Cara Gampang Membuat Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy yang Lezat Sekali

Dipos pada June 11, 2023

Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy

Sore-sore begini enaknya membuat Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

#MurahMeriah #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #DapurMak_eris Nyobain olahan tempe yang beda dari biasanya saya buat.Tempe saya bikin bola bola seukuran telur puyuh.Kemudian dimasakin saus bumbu gulai yang simpel.Enak...bola tempe yang empuk berpadu dengan gurihnya saus gulai yang creamy.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy:

  1. Bahan bola bola tempe
  2. 1 papan tempe ukuran kecil
  3. 1 sdt lada bubuk
  4. 1 sdm fibercreme
  5. 1/2 sdt masako
  6. 1 putih telur untuk pencelup
  7. Bahan saus gulai
  8. 5 bawang merah
  9. 1 bawang putih
  10. 1 butir kemiri
  11. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  12. 1/2 sdt kunyit bubuk
  13. 1 lembar daun jeruk
  14. 150 ml air
  15. 2 sdm fibercreme
  16. sesuai selera Gula dan garam
  17. 1/2 sdm maizena + 50 ml air sebagai pengental
  18. 2 buah cabai rawit iris buang bijinya

Langkah-langkah untuk membuat Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy

1
Potong dadu tempe.Kemudian haluskan dengan cara diulek.Setelah halus tambahkan lada bubuk,fibercreme dan masako.Ulek rata.Bentuk bola bola seukuran telur puyuh.
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 1
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 1
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 1
2
Celup bola bola tempe di putih telur.Kemudian goreng hingga keemasan dengan api kecil agar matang sampai kedalam.Angkat dan tiriskan.
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 2
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 2
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 2
3
Haluskan bumbu gulai bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar bubuk dan kunyit bubuk.Kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum tambahkan daun jeruk.Masukkan 150 ml air.
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 3
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 3
4
Setelah bumbu mendidih tambahkan gula, garam dan 2 sdm fibercreme.Aduk rata biarkan mendidih kembali kemudian masukkan larutan maizena aduk sebentar.Kemudian masukkan bola bola tempe, masak sebentar saja.
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 4
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 4
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 4
5
Hidangkan dengan taburan cabai rawit iris.
Bola bola Tempe Saus Gulai Creamy - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan sale tahu sumedang

Gulai ikan sale tahu sumedang

Dibawain pulang tahu sumedang sewaktu hbh....kalau dipanasin lg malah kering tahunya ...mending di gulai pedass ....makan pakai nasi panass πŸ˜‹

Gulai Taboh Ikan Gurame

Gulai Taboh Ikan Gurame

Gulai taboh (gulai santan) merupakan gulai khas lampung....isi gulai ini biasanya terdiri atas ikan dan sayuran, tapi kali ini saya masak gulai taboh ikan tanpa campuran sayuran...btw ini adalah resep gulai taboh ala ibu saya yang tinggal di daerah lampung pesisir. Ikan yang biasa di masak di gulai ini biasanya adalah ikan laut berdaging tebal, salah satunya jenis ikan marlin, yang merupakan salah satu giant fish yang hidup di samudra hindia dan sering ditangkap oleh nelayan di daerah lampung bagian barat yang menghadap ke samudra hindia. Namun sayang keberadaan ikan marlin ini, terutama jenis blue marline, sudah semakin langka, sehingga sekarang agak sulit menemui ikan ini di pasar ikan, yang masih dapat ditemui biasanya adalah jenis black marline, itupun tidak setiap saat ada. Karena saya sekarang tinggal jauh dari laut dan sulit mendapatkan daging ikan marlin maka ikan yang saya gulai ini saya ganti dengan ikan gurame, rasanya tetap enak kok moms...bikin makan pengen nambah lagi dan lagi...😁 ok deh ini dia resep gulai taboh ikan guramenya..selamat mencoba ya moms...hope u like it..😊 #PekanInspirasi #Pekan_Lampung #cookpadcommunity_Lampung

Gulai Tuna Kacang Panjang

Gulai Tuna Kacang Panjang

Bagi saya yg dibesarkan di daerah pesisir pantai ranah Minang (ikan segar relatif murah) menu ini termasuk andalan di meja makan. Bikinnya lebih simple. Gulai ikan tuna+kacang panjang. Perpaduan pedas, gurih, sedikit asam, dan crunchy nya kacang panjang bikin menu ini jd seger di lidah. Cobain, ini bikin nagih lho jenderal.🀀

Gulai buncis udang

Gulai buncis udang

Perdana bikin gulai pake daun kunyit, biar asli jadi orang padangnyaπŸ˜„. Ternyata gulai makin enak dan wangi dipakein daun kunyit..

AYAM SUWIR Bb. GULE

AYAM SUWIR Bb. GULE

Salam Cookpader ....., lagi kumat malez masaknya, lihat dikulkas cma ada ayam dan didapur hanya ada bumbu gule instant ...putar otak .... jadinya masakan darurat tp tetap nikmat ☺️ Saking maleznya gak smpt foto tahapan πŸ™πŸ»

Gulai Labu Siam Buncis

Gulai Labu Siam Buncis

Bismillahirrahmanirrahim Coba bikin lontong sendiri, Alhamdulillah lebih enak, sehat dan hemat

Gulai kepala kakap

Gulai kepala kakap

Suami suka banget mancing, dan kalo mancing selalu dapat kakap ukuran besar. Karena badannya saya olah menjadi koloke. Maka kepala nya saya bikin gulai kepala kakap (rasanya mirip seperti di rumah makan padang). Jadi 1 ekor ikan ukuran jumbo, saya bikin menjadi 2 masakan. #berburucelemekemas #kakap

Gulai jantung pisang

Gulai jantung pisang

Jantung pisang bagi sebagian orang jarang menjadikannya sayuran padahal jantung pisang lezat dibuat sayur gulai putih begini.

Gulai Ampai Jamur Tiram

Gulai Ampai Jamur Tiram

Sekilas terdengar aneh ya...nama nya gulai tapi tidak mengunakan santan dlm pembuatan nya,masakan khas salah satu daerah yg ada di sumsel ini adalah masakan favorite ibu ku,nah kali ini aku coba membuat nya walaupun menurutku rasa nya tidak seenak masakan ibu😘😘 #AntiRibet #BagikanInspirasimu #TidakSekedarMemasak #Clovercookinglover #CookingWithheareatingwithlove #CookpadCommunity_Palembang #ResepPertamaku #MadeinHellenHandru

Gulai Perut Sapi Khas Manna Bengkulu Selatan

Gulai Perut Sapi Khas Manna Bengkulu Selatan

#PekanInspirasi #Pekan_DagingDaerah #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #MasakanKhasBengkulu Diolahan daging ini, saya mau mengolah perut/usus nya saja..karena budget😜. Tanggal dah di pertengahan, isi dompet pun dah kritis. Jadi terpaksa deh daging nya gak bisa kebeli..kita olah perut saja ya..!!! Kalau soal rasa kami lebih menyukai perut loh dari pada daging.. Perut sapi.ini hidangan memang sudah sangat terkenal apa lagi perut sapi khas padang, yang isinya telur atau tahu. Nah untuk resep khusus keluarga besar kami dari Bengkulu selatan. Cara mengelola perut sapi ini. Isi perutnya yang di bilang orang Tai... Itu tidak di buang.. dengan catatan ya.... Perut yang di masak benar benar perut yang masih muda..warna nya masih putih. Belum hitam kehijauan ( isi dalam perutnya).nah untuk isi perut asli sapi ini sendiri rasanya gurih banget. Saya tak tahu kenapa kok keluarga kami masak perut sapi gak di buang itu isinya. Waktu suamiku masuk dalam keluarga kami, dia sempat bilang iiihhh jijik kok Tai nya gak di buang. Eh setelah dia coba, hingga sekarang dia ketagihan tu memakannya. Demikian juga halnya sama Ayuk iparku yang asli Palembang. Dan adik iparku dari Aceh semua jadi ketagihan makanya. Sampai sampai mereka ngajarin keluarga mereka. Kalau masak perut/ Usus sapi jangan di bersihin jangan di buang isi dalamnya πŸ€— . Kalau kawan kawan belum coba mungkin merasa jijik. Tapi klo sudah coba di jamin ketagihan deh. Jangan lupa di cobain ya!!!

Gulai Ikan Tebu Telur Khas Bengkulu

Gulai Ikan Tebu Telur Khas Bengkulu

#AntiRibet #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #MasakanKhasBengkulu Di olahan ikan, masakan sehari hari yang paling di sukai keluarga ya ikan.. ntah itu disambal, pepes, sup, ataupun di gulai, goreng tepung, semuanya enak. Olahan Bengkulu itu cara mengolah ikan banyak banget salah satu gulai.. gulai itupun banyak juga caranya. Bisa di gulai campur rebung asam, gulai campur tebu telur, bisa di gulai campur terong, di gulai campur kacang panjang. Nah jika ikan di gulai tanpa campuran, masyarakat Bengkulu selatan akan menyebutnya Gulai Jandau Ikan..hehehe Jandau itu artinya Janda( maksudnya gulai yang gak pakai campuran). Kenapa gak disebut Gulai DuDa Ikan Yo hehehhehe. Mbuuh.. aku gak ngerti kenapa 😜😜😜 Balik ke topik, olahan ikan ini anti ribet, tinggal cemplung cemplung aja, apa lagi klo temen temen, dah siap bumbu kuning, cabe giling, santan kental.. Wah pasti terasa masaknya ringan banget. Cemplung cemplung Mateng deh.. soal rasa... Ruuuuuaarr biasa nikmat..πŸ€—πŸ‘©β€πŸ³ Wajib cobain ya.

Gulai cumi special menggunakan rice cooker

Gulai cumi special menggunakan rice cooker

Saya menambahkan tahu goreng ke dalam gulai cumi ini.. dan saya masak pakai rice cooker supaya gak perlu mengaduk”.. rasanya jd jauh lebih enak karna lebih empuk dan praktis plus gak boros gas 😜

Gulai kikil Daging

Gulai kikil Daging

Gulai adalah salah satu Hidangan Utama dari daerah Sumatra yang berbahan dasar daging, ayam, aneka ikan, kambing, dan jeroan. Ciri khas Gulai adalah kuah bumbu nya yang kuning, berempah da bercitarasa gurih. Makanan ini di anggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasioanl sering di sebut juga sebagai Kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner indonesia juga di temukan juga kari. #PekanInspirasi #Pekan_DagingDaerah #cookpadcomunitybandung #recepebychasal

Ikan Tongkol Gulai Aceh

Ikan Tongkol Gulai Aceh

Tiap minggu pasti harus masak ini, karna ini menu favourite orang rumah ikan tongkol gulai aceh. enak banget kalau dimakan sama nasi panas euy nampoll πŸ˜‹πŸ’• Kalau kalian mau lihat video nya boleh singgah di youtube aku "dina sharfina" jangan lupa di like and subscribe ya makasih!! XoXoπŸ’•

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Ini masakan ekonomis banget karna daun singkong, kelapa, cabai petik di kebun sendiri 😍😊

Gulai terong ikan asin

Gulai terong ikan asin

Ini edisi masih dikampung, terongnya langsung metik dari kebun cabe hijau nya jga, jdi semua seger... #basidoncek #community_sumbar #berburucelemekemas #resolusi2019

Gulai cumi isi tahu telur

Gulai cumi isi tahu telur

Bosan dengan cumi goreng tepung bunda bisa coba resep cumi gulai ini...

Gulai cumi isi tahu telur

Gulai cumi isi tahu telur

Gulai

6 porsi
45 menit