Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Kacang Hijau yang Menggugah Selera

Dipos pada November 27, 2018

Bubur Kacang Hijau

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Kacang Hijau yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur Kacang Hijau yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Kacang Hijau, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Hijau di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau yaitu 8-10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Hijau memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cuaca uda mulai dingin dan selalu bingung nentuin sarapan. Kadang malah skip karna saking malasnya. Teringat masih simpan 1/4 kilo mug bean jadilah kepikiran buat bikin. Yuk cek.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau:

  1. 1/4 kilo kacang ijo
  2. Secukupnya gula garam
  3. 2 sdm tepung beras
  4. 2 sdm tepung tapioka/kanji
  5. 1 kotak santan kara kecil
  6. 1 bks bubuk vanili
  7. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Hijau

1
Supaya kacang ijo empuk saya sengaja merendam kacang ijo semalaman
2
Kemudian bilas hingga bersih dan rebus dengan air secukupnya. Kalau mau wangi dikasih pandan apa daya karna disini susah maka saya skip.
3
Tunggu hingga air mendidih dan menyisahka kira-kira satu ruas jari di atas kacang ijo
4
Masukkan gula dan garam secukupnya. Pastikan gula lebuh banyak. Tambahkan bubuk vanili.
5
Sembari menunggu gula teresap dalam kacang ijo. Larutkan tepung-tepungan dengan air setengah cup.
6
Masukkan larutan tepung perlahan sambil terus d aduk supaya tidak gosong d bagian bawahnya.
7
Santan terpisah. Campur kara dan air lalu masukkan garam. Panaskan tapi jangan sampai pecah
8
Plating: masukkan bubur dalam mangkok kemudian siram dengan santan jika hendak makan. Ini juga bisa membuat kacang ijo lebih tahan. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur kacang hijau ketan item

Bubur kacang hijau ketan item

Hampir tiap malem suamiku beli makanan ini.... q juga suka bgt.... dari pada beli tiap hari mending q bikinin aja... ini jg baru belajar... tp rasanya ga kalah enak....

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

2 - 3 orang
[MPASI 9M+] Bubur Kampiun (Labu+Pisang+Sumsum+ kacang Hijau)

[MPASI 9M+] Bubur Kampiun (Labu+Pisang+Sumsum+ kacang Hijau)

Mama Adam lagi pengen bgt makan bubur kampiun, bubur kampiun ini hidangan khas minang, sering dihidangkan buat menu berbuka puasa. Berhubung semua bahan ada, trus kepikiran buat bikinin Adam, anaknua udah hampir 10 bln, udah bisa dikasih makanan bersantan, tapi dengan porsi yg dibatasi. Hasilnya anaknya doyan, porsi segitu abis, biasa itu porsi dua kali makan. 😁😁😁 Kebetulan adam lagi pilek ga enak badan, sepertinya kecapean abis pergi liburan weekend kmaren, enak makannya anget2 dan ga perlu cape ngunyah.. Ini takarannya tinggal disesuaikan sama si kecil ya moms.. Buat dikosumsi orang dewasa kismis/kurma tinggal diganti gula pasir atau gula palm, ditambahin garam dan vanili.

2 porsi
30 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Kualitas gula merahnya kurang bagus,jd warnanya kurang cantik. Tp yg penting rasanya πŸ‘πŸ‘Œ

Bubur Ketan Hitam mix Kacang Hijau dan Sagu Mutiara

Bubur Ketan Hitam mix Kacang Hijau dan Sagu Mutiara

Ini buburnya kental yaa, request pak suami😁😊

9 porsi
Bubur kacang hijau kuah santan simpel (tanpa rendam)

Bubur kacang hijau kuah santan simpel (tanpa rendam)

Semalam pengen makan burjo, tapi suami kerja malam, jadi ga ada yg keluar belikan bubur, eh, ngobok2 dapur, nemu kacang hijau sebungkus, yaa udah buat deh, dengan bahan seadanya

#mpasiJAY 2. Potato Porridge (7 bulan)

#mpasiJAY 2. Potato Porridge (7 bulan)

πŸ‘©β€πŸ³ Reaksi JAY: Hmm sepertinya dia kurang suka tekstur bubur nya yang ada kuning telurnya kali yah. Makannya lambat banget. Dan juga cuma mau beberapa sendok aja. Bagi yang belum tahu, berikut saya share sedikit pengetahuan tentang mpasi 4 bintang. Jadi kalau sepengetahuan saya menu mpasi 4 bintang ini adalah menu lengkap gabungan. Apa sajakah itu? Berikut saya coba jabarkan: ⭐ sumber karbohidrat - beras merah, beras cokelat, beras putih, jagung, kentang, ubi, labu kuning, gandum, oat dll - ⭐⭐ sumber protein hewani (prohe) - ayam kampung, ikan, hati sapi, daging sapi, udang, telur puyuh, dll - ⭐⭐⭐ sumber protein nabati (prona) - tahu, tempe, kacang hijau, kacang polong, kacang merah, kacang edamame, buncis, kcg panjang, dll - ⭐⭐⭐⭐ sumber serat - bayam, kangkung, wortel, tomat, sawi, labu siam, dll - Selain itu kita bisa kasih beberapa bahan atau bumbu tambahan sebagai berikut : βœ… LEMAK TAMBAHAN ( LT) - minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung, atau bisa juga butter - βœ… BUMBU AROMATIK (BUMTIK) supaya baunya menggugah selera baby kita - bamer baput, seledri, daun jeruk, daun salam, dll - βœ… PENYEDAP RASA - kaldu murni dari ayam kampung, sapi, ikan, atau bisa keju - INFO LENGKAP BISA CEK DI GOOGLE DAN YOUTUBE πŸ‘©β€πŸ³ Note : Setiap baby memiliki alergi yang berbeda". Jadi harap berhati hati jika memang ada indikasi alergi. Mungkin bisa ditanyakan ke dokter anak masing". Terima kasih. ❀ #mpasiJAY #mpasi7bulan #mpasi4bintang #homemadempasi #mpasimudah #mpasirumahan

+/- 30 menit
Bubur sehat

Bubur sehat

Pagi" anak" mau makan bubur.timbul ide buat manfaatkan bahan" yg ada di sekitar rumah dan dikulkas.jadilah bubur sehat ini..

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Badan lagi gak karuan, hidung meler, batuknya gak tertahankan sampai nangis-nangis πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯ Yudhlah di kulkas ada stock kacang ijo, langsung tadi malam rendem spy pagi langsung direbus.

5 porsi
45 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Lagi pingin bikin bubur kacang ijo, pertama kalinya bikin masakan yg agak ribet hehe, hasilnya enak kata suami pas g terlalu manis dibantu sama resepnya mama kombinasi resep cookpad

3-5 porsi
60 menit
Bubur kacang ijo susu

Bubur kacang ijo susu

Lagi ga mood makan nasi .. dari pagi ya ini yg masuk .. pengen sama roti tawar tapi males ke minimarket, jadi pake biskuit marie .. celup celup kenyang deh ..

Bubur Kacang Hijau, Ketan dan Jagung Manis

Bubur Kacang Hijau, Ketan dan Jagung Manis

Satu bln ini cuaca dingin krn hampir tiap hari turun hjn, enk klo mkn yg pns2. Kebetulan kemarin diksh buah nangka sama tetangga rmh. Selain lgsg dimkn, kepikiran dibikin bubur. Bahan2nya pun üϑάђ ada semua didapur, seperti kcg hijau, beras ketan Ϟ jagung manis. Lgsg dech ke dapur bkn bubur. Oiya, selain disajikan pns2, sebagian buburnya sy mskkan kulkas krn ank2 suka bubur Ζ”Βͺηƍ dingin. Jd bubur ini bs disajika pns atau dingin, sesuai selera. :)

Bubur Kacang Hijau *BurJo*😘

Bubur Kacang Hijau *BurJo*😘

Burjoo burjo,manis gurih mengenyangkan😁 habis makannya 1 mangkok porsi kuliπŸ˜²πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Bubur dan es kacang ijo mudah

Bubur dan es kacang ijo mudah

Lagi2 weekend 2ponakan kesayangan mau dateng,kebetulan suami juga minta es kacang ijo.daaan berhubung sy lagi kena gejala tifoid (hiks)so sy buat cemilam sehat sesimple mungkin biar gak kecapekan. Dan bermanfaat hehehe

6 -8 porsi
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Minggu pagi sudah mendung dan hujan pada akhir na. Untung saja tadi malam sudah ngerendem kacang hijau, pas bangetkan ma cuaca naπŸ˜ƒ Karna krucil2 libur sekolah jadi cemunguddd masak ini ituπŸ˜„πŸ˜„

45 menit
Bubur kacang ijo no ketan item

Bubur kacang ijo no ketan item

Ini resep pertama ku d cookpad. Padahal aku udh sering liat" resep tapi aku baru kali ini bikin masakan lalu d post.

Bubur kacang ijo no santan

Bubur kacang ijo no santan

saat musim hujan ...enak disajikan hangat- hangat ...πŸ˜‹

Bubur ati yampung dan kembang kol

Bubur ati yampung dan kembang kol

Mpasi 4⭐️

3porsi