Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rendang jengkol yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 15, 2020

Rendang jengkol

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Rendang jengkol yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Rendang jengkol, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 500 gram Jengkol
  2. 700 ml Santal encer
  3. 500 ml Santan kental
  4. secukupnya Garam/gula/penyedap rasa
  5. 1 batang Serai memarkan
  6. 50 gr Cabe keriting
  7. 3 sdm Minyak untuk menumis
  8. 2 ruas Lengkuas memarkan
  9. 1 lembar Daun kunyit, sobek -
  10. 4 lembar Daun jeruk, sobek,
  11. Bumbu Halus:
  12. 50 gr Cabe keriting
  13. 10 siung Bawang merah
  14. 5 Siung Bawang Putih
  15. 4 buah Kemiri SangrI
  16. 6 buah Cabe rawit merah
  17. 1 ruas Kunyit -
  18. 2 cm Jahe
  19. 1/2 sdt Lada butiran
  20. 1 sdt Ketumbar, sangrai -

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Belah tiap jengkol jadi dua bagian lalu rebus jengkol dengan daun salam dan air secukupnya
2
Hingga empuk. Geprek satu persatu jengkol hingga kulitnya terkelupas dan jengkolnya pipih,. Bilas dengan air bersih lalu sisihkan.
3
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun kunyit, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan jengkol, aduk rata.
4
Tuang santan encer, garam/penyedap, dan gula. Masak sampai santan agak menyusut.
5
Tuang santan kental. Aduk hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masak terus sampai kuahnya kering dan berminyak. Angkat. Siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging

Rendang daging

Selasa terik, 2 Juli 2019 Pengen makan rendang yang sekalian buat stok lauk klo beli kurang puas, kan mau gak mau harus bikin sendiri tapi males racik bumbunya wkwkwk Untung sekarang lebih praktis ada bumbu instan jadi lebih ringan deh. Mari masak ke dapurπŸ’ƒπŸ»

Rendang minimalis

Rendang minimalis

Menyambut ramadhan buat rendang ala-ala biar praktis nnti tinggal manasi aja, hemat tenaga, hemat waktu..... #antiribet #siapramadhan #warisannusantara

3 jam
Rendang Daging Sapi (instan)

Rendang Daging Sapi (instan)

Yang gak mau ribet boleh dicoba πŸ˜‰ #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Mau ramadhan, ummi ngirim video lagi ngerendang. Kebetulan di kulkas lagi ada ayam, akhirnya bikin ayam rendang.

4 - 6 porsi
1 jam
Rendang Setelah Lebaran

Rendang Setelah Lebaran

#BerburuCelemekEmas#Resolusi2019 Sengaja nyetok daging sebelum lebaran mines lima takut tidak kebagian rendangnya. Tuh kan yang dipikirkan jadi kenyataan, makanya jangan pikiran yang negatif. Saya masaknya setelah lebaran hari ke tiganya.

6 porsi
2 jam
Rendang ayam super enak dan simple,,

Rendang ayam super enak dan simple,,

Tiba2 pengen banget makan rendang,tp karena susah cari daging sapi aku coba ganti pakai ayam,,,dan ternyata kok uwenaaakkk bgt gk kalah sama rendang sapi,,hehee dan aku pengen share resep ini ke temen2 biar temen2 jg coba d rumah,,di jamin gampang gk ribet dan rasa jangan d tanya lg puwooolll enakeeee,, heheee y ud langsung masak sama2 yuk temen2 πŸ˜πŸ˜‰

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Jadii ini sisa sekilo daging thr lebaran kemaren, yang setengahnya udah dimasak dendeng, karna pengen bangett maem rendang akhirnya buat sendiri. Memang sih kalo masak sendiri prosesnya lama dan kudu ekstra sabar, tapi gapapa karna emang hobi ngotorin dapur cuss deh langsung buat aja,#rendangdagingsapi#masihedisilebaran#memasakitumudah#happycooking🍴

Rendang daging sapi#ala ezot#

Rendang daging sapi#ala ezot#

Persiapan mau sahur biar lebih mantap /selera makannya

Rendang kentang & daging Jowoan

Rendang kentang & daging Jowoan

memasak yang melatih kesabaran ya bikin rendang ini,, sebetulnya ada tips supaya si rendang kelihatan shiny gini ya,, mbikinnya berhari hari, jadi dimatangin lagi keesokan harinya... jangan sering diaduk agar tdk mudah basi. rendang ini saya bawa untuk family trip ke Villa bulan lalu,, semua suka... mirip yang di jual di RM Padang katanya, syukurlaah.. mohon maaf baru posting yaa... sehat sehat buat semuanyaaa..

Nasi rendang daun singkong

Nasi rendang daun singkong

Kenikmatan yang hakiki... Dalam 1 piring nasi ada rendang ayam, rendang ati ampela dan gulai daun ubi/singkong Nan saban bana lamak... Kurang emping aja nih...😁😁😁...tetap belum lengkap 🀣🀣🀣🀣🀣 #intipisipiringku #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bandung #hana's kitchen

Rendang Ayam plus Kentang

Rendang Ayam plus Kentang

Salah satu makanan favorit saya..rendang dengan kentang yang lebih banyak 😁 #SiapRamadan

Rendang sapi

Rendang sapi

Tiap kali makan di restoran padang pasti nyari lauknya rendang daging yang jadi ciri khas resto ini.. hmm mesti di cari tau nih cara membuat rendang dan berbagai keunikannya hehehe. Zaman sekarang mah sudah serba mudah, mau masak apa yah tinggal nanya si mbah google aja pasti langsung dapet jawabannya.. tul ga bu ibuk? Kali ini aku buat rendang pake cara yang praktis aja, gak pake ribet tinggal minta di racikin aja sama babang tukang bumbu di pasar request bumbu rendang cus jadi deh tinggal di olah dan di tambah sentuhan kasih sayang untuk mempersembahkan sebuah mahakarya masakan untuk keluarga ter..cinta wow.. Bagi yang ngiler dan mau ikutan masak.. ini resepnya yah πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ #Pekan_padang #cookpadcommunity_jakarta

8 porsi
Rendang padang momy cha

Rendang padang momy cha

Resep by momy cha, Masya Allah simple enak gak ribet.

20p
Rendang ayam

Rendang ayam

Beli ayam potong 6 ons.. Bosen donk ya cm di sup n goreng2 aja.. Iseng nih pgn dibikin rendang.. Dan endezz enak rasanya