Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 15, 2020

Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT'

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT', antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' memakai 34 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu olahan daging kurban yg sy bikin waktu itu,, kebetulan si ade mau dibikinin rendang yg pedes katanya, bosen dg makanan yg rasanya manis.. Beda sm sy kebalikannya sy tdk suka makanan yg terlalu pedasπŸ˜„.. Lagi" sy contek resep ny ala JTT.. Sdh dari jaman masi sekolah smpe sekarang klo mau masak selalu serch nya dg akhiran 'JTT'πŸ˜ƒ karna menurut sy resepnya anti gagal,, penjelasan resep ny sangat detail+foto by stepnya+tips yg ada pd prolog cerita sangat berguna utk pemula seperti sy.. Maaf, malah jd curhat hehee πŸ˜€ Kembali ke resep, kesalahan sy karna sy menambahkan merica bubuk terlalu banyak dan tdk terlalu suka dg makanan pedes+punya masalah diperut, itu bikin perut sy, mama, ade berasa perihh. Kata mama si karna merica tu bikin perut perih+mules, apalagi dibahannya sdh ada cabe dan jahe yaa.. Tapi rasanya yummy nendang lohh πŸ‘πŸ‘Œ... Maaf plating+foto nya jelek yaπŸ™, sy nyerah klo disuruh plating,, ga bisa see-keren😬.. Ini pengen aja cobain plating dg mangkuk cantik hadiah dari naruna, hihihi..πŸ™ˆ #CuisineMe #ResepMasakanPadangKikiRA #ResepOlahanDagingKikiRA

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT':

  1. 800 gr daging sapi, potong sesuai selera
  2. 900 ml santan dari 1 btr kelapa
  3. 3 bh kentang ukuran sedang, kupas & potong sesuai selera (sy skip)
  4. 2-3 sdm kelapa parut, sangrai hingga coklat gelap (sy skip)
  5. 1 lbr daun kunyit, rajang sehalus mungkin (sy skip)
  6. 4 lbr daun jeruk purut, buang tulang daunnya, sobek kasar
  7. 3 lbr daun salam, sobek kasar
  8. 3 cm lengkuas, memarkan
  9. 1 btg serai, memarkan
  10. 1 btg kayu manis
  11. 1/2 keping asam kandis (sy 1 mata asam jawa), (optional)
  12. 5 sdm minyak, untuk menumis
  13. Bumbu Halus :
  14. 12 btr bawang merah
  15. 6 siung bawang putih
  16. 6 bh cabai merah besar
  17. 6 bh cabai merah keriting
  18. 1 cm cm jahe
  19. 2 cm kunyit
  20. 1 btg serai, ambil bagian putihnya, rajang halus
  21. Bumbu Halus Rempah :
  22. 1 sdm ketumbar, sangrai
  23. 1/4 sdt jinten, sangrai
  24. 1/4 bh pala, buang kulitnya lalu iris halus
  25. 5 butir cengkeh
  26. 3 buah kembang lawang
  27. 3 buah kapulaga Jawa
  28. 6 btr kemiri (tambahan dr sy)
  29. Secukupnya merica bubuk, jgn banyak2 (optional)
  30. Bumbu Lainnya :
  31. 1 sdt garam
  32. 1 bks kaldu bubuk sapi
  33. 50 gr gula jawa, sisir halus
  34. 1 sdm gula pasir (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT'

1
Ambil sebagian kelapa dari parutan kelapa sblm diperas menjadi santan. Sangrai kelapa di wajan (tanpa minyak) dg api sedang hingga berubah kering, dan coklat gelap. Kemudian haluskan/blender kelapa sangrai dengan cobek hingga lumat dan halus. Jika blender susah gerak tambahkan air sedikit selama proses. Sisihkan. JIKA PAKAI..
2
Goreng kentang hingga coklat matang. Jika menggunakan kentang kecil khusus rendang maka tidak perlu kupas kulitnya dan goreng juga hingga matang. JIKA PAKAI..
3
Siapkan panci/wajan anti lengket, panggang daging (tanpa minyak), dg api sedang hingga permukaannya kecoklatan. Sambil dibalik-balik. Jika permukaannya sudah coklat, angkat dan sisihkan. (Daging akan mengeluarkan banyak cairan saat awal dipanggang, terus masak sampai daging kering dan permukaannya mulai kecoklatan).
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 3
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 3
4
Haluskan bumbu kering (pala, ketumbar, merica, jinten, kembang lawang, kapulaga dan cengkeh) kecuali kayu manis, masukkan ke gelas blender dry mill dan proses halus ya. (sy pake ulekan). Haluskan jg kemirinya, lalu satukan dg bumbu rempah td.
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 4
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 4
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 4
5
Haluskan bumbu basah (bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, serai) proses dengan chopper (sy dg blender, bumbu basah yg diiris2+bumbu rempah yg dihaluskan td, beri sedikit air dan minyak gr spy blender bergerak dg baik).
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 5
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 5
6
Siapkan panci/wajan anti lengket, (sy pke wajan bekas memanggang daging td. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas. Tumis semua bumbu halus (baik basah maupun kering), kayu manis, serai yang dimemarkan, lengkuas, jahe, daun kunyit, daun salam, asam kandis, dan daun jeruk. Gunakan api sedang dan aduk-aduk selama bumbu ditumis hingga bumbu berubah tua warnanya dan menyusut. Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong dan susah matang.
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 6
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 6
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 6
7
Masukkan santan. Tambahkan kelapa parut tumbuk JIKA PAKAI.. Aduk rata. Masak dengan api sedang hingga santan menjadi berminyak, berubah lebih gelap dan sangat kental.
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 7
8
Masukkan potongan daging panggang tadi, aduk rata. Beri garam, gula merah, gula pasir, dan kaldu bubuk, aduk rata.
9
Tutup panci/wajan dan masak dengan api kecil hingga kuah habis, rendang berubah menjadi coklat gelap dan daging empuk dan matang. (Aduk sesekali saat rendang dimasak agar tdk gosong dibagian dasarnya). Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Jika daging belum empuk sementara kuah sudah habis, tambahkan sedikit air panas dan masak hingga daging empuk.
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 9
10
Masukkan kentang goreng, aduk rata. Masak selama 10 menit dengan api kecil agar kentang menyerap bumbu. Angkat dan sajikan. Super, duper yummy! JIKA PAKAI..
11
Sajikan.. πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 11
12
Selamat mencoba.. 😍
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 12
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 12
Rendang Daging a la Mba Endang 'JTT' - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging

Rendang daging

Ini rendang pertamaku, tantangan yg sangat ingin aku cb. Awalnya takut gagal tp alhamdulillah bs jg. Semua dipersiapkan secara manual, bahan2nya fresh bukan yg instan. Enak alhamdulillah.

Rendang sapi campur tempe

Rendang sapi campur tempe

Punya stok daging yg udah direbus sama tempe, masih punya juga bumbu siap pakainya cuss tinggal masak gausah ribet dan gaperlu ngulek2 tinggal oseng aja , simpel tp rasanya enakk #siapramadan #AntiRibet

Rendang

Rendang

Bismillah,.. Rendang adalah makanan khas padang yg sangat terkenal,. Kesukaannya si cikal kl bundanya ga masak pasti yg di pesan nasi padang+rendang,. Kali ini mumpung ada waktu masaklah rendang, secara kan luaammmanyoo tuh rendang di masak tp terbayarkan dg hasilnya yg sedaapp πŸ˜‹πŸ˜‹,.. Aku masaknya teteeup selera sunda 😁😁 #rendang #selerasunda #PekanInspirasi #cookpadindonesia #cookpadcommunity_bandung #alhamdulillah

Rendang khas Padang

Rendang khas Padang

berhubung sekarang disini sudah tidak bole lagi membawa makanan berupa daging olahan dari luar, maka pupus harapan kalau pulang ke indo bisa bawa rendang lamak ala umak lagi. udah pernah nyoba pake bumbu instan, lidah ga cocok dan ga mirip rasa rendang seperti biasa. dan hari ini nyoba bikin rendang ala kadarnya. berbekal dengan bahan seadanya, alhamdulillah jadi juga. sekarang udah ga sedih lagi karena akhirnya bisa bikin sendiri disini. #ResepPertamaku

Nasi Goreng Ayam Bumbu Rendang

Nasi Goreng Ayam Bumbu Rendang

Kemarin habis ada acara makan di rumah terus banyak banget makanan sisa daripada sayang mendingan dimasak saja~

10 menit
16. Rendang Ayam Ekspress Tanpa Santan by Uliz Kirei

16. Rendang Ayam Ekspress Tanpa Santan by Uliz Kirei

#olahanayam #resepterbaruKu #berburucelemekemas #resolusitahun2019 Hari ini adalah wedding anniversary Kita berdua yang ke 4 tahun 😍 Aq mau masak menu "Rendang Ayam Ekspress Tanpa Santan" untuk merayakannya 😘 Semoga SuamiKu suka & nambah makannya. Selamat mencoba dirumah 😘

3-5 porsi
30 menit
Ayam Rendang ala rm.padang

Ayam Rendang ala rm.padang

Sering banget makan makanan padang tapi jarang banget bikin sendiri.. kali ini edisi pengen rendang padang racikan sendiri tanpa bumbu instan... Alhamdulillah enak. Saya coba dibanyakin cengkeh utuh nya biar kaya rendang di daerah jl.dakota bandung itu. Alhamdulillah suami dan anak2 lahap. Ohya bahan dibawah ini bisa aja ditambahin sesuai selera masing2 ya.

Nasi goreng rendang ala anak kos

Nasi goreng rendang ala anak kos

Resep nasi goreng buat anak kos,mudah sekali tinggal masukan semua bumbu dan Beras ke dalam magic com,tunggu 30 menit.siap di sajikan

Ayam bakar bumbu rendang

Ayam bakar bumbu rendang

Source : susan melyani Daging mehong jd rendang nya ayam ajahπŸ˜„ Ini versi sy ya..yg asli resep nya mba susan #pekaninspirasi_cookpad #cookpadcommunity_jakarta #resepmaymel

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep rendang sapi dari ibu mertua di Jambi. Selamat mencoba... πŸ˜ƒ

4 jam
Sate rendang simple

Sate rendang simple

Telat Upload, cuma sempat foto yg sdh ready to eat😊

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Ide menu untuk berbuka hari ini adalah Nasi Padang. Bumbu rendang saya ini favorit banget. Saya pernah kasih ke temen asal Padang, katanya kok ini lebih enak dari beli di resto Padang di Yogya. Yahh semoga yahh kalian semua juga cocokk.. Sahabat yang dari Padang, maaf ya kalau belum cukup authentic πŸ™πŸ» Selain rendang, ada Telur Berenda, lengkap dengan rebusan daun singkong dan sambal Lombok Ijo nya. Makin mantap lagi saya tambahkan kuah kari ke atas nasi dan daun singkong. Mantul dehhh πŸ™πŸ»

Rendang daging

Rendang daging

Karena saya orang sumbar jd menu rendang ini harus selalu ada disaat momen idul fitri

Rendang simple ala Uchie

Rendang simple ala Uchie

Untuk emak2 yang gak punya panci presto seperti saya ^^,

Sego Djamoer Rendang

Sego Djamoer Rendang

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 Sekarang buat versi ada bumbu rendang dan daging rendang, krn memang dirmh lg ada sisa lauk rendang.

Ayam rendang glabed

Ayam rendang glabed

Waktu belum nikah aku dan suami aku sering banget makan ayam rendang sepulang kerja terus mikir timbang beli mulu kenapa gak coba masak akhirnya aku minta resep sama abang jualannya dan udah sering aku coba dan rasanya sama" enakk jadi bunda" bisa coba juga yah 😊

Rendang daging +kentang

Rendang daging +kentang

Resep buat di simpen, soalnya suka lupa kalo udah lama gak masak

Daging rendang ala meme

Daging rendang ala meme

Kesukaan suamiku #5resepterbaruku