Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Nasi Pecel Khas Jawa Timur yang Enak Banget

Dipos pada July 2, 2019

Nasi Pecel Khas Jawa Timur

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Nasi Pecel Khas Jawa Timur yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi Pecel Khas Jawa Timur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Pecel Khas Jawa Timur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi Pecel Khas Jawa Timur bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Nasi Pecel Khas Jawa Timur sekitar 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Nasi Pecel Khas Jawa Timur diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Pecel Khas Jawa Timur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Pecel Khas Jawa Timur memakai 20 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Siapa yang tidak kenal dengan menu nasi pecel? Menu nasi yang disajikan dengan aneka sayuran yang disiram dengan bumbu berbahan dasar kacang tanah ini sungguh menggugah selera. Apalagi jika dimakan dengan aneka lauk pauk lezat. Nasi pecel merupakan salah satu makanan khas Provinsi Jawa Timur yang paling gampang dicari. Hampir di seluruh wilayah menjajakan kuliner khas satu ini. Namun, ternyata sejumlah daerah memiliki nasi pecel yang unik dengan ciri khas masing-masing. #PekanInspirasi #Pekan_NasiDaerah #cookpadcommunity_JakartaSelatan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Pecel Khas Jawa Timur:

  1. 2 centong nasi
  2. 1 ikat kecil kangkung
  3. 100 gram taoge
  4. 2 potong tempe
  5. 2 potong tahu
  6. 1 butir telur
  7. 50 gram sambel pecel instan
  8. 30 ml air hangat
  9. 400 ml minyak goreng
  10. Bahan rempeyek :
  11. 7 sdm tepung beras
  12. 2 sdm tepung kanji
  13. 1/2 ruas kunyit
  14. 2 siung bawang putih
  15. 1/4 sdt ketumbar
  16. 4 butir kemiri
  17. 1/2 sdt garam
  18. 250 ml air
  19. 2 lembar daun jeruk
  20. 1 batang daun bawang

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Pecel Khas Jawa Timur

1
Potong-potong kangkung kemudian cuci bersih lalu tiriskan.
2
Rebus sebentar kangkung dan taoge secara bergantian lalu tiriskan.
3
Rebus telur sampai matang kemudian kupas dan belah jadi dua, sisihkan.
4
Panaskan minyak goreng. Goreng tahu dan tempe, sisihkan.
5
Larutkan sambel pecel dengan air hangat, aduk sampai rata.
6
Langkah membuat rempeyek : Haluskan kunyit, bawang putih, ketumbar, dan kemiri, sisihkan.
7
Dalam wadah masukkan tepung terigu, tepung kanji, bumbu yang sudah di haluskan, garam, irisan daun bawang dan daun jeruk. Beri air sedikit demi sedikit, aduk rata. Tekstur adonan encer.
8
Panaskan minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan di dinding penggorengan. Adonan akan mengalir kebawah sehingga menghasilkan rempeyek yang tipis. Sambil terus di siram-siram dengan minyak panas. Goreng hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Ayam (Bumbu Kacang)

Sate Ayam (Bumbu Kacang)

Malang, 29 September 2021 Ceritanya malam-malam paksu pengen sate ayam sedangkan mamak nih pengen sate Padang karena yg lebih dekat dari rumah tuhh sate Padang jadi malam itu beli sate Padang alhasil besoknya si paksu ngotot minta di buatin sate ayam, Alhamdulillah di kulkas ada ayam fillet jadi paginya bisa langsung eksekusi dehh si mamak di dapur tercintah๐Ÿฅฐ Sumber resep dari mbk Adelia Sharfina @cook_2650879 ๐Ÿ™ #NovianaSari #SateAyam #SateAyamBumbuKacang

141. Sate Padang

141. Sate Padang

Sate padang kala itu. Beberapa kali buat sate padang soalnya doi suka kangen kampung halamannya di padang. Kalau lagi makan sate padang / soto padang maunya dipanggil Uda Riski.haha.. Ini resepnya modif dari resepnya ci jun nih ya. Oiya resepnya juga ada dibukunya ci jun.

Sate klopo

Sate klopo

Sate klopo salah satu menu kuliner di Surabaya yg terkenal, pokoknya kalo mudik ke sby, gak lupa beli sate klopo.. yg terkenal ramai itu di jl. Ondomohen, berjejer org yg jual sate klopo. Kalo pas ke sby jgn lupa dicoba ya moms ๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘Œ Daaannn Krn thn ini kt gak jd mudik, alias gak bs mkn kulineran SBY gara2 corona, jadilah kita bikin aja sendiri, ternyata gampang jg kok bikinnya, gak seribet yg aq bayangin ๐Ÿ˜… Rasanya jg mantapss, gak kalah sm sate klopo ondomohen, Yuk dicoba moms ๐Ÿ˜‰ Source: Firda@home

Sate Padang

Sate Padang

Sate Padang tanpa Tusuk Sate

Sate Tempe Bumbu Kacang

Sate Tempe Bumbu Kacang

Bisa bangettt bikin menu enak gak pake mahal, ini salah satunya. Sate tempe yang dipadukan dengan bumbu kacang ala sate ayam. Hanya membutuhkan biaya tidak lebih dari 30 ribu 1 papan tempe 5000 25 Tusuk sate 3500 Kacang dan bumbu 8000 Total 16.500 Yeyyy..kan gak sampe 30 ribu bisa dapat lauk untuk 4 orang . . #Busway_AnekaSate #KampungIdaman #Kopijos_PosbarIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Kopijos #SateTempe #BumbuKacang #IndonesianFood #MasakItuSaya #Cookpad #CookpadIndonesia

Lontong sate padang

Lontong sate padang

Kuah sate padang

Sate padang

Sate padang

Mencoba menghadirkan selera nusantara walaupun beberapa bahan gak ada tidak mengurangi nikmatnya menyantap bareng keluarga tercinta. Resep asli dari temen yg orang padang harus dimasukkan daun kunyit dan asam kandis, beda sate padang dengan sate pariaman adalah kuahnya. Sate padang berkuah kental karena dimasukkan hati sapi giling sedangkan sate pariaman berkuah lebih encer.

4 porsi
Sate Daging & Saus Kacang Banjar

Sate Daging & Saus Kacang Banjar

Beberapa daerah di Indonesia punya rasa sate khas-nya masing-masing dengan penyajian yang berbeda pula. Seperti sate padang, sate lilit, sate madura, sate maranggi, dll. Salah satu yang bikin rasa khas Sate dari Banjar #KalimantanSelatan itu menurut saya adalah bumbu kacang-nya. Sedikit mirip dengan bumbu kacang sate Madura. Campuran antara kacang tanah, cabe merah kering, dan bumbu lainnya. Untuk bumbu kacangnya, saya pakai resep mbak Nanny Tsuba (@'Mama_Tsuba) sebagai referensi. Dan untuk sate-nya, saya pakai resep yang biasa kami pakai di rumah saja. #PekanPosbar #OlahanKacangSpesial #BamasakBaimbai #SarabaKacang #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_id_Borneo #Rekreasi_Kalsel

Kuah sate padang

Kuah sate padang

Kuah sate yang enak bisa dinikmati pake lontong ataupun kerupuk. Cabe /bumbu satenya dibuat dulu. Nanti bumbunya itu jga bisa di gunakan untuk buat nasgor ataupun miegor pasti enak banget

Sate kacang ala mimi Shidqya

Sate kacang ala mimi Shidqya

Kuah kacangnya bisa utk sate, lontong, batagor, multi fungsi sekali masak๐Ÿ˜˜

Kerupuk Leak (kuah sate padang)

Kerupuk Leak (kuah sate padang)

Di Padang, Sumatra Barat, kami menyebutnya kerupuk leak atau kerupuk kuah sate. Banyak di jual sepanjang warung di pantai padang. Selama bulan ramadhan, makin banyak yg jualan kerupuk ini. Baik di perumahan maupun yang dekat masjid2. Biasanya anak-anak suka jajanan seperti ini setelah sholat tarawih.

30 menit
Sate padang ala mba2 jawa

Sate padang ala mba2 jawa

doyan bgt sm semua masakan padang salah satunya si sate padang, kebetulan hari raya kurban dapet daging sapi. cus eksekusi tanpa ampun.

Sate Padang

Sate Padang

Ngidam bun, seperti biasa ditengah hutan, kalau pengen ya buat ( btw gak ada foto step by step karena lagi hamil, mau cepat siap masak aja bun, pinggang encok ๐Ÿ˜ญ )

5-10 orang
Kurang lebih 2 jam
Sate Padang Nikmat Dengan Bumbu Minimalis

Sate Padang Nikmat Dengan Bumbu Minimalis

Walaupun dimasak dengan bumbu minimalis namun rasanya sangat gurih dan meresap ke dalam daging. Layak dicoba untuk anda yang menyukai makanan enak namun tidak suka repot.

2 porsi
45 menit
Sate Jamur Tiram

Sate Jamur Tiram

Dari dulu pgen coba ini, tapi banyak malesnya wkwk. Akhirnya bikin karena kata ibu skrg jamur lg murah harganya. Enakk, gurih dan manis, bisa jadi pengganti sate ayam kalo bosan. Saus kacangnya aku pake bumbu pecel bikinan ibu, nanti kalo gak males aku share resepnya hihihi. Selamat mencoba๐Ÿ˜

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Beli banyak daging fillet ayam.setengahnya untuk buat chicken nugget.sisa nya ini dibikin sate aja supaya ga panas dalam makan yg digoreng terus.

1 jam
Kerupuk Kuah Sate Padang

Kerupuk Kuah Sate Padang

12.03.2017 Hari Minggu gak ada kegiatan, Iseng2 nyobain resep baru Kerupuk Kuah Sate "ENAK & BIAYA TERJANGKAU "

Pecal Sayur Sederhana

Pecal Sayur Sederhana

4 porsi
+- 15 Menit
Sate padang selera ibu

Sate padang selera ibu

Di dalam kulkas masih ada daging qurban,