Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem yang Sempurna

Dipos pada November 26, 2018

Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem biasanya untuk 4porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

keinget waktu hamil dulu suka bgt sm bubur ini, hampir tiap hari makan ni bubur. . . sejak melahirkan baru kali ini menyantapnya kembali . . .

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem:

  1. Bubur Kacang Ijo::
  2. 150 gr kacang ijo
  3. 50 gr gula merah
  4. 50 gr gula pasir
  5. 1 sachet santan kara @65ml
  6. 1 L air (tambahkan jika kurang)
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 1/2 sdt garam
  9. Ketan Hitam::
  10. 150 gr ketan hitam, rendam 8 jam
  11. 75 gr gula pasir (selera)
  12. 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  13. 1.5 Liter air (tambahkan jika kurang)
  14. 1/2 sdt garam (selera)
  15. Kuah Santan::
  16. 1 sachet santa kara @65ml
  17. 500 ml air
  18. 1 lembar daun pandan
  19. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem

1
Kacang ijo: rebus kacang ijo dengan 1 L air, masukan pandan. masak sampai mekar. tambahkan gula merah (tambahkan air jika perlu) masak sampai gula larut. tambahkan gua pasir, santan dan garam aduk2.. jika dirasa kematangannya sudah cukup, matikan api. sisihkan *saya masak kacang ijo kurleb 1 jam, cz sy gg rendam dulu.
2
Ketan item: ketan item yg sudah direndam 8 jam, cuci kembali sampai bersih. masak dg air dan daun pandan. kalau sudah empuk masukan gula dan garam aduk rata (tambahkan air jika perlu). ketika air hampir habis aduk terus agar tdk lengket dipanci. koreksi rasa, matikan api jika sudah pas. sisihkan
Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem - Step 2
3
Kuah santan: panaskan air sampai mendidih. masukan santan kara, daun pandan dan garam. masak lagi sampai mendidih.
Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem - Step 3
4
Tuang secukupnya kacang ijodan ketan item kedalam mangkok kemudian siram dg kuah santan.. bisa disajikan selagi hanget maupun setelah dimasukan kekulkas...
Bubur Kacang Ijo Ketan Hitem - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ketan Hitam- Kacang Ijo

Bubur Ketan Hitam- Kacang Ijo

Terniat kali ini yg jadi kenyataan πŸ˜‚ nyari resep sana sini rasanya pada ribet dan ga ccok. Finally, nyoba sendiri dg niat iklas buatin utk yg pengen jadi. Eh jadi juga, eh enak malahan. Haha. Here the recipe:

Bubur kacang ijo no santan

Bubur kacang ijo no santan

saat musim hujan ...enak disajikan hangat- hangat ...πŸ˜‹

Bubur Kampiun Khas Minangkabau

Bubur Kampiun Khas Minangkabau

Goda kali ini bikin bubur manis. Tim ku dengan mb @netiyulias Nama tim kita adalah Bubur Manis (BUBUR MANIS BUat BubUR MAmak NetI dan LiliS) Kita sepakat bikin bubur kampiun khas Minangkabau . Basicnya sama kyk bubur madura, cmn di lampung ada pisangnya.. Source : Dapur Gerigit https://cookpad.com/id/resep/12628623-bubur-kampiun #GodaTC_Berburububur #Goda_Paders #komunitaspaders #GodaTC_BUBURMANIS #GodaTC_lilis_dapoertara #dapoertara

Bubur kacang hijau+oatmeal rice cooker

Bubur kacang hijau+oatmeal rice cooker

Pak suami pingin bubur kacang hijau,apalagi sekarang lagi musim hujan.cari bahan-bahan yang ada di rumah saja.

2 porsi
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Menu simpel buat sarapan pagi. Bisa juga dimasak pake rice cooker /magic com klo lg males, tinggal cemplung dan aduk-aduk semua bahan .

8 porsi
40 menit
Bubur KACANG HIJAU Ketan

Bubur KACANG HIJAU Ketan

_29.11.16_Paling suka kalo bubur kacang hijau dicampur sama beras ketan, jd makin gurihh...πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜πŸ˜

Bubur Pedas Khas Kalimantan Barat / Bubbor Paddas

Bubur Pedas Khas Kalimantan Barat / Bubbor Paddas

Bubbor paddas, adalah kuliner khas Melayu asal Sambas Kalimantan Barat. Paddas dapat diartikan banyak macam dan bercampur campur. Pengucapan kemudian bergeser dari paddas menjadi pedas, meski bubur ini tidak sepedas namanya. Biasanya, kami membuat bubur ini dalam porsi besar, selain karena ga cukup satu porsi untuk satu orang, menjadi suatu budaya saat kumpul beramai ramai, menu makanannya bubur pedas. Ga sah berkunjung ke Kalimantan Barat, kalau belum coba bubbor paddas, yukk ❀️ #KulinerKhasKalBar #FestivalKulinerKalimantanBarat #FKKB_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar

10 orang
Bubur Kacang Hijau - Ketan Hitam

Bubur Kacang Hijau - Ketan Hitam

Dapat Ketan hitam dari temen, inget pernah cookmark resep buburnya mba Trixie. Akhirnya jadi juga, bubur obat kangen πŸ˜‚. Sedikit modifikasi karena kuah santannya kupisah. Enak dan simple.

Bubur Kacang Merah+wortel+daging sapi saring - MPASI

Bubur Kacang Merah+wortel+daging sapi saring - MPASI

bubur saring ini dd juga suka, jangan lupa tambahkan lemak sebelum santap ya..saya pake evoo nih.saya orangnya tidak terlalu sak-klek (ap y bahasa indonesianya?) jadi saat dd edmund mulai makan menu "komplit" saya tambahkan SEDIKIT lada dan garam, tidak sampai berasa asin (dalam panduan menurut WHO pun diperbolehkan asal tidak berlebih). bagi yang menganut versi no gulgar sebelum 1y boleh diskip. saya pun selalu menambahkan bayleaf / daun jeruk tuk aroma.

2 porsi
30 menit
Barobbok (bubur manado)

Barobbok (bubur manado)

Barobbok ato bubur manado makanan khas dari Sulawesi

4 porsi
1 jam
Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba πŸ˜πŸ™

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Cuaca uda mulai dingin dan selalu bingung nentuin sarapan. Kadang malah skip karna saking malasnya. Teringat masih simpan 1/4 kilo mug bean jadilah kepikiran buat bikin. Yuk cek.

8-10 porsi
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Terinspirasid dari temen. Yang rutin makan ini untuk promil

5-6 porsi
+-20 menit
Bubur kacang ijo sederhana

Bubur kacang ijo sederhana

Suami kl plng krj maunya ada cemilan,kita bwt makanan yg gampang2 aja dech😁😁

Bubur Kacang Ijo Ubi

Bubur Kacang Ijo Ubi

Liat di kulkas masih ada sedikit kacang ijo,hawanya juga mendukung utk bikin yg anget2,ditambah bbrp hari ini mamo sering bgt beli bubur kacang,intip resepnya mbak @susie.agung dan lgsg eksekusi deh,alhamdulillah semua suka,nikmat banget πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜‹

5 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Sengaja dibeliin kacang hijau oleh ibu, sempet kesimpen lama dalam plastik, kemarin pas ada waktu baru lah sebagian dimasak bubur..

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

bubur kacang ijo kesukaan suami

2 porsi
35 menit
Bubur kacang ijo simple

Bubur kacang ijo simple

Udah lama ga buat ini, tiba-tiba kepengen kebetulan suami jg suka bgt.

45menit