Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Biji salak ubi ungu enak yang Menggugah Selera

Dipos pada September 12, 2018

Biji salak ubi ungu enak

Hari ini saya akan berbagi resep Biji salak ubi ungu enak yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Biji salak ubi ungu enak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Biji salak ubi ungu enak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji salak ubi ungu enak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Biji salak ubi ungu enak yaitu -/+ 8 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji salak ubi ungu enak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji salak ubi ungu enak memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan sya dikasih ubi ungu sm sodara, bingung mo bkin apa, tdinya mo bkin bola ubi isi coklat.. Eh buka cookpad nemu resep dari mba dina .. Jdilah bubur biji salak ungu enak.. Oiya bahannya bnyak yg aku tambah dan kurangi ya 😁 #Festivalramadancookpad #SilaturahmiRecook

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji salak ubi ungu enak:

  1. 600 gr Ubi Ungu yg sudah dikupas, potong2 dan direbus sampai empuk
  2. 9 Sdm tepung tapioka
  3. 3 Sdm Tepung beras
  4. Sedikit garam
  5. Bubur
  6. 300 ml Air
  7. 3 lembar pandan
  8. 10 Sdm Gula Pasir (sesuai selera)
  9. Sedikit vanili
  10. Sediki garem
  11. 5 Sdm tapioka, larutkan dng sedikit air
  12. Saus Santan
  13. 195 ML Santan (sy pake kara Segitiga 65ML 3bngks)
  14. 300 ML air
  15. 2 Sdt garem (sesuai selera)
  16. 3 helai daun pandan
  17. Sedikit vanili

Langkah-langkah untuk membuat Biji salak ubi ungu enak

1
Bola ubi: Tunggu hingga dingin bola ubi yg direbus, lalu masukkan bahan bola ubi (tapioka dan tepung beras, yg dibahan pertama). Uleni hingga adonan tidak menempel.
Biji salak ubi ungu enak - Step 1
2
Bulatkan adonan. Didihkan air dalam panci (aku pakai air bekas merebus ubi) setelah mendidih masukkan bola tunggu hingga mengapung. Setelah mengapung angkat dan rendam bola dalam air biasa matang.
Biji salak ubi ungu enak - Step 2
Biji salak ubi ungu enak - Step 2
3
Bubur: Rebus air, lalu masukkan gula garam vanili daun pandan. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan bola ubi. Test rasa bila sudah pas masukkan larutan tepung tapioka. Aduk hingga mengental dan matikan api.
4
Saus santan: masukkan semua bahan, rebus hingga mendidih. Test rasa bila sudah pas matikan api.
5
Ambil bbrp sendok bubur candil, tuang santan diatas dan bubur candil siap disajikan 😁
Biji salak ubi ungu enak - Step 5
Biji salak ubi ungu enak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji salak ubi

Biji salak ubi

Sejak ikut pindah suami ke pulau jawa sering sekali kangen jajan & masakan kampung halaman salah satunya biji salak ini, meski sudah mau 2 tahun di jawa masih belum ketemu yang pas dilidah, jadi lebih seneng buat sendiri kalau lagi pengen πŸ˜‰

3 porsi
Β± 45 menit
Bubur Ayam Banjar

Bubur Ayam Banjar

Masak buat anak bayi, sekalian buat emaknya juga, hehe.

Biji salak tanpa santan

Biji salak tanpa santan

Saya selalu berpikir biji salak ini memang benar dari bijinya salak namun ternyata tidak setelah membuatnya :'D

Kolak biji salak ubi ungu endolita

Kolak biji salak ubi ungu endolita

Bikin kolak kesukaan anak2 dan ayahnya...

1 panci sedang
Jenang grendul/bubur candil/biji salak

Jenang grendul/bubur candil/biji salak

Assalamu'alaikum,,,mendadak pengen yg manis2, dan kebisaan nyetok aneka tepung2an...jd langsung bikin...πŸ˜†πŸ˜… #rabubaru #cookpadcommunity_Bekasi #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity

5-6 porsi
Biji salak ungu

Biji salak ungu

Dari Ramadhan tahun kemarin sebenernya suami udah ngiler banget pengen biji salak dr ubi ungu, tapi di Belanda ngga ada. Eh tau-tau kemarin temannya asal Tiongkok kasi tau webshopping bahan-bahan makanan yang langka disini, salah satunya ada ubi ungu ini. Langsung fix order. Karena harganya lumayan mahal, sekilo kalo dirupiahin 68rebu, jadi kita oplos aja sama ubi kuning ya, biar dpt banyak.

6 porsi
Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Beginilah ya kalo kerja disambil buat makanan Tampilannya jadi gak cantik πŸ˜†

Biji Salak Mutiara

Biji Salak Mutiara

Masih ada stock ubi jalar merah langsung dikukus dan dibuat bubur biji salak, kenyal dan gurih.. happy cooking moms..

Bubur Ayam Betawi

Bubur Ayam Betawi

Bismillah.. Ada yg kepengen sarapan bubut pagi2 gak.. kok saya lg kepengen banget ya... kayanya faktor perut yg agak mules2 makan terong sambel petir kemarenan 😣😣 Kebetulan ada daging ayam di freezer kemaren udah dibikin ayam tepung masoh sisa setengah kilo. Pas banget dah bikin buryam aja. Jd pengen yg lembut2 diperut. Ni namanya bubur ayam jakarta, bubur ayam betawi pada umumnya. Bubur nasi dgn kuah kuning tanpa santan. Bubur nasinya saya kasih santan sedikit biar kaya ada gurih2ny gitu πŸ€— Ni dia resep BUBUR AYAM BETAWI.

Biji salak Unyu

Biji salak Unyu

Dapet kiriman ubi dr kampung dan warna nya ungu, too cute jd pgn bikin biji salak deh yuu cuss liat resep dariku moms... #sharingiscaring #5resepterbaruku

Biji salak kanji isi Gula merah

Biji salak kanji isi Gula merah

Coba coba lain dari yg lain biasanya biji salak di buat dari ubi atau tepung ketan kali ini eksperimen dari tepung kanji alhasil ngga kalah enak dari biasanya oiya dalem nya aku isi pake Gula merah biar pas dimakan lumer lumer gimanaπŸ˜„

5 porsi
30 menit
Biji salak labu kuning

Biji salak labu kuning

Masih ada kuah kinca sisa serabi kemaren, Ada labu kuning, buat bubur candil saja.. hehehh

3 orang
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Bulan ramadhan identik dengan makanan manis dan gorengan pastinya buat berbuka puasa. Namun kali ini saya membuat kolak biji salak, yang mudah sekali dibuat..

4 porsi
Biji salak & Kolak pisang

Biji salak & Kolak pisang

Akhirrnyaa punya foto hasil masakan yg baguuss, masak mah tiap hari tp tiap mau di sajiin terus di foto ada aja gangguan dr si bocah 😁 Puasa gini enak makan kolak manis2, nasib di daerah rumah gk ada kolak yg sesuai selera lidah jadi terpaksa harus bikin sendiri πŸ˜‹

Biji Salak Ubi

Biji Salak Ubi

Masih cinta dengan makanan makanan yg tradisional, kali ini coba coba buat biji salak sendiri karena kalau beli selain agak kurang empuk, dan kurang gurih..(sebenarnya sih biar hemat dan lagi pula agak boros kalau harus beli..maklum anggota keluarga nya aja ber 5 hihi )