Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang tanpa santan yang Sempurna

Dipos pada February 15, 2020

Rendang tanpa santan

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang tanpa santan yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Rendang tanpa santan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Rendang tanpa santan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang tanpa santan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang tanpa santan yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang tanpa santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang tanpa santan memakai 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih ada daging qurban, dibikin steak udah sering banget. Akhirnya coba lah resep baru. Niatnya mau bikin semacem "ranjau", tp setelah ditelisik lagi ini rasanya lebih mirip ke rendang. Meskipun saya gak pernah buat rendang dan belum tau bumbu rendang tuh apa aja 😁. Tapi pak suami suka, alhamdulillah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang tanpa santan:

  1. 300 gram Daging sapi
  2. Bumbu halus:
  3. 12 buah Cabai rawit
  4. 10 buah Cabai merah keriting
  5. 1/2 ruas jempol kunyit
  6. 1/2 ruas jempol jahe
  7. 1/2 ruas kelingking kencur
  8. 1 sdt lada putih
  9. 3 buah kemiri
  10. 1/2 buah tomat
  11. 6 siung Bawang merah
  12. 5 siung bawang putih
  13. Bumbu keprek:
  14. 1 batang Sereh
  15. 4 cm Lengkuas
  16. 1 lembar Daun salam
  17. 1 lembar Daun jeruk
  18. Penyedap:
  19. secukupnya Garam
  20. secukupnya Gula putih
  21. 1/2 balok gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Rendang tanpa santan

1
Potong daging serong, jangan terlalu tebal. Cuci bersih kemudian rebus. Air rebusan pertama buang seluruhnya. Ganti dengan air baru, rebus kembali dengan api kecil kurang lebih 30-40 menit.
2
Panaskan minyak secukupnya dengan api kecil. Jika sudah panas, tumis bumbu halus sampai harum.
3
Masukkan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk. Tumis lagi sampai bumbu benar-benar matang (tidak bau mentah).
4
Tambahkan gula merah, biarkan melumer sempurna, baru tambahkan garam.
5
Tambahkan air (bisa dari air rebusan daging tadi), atau air mentah biasa kurang lebih 300 ml. Tunggu mendidih, cek rasa.
6
Jika rasa sudah oke, masukkan potongan daging yang telah direbus tadi. Godok bersama bumbu kurang lebih 30 menit.
7
Masakan siap dihidangkan.
Rendang tanpa santan - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang telur

Rendang telur

Inituh ceritanya ngikutin rendang2nya padang gt, tp ini ala aku yaaa... Pakai bumbu seadanya d dapur saja πŸ˜…

Rendang Cumi Basah

Rendang Cumi Basah

Assalamualaikum 01 Mei 2019 Kebetulan hari libur & semua anggota keluarga lengkap yud dh masak yg sekiranya mudah, tidak terlalu pedas spy anak2 bisa makan juga & cepat masakny, sekalian ikut meramaikan #SiapRamadan saya pakai Warisan Kuliner Nusantara #PekanInspirasi kali ini buat masakkan yg lain dr kebiasaan orang2😁😁😁

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Daging bisa empuk

bisa jd 3 porsi
Nasi Goreng Rendang Jengkol

Nasi Goreng Rendang Jengkol

Karena rendang jengkol yang kmren buat masih ada jdi dibikin nasi goreng

Tips masak rendang

Tips masak rendang

Bikin rendang muncrat2 n ngenain tgn?daging kekerasan or keempukan?yuk simak tips sy bikin rendangπŸ˜‰ #SiapRamadan

Tempe Bacem Rendang

Tempe Bacem Rendang

Pejuang Golden Apron 2

Rendang jengkol

Rendang jengkol

lagi musim ga afdoll g mask ini bund....perdana dicookpad

Ayam Tempe Rendang

Ayam Tempe Rendang

#siapramadhan

Rendang Ayam Yummy.. ☺️

Rendang Ayam Yummy.. ☺️

Sengaja kuahnya ga terlalu menyusut, krn suami paling suka kuah rendangnya ☺️#PejuangGoldenApron2

Rendang Bumbu Sederhana

Rendang Bumbu Sederhana

Kepengen banget bisa masak rendang kayak di warung masakan Padang. Tp apalah dayaku, boro2 bisa menyerupai, bumbu ulegnya aja gapaham akutu, hehehe. Jadilah ku beli bumbu instan dan ku tambahin bumbu basic ky bawang merah dan bawang putih dan bawang bombay🀣🀣 Trus biar ada variasi, kutambahin jg kentang yg sudah ku goreng terlebih dulu. Jadi bisa buat beramai ramai dan biar bisa buat beberapa porsi, hehehe. Ga perlu adegan uleg, krn di resep ini smuanya aku iris2 hehehe. Selamat mencoba dan menikmati, salam nasi hangat😘😘

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Dulu jaman masih jadi anak mama tiap bulan Ramadan mama selalu masak rendang, buat jaga2 kalau kesiangan bangun sahur dan kalau lagi males masak. Jadi kalau mama telat bangun sahur udah dech dia tinggal manasin rendang. Kebiasaan itu sekarang aq terapkan dikeluarga kecilku, dan kebetulan anak2ku emang suka sekali rendang.. Kalau makan pake rendang sahurnya bisa pada nambah dech... Tips dari saya: 1. Potong daging rendang jangan terlalu kecil agar tidak gampang hancur saat dimasak 2. Pilih kelapa yg sudah benar2 tua (warna kulit kelapa gelap) dan kulit kelapanya jangan dikupas, agar mendapatkan bumbu yg medok n minyaknya bisa keluar banyak. 3. Sebaiknya bila buat stok, rendang ditaruh dalam beberapa wadah, dalam tiap wadah berisi beberapa potong rendang/secukupnya. Jd bila mau menghangatkam cukup ambil satu wadah saja. 4. Beri garam jangan langsung banyak, karna seiring santan menyusut maka akan mulai terasa asinnya. #AntiRibet #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019

4 jam
Rendang Ati Ayam Telur Puyuh

Rendang Ati Ayam Telur Puyuh

Ati ayam biasanya disambel aja kasih pete, kali ini pengen cara lain aah. Bumbunya sederhana tapi enak. Sama anakku bumbunya dibuat temennya makan ketupat ketan padahal gak doyan ati. πŸ˜† Kenapa cuma masak 6 ati ayam saja? Karna anak" gak ada yg doyan jeroan πŸ˜‚. Saya masak ati ayam kalau udah keleyeng" kurang darah atau kurang tidur 😊. #SiapLebaran #AhlinyaAyam #cookpadcommunity_jakarta

Nasi Goreng Rendang Telur Gulung

Nasi Goreng Rendang Telur Gulung

Bikin nasi goreng enak yang gak pake ribet karena pake bumbu nasi goreng instan. Untuk melengkapi gizinya sy tambah dg daging cincang, aneka sayuran dan telur gulung biar makin komplit.

93. Rendang Padang

93. Rendang Padang

6 porsi
3 jam lbh krg
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Assalamu'alaikum..Udah lama banget aku ga posting resep masakan nih..Kali ini aku masak rendang jengkol..Nah,,di sini aku cuma mau share tahap pengolahan jengkol agar bebas dari bau..Kalo untuk resep bumbu rendangnya sendiri sama aja kayak resep rendang daging yang dulu uda pernah aku post..Bedanya kalo di sini bumbu rendangnya aku tumis dulu..