Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak biji salak warna warni yang Enak Banget

Dipos pada May 6, 2021

Kolak biji salak warna warni

Anda sedang mencari inspirasi resep Kolak biji salak warna warni yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Kolak biji salak warna warni yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak biji salak warna warni, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak biji salak warna warni bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Kolak biji salak warna warni biasanya untuk 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Kolak biji salak warna warni diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak warna warni sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak warna warni memakai 8 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak warna warni:

  1. 9 buah ubi ukuran kecil (masing2 3 buah)
  2. 1/4 kg tepung kanji
  3. 1 sachet santan instan (¹/² butir dari kelapa segar)
  4. 1 liter air
  5. 1/4 kg gula merah
  6. 5 sendok gula pasir
  7. Sejumput garam
  8. 2 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak warna warni

1
Kupas ubi dan cuci bersih, lalu potong2
2
Kukus ubi sekitar 10 menit, atau sampai ubi empuk.
3
Setelah matang. Taruh di wadah berbeda untuk setiap warna ubi, haluskan dengan ulegakan yg di lapisi plastik atau dengan garpu.
4
Beri masing2 ubi halus dengan kanji 3 sendok makan atau d sesuaikan untuk kekenyalannya, dan gula pasir sekitar ¹/² sdm.
5
Setelah adonan tercampur, Didihkan air. Bentukk adonan menjadi lonjong, lalu rebus sampai adonan mengapung. (Tips) ubi ungu lebih baik d rebus terakhir jika tidak mau mengganti air rebusan, agar tidak mengubah wana pada 2 ubi lainnya.
6
Setelah matang, siram atau rendam dengan air bersih. Agar kuahnya nanti tidak kental krn sisa kanji di adonan biji salaknya.
7
Untuk kuah: didihkan 1 liter air, tambakan daun pandan. Setelah didih masukan gula merah, gula putih, biji salak dan sejumput garam. Biarkan sampai menidih.
8
Masukan santan, aduk perlahan sampai kuah mendidih kembali. Matikan kompor, dan kolak biji salak siap di nikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kacang hijau

Kolak kacang hijau

#siapramadhan

Kolak Singkong

Kolak Singkong

Singkongnya lembut, kuahnya gurih dan manis.

Kolak Pisang Simple

Kolak Pisang Simple

Sekedar ide untuk temen minum teh di sore hari :)

Kolak Candil Ubi

Kolak Candil Ubi

1 Panci
40 menit
Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Dapet oleh - oleh gula merah banyaaaak banget. Kebetulan juga lagi pengen makan kolak pisang ^^

Kolak Pisang Ubi so tasty

Kolak Pisang Ubi so tasty

Udah lama pgn share ini tp gajadi2 karna blm foto😂 ini resep langsung dari mertua dan mertuaku itu semua masakannya enak2 bgt😍 pas liat halaman rumah ada pandan sayang klo ga dipetik🙈😆 cuzz bikin kolak pisang ubi

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Biasanya klw bulan Ramadhan hampir setiap hari bikin kolak dan klw aku sukanya santannya langsung dicampur ke kolaknya bukan dipisah (biar hemat waktu) tp klw yg suka dipisah gpp boleh aja (terkadang pun aku buatnya terpisah antara kolak & kuah santannya supaya ga bosen). Jadi resep dibawah ini santannya langsung aku campur ke kolaknya yaa, klw difoto aku sisain sedikit santannya hanya untuk mempercantik tampilan kolaknya 😁. Yuk langsung aja dicoba 👇 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Tangerang #GenkPejuangDapur

Kolak pisang dan labu

Kolak pisang dan labu

Masih latihan masak... Alhamdulilah skr udah jd ibu rumah tangga semakin banyak waktu buat masakin suami, apalagi pas puasa gini...

3 porsi
20 menit
Kolak pisang dancow

Kolak pisang dancow

Suami pengen dibuatin kolak pisang cuzzx ai kepasar nyari pisang .. selesaiiii

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Senin, 6 Mei 2019 #JemputRejeki #SiapRamadan #minggu2siapramadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #mingguke_18 #cookpadcommunity_yogyakarta Source : mbk Kartini Munthe Tape itu enak manisnya, bisa dibuat camilan apa aja. Kali ini jadi menu takjil yang nikmat. Bisa juga pake es batu.

Kolak Biji Salak Kuah Kental

Kolak Biji Salak Kuah Kental

Kolak bini salak merupakan makanan yang terbuat dari sagu dan ubi yang memiliki sensasi kenyal dan rasa manis gurih.

Kolak Pisang Pinky

Kolak Pisang Pinky

Lagi banyak buah pisang di rumah, bingung mau diapain lagi. Akhirnya dibikin kolak, dg memanfaatkan bahan-bahan yg ada. Simple, cepat, mudah dibuat looh. 😄

Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Dapat resepnya dari Ko Ade Koerniawan, Top 3 Master Chef Indonesia Season 6⭐👌

Kolak pisang & ubi

Kolak pisang & ubi

Ceritanya beli pisang tanduk 10rb dpt 6buah gede" pisan. Udah dibikin setup, udh digoreng, udh d panggang buat krucil masih ada aja.. Yaudh dibkin kolak aja. Sore" hujan" enak mam yg anget".. :)

Kolak Biji Salak (Ubi Orange)

Kolak Biji Salak (Ubi Orange)

Aku tuh suka banget sama santan dan yang manis2. Punya ubi dari pengasih yang baik hati. Langsung ke warung nyari printilannya sebagai pelengkap sambil ikutan #pilkadacookpad_Bekasi #CABEKU #bamasakjosantan #cookpadcommunity_bekasi #hannahani_cookies

6 Porsi
60 Menit
Kolak pisang kepok

Kolak pisang kepok

Pagi2 nemu pisang di pasar.. Cck dibuat kolak deh...

Ta'jil ramadhan kolak ubi kolang kaling

Ta'jil ramadhan kolak ubi kolang kaling

Ada ubi ada kolang kaling simple aja di bikin kolak,

5 porsi
20 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Hey Bundaaa 😉masak yu...lagi musim kayak begini...mendingan masak makanan yg jelas tingkat kebersihannya...supaya anak dan suami kita makin tambah cinta sama bunda dan betah dirumah. Aku ada resep kece badai nih buat Bundaaa barangkali mauu ceki-ceki yaach...

7orang
1jam 30mnt
Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi

Pisang nangka

6 porsi
60menit