Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Biji Salak yang Bikin Ngiler

Dipos pada September 14, 2018

Biji Salak

Hari ini saya akan berbagi resep Biji Salak yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Biji Salak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Biji Salak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Biji Salak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Biji Salak sekitar 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tidak kepikiran foto2 urutan memasak.. Hihi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak:

  1. 3 buah ubi ukuran sedang
  2. 3 buah gula merah ukuran sedang
  3. 1 bungkus santan kental (aku pake sasa)
  4. 1/4 sendok teh vanili
  5. Secukupnya garam
  6. Kurleb 8 sdm tepung tapioka (bisa disesuaikan dgn felling πŸ˜„)
  7. 2 sdm tepung maizena
  8. 1 lembar daun pandan
  9. 1 sdm gula pasir (boleh skip)
  10. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak

1
Kupas ubi, cuci bersih kemudian kukus sekitar 30 menit jangan tunggu dingin langsung ditumbuk halus. (Ku tumbuk pake ulegkan dlm baskom 😁)
2
Setelah halus, campur ubi dengan gula pasir, vanili, dan tepung tapioka secara merata sampai adonan nya kalis lalu bentuk bulat-bulat.
3
Panaskan air untuk merebus biji salak tsb, masuk kan biji salak secara perlahan setelah air mendidih dan tunggu sampai biji salak mengapung baru tiriskan.
4
Setelah ditiriskan siapkan air lalu rebus air tsb bersamaan dengan gula merah dan pandan, setelah mendidih masukan kembali biji salak yang sudah ditiriskan. Rebus hingga gula merah hancur, dan warna air sdh menjadi coklat.
5
Sambil menunggu langkah ke 4 tanak dan matang sempurna, tuang tepung maizena ke dalam mangkuk kecil beri 3 sdm air lalu tuang ke dalam panci rebusan biji salak dengan gula merah aduk sebentar hingga sedikit mengental. Jika dirasa sdh ckp matang matikan api kompor.
6
Untuk kuah santan, tuang secukupnya santan kental kedalam panci yg berbeda dan campur dengan sedikit air, boleh di sesuaikan dengan selera masing2. Boleh ditambahkan sedikit garam dan daun pandan. Lalu masak sampai mendidih.
7
Tuang biji salak ke dalam mangkuk dan tuang santan sedikit di atas biji salak tsb.. Selamat menikmati ☺☺☺

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam Praktis

Bubur Ayam Praktis

Radang tenggorokan dan ingin makan yang lembut lembut nyari tukang bubur ga lewat alhasil bikin sendiri...

1 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Bulan ramadhan identik dengan makanan manis dan gorengan pastinya buat berbuka puasa. Namun kali ini saya membuat kolak biji salak, yang mudah sekali dibuat..

4 porsi
Bubur biji salak ala kadarnya

Bubur biji salak ala kadarnya

Hujan hujan gini enaknya makan yang angetΒ² berkuah gitu ohh, mau beli bahan untuk buat tekwan hujan deras jadi pakai bahan seadanya dirumah jd deh bubur biji salak

sekeluarga
1 jam
Biji Salak / Bubur Candil Ubi #SeninSemangat

Biji Salak / Bubur Candil Ubi #SeninSemangat

Ide Bakulan Ramadhan hari ini biji salak atau disebut juga candil.. 😊 Udah lama ga bikin ini.. alhamdulillah tadi sempat bikin juga sore2 sambil ngabuburit #BikinRamadanBerkesan 😊 walaupun banyak tangan yang "bantuin" 😁😁 Biasanya beli ini cz si Kaka suka banget.. dan dia bilang ini bakso πŸ˜† semangat banget pas tau umminya bikin makanan kesukaan dia 😘😘 dan emang enak, kincanya mirip sama yang dijual2 membayar rasa penasaranku selama ini.. xixixi. Resepnya recook dari mba Anggun Ria.. makasih mba 😘

Bubur Candil (biji salak)

Bubur Candil (biji salak)

Bicara tentang makanan, pasti banyak banget yang bisa dikreasikan. Apalagi bahan karbo, tentunya banyak banget yang bisa dieksplor. Biasanya kalau membahas karbo kita langsung ingat sama nasi, tapi ada lagi loh menu karbo yang bisa kita olah, misalnya ketan, kalo kita olah jadi tepung terus dibuat jadi bahan makanan pasti enak banget ya moms πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ kali ini kita coba bikin menu makanan manis dari bahan ketan yukπŸ₯° #TetepKenyangTanpaNasi #cookpadindonesia #menusimpel #masakanindonesia #gulamerahjodohnyasantan #nyalkenyalkenyal

5 porsi
30 menit
Kolak pisang biji salak πŸ’•

Kolak pisang biji salak πŸ’•

Ceritanya mau ngabisin stok pisang yg kemaren nih.. Tinggal 3 biji n kebetulan punya stok ubi tinggal atu atunya.. tara... jadilah kolak ala ala.. tapi soal rasa jangan ditanya... mantap jiwaa 🀩

4 porsi
Bubur Ayam Banjar

Bubur Ayam Banjar

Masak buat anak bayi, sekalian buat emaknya juga, hehe.

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Makanan request suami..😁😁

Kolak biji salak kolang kaling

Kolak biji salak kolang kaling

#bikin ramadhan berkesan Sy ambil fotonya langsung dr wajannya hehehehe

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

#BikinRamadanBerkesan Menu favorite bulan puasa Aneka Kolak untuk berBuka dan Sahur rasanya yummii..😍😍, day 17 #cookpadcommunity #kolak #Bijisalak #ubi #SiapRamadan #Cookpad Community_Bandung

Bubur Sayuran Ati Ayam (mpasi 6m +)

Bubur Sayuran Ati Ayam (mpasi 6m +)

Olahan bubur bayi sehat buatan mama buat.. Yuk dicoba buibu mudah kok 😘 si bayi suka karena ada rasa manis dari baby carrotnya. Alhamdulillah makannya lahap.

2 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Menu menjelang puasa besok 😚

4 porsi
Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Terinspirasi dari kolak buatan almarhumah nenek yang dikampung sekalian buat ini dikost sambil mengenang kebersamaan saat bersama nenek dulu...

3-5 orang
1 jam 15 menit
6. Biji Salak Ubi Ungu

6. Biji Salak Ubi Ungu

Recook resepnya mb @Dapur Dien, alhamdullilah enak bgt. Sedikit modifikasi, gara2 ngga ada labu jadi saya pakai ubi saja. Santannya pecah karena terlalu encer (atau mungkin kurang diaduk atau apinya kebesaran). Tp alhamdullilah msh enak. First try and definitely will try again next time β™₯️

7 porsi
Bubur oatmeal bayam brokoli ayam Mpasi+

Bubur oatmeal bayam brokoli ayam Mpasi+

Karena Atha udah 8 bulan jadi sekalian mau ngajarin baby atha belajar makan dengan tekstur makanan yang sedikit kasar. Liat kulkas.. pake bahan seadanya.. jadi deh sarapan pagi atha hari ini Hasil : lahap . No drama πŸ˜— Jadi semangat deh bikin menu menu yang lain

1 porsi
20 menit