Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis yang Menggugah Selera

Dipos pada August 15, 2021

Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis biasanya untuk 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis memakai 23 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setiap kali sahur suami minta menu yg berkuah terus...tidak boleh menu yg tumis2.Alasannya biar tidak seret, kalo kuah2an bisa dimakan saat masih panas2 dan biar jg nggak goreng2 terus takut kena batuk.Jadi yg namanya menu sop itu udah berkali2, bening jg, capcai kuah jg udah..lodeh jg udah...sayur asem jg udah...akhirnya terpikir jg bikin sapo tahu chinese ini yg bahannya seadanya di kulkas.Apalagi ada jagung manis juga ...Rasanya ...Masya Allah...menggugah selera.πŸ˜‹πŸ˜Kode:PGA12. #CABEKU #FestivalRamadhanCookpad #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis:

  1. 100-150 gram jagung manis (sesuai selera
  2. 1 bh tofu rasa udang/tahu jepang
  3. 5 bh tahu susu (ukuran kecil)
  4. 2 bh wortel (iris bulat2 tipis)
  5. 2 bh sosis sapi
  6. 3 bh baso ikan
  7. 3 bh baso sapi
  8. 100 gr jamur kuping
  9. 3 batang daun bawang/loncang
  10. Bumbu utama
  11. 9 siung bawang putih ukuran sedang(geprek pake pusau/muntu)
  12. 1 Ruas jahe(geprek)
  13. 3 bh cabe merah besar kriting
  14. Bumbu pelengkap
  15. 1 sdt kecap manis
  16. 1 sdt munjung saos tiram saori
  17. 1 sdt saos tomat belibis
  18. 1 sdt lada bubuk(ladaku)
  19. 1 sdm gula pasir
  20. 2 bh maggie blok rasa sapi(ayam/totele jg boleh sesuai selera)
  21. 2 sdm margarin utk menumis
  22. 1 sdm tepung meizena yg telah dilarutkan dgn 5 sdm air
  23. Air kaldu sesuai selera (saya kurang lebih 500 ml)

Langkah-langkah untuk membuat Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis

1
Bismillah...Baca doa dulu sebelum memasak.Siapkan semua bahan.Tofu dan tahu susu nya digoreng dulu sebentar.Kalo tofunya digoreng sampai kuning kecoklatan.Saya goreng pake api kecil dan tertutup dgn tutup panci kaca.Jika udah coklat api saya matikan.Udah tidak meletup2 lg tofu saya balik..saya tutup lg dan kompor saya nyalakan api kecil lagi.Setelah kuning kecoklatan api saya matikan.Setelah tdk meletup2 lg baru saya tiriskan.Sisihkan.
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 1
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 1
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 1
2
Siapkan semua bumbunya.Lihat gambar dibawah ini.
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 2
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 2
Sapo tahu jagung manis+baso dan sosis - Step 2
3
Tumis bawang putih dulu hingga kuning dgn 2 sdm margarin.Tumis hingga kuning dan sedikit kecoklatan.Ini teknik chef Rudi Choirudin ya.Kalo ada bawang putih..maka bawang putihnya harus ditumis duluan baru masuk bumbu lainnya.Setelah bawang putih kuning masukkan jahe geprek.Aduk2 rata.Masukkan jamur kuping, baso2an dan sosis.Aduk rata dan masak hingga bakso mengembang.
4
Setelah itu bumbui dgn saos tiram, kecap manis,gula,bubuk kaldu,lada.Tumis hingga bumbu meresap.
5
Setelah itu masukkan wortel dan jagung manis.Tambahkan air(lebih bagus jika ada air kaldu murni dari rebusan ayam atau daging).Air sesuai selera saya menggunanan kurang lebih 2 cawan kecil.Masak hingga wortel setengah matang.Biar masih kres2.
6
Setelah itu masukkan saos tomat belibis lalu koreksi rasa.Tambahkan gula garam dan soas tiram lg jika perlu.Tetapi saya udah mengikuti resep takaran saya tsb diatas dan saya merasa rasanya udah pas dan sempurna.
7
Selanjutnya masukkan daun bawang.Aduk rata.
8
Setelah itu masukkan larutan tepung meizena.Aduk hingga mengental.
9
Langkah terakhir adalah memasukkan tofu dan tahu.
10
Pindahkan ke wadah saji dan siap dinikmati.In Shaa Allah nikmat utk teman makan sahur dan buka puasa jg oke.
11
TIPS: Karena ini masakan yg berasal dari chinese (negeri China) Maka terbaiknya adalah mengikuti budaya asal mereka dalam hal memasak.Yaitu perlakuan mereka thdp bawang putih adalah hanya digeprek/dimemarkan tidak pernah diulek atau dihaluskan.Selanjutnya sayur2an jgn sampai matang sekali harus masih segar kres2 selain masih terasa manis jg gizinya tidak rusak pd saat proses memasak.Mereka biasanya menggunakan api besar sekali tetapi kalo kita tdk perlu meniru spt itu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mi Sua Kaldu Ayam

Mi Sua Kaldu Ayam

Halloo Cookpaders, Jika kalian berhasil LULUS krn pencapaian suatu hal & lainnya, apa sich yg ingin kalian perbuat ??? Kalo aku sich puji syukur & tentunyaaa celebration dg makanΒ² πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰ 😁😁 Seneng bangett ya pastinya, jika dinyatakan LULUS 😍😍 apa lagi kita belajar hal yg baru. Seperti yg aku alami saat ini di minggu terakhir program RAKIT dari cookpad. πŸ₯² sedih sihhh tp ada senangnya juga walaupun hanya 2x pertemuan tapi byk dpt ilmu yg bermanfaat dari para narasumbernya yg sudah berpengalaman πŸ˜ƒ (contohnya ; seni melipat Furoshiki gak berkedip dech nih mata ikutin kelas tsb 🀭😁) , dpt rekaman materi yg bisa dipelajari lg jika lupa 🀭😁 & tentunya dpt berkenalan dg temanΒ² cookpad dr berbagai kota πŸ˜‰ .. Dalam Rangka merayakan Kelulusan kelas RAKIT, aku masak menu "Mi Sua" yg paling sering aku buat karena gak butuh waktu lama, simple, praktis & hemat uang belanja tentunya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† hanya butuh stok kaldu aja sich yg tanpa putus 🀣🀣🀣 Bisa juga utk menu sahur nich krn gak butuh waktu lama πŸ˜‰πŸ˜š NOTE : * jika Mi Sua nya mau di jadiin 3x makan, bisa ulangi langkah 4 ya πŸ˜‰ (jadi pas makan dlm keadaan panas gak dingin) Selamat mencoba, jgn lupa kirim foto recooknya ya πŸ˜‰πŸ‘Œ πŸ’š Happy Sunday πŸ’š #PosbarGembira #RAKITdiCookpad #PejuangGoldenApron3 #minggu47 #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #misuakalduayam #olahanmisua

2 Porsi
12 Menit
61. Sambal Asam Telur Gaya Ndi

61. Sambal Asam Telur Gaya Ndi

Lagi rindu berat sama Ibu judulnya. Kalo pas sahur suka dibikinin sambal asam. Isinya bisa telur, udang, ikan teri, tahu goreng, bahkan terong goreng. Rasa air asamnya lebih kuat, walau tetap ada rasa manis dan rasa pedas tergantung selera. Satu lagi rasa bawang setengah kering bikin ada kreyes2nya. Kali ini Ndi bikin pakai telur dan bikin agak banyak buat sahur dan buka puasa nanti biar sekalian.

Chicken stick

Chicken stick

Source:@Meibasuki Bikin menu frozen food buat persediaan selama ramadhan. Alhamdulillah, ini jadi penolong saat meffett.. waktu berbuka atau sahur tapi telat masak. Bikin yang simpel ajahh, bisa jadi lauk atau cemilan. Terinspirasi dari postingan mba Meibasuki di IG. Cuss bikin. Hmmy.. yummy and crunchy πŸ˜‹ #GoDaRamadhan_AntiRempongClub #GoDaPaders #komunitaspaders #cookpad_paders #festivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #cookpadcommunity_balikpapan,kaltim #cookpadcommunity_borneo #cookpadindonesia #cookpadcommunity_id @cookpad_id @komunitaspaders

Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih

Menjelang Ramadhan harga2 sayuran sudah mulai naik. Untuk mengantisipasinya dan juga supaya tidak banyak memakan waktu saat menyiapkan hidangan terutama saat sahur nanti, perlu kita siapkan bumbu dasar. Bisa digunakan untuk bumbu lodeh, tumisan, bacem, sayur asem, ungkep, gulai dengan menambahkan beberapa bahan yg diperlukan misalnya ketumbar, lada, cabe, kunyit, jahe, sereh dll. Oiya bumbu dasar putih yg umumnya hanya menggunakan bawang putih, bawang merah dan kemiri, disini saya menambahkan lengkuas dan daun salam Source : Nixma Ilmie #Pencok_BumbuBodas #CookpadCommunity_Bandung #PekanPosbarBumbuDasar

Siomay Bandung

Siomay Bandung

Bulan Ramadhan ini lagi seneng bikin siomay, karena Paksu suka banget sama somay. Kadang sahur pun pakai somay hi hi.. resep diadaptasi dari Mba Endang JTT, cuman disesuaikan dgn bahan yg ada.

Bumbu dasar kuning

Bumbu dasar kuning

Biar gak rempong pas masak buat sahur & berbuka nanti 😁 Source: Opi Bun https://cookpad.com/id/resep/13496880-bumbu-dasar-kuning?invite_token=RCUafhvb87khSCseU8aC7Sbb&shared_at=1617001930

Sayur Sup Jagung

Sayur Sup Jagung

Banyak sekali macam olahan jagung yg berseliweran di sosmed. Dan Jagung mau diolah jadi hidangan apapun pasti rasanya tetap enak. Ini salah satu hidangan hari ini dari saya sayur sup jagung. Menu ini sangat cocok untuk dihidangkan saat berbuka atau pun saat santap sahur. Rasa yg segar dengan penggabungan berbagai macam sayur dan kaldu ayam membuat rasa sayur sup jagung makin gurih dan mantul πŸ˜„ Masaknya pun gak ribet kok, yuk moms dicoba sup jagung nya. #CABEKU semarang #FestivalRamadanCookpad

Taichan

Taichan

taichan dimakan saat sahur enak juga #TiketMasukGoldenApron3

2 porsi
Pindang Ikan Patin

Pindang Ikan Patin

habis tarawih pergi ke pasar,lagi pegen makan ikan,iya udh beli ikan patin pdahal Masak buat nanti SAHUR πŸ˜… Nanti bisa di panaskan lagi klo mau buat sahur,selamat memcoba.πŸ‘ŒπŸ˜‰

Sayur Oyong Wortel Jagung

Sayur Oyong Wortel Jagung

Di bulan puasa ini kami sekeluarga hanya makan berat sekali saja pas sahur. Awalnya saya masak pas bangun sahur sekitar jam 3 pagi cuma sekarang saya ubah waktunya karena gak kuat euy masak sambil nahan kantuk. Jadi, saya masaknya jam 11 atau 12 malam menjelang tidur, hahaha parah banget ya....

Ayam Kampung Bumbu Rujak Pedas (Tanpa Santan)

Ayam Kampung Bumbu Rujak Pedas (Tanpa Santan)

Sebelumnya aku sudah buat yg memakai santan skrg share yg no santan gak kalah rasax endess banget suami sampek kalap🀣🀭 nagih banget dengan kepedasanx dan kegurihannya🀀 pokok.e endesss ki cocok buat stok buka puasa dan sahurπŸ‘πŸ‘Œ Bisa cek resep yg pkek santan disini ya Ayo cek resep ini: Ayam bumbu rujak https://cookpad.com/id/resep/7991192-ayam-bumbu-rujak?token=51kdHBmvN97HycuuvCYfjWm3 #MasakAsyik #GenkGadoGado #FestivalRamadanCookpad #RamadanDirumahAja #CABEKU #PejuangGoldenApron2 #Cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Surabaya

Ayam Kondangan

Ayam Kondangan

Recook resepnya @xanderskitchen, tentunya dengan sedikit modifikasi ya. Ini tadi jadi meny sahur kita sekeluarga. Ayamnya sudah bunda goreng semalem, trus disuwir suwir. Bumbunya juga udah disiapin, diblender. Tar pas bangun tinggal cemplung sana sini, jadi deh πŸ˜† #cookpadcommunity_palembang #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #sahurke10

30 menit
Soto Bandung

Soto Bandung

Cari2 menu yg simpel dan cepet bikinnya, nemulah resep soto bandung punya mbak juni.. seger buat buka puasa, diangetin buat makan sahur juga masih ok..selamat mencoba Link resep asli; https://cookpad.com/id/resep/13382003-431-soto-bandung?invite_token=uqK3C2p9h7zhPJS8etLJUXaK&shared_at=1618377040 #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbarProtein

Rendang padang

Rendang padang

Ini cocok banget buat menu sahur, jadi karena keluarga kalau sahur suka yang kering kering , kasian juga kan kalau telur ceplok terus πŸ˜‚

5-6 orang
2 jam
Sop Baso Tahu

Sop Baso Tahu

Masakan antiribet bet bet bet beres, Pokoknya kesukaan anak deh. Karena, kalau sahur menu masakan disesuaikan request'an anak aja biar semangat Puasanya πŸ₯° Sahur jadi ngeBaso aja πŸ˜‰ *Emergency Recipe* @cookpad_id @komunitaspaders #Parsel_Week1 #Parsel_MyLKitchen #GoDa_Parsel #GoDaPaders #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #GoyangDapurRamadhan #cookpadcommunity_bogor #PejuangGoldenApron3

Kering Kentang

Kering Kentang

Assalamualaikum Wr.Wb Kelupaan kalo waktunya posbar CpBali hari ini hari terakhir, gegara rumah masih renovasi anak agak sakit jadi gak kepikiran buat masak sih awalnya. Berhubung di dapur udah ada kentang ya udah bikin seadanya aja dan praktis.. Btw buat kalian yang mau coba ini endeus banget dan cocok untuk lauk sahur simpan aja dalam toples kedap udara aman deh stock lauk sahur kalian.. Tapi gak bakal tahan lama biasanya karena cepet ludes dicemil sambil nonton tv hehehehe😁 . . . . . #CPBali_laukkering #CookpadCommunity_Bali #ResepLailaDawud #MasakItuSaya #ResepMommyZoe #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa

toples 200 gr
30 menit
Oseng tempe caisin

Oseng tempe caisin

Olahan tempe selalu jadi andalan utama saat waktu masak yang mepet .. Karena rasa khas dari tempe itu tidak perlu diragukan lagi menjadikan tempe selalu enak dimasak apapun dan dimakan apapun... Kali ini aku mau buat oseng tempe campur caisin buat menu sahur hari pertama 13 April 2021 Yuuk langsung saja kita ke langkah2nya πŸ˜‰

2 orang
10 menit
158. 3 Bumbu Dasar - ala Mamah Afa

158. 3 Bumbu Dasar - ala Mamah Afa

Untuk meringkas waktu masak saya biasanya membuat bumbu dasar. Untuk bumbu dasar putih biasa saya buat 2 versi, yang untuk tumisan dan masakan kuah berempah (sebelumnya sudah saya share ya bun), dan yang satu lagi untuk sop seperti yang kali ini akan saya share. Ini cukup membantu saya untuk memudahkan saya menyiapkan menu berbuka dan sahur selama 1 minggu. Kalau ingin lebih banyak takaran bahannya bisa dibuat 2x atau sesuai keperluan. #AntiRibet #MenuSederhana #MenuRumahan #CookpadCommunity_Borneo

Mie Godog

Mie Godog

Hellloooooooww siapa sih yg tak doyan mie??? mungkin ada beberapa org yg tak menyukainya ya.. Namun aku yakin sebagian besar makhluk bumi ini cinta dg mie, seperti aku yg tak lekang oleh waktu... ups koq malah ngawur...πŸ˜… Mie buatku seperti cinta sejati, ketika nafsu makan menurun aku selalu mengadu padanya, mau direbus boleh, digoreng oke, dibikin nyemek siap, digodog, dispaghetikan diapakan ajalah aku mah gag masalah penting itu adalah Mie...😁 Kali ini buat sahur mau nyobain mie godog nya mba Rahma, mba pemenang arisan recook #GenkPejuangDapur maka baiklah kucoba eksekusi dan ini kutujukan untuk meramaikan #RememberGenkPeda_RahmaBundaRaditRafa Bedanya resepku dg mba Rahma, aku pake cabe yg halus sedangkan mba Rahma pake yg diiris, mba Rahma men skip saus tiram sedangkan aku memakainya... Dalam pengerjaan langkahnya aku jg sedikit berbeda dg mba Rahma, mba Rahma memasukan telur diawal sebelum mnumud bawangΒ²an, tapi aku suka telurnya dimasukan bersamaan dg mie, biar ada sensasi kuah yg mengental gitu..πŸ€— Meskipun resep kami berbeda tipis namun citarasanya tetep endulll abisss...πŸ˜‹ Semoga mba Rahma dan keluarga selalu sehat πŸ₯° Source : Rahma_Bunda Radit & Rafa #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanMieMamiFay

Tumis Brokoli

Tumis Brokoli

Dari malam, bingung mau sahur apa, kebetulan ada brokoli dan suami pengen makan sayur, cus langsung yg gampang aja, tumis brokoli, wortel dan bakso ikan 😁