Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak biji Salak ubi yang Menggugah Selera

Dipos pada May 3, 2021

Kolak biji Salak ubi

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak biji Salak ubi yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Kolak biji Salak ubi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak biji Salak ubi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak biji Salak ubi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji Salak ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji Salak ubi memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#DiRumahAja jadi perut tuh rasanya manggil mulu pngn ngemil. D kasih ubi+pnya sisa tepung d bikin aja ini sma bhan² seaadanya. Hasil bisa buat ikutan #WeekendChallenge #CABEKU,,, santan aq pisahin soalnya keluarga suka santan ke gurih²an gtu krena santannya #KelapaSeribuManfaat

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji Salak ubi:

  1. ±700 gr ubi yg sudah d kukus
  2. 350 gr tepung tapioka
  3. Air hangat
  4. 3 gandu Gula merah
  5. 3 lembar daun pandan
  6. Santan
  7. Air
  8. Garam
  9. 2 sdm tepung tapioka (untk d larutkan)

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji Salak ubi

1
Tumbuk ubi yg sudah d kukus. Siapkan tepung tapioka, dan campur air hangat lalu gilas mnggunakan tangan smpai adonan bsa d uleni. Lalu satukan ubi yg d tumbuk pda adonan, lalu bentuk mnjdu bulat. (Sesuai keinginan)
Kolak biji Salak ubi - Step 1
Kolak biji Salak ubi - Step 1
2
Larutkan gula merah dgn air yg d beri 1 lmbar daun Pandan (ukuran bebas, aku pke 3 gelas air),lalu saring.
Kolak biji Salak ubi - Step 2
Kolak biji Salak ubi - Step 2
3
Siapkan panci, masukan 3 liter air yg d beri 2 lmbar daun Pandan lalu campurkan larutan gula yg d saring k dlamnya sampai mendidih. Masukan ±¼ sdt garam. Masukan adonan bulatnya smpai adonan terapung ke atas, jika sdh terapung itu tndanya sudah matang.
4
Tes rasa,,, lalu larutkan 2 sdm tepung tapioka dgn air, dan masukan k dlm kuah candilnya. Aduk smpai ada kental² nya. Jika kentalnya sudah pas, matikan api.
Kolak biji Salak ubi - Step 4
5
Trakhir, siapkn dan didihkan santan (aq pke kara), tambhkn setengah gelas air matang dan d beri sdikit garam(sdikit saja). Matikan api.
6
Sajikan dalam mangkuk
Kolak biji Salak ubi - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak pisang kolang Kaling nangka

Kolak pisang kolang Kaling nangka

Ta'jil pertama di bulan Ramadhan, semoga puasanya berkah.

Kolak Biji Salak Labu Cinderella

Kolak Biji Salak Labu Cinderella

Ketika dirumah baru dikasih labu kuning, ada sisa bahan habis buat cilok muncrat dan akhirnya coba buat eksperimen dari pelengkap yang ada didapur...silahkan disimak dan direcook yaa.

7 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Balik lagi di dapur ala anak kos 😍😍. Kali ini aku bklan bikin kolak biji salak.. Ya walaupun anak kos tapi tetep hobi msak gx bisa di tinggalkan. Oh iya setiap ramadhan sih q slalu bikin ini. Ramadhan tahun kmrin sih bikin sma tmn q dan itu momen yg paling q kangenin di bulan ramadhan tahun ini 😭😭. Ya walaupun tmn q jauh. Tapi tetep q bersyukur punya tmn kyk dia yg slalu jdi tmn terbaik q 😘😘. Eh kok curcol ya 😂. Ya udah skrang cus msak 🤗

Kolak Ubpi 🍠🍌

Kolak Ubpi 🍠🍌

kolak ubi pisang 😄

Kolak biji salak

Kolak biji salak

#berburucelemekemas #resolusi2019

Kolak biji salak ubi jalar

Kolak biji salak ubi jalar

Punya ubi jalar tapi udah seminggu ngak diolah-olah, makanya dijadikan kolak. #TiketGoldenBatikApron #abaikanpancinya🙏

4 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Pas banget nih buat buka puasa.

Kolak biji salak #ComboNgabibita_InStreetFood

Kolak biji salak #ComboNgabibita_InStreetFood

Kolak ini adalah hidangan buka puasa favorit di keluarga suami saya.. Jadi mau nggak mau harus belajar bikinnya... Tingkat kekenyalannya sesuai selera. Di resep saya ini, teksturnya agak kenyal, karena saya suka yg kenyal. Kalau tidak suka terlalu kenyal, bisa dikurangi jumlah tepung sagunya.

2 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Yummy😋😍 #SiapRamadan #JemputRejeki Dulu waktu kecil seringnya mama bikin bukan pake santan tapi taburan kelapa kukus seperti lupis..enak banget. Tapi ini saya buat yg praktis pake santan instan.

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Dari semenjak kls 6sd itu, aku sudah mulai diajarkan memasak sama ibuku dari mulai memasak air, rebus mie, dan goreng telur.Tapi untuk memasak yg lainnya bagiku itu sangatlah sulit pada waktu itu, akhirnya seiring berjalannya usiaku dan ketelatenan ibu untuk mengajarkannya sedikit demi sedikit menjadi bisa untuk sekedar menu makan keluarga, apalagi setelah aku berkeluarga memang dituntut untuk bisa masak, Dan semenjak aku gabung di komunitas cookpad aku mulai coba-coba beragam resep, Alhamdulillah dari cuma kepengen dan akhirnya menjadi bisa, Terimakasih untuk cookpad yg telah menginspirasi kami semua dari berbagai penjuru dunia.Sekarang bukan hanya kepengen saja, kita langsung bisa mempraktekannya dg penuh semangat karena banyak yg menginspirasi🙏😊 #DariPengenJadibisa #saturesepsatupohon #teamtrees

Kolak Peuyeum Bogor

Kolak Peuyeum Bogor

Mertua baru pulang dari bogor . Di bawain ini .. Pengen kolak buat pemanasan takjil ramadhan yang tinggal ngehitung jari 😁 Kadar Manis bisa di sesuaikan selera yaa

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Resep pertama yang saya share 😉 semoga suka dan jangan ragu untuk recooked yaaa 🤗

3-4 porsi
#2 Kolak Pisang Kolang Kaling #kamismanis

#2 Kolak Pisang Kolang Kaling #kamismanis

Assalamualaikum selamat pagi sobat cp, kangen banget mau posting resep tapi apa daya, ahhh sok sibuk banget yak, ini kolak bikin minggu pagi kemaren yah baru bisa posting sekarang maafkan saya 😥😥 udah pada banyak yang nanyain kk ko ga posting foto lagih😀😀, yaa ini saya sempatin posting 😀😀 semoga bermanfaat, ohhhh yaa ini masaknya bareng bu mimin nih, biasanya nih kolak Pisang memang cocok buat buka puasa apalagi di awal puasa paling cocok deh #bikinramadanberkesan . Semoga Bermanfaat yahh 😍 . #day2

Kolak biji salak(candil)

Kolak biji salak(candil)

Kalau di kampung saya namanya bukan kolak biji salak tapi kolak candil

Kolak jambu merah

Kolak jambu merah

Ceritanya banyak jambu di kebun kebetulan ayah mau bikin Alhasil ini lah 😁 Dan rasanya itu ada asam asam nya gitu😁