Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada January 13, 2022

Opor Ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Ayam yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Opor Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. 1 ruas jahe (geprek)
  3. 1 saset santan kara
  4. 1 batang serai (geprek)
  5. 2 lembar daun salam
  6. 400 ml air
  7. bumbu halus
  8. 2 ruas kunyit
  9. 4 siung bawang merah
  10. 3 siung b putih
  11. secukupnya lada bubuk, ketumbar bubuk, garam, gula pasir, micin,
  12. secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Halus kan semua bumbu halus
2
Tumis bumbu halus, tambahkan serai dan daun salam, tumis hingga harum
3
Masukan ayam, osreng² sampai bumbu merata
4
Tambahkan air, tambahkan santan
Opor Ayam - Step 4
Opor Ayam - Step 4
5
Aduk hingga santan merata, masak dengan api kecil kira² 15-20 menit hingga ayam empuk
Opor Ayam - Step 5
6
Siapkan bawang goreng untuk taburannya
Opor Ayam - Step 6
7
Angkat, sajikan.
Opor Ayam - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Tips agar opor ayam tidak amis dan arus,rendam ayam dng bumbu dasar kuning selama 1 jam,lalu ungkep sebentar baru dibumbuin dan kasih santan.

5 porsi
30 menit
Opor Telur Tahu Ayam

Opor Telur Tahu Ayam

Semua bahan ada dan tidak harus belanja telur, tahu dan ada 1/2 ekor ayam di frezer. Jadi juga masakan hari ini. Inspirasi resep Lidia Lestari. #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_Kalbar

2 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Lebaran emang belum lengkap tanpa opor hehehe.

Terik tahu daging sapi

Terik tahu daging sapi

Ikut seseruan di program #BancakanOnlineBarengCookpad dan pengen banget dapat bonus #eBook 😊 Source : mbak Tintin Rayner. Resep di bawah ini asli, saya masak setengahnya. Saya pake tahu sutra dan daging sengkel. Cepet empuk dagingnya. Enak, bumbu meresap. Laris manis deh...😍 #BancakanOnlineBarengCookpad #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity

47🍒 Ayam kemiri / opor ayam

47🍒 Ayam kemiri / opor ayam

ini kaya opor ayam tapi ga perlu santan.. makloem ga suka santan sih hahah 🥘 coba pake metode 5.30.7 wktu masak, mgkn bs membantu meringankan beban gas 🤣 🥘 aku didihkn terus 1jam an kayak nya, ato lebih kali ya hahaha lupa ga pake metode itu source : aniesaryono #cookpadcommunity_surabaya #grandpakuwonsurabaya

5 orang
1 jam
Opor ayam & ati 👍🏻

Opor ayam & ati 👍🏻

Pingin opor ayam lebaran, jauh dr keluarga langsung masak 😬

3-4 org
Opor telur sayur kacang panjang

Opor telur sayur kacang panjang

Masakan paling simple klo ak lagi bnyak kerjaan,, tinggal cemplang cemplung aj tapi maknyuuss , lbih enk lagi disajikan dengan lontong plus sambel dan krupuk.. hemm yumm🤤🤤

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Masakan kesukaan suami nih...

Opor ayam tahu telur

Opor ayam tahu telur

#reseprharha #rharhapuspitaningrum #cookpad

Opor ayam ala embong

Opor ayam ala embong

Kenapa ala embong? Embong itu rumah nenek ku. Di bandung di jln embong. Resep ini udh turun temurun dr jaman uyut smpe ke cicit nya. Musti dilestarikan krna enaaaak bgt. Beda sm opor2 yg lain krna penggunaan sedikit kencur dan terasi goreng. Musti bgt loh di coba krna enak bgt. Apalg dicmput sayur labu.. Duh bikin nambah nasii mulu. Oia jgn lupa dikasi bawang goreng. Makin endeus..

Opor Ayam!

Opor Ayam!

#wfo , akhirnya coba buat opor yg sesungguhnya aku gak tau rasa opor itu asin atau manis. Hahaha Setidaknya ditengah pandemi covid19 ini dan buruk2nya gak bisa ke rumah orang tua saat hari raya, setidaknya bisa membuat salah satu resep lebaran. Recook resepnya Mba Fitsas.

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung Mix Telor

Opor Ayam Kampung Mix Telor

Karena lagi Kangen sama Opor buatan Mama tapi situasi PSBB gak mungkin untuk Mudik,, alhasil minta resepnya dan nyoba bikin sendiri dan Alhamdulilaaaaah Done persis sama!

5 Porsi
Terik Ayam Telur Tahu

Terik Ayam Telur Tahu

Terik merupakan salah satu masakan bersantan . Kalau di Jogja, biasanya dimakan dengan bubur ataupun disajikan sebagai pendamping gudeg. Rasanya gurih, manis, dan kaya akan bumbu. Salah satu koentji yang bikin ngangenin memang bumbunya yang 'berani', lalu dimasak dengan api kecil sampai benar-benar meresap dan kuahnya agak mengental. Kuliner Jogja ini memang #SelaluIstimewa 💕. Kali ini saya pakai isian ayam, telur, dan tahu. Untuk beberapa bumbu halusnya saya goreng dulu agar rasa dan aromanya makin sedap. Source: Dina "Ummu Khal" Kitchen #PejuangGoldenApron3 #Minggu31 #LihaiRecook2_Yogyakarta #JogjaYangSlaluDirindukan #KhasJogjaIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta

Terik Tahu Telor

Terik Tahu Telor

Terik biasa dijadikan teman makan bubur, tapi sama nasi juga ok. Recook dari @DapurMba Bojo

Opor ayam

Opor ayam

Ikut merayakan lebaran saat pandemi

2 orang
1 jam 30 menit