Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cangkang Ketupat Kampoeng yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 7, 2022

Cangkang Ketupat Kampoeng

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Cangkang Ketupat Kampoeng yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Cangkang Ketupat Kampoeng yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Cangkang Ketupat Kampoeng, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Cangkang Ketupat Kampoeng sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cangkang Ketupat Kampoeng yaitu 30buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Cangkang Ketupat Kampoeng diperkirakan sekitar -/+20menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cangkang Ketupat Kampoeng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cangkang Ketupat Kampoeng memakai 2 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Kenapa namanya ketupat kampoeng, soalnya bentuknya yg bulat ini dan mayoritas dikampung sy banyaknya bikin ketupat macam seperti ini. Dan yg sy tau bentuk ketupat itu ada 2 jenis. 1bulat seperti yg saya buat ini dan 1lagi sy bilangnya segitiga 4sisi krn ngga tau namanya 😂😂😂 Dulu pas kecil kira* umur 8th minta diajarin mamah krn pngen banget bisa bikin sendiri. Selain ada pohonnya dket rumah, setelah nikah akhirnya bikin sendiri. Lumayan kan daripada beli, kalau metik sendiri tinggal nyuruh orng buat ngambil sekalian sma kelapa muda & tua nya paling cuma ngasih upah yg ngambilnya aja, daun kelapa sma kelapa nya udh ada depan rumah 😂😂 Ngga harus cape panas*an kepasar, apalagi dengan kondisi saat ini.👌🙏 📆 22 Mei 2020 #wk34 #DapurSelvi2020 #MasakItuSaya #DiRumahAja #KeDapurAja #MudikOnline #KetupatLebaran #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #SilaturahmiRecook #WeekendChallenge #PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #CookpadId #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bogor

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cangkang Ketupat Kampoeng:

  1. Daun Kelapa Muda
  2. Gunting / Pisau

Langkah-langkah untuk membuat Cangkang Ketupat Kampoeng

1
✔Siapkan bahan & alat ✔ Potong bagian samping. Pisahkan lidi dengan daunnya. ✔ Gulung ditangan kiri dan kanan (3gulungan) dengan posisi daun ditangan kanan & kiri berlawanan arah (bentuk daun seperti pada gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 1
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 1
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 1
2
✔Gulungan prtama, sematkan bagian ujung daun dengan posisi daun ditangan kanan ada didalam bagian bawah daun ditangan kiri & sebaliknya (bentuk pada gambar). ✔ Lalu gulungan ke2, daun ditangan sebelah kanan sematkan kembali keatas daun sebelah kiri (bentuk pada gambar). ✔ Gulungan ke2, sematkan daun sebelah kiri kebawah lalu keatas sehingga terbentuk seperti jigjag (bentuk pada gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 2
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 2
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 2
3
✔ Daun ditangan kanan putar, masukkan kesela* daun yg sudah dibentuk tdi. Kedalam/bawah lalu keatas jigjag (seperti pd gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 3
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 3
4
✔Daun ditangan kiri putar, masukkan kesela* daun yg sudah dibentuk tdi. Keatas > kebawah > keatas jigjag (seperti pd gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 4
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 4
5
UJUNG DAUN DIBAGIAN TANGAN KANAN: ✔ Bagian ujung daun sebelah kanan, masukkan kesela* bentuk distep no 3 & 4 membentuk jigjag. Keatas > kebawah > keatas > kebawah sampai ujung dengan posisi ujung daun berada tepat dibawah moncong daun (seperti pd gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 5
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 5
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 5
6
UJUNG DAUN DIBAGIAN TANGAN KIRI: ✔ Bagian ujung daun sebelah kiri, masukkan kesela* bentuk distep no 3 & 4 membentuk jigjag. Keatas > kebawah > keatas > kebawah sampai ujung dengan posisi ujung daun berada tepat diatas moncong daun (seperti pd gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 6
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 6
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 6
7
KEPALA DAUN DIBAGIAN TANGAN KANAN: ✔ Sematkan kepala daun dari atas ke bawah sampai ujung dengan posisi kepala daun tepat berada dibawah.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 7
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 7
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 7
8
KEPALA DAUN DIBAGIAN TANGAN KIRI: ✔ Sematkan kepala daun dari atas ke bawah sampai ujung dengan posisi kepala daun btepat berada dibawah.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 8
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 8
9
✔ Sampai membentuk seperti pada gambar.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 9
10
Setelah bentuk sudah sesuai. Tinggal ditarik* bagian yang masih berongga sampai tidak ada ruang udara & rapikan bagian kepala daun (seperti pd gambar).
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 10
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 10
11
Bagian kepala daun dimasukkan kedalam baik kiri maupun kanan (seperti pd gambar) fungsinya untuk menutup bagian bawah pada saat beras sudah dimasukkan kedalam.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 11
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 11
12
Selesai dibentuk dan siap digunakan.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 12
13
TIPS #Jika membuat nya H-2/3 sebelum akan digunakan (hari H) usahakan simpan dalam wadah dan berisi sedikit air. Agar cangkang ketupat tetap segar dan daun masih bagus.
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 13
Cangkang Ketupat Kampoeng - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lontong Ketupat Bihun Mudah Khas Lebaran (Kreasi Bihun AAA)

Lontong Ketupat Bihun Mudah Khas Lebaran (Kreasi Bihun AAA)

Hallo Hun! Sebentar lagi lebaran nih. Udah tau masak apa? udah pernah denger belom kalo bahan dasar lontong terbuat dari bihun? nah kali ini kita buat yuk. Resep ini dibuat oleh Bihun AAA #kreasibihunaaa #bihunaaa #bihun #bihunberas #70thbihunaaa #beraspera

30 menit
Ketupat

Ketupat

Udah pada bikin ketupat belum moms?? Tahun ini saya sama suami tidak mudik, karna anjuran dari pemerintah dan tentunya karna sayang keluarga di kampung. Jadi mau gak mau harus bikin semua menu lebaran sendiri deh. Dan baru berasa 'ohh gini ya ternyata kalo nyiapin menu lebaran sendirian, dari pagi2 kerjaan di dapur terus 😅'. Oh iya cara masak ketupatnya saya ambil di yt punya mba styfani dan ternyata berhasil pdhl baru sekali coba dan tentunya irit gas ya moms 🥰 Kalo moms lebaran tahun ini masak apa??

7 buah
Resep Sayur Ketupat Spesial untuk LEBARAN #01 😁👌🎊🎉

Resep Sayur Ketupat Spesial untuk LEBARAN #01 😁👌🎊🎉

#ResepPertamaku #sayurketupat #ketupatsayur #hidanganlebaran #menulebaran #ketupat #sayurlabu #sayurketupatlabusiam #siapramadan #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar LEBARAN tlah tiba saatnya membuat yang spesial..hidangan yang wajib ada saat Lebaran biasa selalu kita temui adalah sayur ketupat, sambal ati dan opor ayam.. nah hari ini kita buat salah satunya yaitu Sayur Ketupat spesial untuk Lebaran..yuuu Buat harimu menyenangkan dengan memasak Resep Sayur Ketupat Labu Siam 😍 Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCxFi5g9XgwlSSxZQLcsudeg Instagram : https://www.instagram.com/tastyeasy7/

Ketupat Padat Dan Lembut

Ketupat Padat Dan Lembut

Dari kecil aku suka nontonin almarhum mama buat ketupat. Jadi sebenernya resep ini resep almarhum mama. 🥰 Membuat ketupat yg padat tapi lembut sebenernya mudah asal tehniknya benar dan kudu sabar ya moms. 😊 Iya kudu sabar, karna kalo mau hasilnya enak kudu dilakukan dengan cara tradisional dan dengan kesabaran ya moms. 🥰

26 Ketupat
Ketupat

Ketupat

berhubung hrs di rumah aja makanya buat ketuoat sndiri untuk lebaran tahun ini.dan ini ketupat perdanaq.tp hasilnya menul2 momz

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Hidangan yang wajib ada di hari spesial yaitu di dua hari raya Umat islam di indonesi, Idul Fitri dan Idul Adha Ketupat adalah menu utama nya, padanan ketupat ini yg mungkin berbeda di setiap daerah di Indonesia, di daerah saya Jakarta,karena memang saya adalah asli Betawi, ketupat dipadankan dengan Sayur Godog dan Semur Daging. #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda

rame rame
Sayur ketupat 🍲

Sayur ketupat 🍲

Ditempat saya sekarng lagi ada acara rebo wakasan bagaimana ditmpt bunda" semua apa ada acara yg sama sperti saya... 😊seneng klo rebo wakasan gini pda bikin kupat sayur jdi saling antr nyoba icip" msakn tetangga dn sanak saudara sperti lbarn hihi yuk kita masak...

392. Ketupat Presto

392. Ketupat Presto

Kamis, 13 05 2021 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Lebaran identik dengan ketupat. Untuk membuat ketupat diperlukan waktu yg cukup lama untuk memasaknya, sekitar 6 jam. Cara mudah untuk mempersingkat proses pemasakan ketupat adalah dengan menggunakan presto. Ini kali pertama masak ketupat dan berhasil Alhamdulillah...😍 👏 Semoga resep ini dapat menginspirasi & memasak menjadi hal yg menyenangkan 🙏😍 #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba #AuthorsBandungHebring #CookpadIndonesia #Cookpad_id #MasakItuSaya #CookingWithHeart

Tahu Guling ala Jogja

Tahu Guling ala Jogja

source : @Dini_Apsilia #goldenapronbatik #pejuanggoldenbatikapron #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo

Opor Nangka Muda

Opor Nangka Muda

Nangka muda bisa diolah apaaaa aja, mulai dari gudeg, lodeh, sayur asem dsb. Naah kali ini pondok uhud mau nyoba memasak opor, tapi bahannya sayuran saja. Yuuk langsung ke TKP?!

5 porsi
30 menit
Sayur ketupat Betawi

Sayur ketupat Betawi

Resep sayur ketupat Betawi turunan dr nenekku.. enak lho..

Tahu Telor Kupat bumbu kacang ala Those

Tahu Telor Kupat bumbu kacang ala Those

Weekend, dan suami request dimasakin makanan yang kilat dan kenyang 😅 tengokin kulkas, sisa belanjaan ada tauge, tahu putih, bumbu pecel dan kupat sisa Lebaran

2 porsi
15-20 menit
Ketupat

Ketupat

Lebaran idul adha saatnya bikin ketupat.ditemani opor ayam, ayam bumbu ketumbar,ayam tim,dan rendang daging..serasa lebaran dikampung halaman

Opor Ayam + Sayuran

Opor Ayam + Sayuran

Hello teman2 cookpad, pkbr ? semoga baik & sehat sll 😃 Alhamdulillah masih bisa bertemu Ramadhan lagi 😃 Mohon Maaf Lahir & Batin ya teman2 😃 Lama ga update masakan krn sibuk dengan toko online aku, si kecil & rehap ruang tamu hohohoho . Sebenarnya ga niat masak ini, tp gara2 suami liat ketupat matang dipasar, ya akhirnya masak berubah haluan, terbuang sia2 deh kertas di tangan yg berisi catatan belanja, ga ada 1 pun yg nyantol hohohoho. Duhhh senangnya saat opor ayam ini matang, suami ku makan dengan lahapnya 😃 tp itu mkn lahap krn kelaperan, atau krn doyan, atau krn enak ya ??? hohohoho,,, yg penting ga ada komplain soal rasa dr suami, kl suami sdh komplain soal rasa pasti ngomongnya itu melebihi juri2 yg ada di master chef hohohoho 😃😄 UPDATE : ditambahkan terasi/ udang segar pada bumbu halus tmbah enak,,, saat akan mencampurkannya pada bumbu halus, sebaiknya terasi/udang segar digoreng dahulu, supaya tambah wangi & tidak begitu sulit saat di tumbuk. Bila tidak ada udang segar bisa diganti dengan 1 sdm munjung udang kering yang telah dicuci & tidak perlu digoreng, langsung ditumbuk dengan bahan lainnya.

Ketupat presto

Ketupat presto

Masak ketupat kebayangkan masaknya berjam2, kali ini bikin ketupat pakai panci presto, ga sampe 2 jam udah matang sempurna..

Ketupat Sayur Oats Sehat

Ketupat Sayur Oats Sehat

Siapa yang lagi diet karbohidrat tapi tetep pengen makan ketupat sayur? 🙋🏻‍♀️ ga berniat masak ketupat sayur idul adha ini tapi bahan bahan dirumah ada iseng aja bikin pakai oats biar lebih sehat. Kuah sayurnya jg tanpa santan aku ganti susu karena lebih rendah lemak ternyata tetep enak bgt dan balanced rasanya 🤗🤤

2 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Disini saya membuat opor ayam bumbu kuning. Supaya semangat makannya liat warna kuahnya yang cerah begini wkwkwkwk Ayam yg saya pakai ayam pejantan yahh. Mbak mbak sekalian mau pakai ayam neggeri ataupun ayam kampung ya monggo, sesuai selera masing masing aja hehe Selamat mencoba 😊

4 porsi
45 menit
Ketupat sayur labu siam

Ketupat sayur labu siam

Iseng2 pengen bikin ketupat sayur abang2, yg rasa santan nya ga terlalu berat, krn ga terlalu suka ketal santen juga.

4 porsi
15 menit
Ketupat / Lontong sayur Labu siam

Ketupat / Lontong sayur Labu siam

Kata suami makan berdua ditukang kupat sayur habis ya kurleb 20rb. Ini bikin kurleb 20rb udh makan sampe puas. 😂😂 bisa di ganti lontong kalo ga suka ketupat. Monmaap es dawet nya ikut ke foto.