Langkah Mudah untuk Membuat Gulai Kakap yang Enak

Dipos pada May 25, 2023

Gulai Kakap

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai Kakap yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Gulai Kakap yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Kakap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Kakap ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Kakap bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Gulai Kakap memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

#berburucelemekemas #resolusi2019 #week_30 ~30.07.2019~. Source resep mba susi agung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kakap:

  1. 500 gr ikan kakap, potong²
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil air nya
  3. 1 btg serai, memarkan
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 10 buah cabe rawit utuh
  6. 5 buah belimbing wuluh, belah 2
  7. 400 ml santan
  8. Secukupnya garam, lada & gula
  9. Bumbu Halus :
  10. 6 butir bawang merah
  11. 3 siung bawang putih
  12. 2 butir kemiri
  13. 2 cm kunyit
  14. 2 cm jahe
  15. 1/2 sdt ketumbar
  16. 2 buah cabe merah besar

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kakap

1
Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan ±10 menit, bilas & tiriskan
Gulai Kakap - Step 1
2
Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk & serai, aduk² sampai bumbu matang, masukkan ikan, masak sampai berubah warna
Gulai Kakap - Step 2
Gulai Kakap - Step 2
Gulai Kakap - Step 2
3
Tuang santan, beri garam, lada & gula. Masak dengan api kecil, masukkan belimbing wuluh & rawit utuh, masak sampai bumbu meresap, cek rasa. Bila sudah pas, matikan api.
Gulai Kakap - Step 3
Gulai Kakap - Step 3
Gulai Kakap - Step 3
4
Angkat dan Sajikan. Happy cooking.... Semoga bermanfaat 😊
Gulai Kakap - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan nila merah

Gulai ikan nila merah

Saya kangen masakan gulai ikan nya mama yang khas dan wangi kemangi, kebetulan desember ini belum bisa pulang... Resep asli mama saya itu pakai ikan mas, asam kandis, daun kunyit, dan santan kelapa tua. Ga pakai ketumbar atau kemiri. Tapi berhubung pasar sini kecil dan gada yang jual ikan mas juga asam kandis, maka saya modifikasi pakai bahan yang ada di dapur. Ternyata ditambahin kemiri dan ketumbar yang disangrai membuat kuah ikan nya jadi lebih berasa rempah nya. Yuk langsung aja masak 😉

Gulai tempe jagung

Gulai tempe jagung

#MurahMeriah tapi enaakk.. Maafkan fotonya yg tdk sebagus teman2, keburu suami makan pdhl blm difto foto... Disni saya gak pakai santan,tp diganti dgn maxcreamer, klu mau pke santan lbh OK lagi . Cuss resepnya.. #Murahmeriah #SiapRamadan

Gulai Putih Labu Kuning

Gulai Putih Labu Kuning

Suka labu kuning? Rasanya buah ini mau diolah jadi apa aja tetap enak. Hanya harus pinter milih labu yang pulen bukan yang gampang hancur. Gulai putih atau lodeh sangat gampang seperti merebus hanya dengan santan. Tidak ada bumbu halus sehingga persiapannya cepat. Soal rasa? Wenakk 😇

1 porsi
Gulai ayam khas padang

Gulai ayam khas padang

Resep rumahan turun termurun dari orang tua 🥰

6 porsi
45 menit
Gulai Udang Tahu

Gulai Udang Tahu

Berhubung lagi puasa, pengennya nyiapin makanan yg menarik dan bs sekalian untuk buka dan sahur biar ga repot. Cussss buatlah gulai udang tahu..

Ayam Gulai

Ayam Gulai

Rikues anak-anak masak ayam tapi enak dan agak pedes... jadinya ayam gulai deh. Walaupun baru pulang ke rumah setelah beberapa hari ga masuk dapur... momi harus selalu siaga demi anak-anak #PejuangGoldenApron2 #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #CookpadCommunity_Bogor

Gulai tempe lado mudo

Gulai tempe lado mudo

Gulai tempe lado mudo(lado mudo;cabe hijau ) #saturesepsatupohon

Gulai Ikan Sale/Salai/Asap Baung

Gulai Ikan Sale/Salai/Asap Baung

Dapet oleh oleh dari mama nih.. sekalian suami suka bgt makan ini waktu dirumah mama. Enaak segeerr 😆😆

5 porsi
Gulai Jering

Gulai Jering

#MasakAsyik #GenkGadoGado #MenuFavoritmu #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2 #TeamTress #Cookpad_Id #cookpadcommunity #Cookpad Kali ini saya mau keluarin resep Menu Favoritku .. kurasa bukan hanya favorit ku saja, pasti bnyak yg suka. Beberapa Manfaat memakan jengkol : Sumber protein Mencegah penyakit maag Menagkal radikal bebas Pembentukan jaringan tubuh Mencegah anemia Mencegah tulang rapuh dan memperkuat tulang dan gigi Mengatasi jantung koroner Merampingkan perut Mencegah diabetes Mengatasi penyempitan gula darah Dokter dan ilmuwan Belanda AG Vorderman, memberikan keterangan tentang jengkol: “Bijinya disamping banyak karbohidrat (Zetmeel) mengandung juga minyak atsiri, kalau orang makan biji ini dapat menyebabkan keracunan, menyebabkan hyperaemie ginjal atau pendarahan ginjal dan pengurangan atau penghentian keluarnya air kencing serta kejang kandung kencing (Blaaskrampen).” Jadi jangan kebanyakan ya makannya.

Gulai Iga Sapi

Gulai Iga Sapi

Alhamdulillah.. mencoba resep dari seorang teman yang asli Padang dan ini resep turun menurun dari keluarganya. Dia biasa gulai pakai daging ayam. Aku ganti dengan iga sapi.

Gulai siput alias lingkitang padang

Gulai siput alias lingkitang padang

Tinggal segini 😂ga sempat foto tadi soalnya sudah sibuk sama si kecil 😁 abi nya senang bgt makan gini.. padahal wajannya tadi penuh.. smpai nambah"makannya,.

1 jam
Gulai Jantung Pisang

Gulai Jantung Pisang

Kamis, 12.12.2019 #berburucelemekemas #resolusi2019 #week_49 #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #SatuResepSatuPohon #TeamTrees Assalamu'alaikum...... Hari ini saya masak sayur yg dulu sering di masak ibu saya. Krn sayuran ini ga prnah beli, sdh trsedia di belakang rumah. Tapi di tempat tinggal sy skrg harus beli yah, jarang² pula bs nemu ini di pasar. Hrga nya pun lumayan, sekita 10-15 ribuan 1 buah jantung pisang ini. Krn punya stok ceker ayam, jd sy tambahin aja biar makin yummy 😋. Sy ganti santan dg fibercreme yah. Bila ga ada fibercreme, ganti air nya dg santan encer saja.

2. Gulai ikan baung

2. Gulai ikan baung

makan siang bisa bambah 1 piring lagi ni ...#gagaldiet

15. Gulai Daun Singkong Teri

15. Gulai Daun Singkong Teri

Biasanya buat kaya begini tp d tambahkan potongan tempe/tahu. Karena DEBM jadi makannya pakai telor rebus enak juga.

Gulai Cubadak (Nangka), Kacang Panjang, Kol ala Nagari Kapau

Gulai Cubadak (Nangka), Kacang Panjang, Kol ala Nagari Kapau

. 28/07/2019 . Minggu ke 29 dari 52 minggu, Resep ke 73 . Source: Ratih73 dan Uni Nismar . Suami kangen makan Katupek Gulai Kapau.... Jadilah nyari referensi di Cookpad, dapat resepnya Mbak Ratih73, terus nanya-nanya juga ke Uni nismar Kakak Ipar saya yang asli dari Nagari Kapau, Minang... Jadilah resep ini. Terima kasih Mbak Ratih73 dan Uni Nismar. Kata suami rasanya udah mirip Gulai cubadak kapau... Alhamdulillah... . Happy cooking and happy tummy everyone . #berburuCelemekEmas #resolusi2019 #cookpadIndonesia #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_bekasi #komunitaspaders #resepgulaicubadak_tehyanithea #dapurtehyanithea .

4 porsi
45 menit
Gulai Kurma Daging (bumbu opor instan)

Gulai Kurma Daging (bumbu opor instan)

Hallo hai.. karena besok sabtu dan kerjanya libur, trus dari jam 5 pagi sampe jam 5 sore hujan lebat,, jadi malemnya masak gulai kesukaan akuhh,, ini khas orang padang ya, gulai korma apa kurma gitu gatau deh.. pokonya kalo di rumah mama masak ini pasti cepet habis ❤️❤️❤️ oh iya aku disini emng agak banyak tambahan bumbu nya walaupun sudah pakai bumbu instan supaya banyak kuah nya biar kerasa aja rempah2nya semoga suka yaa selamat mencobaa semuaaanyaaa

Gulai daun singkong cuma 13 ribu

Gulai daun singkong cuma 13 ribu

Sudah lama banget mau masak menu ini