Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Biji Salak Gurih dan Kenyal yang Menggugah Selera

Dipos pada September 11, 2018

Biji Salak Gurih dan Kenyal

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Biji Salak Gurih dan Kenyal yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Biji Salak Gurih dan Kenyal yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Biji Salak Gurih dan Kenyal, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak Gurih dan Kenyal di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Gurih dan Kenyal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Gurih dan Kenyal memakai 15 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Request paksu yg doyan banget takjil inih. Menu buka tadi sore. Alhamdulillah enaqqqq 🥰 #dirumahaja #menuberbuka #selamatberpuasa #takjil

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Gurih dan Kenyal:

  1. 1 kg ubi orange
  2. 500 gram tepung tapioka
  3. 1 sdt garam
  4. Bahan kuah gula merah :
  5. 250 gram gula merah
  6. 2 sdm gula putih
  7. 1,5 liter air
  8. 1 lembar daun pandan
  9. 1 sdt garam
  10. 3 sdm tepung tapioka cairkan (saya ditambah 8sdm air)
  11. Bahan kuah santan :
  12. 200 ml santan instant
  13. 500 ml air
  14. 1 lembar daun pandan
  15. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Gurih dan Kenyal

1
Potong ubi menjadi kecil2 lalu kukus atau di rebus. Jika ubi sudah lembut baru diangkat.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 1
2
Haluskan ubi dengan sendok. Lalu masukkan tepung tapioka ke dalam wadah ubi yg sudah di haluskan.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 2
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 2
3
Uleni ubi hingga kais. Lalu bentuk bulat2 seperti kelereng. Atau sesuai selera.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 3
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 3
4
Kuah gula merah : Masukkan air dan gula merah. Tunggu hingga mendidih dan gula merah menjadi cair. Masukkan garam dan gula putih. Aduk.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 4
5
Lalu masukkan adonan yg sudah di bentuk ke dalam kuah gula merah. Tunggu adonan sampai mengapung lalu masukkan tepung tapioka yg sudah di cairkan.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 5
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 5
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 5
6
Aduk pelan2 dan Tunggu sampai mendidih lalu matikan.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 6
7
Kuah santan : masukkan air, santan dan daun pandan. Aduk jgn sampai santan pecah, masukkan garam. Tunggu sampai mendidih lalu matikan.
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 7
8
Biji salak siap di hidangkan. Selamat berbuka & selamat mencoba di rumah. :)
Biji Salak Gurih dan Kenyal - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak gula merah

Kolak biji salak gula merah

Edisi gula merah

10 porsi
-/+ 1 jam250 me
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

cocok buat buka puasa,manis legit,gurih😘

Kolak Biji Salak Ubi Ungu (simple)

Kolak Biji Salak Ubi Ungu (simple)

Ada ubi dirumah, buat snack hari minggu dibikin kolak biji salak aja, pasti cepat ludesnyaaa heheee

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Yang jualan banyak, tapi maunya bikin sendiri aja biar puasaa. Dan hasilnya bikin ketagihan nambah lagi 👏👏

Jenang Biji Salak

Jenang Biji Salak

Sore-sore makan jenang biji salak mantapp banget… Saya ingat betapa mama banyak menghabiskan waktunya di dapur, sehingga saya selalu menemani mama disana. Saya duduk manis dan menonton mama memasak. Adonan biji salak teksturnya mirip dengan malam atau play doh. Jadi waktu kecil, saya suka banget bantu mama buat bola-bola nya. Saya buat kecil-kecil imut dan nanti setelah jenang ini matang, saya suka pilihin bola-bola buatan saya.

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Bosan dengan ubi ungu yang hanya digoreng dan rebus/kukus, kali ini saya coba bikin kolak biji salak dari ubi ungu (biasanya dari tape/ubi jalar putih saja). Simple sekali bikinnya, manisnya sengaja aku bikin sedang2 saja biar gak terlalu manis. Kuah santan pakai gula pasir biar warna nya bisa kontras dengan biji salak ungu nya. hmmmh yummmy..

untuk 10 porsi
Biji Salak

Biji Salak

Namanya biji salak, padahal dari ubi ungu 😋

Kolak Biji Salak Labu Kuning

Kolak Biji Salak Labu Kuning

Dalam rangka mengikuti "Semarak" dengan tema kolak, saya memilih membuat kolak biji salak labu kuning, karena di rumah ada labu kuning yang sudah sebulan nganggur 😄, dan saya belum pernah makan kolak biji salak 😬, jadi penasaran banget dengan rasanya. Tekstur kuah kolak biji salak lembut dan sedikit kental, biji salaknya kenyal enak, ditambah kacang merah, cincau kw dan nata decoco kw, jadi lebih nikmat saat memakannya. Saran saya kalau ada cincau asli dan nata decoco asli akan lebih baik. Karena di rumah tidak ada, jadi saya ganti pakai nutrijel kelapa muda dan nutrijel cincau. Maaf fotonya malam-malam, udah mati gaya rasanya. Semoga mbak @Hadijah_KK dan para admin berkenan🙏. Saya cooksnap resep mbak @adityadamayanti , dengan menambahkan kacang merah, cincau kw dan nata de coco kw sebagai pelengkap. Untuk takaran bahan saya kalikan dua. Untuk pemakaian gula pasir saya ganti pakai gula singkong. #GAKolakukanSegalanya #Semarak_GAKolakukanSegalanya #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi

4 orang
1jam
255. Kolak salak dan ubi

255. Kolak salak dan ubi

setor arisan yg ketinggalan jauh bgt,,, gpp deh daripada gak setor.. krna aku sok sibuk.. wkwkwkwk, terus lupa terus kelupaan dan gak inget.. alias dah tuwir.. hihihi maapkeun ya mbak @indriana ini aku jg mau #SupportBumil krna bkin kolaknya pake ubi, yg lagi morning sickness ga bisa masuk sumber karbo berupa nasi,, bisa ganti karbonya dg ubi,,cobain kolak ubi ini ya.. ini dicampur salak.. aku baru tau loh salak bisa dikolak, rasanya? alhamdulillah enakkk.. aku sukaaa. resep asli pake pisang, krna ga punya jd pake ubi. btw aku jg kurang suka kolak pisang, sukanya ubi titik. #SupportBumil #ArisanCooksnap #CooksnapSalamKenal #CooksnapDapurHalal(indri)

2-3orang
20-30menit
Bubur Sumsum & Biji Salak

Bubur Sumsum & Biji Salak

Bubur sumsum yg super lembut di tambah biji salak makin komplit lah menu ta'jil hari ini. Buat pecinta makanan ini musti di coba duo bubur, bubur sumsum dan bubur candil. #Dirumahaja #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad

4-5 orang
45 menit
Kolak biji salak pisang

Kolak biji salak pisang

10 porsi
1 jam
Biji Salak Ubi Orange

Biji Salak Ubi Orange

Makanan ta'jil yang slalu bikin kangen akan bulan ramadan. #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadhanCookpad

4-5 orang
Bubur trio (ketan hitam, ketan putih, kacang hijau) presto

Bubur trio (ketan hitam, ketan putih, kacang hijau) presto

Dirumah paling suka kalau ada camilan terutama karena saya punya batita dan balita jadi harus pandai pandai bikin camilan Kali ini bikin pakai presto ya mom soalnya keburu anak nangis.. Xixixixi...

Jenang Grendul/bubur candil/bubur biji salak Ketela Rambat

Jenang Grendul/bubur candil/bubur biji salak Ketela Rambat

Sudah ada rencana bikin jenang grendul dari kapan hari, alhamdulillahnya ada tetangga kasih ketela rambat, langsung deh dikombinasi dan eksekusi. Merecook resep mbak Mahsa Anindya dari Surabaya. #cenilupis #cookpadcommunity_malang

5 orang
±1 jam
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Hii...akhirnya memberanikan diri bikin biji salak, bayangannya bakal kelolotan karena kenyal ternyata tidak karena ini dari ubi dan campuran sedikit tapioka 😬😘. Acara ini sekaligus meramaikan acara Milad GA dari mb @iyus sugesti yang bulan Agustus ini merayakan Milad nya ...Barakallah Fii Umrik mbakk semoga hajat menambah momongan terkabul dan sehat bahagia selalu tentunya... Karena favorit nya warma Ungu ..tentunya GA nya serba unguu donkkk 💜💜💜 Kali ini buat yang tradisional yuk cuzz intip. Dengan sedikit variasi penambahan pengental kuah Source : Sari KimDongWa #markobarspesialGA_pangananwungu #cookpadcommunity_Semarang #week13 #GA_TheNextLevel #banggakirimrecook

Bubur Ketan Hitam Putih ⚫️⚪️

Bubur Ketan Hitam Putih ⚫️⚪️

Disini aku gunain ketan hitam dan putih dengan perbandingan 1:2 #berburucelemekemas #resolusi2019