagi resep Ketupat Sayur Godog yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Ketupat Sayur Godog yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ketupat Sayur Godog, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat Sayur Godog enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Sayur Godog sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Sayur Godog memakai 24 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmanirrahim. Masakan kesukaan yang paling ditunggu pada hidangan Idul Fitri, kali ini saya bikin sendiri karena sudah 2 tahun tidak berlebaran dikampung, biasanya kalau dikampung yaitu di Bandung selalu bantuin ibu bikin ketupat sayur godog ini, walaupun tinggal di Bandung, ibu tetap mempertahankan membuat sayur godog karena beliau lahir dan besar di Jakarta, untuk kulit ketupatnya saya selalu membuat sendiri dan kalau di Bandung membantu ibu menjual kulit ketupat, senang rasanya bisa mengayam sendiri, benar-benar mengasah kesabaran dan butuh konsentrasi. Sekarang berlebaran di Depok, tetap mengayam kulit ketupat, bedanya di sini daun kelapanya harus beli😁, membuat kulit ketupat sendiri, enaknya mengayam sesuai kebutuhan yang akan dimasak, jika ketupat sudah hampir habis, saya akan mengayam kembali, jadi kulit ketupat tidak perlu direndam di air terlalu lama, saya merendam kulit ketupat hanya untuk membilasnya saja, jadi jika mendadak dianyam, kulit ketupat segar selalu. #GASpesialRamadanPeda #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Sayur Godog:

  1. Ketupat :
  2. 750 gr beras
  3. 15 buah kulit ketupat ukuran sedang
  4. secukupnya Air
  5. Sayur Godog :
  6. 1 buah pepaya muda, ukuran sedang, diserut
  7. 250 gr kacang panjang, potong kecil-kecil
  8. 1 papan tempe, potong dadu
  9. 2000 ml santan encer
  10. 1500 ml santan kekentalan sedang
  11. 2,5 sdm garam, atau sesuai selera
  12. 1 keping gula merah
  13. 1 sdm gula pasir
  14. 1 sdm kaldu bubuk
  15. 3 lembar daun salam
  16. 2 batang serai, geprek
  17. 3 cm lengkuas, geprek
  18. 5 sdm minyak goreng, untuk menumis bumbu
  19. Bumbu yang dihaluskan :
  20. 20 buah cabe keriting
  21. 10 siung bawang merah
  22. 7 siung bawang putih
  23. 5 butir kemiri, sangrai
  24. 2 sdm ebi, rendam dengan air panas

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Sayur Godog

1
Siapkan daun kelapa, kemudian potong bagian daun yang sudah kecoklatan, lalu serut untuk menyisihkan bagian lidinya, lalu ambil 1 helai janur, gulung sampai 3x gulungan pada tangan kiri dengan posisi ujung janur berada dibawah, lalu janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kanan sebanyak 3x dengan posisi ujung janur berada diatas. Buatlah kedua gulungan janur saling bersilangan dan janur harus tetap dalam posisi tergulung, dengan memasukkan janur yang dikanan ke janur yang dikiri.
Ketupat Sayur Godog - Step 1
Ketupat Sayur Godog - Step 1
Ketupat Sayur Godog - Step 1
2
Ambil salah satu ujung janur dan anyam kedepan susunan janur tadi, dan ujung janur satu lagi anyam juga hingga kedua posisi ujung janur bertemu di posisi bawah. Lakukan hal yang sama pada pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal  hingga kedua pangkal jamur bertemu, lalu rapihkan, hingga kulit ketupatnya rapat, saya anyam kulit ketupat sesuai kebutuhan yang akan saya masak, sebelum digunakan rendam kulit diair secukupnya.
Ketupat Sayur Godog - Step 2
Ketupat Sayur Godog - Step 2
Ketupat Sayur Godog - Step 2
3
Siapkan beras, cuci hingga bersih lalu tiriskan, lalu isi ketupatnya saya memasukkan dengan menggunakan sendok teh, isi kulit ketupat sebanyak setengahnya saja, atau lebih sedikit supaya lebih padat.
Ketupat Sayur Godog - Step 3
Ketupat Sayur Godog - Step 3
Ketupat Sayur Godog - Step 3
4
Kemudain tata ketupat yang sudah diisi kedalam panci presto, lalu beri air secukupnya, hingga ketupat benar-benar terendam, lalu tutup panci presto, masak dengan api sedang, jika presto sudah bunyi, masak ketupat selama 1 jam, setelah 1 jam matikan api, diamkan hingga bunyi desisnya hilang, lalu buka tutup panci presto, angkat ketupat lalu tiriskan kemudian ikat lalu diangin-anginkan dengan cara digantung.
Ketupat Sayur Godog - Step 4
Ketupat Sayur Godog - Step 4
Ketupat Sayur Godog - Step 4
5
Sayur Godog : siapkan bahan-bahan beserta bumbunya, lalu haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai dan ebi yang sudah direndam air panas sebelumnya, bumbu saya haluskan dengan menggunakan blender.
Ketupat Sayur Godog - Step 5
Ketupat Sayur Godog - Step 5
Ketupat Sayur Godog - Step 5
6
Kemudian tumis bumbu halus hingga harum dengan 5 sdm minyak goreng, lalu masukkan daun salam, serai dan lengkuas, lalu masak hingga bumbu matang. Lalu siapkan panci, masukkan pepaya serut, tempe dan kacang panjang, beri santan encer, lalu masak hingga mendidih, sesudah mendidih masukkan bumbu yang tadi sudah ditumis dan santan dengan kekentalan sedang.
Ketupat Sayur Godog - Step 6
Ketupat Sayur Godog - Step 6
Ketupat Sayur Godog - Step 6
7
Lalu aduk rata, masak sambil sesekali diaduk hingga santan tidak pecah, masukkan garam, gula merah, gula pasir dan kaldu bubuk, aduk rata, jika sudah mendidih, sayuran sudah matang dan kuah santan mengeluarkan banyak minyak, matikan api, sayur Godog siap dinikmati.
Ketupat Sayur Godog - Step 7
Ketupat Sayur Godog - Step 7
Ketupat Sayur Godog - Step 7
8
Penyajian : belah ketupat, lalu potong-potong ketupat sesuai selera, kemudian tata dimangkuk, lalu beri sayur godog, lengkapi dengan opor ayam kampung, bawang goreng dan kerupuk.
Ketupat Sayur Godog - Step 8
Ketupat Sayur Godog - Step 8
Ketupat Sayur Godog - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat irit gas (metode 5.30.7)

Ketupat irit gas (metode 5.30.7)

Lebaran kali ini sangatlah berbeda..biasaya kami mudik mertua sudah siapkan berbagai menu masakan tak ketinggalan ketupatnya,,tp kali ini mencoba menghidupkan suasana lebara di rumah seperti di desa denga cara masak ketupat,awalnya ragu karena masaknya biasanya lama dan memakan banyak gas..tp setelah lihat resep mbak ugi di cookpad saya tertantang dan akhirnya nyobain,alhamdulillah berhasil,ketupatku cantik,kenyal dan irit gas tentunya.. #imaimey #imaimeyketupatiritgas #Cookpadcommunity_Surabaya #Cookpadcommunity_id #MasakanLebaran #LebaranbersamaCookpad #DiRumahAja #ketupatiritgas

Katupek/ketupat

Katupek/ketupat

Biasanya tiap malam takbiran tetangga pada nganterin ketupat kerumah,jadi harus bikin ketupat juga buat ngisi piring tetangga berbagi itu indah 😄

180 menit
Ketupat Opor (Ketupat Lebaran)

Ketupat Opor (Ketupat Lebaran)

Assalamualaikum momies😘 Selamat Lebaran Ketupat🙏😊. Kebiasaan ngerayain lebaran itu pasti pakai ketupat kurang afdol gt rasanya klo gak liat si ketupat di meja😄, apalagi ada istilah lebaran ketupat atau bodo/ba'do kupat klo orang jawa bilang..jadi berasa bener2 lebarannya makan menu lebaran pake ketupat😊 Kali ini saya bikin ketupat opor aja yg simple2, karena si rendang udah amblas duluan😄. Opornya opor putih, biasanya pakai taburan bubuk kedelai gt kayak lontong cap go meh, tapi karena dirumah pada gak suka pakai bubuk kedelai ya di skip aja. Ketupatnya saya bikin ketupat beras supaya aman buat asam lambung saya hehe..😊 -Kalau pake beras pera/pero rendam dulu beras minimal 20-30 menit -kalau pake beras pulen tidak perlu direndam -penggunaan garam bisa dicampurkan/dikrawu di beras yg sudah dicuci atau di airnya yg untuk merebus itu Selamat Lebaran Ketupat🙏😊 #PejuangGoldenApron3

Ketupat panci presto

Ketupat panci presto

Lebaran kali ini, krn kondisi masih pandemi, semua serba dibuat sendiri, daripada beli diluaran. Alhasil... ketupat juga bisa nih buat sendiri. Monggo yg mau coba, mudah banget koq....

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

#PejuangGoldenApron3

Ketupat

Ketupat

Buat ketupat karena pengen ngobatin kerinduan paksu sma almh ibu.. Dulu waktu ibu mertua msh ada, tiap lebaran psti bikin ketupat.. Berhubung di keluarga sy tdk ad tradisi bikin ketupat alhasil paksu request bikin ketupat.. Dan alhasil lgsg sy ke pasar beli janurnya (udh berbentuk ketupat ya atau longsong ketupat hehehe).. Untuk menghemat waktu ketupatnya sy presto..

Sayur Ketupat Lebaran

Sayur Ketupat Lebaran

Sayurnya endolita dan pas dilidah. Pokoknya pas bgt dipasangin sm ketupat , rendang dan sambel goreng ati . Sayurnya super simple krn disini saya pakai bumbu giling yg bisa langsung dibeli di pasar . Mari memasak ☺️🙏🏻 #MudikOnline #PejuangGoldenApron2 #DirumahSaja

Sayur Ketupat Simple

Sayur Ketupat Simple

lahir dan besar di Jakarta, walaupun orang tua dari Jawa Tengah dan Yogyakarta 2 kali lebaran ga bisa mudik, tapi mau lebaran di Jakarta atau di kampung halaman sekalipun, yang dihidangkan dan disantap ya sayur ketupat ini padahal sayur ketupat ini khas Betawi lho tetap ada yang kurang aja kalau ga makan ketupat pakai sayurnya resep mamak kesayanganku ini, agak dimodifikasi sedikit ya karena saya menggunakan fiber creme dan cabe yang saya kurangi menyesuaikan selera keluarga di rumah yang kurang suka pedas, hihihi ikut meramaikan #GASpesialRamadanPeda yuuuk untuk makanan khas lebaran Source : Dapur Ade #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_DapurAde #FiberCreme #TanpaSantan #PenggantiSusu #EnakBisaSehat

Ketupat Ketan Anti Gagal

Ketupat Ketan Anti Gagal

Untuk melengkapi hari raya yang sebentar lagi bunda bisa coba menu ini ya bun..di jamin endul. Di makan gini aja udah endul apalagi makannya di tambah rendang, ayam goreng, opor, sambal goreng ati dll..

25 porsi
+-2 Jam
Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

Wlpn saya gak merayakan lebaran, tp tiap tahun saya ttp masak ketupat..

Ketupat sayur#siap ramadhan

Ketupat sayur#siap ramadhan

Belajar memasak kadang aku takut masakan ku ga enak jdi kurang PD . . . Yng penting sudah mencoba

6 orang
30 menit
Cara Merebus Ketupat (20'-30'-20'-30')

Cara Merebus Ketupat (20'-30'-20'-30')

20 menit rebus_matikan kompor 30 menit_20 menit rebus_ matikan kompor 30 menit dan angkat. Teknik yang pernah embah lakukan saat merebus ketupat pada jaman dulu selalu aku ingat. Masak ketupat dengan teknik dan pengolahan yang berbeda memberikan hasil yang luar biasa, jadi gak ribet memasaknya dan sering membuatnya. #TiketMasukGoldenApron3

5 biji
Ketupat Sayur Nangka Mantap Bangettt

Ketupat Sayur Nangka Mantap Bangettt

Cocok untuk teman2 yg mau lebaran neh. Ketupat saya bikin sndr. Kalau mau praktis bisa beli jadi di pasar. Ini masakan favorit keluarga. Anak2 demen banget makan ini,karena tiap beli di luar ga pas di lidah. Agak ribet bikinnya,tapi hasilnya ga boong deh,enak bgtt ini. Langkah awal 1. 1500gr nangka muda dicuci bersih,lalu dipresto 10menit (durasi disesuaikan dengan ukuran nangka)sampai setengah matang untuk menghilangkan getah,tiriskan,sisihkan. 2. Membuat kaldu ayam dari tulang ayam.Disesuaikan dengan stock yang ada di rumah.Kemudian ditimbang 2200gr kaldu,sisihkan Video lengkap ada di channel utube "dr apriyani tan" https://youtube.com/channel/UC-cjylHQLyeAGkVGzBuGBhQ

18 orang
1jam
Gulai Nangka Muda yang Gurih Pedas Peneman Ketupat

Gulai Nangka Muda yang Gurih Pedas Peneman Ketupat

Sayur favorit suami yang suka pedas apalagi kalau makan ditemani ketupat, dijamin makannya super banyak... #PekanPosbarSayurLebaran

Terik Daging Iga & Telur

Terik Daging Iga & Telur

Duluu..pernah dibawain masakan ini sama temennya mama, mirip gule tapi lebih kental trus warnanya putih..rasanya gurih2 enaakk..katanya tante itu kalo masak bisa sampe 25kg iga sapi (ga kebayang gimana masaknya). Tanya2 ternyata namanya terik iga sapi, melepas rindu makan terik iga sapi, ngubek2 resep trus coba bikin sendiri.

120 menit
Tahu Telor Kupat bumbu kacang ala Those

Tahu Telor Kupat bumbu kacang ala Those

Weekend, dan suami request dimasakin makanan yang kilat dan kenyang 😅 tengokin kulkas, sisa belanjaan ada tauge, tahu putih, bumbu pecel dan kupat sisa Lebaran

2 porsi
15-20 menit
Opor tempe

Opor tempe

bosen masak tempe digoreng dan diorek jd deh tempe opor untuk yg tidak suka tempe diganti tahu juga enak lho apalagi ayaaam 😁😁😁

3 porsi
20 menit
Sayur Ketupat Labu Siam

Sayur Ketupat Labu Siam

Enakkk banget mirip sm yg dijual dijalan2 gitu lho hehe.. Silahkan mencobaa yaa~~ . Untuk lebih jelasnya silahkan nonton di Youtube Channel : Dinda Arya Setyarini . #cookpadcommunity_tangerang

6 orang