Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) yang Enak Banget

Dipos pada August 20, 2021

Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) kira-kira 500 g. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Senin, 12 April 2021/#392 Request anak-anak minta bikin rendang daging buat sahur.. Dibikin smpai jadi kalio saja, yaitu sampai kental dan berminyak santannya. Masak cukup sampai 1-1,5 jam tgt kekentalan yg diinginkan. Dan makin praktis, masak gak usah dijagain hy perlu ditengok sesekali krn masaknya pake magic com. Nyoba pake bahan dari stok bumbu2 dasar. Oh iya disini, ada biasa dijual bahan bumbu rendang berupa kelapa gongseng yg sdh ditumbuk hingga berminyak, utk menambah harum aroma rendang. Atau dikenal namanya sbg ambu-ambu. Nah ini klo mau, bisa kok mengolah sendiri dari kelapa parut. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek #KampoengRamadan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar):

  1. 500 g daging paha sapi (potong2 sesuai selera)
  2. 1/2 kg santan kental (beli harga 5000 di tkg santan kelapa)
  3. 1 bungkus kelapa gongseng tumbuk (isi 2 sdm, beli jadi)
  4. ⏩Bumbu A :
  5. 2 sdm bumbu dasar cabe (kurleb 50 g)
  6. 2 sdm bumbu dasar kuning (kurleb 50 g)
  7. 1 sdm bumbu dasar putih (kurleb 25 g)
  8. 1 sdm bumbu kari bubuk (cap udang)
  9. ⏩Bumbu B (dari 1 paket bumbu segar langkok harga 1000) :
  10. 2 lembar daun kunyit
  11. 5 lembar daun salam
  12. 7 lembar daun jeruk (diremas)
  13. 1 tangkai serai (geprek, simpul)
  14. 3 ruasjari lengkuas (geprek)
  15. 1 ruasjari jahe (geprek)
  16. ⏩Bumbu C :
  17. 2 sdt garam (sesuaikan selera)
  18. 1 sdm gula merah (=25 g)

Langkah-langkah untuk membuat Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar)

1
Siapkan bumbu. Bumbu yg dibungkus plastik itu kelapa gongseng yg sdh ditumbuk (beli jadi) dan sering ditambahkan kedlm bumbu rendang. Penampakannya klo dibuka, di foto paling kanan.
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 1
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 1
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 1
2
Cuci bersih daging, masukkan kedalam panci magic com. Beri 1 sdt garam (dari bhn C), uleni biar meresap
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 2
3
Lalu masukkan juga semua bumbu (bahan A dan bahan B) kedalam panci magic com. Tambahkan kelapa gongseng dan santan kental. Adukrata. Tambahkan bahan C (sisa garam dan gula merah).
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 3
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 3
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 3
4
Aduk rata. Cek rasa asinnya (sesuaikan selera). Masukkan kedlm magic com. Setel menu "cook", biarkan masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 4
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 4
5
Selama proses pemasakan, setelah 30 menit, kita buka dan aduk balik. Lanjut masak hingga jadi kalio. Biasanya setelah 1 jam sdh jadi kalio (mulai nampak minyak).
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 5
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 5
6
Lanjut masak lagi selama 30 menit, hingga bumbu makin mengental. Stop proses pemasakan. Off kan magic com. Biarkan rendang jadi dingin dan bumbu meresap. Setelah proses kalio, klo mau, bisa lanjut dikeringkan jadi rendang dg proses pemasakan di atas wajan.
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 6
7
Setelah dingin, bisa dikemas dlm wadah bertutup, kemas per porsi yg dibutuhkan sekali makan. Simpan dlm kulkas sbg stok. Bila akan dihidang, tinggal panaskan sebentar.
Kalio Rendang Daging Magic Com (versi Bumbu Dasar) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

158. Sarden campur sayur

158. Sarden campur sayur

Menu sahur sederhana

Dendeng kering khas Ramadhan

Dendeng kering khas Ramadhan

Jadi tradisi keluarga setiap menjelang Ramadhan adalah bikin dendeng kering ini. Kalau mau sahur kesiangan atau malas masak tinggal goreng aja lebih praktis sebagai lauk karna cocok disajikan dengan menu apa saja.

Bumbu Dasar Putih

Bumbu Dasar Putih

Hari ini spesial bikin bumbu2 dasar supaya ramadhan besok lebih mudah dalam menyiapkan masakan sahur maupun buka puasa,.. in syaa Allah 😙 Source : Opi Bun #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya

Nasi pepes,,,,,dr sisa bahan makanan kemarin saat buka

Nasi pepes,,,,,dr sisa bahan makanan kemarin saat buka

Sahur.....sahur... Masak apa ya,,,,padahal bahan makanan saat buka kemaren masih ada. Rasulullah mencontohkan agar kaum muslimin tdk boleh mubadzir,,,,setiap makanan yg jatuh rasul pasti menyuruh untuk memungutnya kembali jika memang masih bersih. Oleh karena itu,,,,dgn bahan seadanya tapi dengan tampilan dan rasa yang berbeda dari pada saat berbuka kemarin dibuatlah nasi pepes. Ayooo emak2 musti kreatif memadu padan bahan hingga jd menu baru.

4 porsi
30menit
Nagget Ayam Kriuk

Nagget Ayam Kriuk

dibuat dengan ayam dan udang pilihan dengan kombinasi bumbu yang pas ditambah dengan tepung panir menjadi sensasi lebih cantik dan renyah saat dimakan. cocok untuk menu berbuka puasa atau sahur #FestivalRamadanCookpad & RamadanPenuhIdeMasakan

Udang Super Kriuk

Udang Super Kriuk

Setelah sekian lamanya ngedraft resep tapi ndak diposting akhirnya malam ini kuterbitkan juga hehehe. sebenarnya masak hampir setiap hari, apalagi sejak WFH bisa masak setiap hari. Hanya saja ada aja gangguan untuk posting resep😅 mudah-mudahan resep ini mudah dan bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua yaa teman makan Sahur ataupun Buka Puasa.

5 person
20 menit
Pampis Ikan Tongkol

Pampis Ikan Tongkol

Assalamualaikum cookpaders, apakabar hari? Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari nih, sudah ada persiapan kah? Salah satunya persiapan menu lauk yang tahan lama,menu menjadi penolong saat kamu kesiangan bangun sahur 🤭 Menu yang pake nasi enak, di cemilin juga enak, tapii jangan cemilin di tengah hari bolong ya 🤣 Oh iya resep ini aku terinspirasi dari mba Nurul_Fajri, teman kombes 🥰 https://cookpad.com/id/resep/14831393-pampis-ikan-tongkol?invite_token=nWUUbMaPiaMqBVdGqPWmbJdh&shared_at=1617896560 Silakan Mencoba Semoga menginspirasi 🌼 Happy cooking 🧆 #GA_TheNextLevel #PotBerbisik_SambutPuasa #PekanPosbarHidanganKering #KampoengRamadan #dirumahaja #kedapuraja #masakitusaya #cookpadindonesia #cookpadcommunity_ID #cookpadcommunity_Bekasi #tidaksekdarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove

Haruan Goreng Kering

Haruan Goreng Kering

Super simpel bumbu ungkep ya karena pakai bumbu racik ikan goreng dari Indofood, pas banget kalau mau masak dadakan seperti sahur.

2 orang
20 menit
Pindang ikan salai

Pindang ikan salai

Bismillah, ikan salai adalah ikan yg diolah dengan cara Diasap Diatas api, ikannya bisa bermacam2 bisa ikan gabus, ikan baung Dan lain lain. Kemarin km ketemu ikan salai baung suami pengen ikannya dipindang tu sahur biar seger katanya karena pake kuah. #festivalramadhanCookpad

Mangut lele simple

Mangut lele simple

persiapan sahur biar gak dadakan

158. Kering Tempe Pedas Manis

158. Kering Tempe Pedas Manis

Sabtu, 09 05 2020 Bisanya bikin kering tempe ga pernah sukses, makanya ga pernah bikin lagi dan memilih untuk beli hahaha. Di bulan Ramadan gini emang biasa harus ada kering tempe buat jaga² kalo telat bangun sahur langsung bisa makan sahur dengan kering tempe ini...enak dan praktis🥰 Kemarin kebetulan mamang gojek yg disuruh beli tempe salah...kebanyakan belinya. Karena tempe gak tahan lama makanya saya kepikiran buat nekat lagi bikin kering tempe, jadilah berselancar di cookpad dan nemu resep kering tempe pedas manisnya bunda Betty (Ummu Habsyi) tertarik dengan judulnya pedas manis 😂😍... maka... Bismillah.. mencoba membuatnya dan Alhamdulillah berhasil, bumbu dan rasanya pas banget, pedas manis....dan senangnya lsg dipuji sama anak n suami...enak nih mom.. Masya Allah senang akhirnya bisa juga bikin kering tempe 😂😂😍. #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #Cookpad_id #Ngeksis #CookpadCommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring Source : Betty (Ummu Habsyi) jazakillah khoir bun, resepnya enak...🙏🤤😍

Gulai Ayam Kentang

Gulai Ayam Kentang

Bikin gulai ini sore dan paginya buat lauk sahur. Enak deh..sudah meresap bumbunya..kentangnya juga legit. Tingkat pedasnya disesuaikan dengan selera ya. #GA_TheNextLevel

4-5 orang
1 jam
Lodeh ikan

Lodeh ikan

Pagi... 🌹 Mari makan sahur.. #cookpadcommunity_jakarta

Pepes patin pedas

Pepes patin pedas

Request eyang...puasa bikin pepes ga pakai icip icip,ternyata hasilnya passs👍,menu berbuka puasa dan sahur🙏

Sup Tahu Ala Hokben

Sup Tahu Ala Hokben

Assalamu'alaikum... Menu sahur sedapnya yg berkuah supaya segar gak seret....salah satu clear soup yg ringan dan praktis masaknya #Ramadhanday10

2 porsi
20 menit
Cah Ayam Tofu dan Sayur Sisa

Cah Ayam Tofu dan Sayur Sisa

Stok di kulkas tinggal tofu, buncis, wortel sama ayam fillet sedikit. Mau kepasar tapi males, kita bikin aja yang ada di kulkas cemplugin semua. Jadi sayur sisa ala-ala buat makan siang. Kalo mau coba sayurnya gak harus wortel sama buncis ya apa aja bisa dimasukin. Bikinnya simpel dan cepet tapi bergizi. Bisa juga buat menu sahur #FestivalRamadanCookpad

Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur)

Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur)

Hai... Ramadhan tinggal menghitung hari, stok makana kering dulu yuk... Stok ini berguna banget deh, soalnya kadang suka telat waktu sahur 🙈😁 #PejuangGoldenApron3 #Timlo_LaukKering #CookpadCommunity_Solo #PekanPosbarHidanganKering Source : Diana Endri Rosisca https://cookpad.com/id/resep/4240144-sabur-serundeng-kelapa-ala-situbondo?invite_token=frDx7VM1ZxqMxG27nzy41RMw&shared_at=1617907234

1000 gr
40 menit
Telur ceplok cabe ijo simple dan enak

Telur ceplok cabe ijo simple dan enak

Masak mudah dan enak utk buka puasa atau sahur

4orang
20menit
Abon ayam

Abon ayam

Bismillahirrahmanirrahim... Di rumah si bontot yang paling susah makan, apa lagi di bulan Ramadhan... Biar gak ribet nanti saya buat lauk kering yang bisa di jadikan teman makan sahur. Rasanya gurih manis... #Abonayam #PekanPosbarLaukKering #LaukKeringtahanlama #PekanPosbarHidanganKering #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

385 gr
1 jam
Oseng - oseng Buncis Telur

Oseng - oseng Buncis Telur

#SahurPraktis kali ini saya recook dari resep mbak karya andini. Praktis dan cepat, cocok untuk masak sahur. Jika ingin cepat, bersihkan buncis sebelum tidur agar waktu masak sahur lebih cepat dan efisien. Silahkan di coba ya. #masakitusaya #FestivalRamadanCookpad #cookpadcommunity_surabaya #RamadanPenuhIdeMasakan #NgeksisDiCookpad #cookpadIndonesia #bukbercoboy #kreasi_galia