Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Lontong Sayur Komplit yang Anti Gagal

Dipos pada June 16, 2017

Lontong Sayur Komplit

Bagaimana membuat Lontong Sayur Komplit yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Lontong Sayur Komplit yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Lontong Sayur Komplit, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Lontong Sayur Komplit sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Lontong Sayur Komplit biasanya untuk 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Sayur Komplit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Sayur Komplit memakai 78 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah... Sebenarnya kebiasaan dalam keluarga saya kalau udah dekat lebaran baru di sungguhin menu seperti ini, dan menu ini terinspirasi dari kerinduan akan berkumpul dengan keluarga, menikmati momen bersama, bercerita temu kangen satu sama lainnya sambil menikmati hidangan lezatnya, untuk tahun ini kembali lagi tidak bisa berkumpul karena keadaan sekarang yang tidak memungkinkan untuk mudik, setidaknya bisa melepas selera menu andalan saat berkumpul, kali ini saya juga berharap bisa terpilih sebagai salah satu cookpader yang berkesempatan bisa berbincang dengan Ceo Cookpad kan itu keren bgd ๐Ÿ˜Š๐Ÿคญ๐Ÿ˜† Namanya juga harapan y kan mana tau terkabulkan aamiin ๐Ÿ™ Minggu ke-29 #PejuangGoldenApron2 #BincangBarengCeo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Sayur Komplit:

  1. Lontong
  2. 2 cup beras
  3. Daun pisang
  4. Besek
  5. sedikit Garam
  6. Kuah Lontong
  7. 5 buah wortel
  8. 2 ons buncis
  9. 10 udang segar
  10. 6 potong tahu putih potong segitiga goreng
  11. 2 liter air
  12. 4 lembar daun jeruk
  13. 1 batang sere
  14. 2 bunga lawang
  15. 2 cm kayu manis
  16. 3 lembar daun salam
  17. secukupnya Garam
  18. 1/4 sdt kaldu jamur
  19. Bumbu halus
  20. 6 bawang merah
  21. 4 bawang putih
  22. 1 sdt jintan manis
  23. 1 sdt bubuk kunyit
  24. 1 sdt bubuk ketumbar
  25. 5 kemiri
  26. 2 sdm cabe halus
  27. Tauco Udang Tahu
  28. 1 ons cabe hijau
  29. 1 ons udang segar
  30. 6 potong tahu putih potong2 goreng
  31. 10 bawang merah
  32. 10 bawang putih
  33. 1 sdm cabe merah halus
  34. 1 batang sere
  35. 2 cm lengkuas
  36. 3 lembar daun salam
  37. 1 sdm tauco
  38. 100 ml santan kental
  39. secukupnya Garam
  40. Sedikit kaldu jamur
  41. Bihun
  42. 230 g bihun rendam
  43. 1 ons kol
  44. 1 buah wortel
  45. 2 batang daun bawang rajang
  46. 1 batang daun seledri rajang
  47. Bumbu halus
  48. 8 siung bawang merah
  49. 5 siung bawang putih
  50. 5 kemiri
  51. 1 sdm cabe merah halus
  52. Telur Sambal
  53. 10 butir telur rebus
  54. Bumbu halus
  55. 7 bawang merah
  56. 4 bawang putih
  57. 1 buah tomat
  58. 6 sdm cabe merah halus
  59. 1 sdt gula pasir
  60. secukupnya Garam
  61. secukupnya Kaldu jamur
  62. Rendang Ayam
  63. 1 ekor ayam ukuran 1 kg
  64. 1 batang sere
  65. 3 lembar daun kunyit rajang halus
  66. 4 lembar daun salam
  67. 5 lembar daun jeruk buang tulangnya rajang halus
  68. Bumbu halus
  69. 1 ruas besar lengkuas
  70. 1 ons cabe merah halus
  71. 1 ons cabe merah
  72. 4 siung bawang putih
  73. 1 sdm bumbu rendang siap jadi
  74. secukupnya Garam
  75. Sedikit kaldu jamur
  76. Bahan Pelengkap
  77. Emping
  78. Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Sayur Komplit

1
Siapkan lontong, tetap saya masak lontong pakai presto karena mudah dan cepat, resepnya udah pernah saya share sebelumnya. ini resepnya: Ayo cek resep ini https://cookpad.com/id/resep/11231758-lontong-masak-pakai-presto?invite_token=ZtyhEaskJi8YsPjt6Yn1KadA
2
Cara Membuat Kuah: siapkan bahan dan bumbu, kemudian haluskan bumbu, tumis bumbu dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan dedaunan dkk, masukkan santan masak sampai setengah mendidih.
Lontong Sayur Komplit - Step 2
Lontong Sayur Komplit - Step 2
Lontong Sayur Komplit - Step 2
3
Kemudian masukkan buncis, wortel dan tahu, kemudian beri garam, kaldu jamur masak sampai sampai mendidih dan sayur empuk koreksi rasa.
Lontong Sayur Komplit - Step 3
Lontong Sayur Komplit - Step 3
4
Cara Membuat Udang Tahu Tauco: siapkan bahan rajang semuanya, lalu tumis sambal cabe merah, bawang merah bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam dan sere sampai harum, kemudian masukkan udang masak sampai udang berubah warna, kemudian beri garam, kaldu jamur dan tauco, beri santan cair lalu tambahkan tahu goreng, aduk rata lalu masukkan cabe hijau, masak selama 3 menit angkat.
Lontong Sayur Komplit - Step 4
Lontong Sayur Komplit - Step 4
Lontong Sayur Komplit - Step 4
5
Cara Membuat Bihun : siapkan bahan yang diperlukan, haluskan bumbu, tumis bumbu halus sampai harum, kemudian tambahkan kecap manis, garam, kaldu jamur, aduk-aduk.
Lontong Sayur Komplit - Step 5
Lontong Sayur Komplit - Step 5
Lontong Sayur Komplit - Step 5
6
Tambahkan wortel dan kol aduk-aduk lagi sampai tercampur kemudian masukkan bihun, daun bawang dan seledri koreksi rasa.
Lontong Sayur Komplit - Step 6
Lontong Sayur Komplit - Step 6
Lontong Sayur Komplit - Step 6
7
Cara Membuat Telur Sambal: rebus telur, kemudian kulitin cangkangnya, lalu goreng sebentar dengan minyak panas, balik-balik agar merata, kemudian angkat.
Lontong Sayur Komplit - Step 7
Lontong Sayur Komplit - Step 7
Lontong Sayur Komplit - Step 7
8
Haluskan bumbu, kemudian tumis sampai bumbu matang, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, kemudian masukkan telur yang sudah digoreng tadi aduk rata, koreksi rasa kemudian sajikan.
Lontong Sayur Komplit - Step 8
Lontong Sayur Komplit - Step 8
Lontong Sayur Komplit - Step 8
9
Cara Membuat Ayam Rendang: bersihkan ayam lalu beri sedikit garam, remas-remas. Siapkan bumbu dan bahan, haluskan bumbu kemudian tumis bumbu dan dedaunan+1 sdm bumbu rendang sampai harum.
Lontong Sayur Komplit - Step 9
Lontong Sayur Komplit - Step 9
Lontong Sayur Komplit - Step 9
10
Kemudian masukkan ayam aduk-aduk beri garam, kaldu jamur biarkan sekitaran 15 menit agar bumbu meresap, lalu tambahkan santan masak sampai ayam matang dan kuah menyusut, koreksi rasa dan sajikan.
Lontong Sayur Komplit - Step 10
Lontong Sayur Komplit - Step 10
Lontong Sayur Komplit - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam pedas

Rendang ayam pedas

Suka ayam kampung semua

8 porsi
40 menit
Gurame goreng

Gurame goreng

Ikan Gurame adalah salah satu menu apabila Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman . Satu hari sebelum hari raya merupakan suatu kebahagiaan tersendiri ikut ke pasar tradisional , pulangnya nenteng ikan Gurame . Akhirnya mencoba menggoreng ikan Gurame dengan menggunakan bumbu legend . Untuk mengobati rasa rindu karena sudah dua kali hari raya Idul Fitri tidak bisa pulang kampung karena pandemi . Semoga pandemi segera berlalu untuk bisa menikmati sarapan pagi di hari raya bersama keluarga besar Aamiin YRA ๐Ÿ˜ญ #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenBatikApron #kemauandankemampuan

8 potong
120 menit
Sayur godog betawi / sayur lontong

Sayur godog betawi / sayur lontong

resep ini dari mba Rini damayanti di cookpad, ini enak dan patut dicoba y.

Kering Soun Kacang

Kering Soun Kacang

Ramadhan sebentar lagii... Selain siapkan ruhani, emak-emak juga harus siapkan hidangan menyambut Ramadhan yaa.... terutama untuk sahur. Yuk bikin stok keringan yang awet dan tahan lama. Jadi kalaupun kesiangan bangun sahur tetep amaan ๐Ÿ˜„ Kering adalah salah satu hidangan jadul yang tetap eksis sampai sekarang. Kata nenekku dulu orang pergi haji bisa berbulan-bulan karena naik kapal. Nah salah satu perbekalan yang dibawa para calon jemaah haji ini adalah Kering. Selain Kering mereka juga bawa Serundeng Daging dan ikan asin. Kering juga selalu muncul pada hidangan lebaran di kampungku dulu, menemani ketupat dan kawan-kawannya. Bahan utama yang biasa dipakai adalah talas, kentang, atau soun. Pelengkapnya bisa berupa tempe, teri, atau kacang. Karena bikin Kering Kentang agak ribet, kali ini aku bikin pakai soun saja. Ini enak dijadikan lauk nasi atau pun dijadikan cemilan. Bisa ditambahkan teri medan agar makin gurih. Yuuk cobain... #ramadhanCamp #keringkentangkacang #PejuangGoldenBatikApron #mbantuk_lauksayur #CookpadCommunity_Bandung #ceritaDapurHariIni

Burgo khas Palembang

Burgo khas Palembang

Bergabung di kelas telegram kali ini, mba @ucimandasari memperkenalkan kuliner khas dari Palembang. Selama ini yg saya tahu hanya pempek, kerupuk kemplang ternyata ada banyak lagi. Salah satunya adalah burgo. Sekilas mirip dg opor lontong. Hanya kuahnya menggunakan kaldu dan ikan rebus yg dihancurkan sehingga lebih terasa gurihnya. Yg unik adalah yg saya kira lontong, ternyata merupakan campuran tapioka dan tepung beras yg dikukus. Teksturnya lembut, pas dipadukan dg kuah yg gurih, cocok sebagai menu sarapan #Rekreasi_Palembang #GelarTikar_Palembang #Pencok_KaPalembang #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #TetepKenyangTanpaNasi #GBAMinggu3

4 org
Peanut cookies with Skippy

Peanut cookies with Skippy

Rencananya nanti lebaran pgn bikin kuker sendiri,jadi dr sekarang dicicil dulu trial berbagai macam resep untuk nemu yg pas... Ini resep kue kacang simpel,pake selai kacang yang udah jadi ๐Ÿคญ Source : https://youtu.be/VtsIWhQpDG8 #CookpadCommunity_SumUt #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke6

500 gr
2 jam
Rendang bumbu kokita

Rendang bumbu kokita

Mau puasa, bingung mau masak apa buat sahuran, baru inget ada sisa daging sama bumbu rendang. Yaudah bikin aja. Nggak ada foto pas pertama jadi, suami udah keburu nyosor aja..

Rendang Ikan Tuna & Telur

Rendang Ikan Tuna & Telur

Minggu kemaren lg suka makan ikan tuna tp cm Di goreng z.. Ada ide buat bikin rendang enak juga ๐Ÿ˜€

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Pgen bkin rendang dgn bumbu seadanya dijamin endulll..

opsional
3 jam
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Suami bawaannya lagi kepengin makan ayam kampung terus. Daripada beli mending bikin #DiRumahAja, stok kelapa jg banyak. Kali ini aku ikutan #WeekendChallege dalam program #CABEKU, mengangkat tema tentang #KelapaSejutaManfaat. Mudahยฒ bisa bermanfaat buat temenยฒ cookpers dluar sana. Aku kali ini manfaatin santan kelapanya, krn mau bikin opor super endolita. #WeekendChallege #WeekendChallege #WeekendChallege #WeekendChallege #CABEKU #CABEKU #CABEKU #CABEKU #KelapaSejutaManfaat #KelapaSejutaManfaat #KelapaSejutaManfaat #KelapaSejutaManfaat #DiRumahAja #DiRumahAja #DiRumahAja #DiRumahAja

๐Ÿ›Rendang ceker super pedas๐Ÿ›

๐Ÿ›Rendang ceker super pedas๐Ÿ›

Dari RS suami tlp nanti lepas dinas mlm mau makan ceker pedes, bener2 seneng klo dia nawar mau makan sm apa ๐Ÿฅฐ

Opor Ayam

Opor Ayam

Punya stok krupuk udang, jadi sayurnya yang menyesuaikan lauknya ๐Ÿ˜…. Jadilah bikin opor ayam. Saya tidak pakai santan ya Moms, saya ganti dengan Fiber Creme dan mericanya saya skip, disesuaikan kondisi suami dalam masa pemulihan karena asam lambung.

Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur Lodeh Labu Siam

Uda dari lama pengen sayur ini, emang paling cocok di makan sama lontong. Karna ga punya lontong ku skip. #Week06 #SemangcookHokyaHokye #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Semarang

Kacang Telur Renyah dan Gurih

Kacang Telur Renyah dan Gurih

Bismillah... Minggu ini program GGI dg tema "Olahan Renyah", awalnya bingung mau masak apa. Kepikiran yg renyah dan kesuakaan seisi rumah, yaitu " Kacang Telur". Mencoba menghubungi warung terdekat Apakah ada kacang tanah krn setelah dr Toserba Yogya stock kacang mulai susah menjelang bln Ramadhan dan Lebaran. Alhamdulillah di warung deket rumah ada stock 500g, sy beli dan saya segera mengolahnya. Cukup 45 menit "Kacang Telur siap dinikmati......๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Id #RamadanCamp #PejuangGoldenBatikApron #OlahanRenyah #OlahanKacangTanah

Relatif
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Munggahan pertama tanpa ibu,jadi mau ga mau harus masak sendiri dan ini hasil suka liatin beliau klo lagi masak... Ya Allah Berikan surgaMU untuknya ๐Ÿคฒ