Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Kacang Hijau yang Sempurna

Dipos pada November 25, 2018

Bubur Kacang Hijau

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Kacang Hijau yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Kacang Hijau yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Kacang Hijau, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Hijau di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Kacang Hijau biasanya untuk 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Kacang Hijau diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Hijau memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menu simpel buat sarapan pagi. Bisa juga dimasak pake rice cooker /magic com klo lg males, tinggal cemplung dan aduk-aduk semua bahan .

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau:

  1. 250 gram kacang hijau, rendam semalam, agar cepat empuk
  2. 250 gram gula merah
  3. 1/8 cup gula pasir atau 25 gram
  4. 1/4 cup tepung tapioka atau 30 gram
  5. 1 sdt vanilli cair
  6. 2-3 ruas jahe, bakar, geprak
  7. 1 buah santan instant Kara kemasan 200 ml,
  8. 2 liter air & 1 cup
  9. sejumput garam
  10. 5 lembar daun pandan, sobek memanjang tengahnya, ikat simpul

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Hijau

1
Rebus air, gula merah, gula pasir, jahe dan 3 lembar daun pandan sampai gula larut. Tambahkan kacang hijau dan garam, masak kurang lebih 20-30 menit (api gas) atau sampai empuk.
2
Tambahkan tepung tapioka yang dicairkan dengan 1/2 cup air. Aduk rata. Tambahkan vanilli, aduk, masak sampai mengental, angkat.
3
Buat saus santan ; rebus dengan api kecil 1/2 cup air, sejumput garam, santan dan daun pandan. Aduk-aduk jangan sampai santan pecah, masak sampai mendidih. Angkat.
4
Sajikan bubur di mangkuk saji dengan saus santan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 7+,bubur kacang ijo plus kacang merah dicampur labu madu

Mpasi 7+,bubur kacang ijo plus kacang merah dicampur labu madu

Itu menu mpasi vandi kemarin,lupak upload,udh inget,mw upload,krna sibuk,jdi lupak lgi,ini inget jdi upload 2 sma yg mpasi hri ini hehe

3 porsi
Bubur kacang ijo no santan

Bubur kacang ijo no santan

Ini bubur kacang ijo tanpa santan tapi Alhamdulillah tetep enak, ternyata bikinya mudah, saya kira dulu bikin ini sulit :D

Bubur Sumsum Mutiara Kuah Sirup Cocopandan

Bubur Sumsum Mutiara Kuah Sirup Cocopandan

#dessertAnnaswa Sebenarnya sdh lama pengin bikin bubur sumsum yang lembut lumer seperti yang aku bikin ini. Resepnya dari bunda fitrisasmaya. Sekalian ikutan GA-nya cookpad yg colab sama bunda fitrisasmaya. Disini aku ga pake kinca gulmer, tapi aku ganti pake sirup cocopandan. Selain gulmernya lagi habis, kupikir anak-anak pasti lebih menyukainya. Dengan divariasikan bubur mutiara dan taburan kacang tanah, di beri sedikit serutan es batu, cocok buat buka puasa. #SiapRamadan #recookresepfitsas #cookpadXfitsas #berburucelemekemas #resolusi2019

4 porsi
15 menit
131. Bubur (jenang) Campur

131. Bubur (jenang) Campur

Ting ting ting.. tiap hari jam 8 pagi pasti lewat deh Bapak2nya yg jual di depan rumah. Kangen pengen makan, alhasil uprek sendiri pakai bahan yg ada. #PejuangGoldenApron3 #CookpadJawaTimur #CookpadCommunityJawaTimur #CookpadKediri #Coboy #CookpadCommunity_Surabaya #Resepursula #Buburcampur #Jenangcampur #MingguKe31

6 porsi
MPASI (Bubur Tim Bayi)

MPASI (Bubur Tim Bayi)

Karena ponakan masih bayi jadi sering bikin bubur tim. Selamat mencoba mom😉 bayi sehat ibu senang 🤗

Bubur ati yampung dan kembang kol

Bubur ati yampung dan kembang kol

Mpasi 4⭐️

3porsi
MPASI - 6M+ Bubur Kacang Hijau Lasija

MPASI - 6M+ Bubur Kacang Hijau Lasija

Lasija = Labu siam jagung, ehehehe... Krn kalau mau ditulis lengkap2 malah kepanjangan

2 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau Simpel

Bubur Kacang Hijau Simpel

Biasanya, saya meminum air rebusan pertama kacang hijau untuk diambil kandungan vitamin B nya. Lalu ampasnya, diambil kandungan karbohidratnya dengan dibuat bubur kacang hijau

2 porsi
Bubur Kacang Hijau Durian

Bubur Kacang Hijau Durian

5 Porsi
30 Menit
Bubur kacang

Bubur kacang

Dari kemarin rasanya ingin burcang.. Mau beli jauh hujan pula, cus bikin sendiri aja yuu

Bubur Manado

Bubur Manado

Makanan andalan di kondisi apapun 😊 #kulinernusantara #siapramadan

Bubur kacang hijau/ijo

Bubur kacang hijau/ijo

Secepat kilat langsung jadi :-)

bubur kacang ijo jagung kesukaan

bubur kacang ijo jagung kesukaan

Aku kalau bikin bubur kacang ijo paling suka dicampur jagung, jadi ada tekstur krenyes-krenyesnya gitu, enak deh pokoknya, putri kecilku suka banget sama bubur yg satu ini, mau lagi dan lagiii...silahkan yg mau cobain resep bubur kacang ijo mix jagung ala aku.... 😋

Burjo (Bubur Kacang Ijo)

Burjo (Bubur Kacang Ijo)

Kami bertiga pada kena pilek semua karena kebanyakan minum es waktu berbuka. Jadi untuk hari ini takjil aku sengaja ndak menyiapkan es tapi aku buatkan bubur kacang ijo aja dg kuah santan gurih dan bubur yg manis.

6 porsi
30 menit