Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang Sapi yang Enak Banget

Dipos pada January 23, 2020

Rendang Sapi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Rendang Sapi yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Rendang Sapi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang Sapi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Sapi memakai 30 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Sapi:

  1. 1 kg Daging sapi
  2. 6 Daun jeruk
  3. 4 Daun salam
  4. 3 Serai
  5. 1 Daun kunyit
  6. 2 Biji Asem jawa
  7. 3 Ruas Jahe (geprek)
  8. 3 Ruas Lengkuas (geprek)
  9. 1 kelapa,parut
  10. 2 Daun pepaya
  11. 1 sdm Royco ayam
  12. 1/4 sdm Micin
  13. secukupnya Garam,
  14. 1 Santan kara
  15. 1/4 sdm Gula pasir
  16. secukupnya Air,
  17. Bumbu halus ::
  18. 6 Cabai merah besar
  19. 7 Bawang merah
  20. 5 Bawang putih
  21. 4 Kemiri (Sanggrai)
  22. 1/3 sdm Ketumbar (Sanggrai)
  23. 1/3 sdm Merica (Sanggrai)
  24. 2 cm Kayu manis (Sanggrai)
  25. 2 Bunga Lawang (Sanggrai)
  26. 4 Cengkeh (Sanggrai)
  27. 3 Capoelaga (Sanggrai)
  28. 1/4 sdm Adas (Sanggrai)
  29. 1/4 sdm Jinten (Sanggrai)
  30. 1/2 Biji Pala (Sanggrai)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Sapi

1
Pertama, cuci daging lalu potong. Bungkus menggunakan daun pepaya -+ 2jam. Siapkan semua bumbu dan cuci bersih. Tiriskan
Rendang Sapi - Step 1
2
Selanjutnya, haluskan cabai + bawang. Sisihkan
Rendang Sapi - Step 2
3
Next, membuat kelapa Gongseng. Sanggrai kelapa parut sampai kecoklatan. Lalu haluskan sampai benar-benar halus dan keluar minyak. Kemudian Sanggrai rempah kering, lalu haluskan.
Rendang Sapi - Step 3
Rendang Sapi - Step 3
Rendang Sapi - Step 3
4
Siapkan wajan, tumis bumbu sebentar saja. Masukan santan yg sudah di larutkan dalam air. Tambahkan daun jeruk,salam, lengkuas + jahe geprek, serai. Tunggu mendidih.. lalu masukan daging.
Rendang Sapi - Step 4
Rendang Sapi - Step 4
5
Selanjutnya, masak rendang sampai air menyusut. Jika daging masih alot bisa tambahkan air. Dan masak lagi sampai daging empuk. -+ 3 jam pemasakan. Masak sampai rendang kering dan menghitam.
Rendang Sapi - Step 5
Rendang Sapi - Step 5
Rendang Sapi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Jengkol Pedas Endeuss

Rendang Jengkol Pedas Endeuss

Musim jengkol menyerang 😂 ya udah ikutan masak mr jengki meskipun ga begitu suka,tapi suami doyan banget😁 . . #PejuangGoldenApron2

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Dulu waktu kerja di pulau Bintan,pernah diajarin teman asli anak Padang cara buat rendang,waktu itu kita bikinnya daging dicampur kentang kecil dan kacang merah.Kali ini ada acara keluarga,coba bikin rendang saja buat variasi lauknya,dan hasilnya..enak mantap.

+/- 2 jam
Malaysian Rendang Lamb Heart

Malaysian Rendang Lamb Heart

Sebenarnya aku gak demen dengan masakan bau kambing🤣🤣 tapi suami seneng banget, untuk menyenangkan sang suami kali ini aku coba masakin dia rendang hati kambing, biar tambah sayang 🤭🤭😉😉 #dirumahaja #kedapuraja #PejuangGoldenApron3❤️

Rendang Daging

Rendang Daging

Masak rendang ini kurang pedas, karena skalian buat anak2. jika yg mau pedas bole menambahkan cabe besar, sama cabe rawit. disini sy jg menambahkan telur.

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Kamis 06 Agustus 2020 Assalamualaikum Moms..... Masih edisi daging qurban ... Kali ini mau bebikin " Rendang Daging Sapi " favorit keluargaku, resep ini aku dapat dari Mamanya Icha Rabadi teman sekantor yang asli orang Padang, aku suka resep ini karena tidak perlu di tumis dulu bumbu halusnya langsung cemplung dimasak bersama santan, dan kebetulan juga dapat inbox dari Mamah Cookpad buat mengikuti #cabeku dengan masakan olahan #bamasakjosantan Ya udah kloplah... Maree segera eksekusi ke dapur 💃💃💃 #PejuangGoldenApron2 #MeatLoversIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Cabeku #bamasakjosantan #BancaanOnlineBarengCookpad #eBook

Rendang Daging

Rendang Daging

#minggu3 #PejuangGoldenApron3 Resep Rendang daging ini tergolong makanan sehat karena tanpa menumis terlebih dahulu bumbu halusnya. Kita bisa menumisnya dg minyak yang keluar dari santan di sesi terakhir.

10 porsi
45 menit
Rendang Telur

Rendang Telur

Rendang telur ini salah satu alternatif lauk kering, praktis dan berempah. Dapat tahan beberapa hari jika disimpan dalam wadah kedap udara. Cocok untuk bekal piknik, traveling, juga bekal makan siang ke kantor/sekolah. Resep ini saya ambil dari buku kuliner Lauk Kering Aroma Rasa Kuliner Indonesia karya Lily T. Erwin, terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama. #ResepTelurkuMendunia #RendangTelur #bekalpiknik #bekaltraveling

5 porsi
2-3 jam
Rendang ku

Rendang ku

Masakan ini asli Resep dari Mama tercinta. Alhamdulillah berhasil dan disukai oleh anak2ku dan suami.

12 potong
4 sd 6 jam
Rendang jariang

Rendang jariang

Inspirasi : Eyang Puji Winarni Posbar Arisan Cocomba dengan pemenang Eyang Puji Winarni #BandungArisanRecook4_PujiWinarni #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenApron2

Daging Rendang Bumbu Instan

Daging Rendang Bumbu Instan

Meskipun pakai bumbu instan yang katanya gak perlu tambahan bumbu2 lagi, teteup aja pingin nambahin ini itu biar lebih afdhol, terutama cabai biar ada pedes-pedesnya dan yang pasti lengkuas supaya ada sensasi "jebakan betmen" 😀 kalau untuk penyedap rasa, garam, gula menurutku sudah pas ya gak perlu ditambahkan lagi. Tapi tergantung selera masing-masing.

Rendang Daging

Rendang Daging

Efek gak bisa mudik,bikin rendang sendiri #LEBARAN1441H #MudikOnline

RENDANG TELUR (bumbu instan)

RENDANG TELUR (bumbu instan)

Lagi malas bikin bumbu, pakai bumbu instan pun jadi hehehe

Rendang padang

Rendang padang

Kangen rumah, karena gak bisa pulang kampung jadi masak sendiri di rumah

banyakkkk
Rendang ayam

Rendang ayam

Menu buat sahur yg di mintak pak bojo. Behubung sedikit males krna gk enak bdn jdi pakai bumbu rendang yg siap saji aja. Tpi rasa ttp endul kok bunda.

Rendang Daging

Rendang Daging

Menu wajib yg kudu ada saat lebaran. Hanya butuh sedikit ketalenan karena harus sering2 diaduk supaya santan tidak pecah. Cobain yuk😃

Rendang rawit empuk

Rendang rawit empuk

Karna besok sudah lebaran jadi persiapan mulai dari skrg ngerendang😋