Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam kampung yang Anti Gagal

Dipos pada January 12, 2022

Opor ayam kampung

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor ayam kampung yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor ayam kampung yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam kampung ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung memakai 22 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1 jeruk nipis
  3. 3 bawang putih geprek
  4. 1 sdt garam
  5. Bumbu halus :
  6. 10 bamer
  7. 5 baput
  8. 2 sdt ketumbar
  9. 1 sdt lada
  10. 3 cm lengkoas
  11. 3 cm jahe
  12. 3 buah kemiri
  13. 1/2 Biji pala
  14. 1/2 sdt bubuk kunyit (Boleh kunyit utuh 3cm)
  15. Bahan cemplung :
  16. 1 buah sereh
  17. 3 lembar daun salam
  18. 2 lembar daun jeruk
  19. secukupnya Garam, gula, penyedap
  20. 400 ml santan
  21. 100 ml air putih
  22. Minyak

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung

1
Potong ayam sesuai selera, cuci bersih dgn air mengalir, beri jeruk nipis, bawang putih geprek, dan sdkit garam. Diamkan kurleb 15mnt. Lalu bilas lagi dgn air mengalir
2
Tumis bumbu halus, dan bumbu cemplung, aduk2 sampai harum. Lalu masukan ayam aduk2 sampai rata, masukan santan, dan tambahkan air.
Opor ayam kampung - Step 2
Opor ayam kampung - Step 2
3
Beri garam, gula, penyedap. Test rasa. Lalu diamkan sampai kuahnya kental, dan matikan kompor jika sdh empuk ayamnya. Angkat dan siap dihidangkan dgn tambahan bawang goreng. Selamat mencoba ๐Ÿ‘Œ
Opor ayam kampung - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Telur anti ribet Fiber Creme

Opor Telur anti ribet Fiber Creme

Eh muncul lagi menu makan siang ala kadarnya tapi mewah... No Santan ya... Kita pke Fiber Creme

Opor ayam kampung no santan

Opor ayam kampung no santan

Anak-anak saya suka sekali yang namanya opor ayam. Yang namanya nasi harus berenang bersama kuah si opor. Bisa kebayangkan nasi yg sudah disirami kuah opor yang banyak. Akhirnya saya terinspirasi mengganti santan dgn susu agar anak anak tidak mudah neg dan sehat

Opor Ayam Bumbu praktis S*sa

Opor Ayam Bumbu praktis S*sa

Kali ini pakai bumbu praktis merk S*sa, sudah ada santan bubuknya. Mudah dan enak๐Ÿ‘

2 orang
40 menit
Opor Ayam Susu (tanpa santan)

Opor Ayam Susu (tanpa santan)

#stayhome #dirumahaja #dibikinsimplesaja

Opor Ayam

Opor Ayam

H-1 lebaran belum memutuskan untuk masak apa. Mendekati waktu Ashar akhirnya memilih untuk membuat opor. Maklum ngga mudik, jadi bingung harus ngapain aja. Jadilah menikmati opor di Hari Lebaran. Ini resep yang kubuat. Agak kemerahan karena warna dari cabe biar ngga pucet, tapi rasanya alhamdulillah enak.

3-6 porsi
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Menu sahur penafsu makan

Terik Tempe Telor

Terik Tempe Telor

Menu Tempe dirumah harus diolah, kalo hanya digoreng saja paling saya sendiri yg makan. Kali ini yang terbayang Terik tempe rasanya manis gurih wangi aroma ketumbar ditambah stok telur yg ada. Bumbunya versi tumis karena waktu sdh mendekati jam makan. Alhamdulillah Terik Tempenya laku keras.

3 porsi
40 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Salah satu kesukaan anak2 opor ayam... Langsung masakk say, Alhamdullillah enakkk

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Malas masak karena bangun siang hehehe (hanya alasan) biasa hawa weekend masih bikin malas gerak. Maunya santai aja kayak dipantai. Tapi sesantainya, seorang Ibu masih lakukan ini itu saking khawatirnya sama anggota keluarga. Kalau gak masak, anak-anak mau makan apa ? Masa ceplok telur lagi.. Mau beli ya malas ribet panasin segala makanannya lagi. Mending masak aja lah, begitu pikirku. Pada akhirnya ya masak juga kan. Masak yang gak ribet, praktis, semua anggota keluarga bisa sama-sama makan dalam satu menu. Yap sepertinya opor ayam bisa jadi salah satu menu yang bisa diandalkan. Maka langsung aja yuk kita bikin opor ayamnyaโ™ฅ #niadev_olahanayam #CookpadCommunity_Bekasi

45 menit
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

3-4Porsi
1 jam
Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Lagi males ribet. Padahal si dia minta s*to tapi dibikinin ini aja makannya nambah. Alhamdulillah, cocok juga buat sahur.

8 porsi
50-60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Resep opor ayam ini bisa diliat juga di youtube Channel "Dapur Irez" ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

Opor Ayam

Opor Ayam

Pulang kerja, langsung bikin opor ayam kuning requesan suami tercinta. Rasanya enak ga bikin enek.

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Salah satu masakan wajib saat lebaran, resep dari nenek~

68. Opor telur puyuh tahu

68. Opor telur puyuh tahu

Baru hari pertama puasa udah bingung sahur ke 2 mau makan apa. Karena jujur males banget kalo mesti masak. Pengennya tinggal angetin aja. Bongkar2 isi kulkas cuma sisa telor puyuh sama tahu. Yaudah lah yaa dibikin opor aja biar cocok sama peyek kacang tadi sore dan ga pake ribet masak pas waktunya sahur.. tinggal angetin doang.. masaknya sebelum bobo. Hihihii .

8 porsi