Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ketupat / Lontong sayur Labu siam yang Sempurna

Dipos pada March 9, 2022

Ketupat / Lontong sayur Labu siam

Anda sedang mencari inspirasi resep Ketupat / Lontong sayur Labu siam yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Ketupat / Lontong sayur Labu siam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat / Lontong sayur Labu siam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat / Lontong sayur Labu siam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat / Lontong sayur Labu siam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat / Lontong sayur Labu siam memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kata suami makan berdua ditukang kupat sayur habis ya kurleb 20rb. Ini bikin kurleb 20rb udh makan sampe puas. πŸ˜‚πŸ˜‚ bisa di ganti lontong kalo ga suka ketupat. Monmaap es dawet nya ikut ke foto.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat / Lontong sayur Labu siam:

  1. 1-2 biji Labu siam (me: beli yg sudah diiris)
  2. 10 biji tahu goreng (bisa di skip)
  3. 5 buah buncis iris bundar tipis (bisa di skip)
  4. 2 daun salam
  5. 2 cm lengkuas
  6. 1 lt Air kurleb
  7. Gula garam
  8. Kaldu jamur ato penyedap
  9. 2 sdm Santan kara
  10. Bumbu halus
  11. 7 bawang merah
  12. 5 bawang putih
  13. 3 butir kemiri
  14. 10 cabe kriting (sesuai selera)
  15. 5 cabe rawit (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat / Lontong sayur Labu siam

1
Kupas potong korek. Remas dengan garam 1/2 sdt. Supaya lemas dan tidak kaku menghilangkan getahnya.
2
Haluskan bumbu. Bisa di blender ato di uleg.
3
Panaskan wajan dg minyak. Tumis bumbu, masukan daun salam dan lengkuas. Tumis dg api kecil, supaya bumbu tanek kata orang jawa. Kurleb 5-8menit(aduk jangan sampai gosong). Sampe berubah warna. Dan harumnya keluar.
4
Jika dirasa sudah matang bumbunya. Masukan labu tumis sebentar dg bumbunya. Masukan air. Masukan tahu, buncis, gula garam, penyedap. Tes rasa. Tunggu hingga mendidih. Gunakan api sedang ato besar supaya lebih cepat mendidih.
5
Kalo labu sudah empuk, masukan santan. Disini bisa ditambah santannya. Karna suami saya kurang suka yg terlalu kental. Aduk agar santan tidak pecah. Dg api kecil. Jika sudah matang angkat dan sajikan ketika masih hangat.
6
Es dawet : 6butir gula merah iris tipis rebus dg segelas air beri pandan, masukan air matang dalam baskom kurleb 1L, tambah 1 bungkus kara, aduk. Potong dawet / cincau, rendam biji selasih. Jika gula sudah tercampur rata. Masukan gula ke dalam air santan. Sedikit2 dulu agar ga kemanisan. Tes rasa.Masukan cincau dan selasih. Beri sedikit garam. Aduk. Sajikan dg es batu ato tanpa es batu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kukis Ketupat

Kukis Ketupat

Alhamdulillaah, ketupatku udah mateng, tapi dalam bentuk kukis, maaaak .. βœŒπŸ˜‚

30 pcs kukis
1.5 jam
Ketupat pulut

Ketupat pulut

Masaknya lama sampe hampir 4 jam 😭. Terbayarkan sudah ketika sudah matang. Apalagi makannya pake rendang daging. Nikmat tiada Tara,surga dunia. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Ketupat Supel (Super Simpel)

Ketupat Supel (Super Simpel)

Untung skarang ada ktupat instan jdnya gx pke ribet.... Tinggal rebus beres dech.

Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

Pengen bikin ketupat, tapi gak mau ribet. Seperti biasa langsung buka youtube...dapet lah resep kece dari Dapur Dina hee...awalnya sempet ragu tp pas dicoba ternyata rasanya gak beda jauh sama bkin ketupat pake daun kelapa. Malah lebih gurih xixixi.

OPOR AYAM ala Sajian Sedap

OPOR AYAM ala Sajian Sedap

Di Sajian Sedap judulnya Ayam masak putih , bagiku sih ini opor putih hehehe

101. Jangan Kupat

101. Jangan Kupat

Jangan (sayur) ini merupakan teman utama makan ketupat kalo di daerah asal saya, Banyuwangi. Disajikannya pun pas pada akhir lebaran saja. Biasanya sih pada lebaran ke 7. Nah selain ketupat sayur, biasanya kami jg memasak menu lain yaitu lepet (resep no 10). Meski lebaran masih lama, boleh doong masak menu ini buat obat kangen merayakan lebaran. Mudah2an si coronce segera hilang supaya lebaran depan bisa silaturahim ke kampung halaman (Oya, weekend ini lagi sibuk banget jd panitia wedding anaknya temen. Jadi ga sempet eksekusi utk rikuk resep kandidat pilkada Bali. Hiksss....maafken ya kawan. Akhirnya, stok tabungan yg jadi andalan πŸ˜‚) #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadCommunity_Bali #MasakItuSaya #ThePowerOfStock

Haruan panggang (pelengkap  ketupat kandangan)

Haruan panggang (pelengkap ketupat kandangan)

Ikan haruan/gabus panggang ini penting sekali di hidangkan sebagai pelengkap pendamping ketupat kandangan khas dari daerah Kalimantan Selatan.

8 porsi
0 menit
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Untuk idul fitri dan idul adha

4 jam
Ketupat

Ketupat

Menu Lebaran H1

Sayur labu kuah pasangan ketupat

Sayur labu kuah pasangan ketupat

Source : dapur widya. Krn lg pandemic corona, jadi di liburan lebaran tahun 2020 ini saya ga bisa kemana2. Jadi saya masak menu lebaran aja di rumah. Sekaligus nyenengin si baby sitter yg lg ga mudik.

Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Saya kerap menggunakan kemiri untuk menggantikan santan dalam masakan sehari-hari. Seperti hari ini, saya ingin makan opor ayam yang gurih, tapi perlu membatasi makanan bersantan karena beberapa hari terakhir secara kebetulan berturut-turut makan hidangan bersantan pekat. Maka pilihan saya jatuh pada β€œOpor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan”. http://www.komporkecil.com/index.php/2016/03/16/opor-ayam-dengan-kemiri-sebagai-ganti-santan/ Sebenarnya saya bingung, kalau tanpa santan, apakah hidangan ini masih bisa disebut opor? Setahu saya, ciri khas opor adalah pemakaian santan kelapa. Tapi (sepertinya) tidak masalah, hihihi. Yuk, mari dicoba :)

Ketupat jangan lombok tolo khas lebaran

Ketupat jangan lombok tolo khas lebaran

Lebaran ketupat, alhamdulillah

Ketupat lontong

Ketupat lontong

Bismillahirrahmanirrahim... Kalo saya bilang ini ketupat lontong. Di rumah saya suka bikin dan masak sendiri, memakan waktu yang lumayan lama juga memasaknya. Tapi untuk membuatnya lebih praktis karena sudah ada cetakannya.mari intip emak membuatnya. #Ketupatlontong #MakWin #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

Lontong/kupat glabed khas tegal

Lontong/kupat glabed khas tegal

eyang uti nonton acara kuliner pas episodenya jalan2 kuliner kota tegal. lah org kami tinggal di pekalongan mana ada kan yg jual kupat glabed? alhasil bikin sendiri deh cb cari2 resep.. bismillah..

5 porsi
Sayur ketupat / Lontong Sayur

Sayur ketupat / Lontong Sayur

Ini enak banget deh..resepnya aku modifikasi dr cookpad mba Rita...cocok ama lidah ku...

Ketupat dan Lepet

Ketupat dan Lepet

Ini resepnya kemaren tp baru sempat up sekarang. Ceritanya biasanya kalau udah lama musim kemarau terus masuk ke awal musim penghujan (hujan pertama), didesa ku diadakan "Baritan" atau "Sundul Langit" yang artinya bentuk rasa syukur setelah sekian lama kemarau akhirnya turun hujan. Biasanya ada satu ketupat yang bentuknya beda (πŸ”Ί) terbuat dari 3 ujung daun kelapa atau janur. Dan nantinya akan dipasang di atas genting, ditali disela-sela kayu gitu. Mungki didaerah teman-teman juga ada tradisi seperti ini cuma beda penyebutannya. Dan pasangan ketika membuat ketupat adalah lepet, sama juga bungkusnya dari janur cuma beda dibentuk dan isi. Kalau lepet bentuknya panjang diikat dan isinya dari beras ketan dan parutan kelapa. Umumnya memang itu saja tapi sekarang banyak variasi isi, ada yang dicampur kacang merah, kacang tunggak dan kacang hijau, kembali lagi sesuai selera. Karena ini aku masih kaku jadi aku minta bantuan si Ibuk untuk ajarin ngebungkusnyaπŸ€­πŸ‘. (14-11-2019) #pekaninspirasi #PejuangGoldenApron2 (minggu ke 7) #WeekendCookingChallenge #cookpadlovers #cookpaders #cookpad_paders #cookpadcommunity_lamongan #cookpadcommunity_id #sukamasak #foodie