Bagaimana Membuat Gulai kepala ikan kakap yang Enak

Dipos pada April 30, 2022

Gulai kepala ikan kakap

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Gulai kepala ikan kakap yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Gulai kepala ikan kakap yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai kepala ikan kakap, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai kepala ikan kakap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai kepala ikan kakap dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Gulai kepala ikan kakap memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Beli rempah-rempah komplit di pasar, dan jadilah masakan ini 😁. Belanja ke pasar tradisional itu menyenangkan 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai kepala ikan kakap:

  1. 5 kepala ikan kakap
  2. 1 bks santan
  3. 1 bh tomat, iris
  4. 1/2 mangkok kacang panjang, potong korek api
  5. 10 bh cabai
  6. 1 bh jeruk nipis
  7. 500 ml air
  8. Bumbu :
  9. 2 cm lengkuas, memarkan/iris tipis
  10. 2 btg serai, memarkan
  11. Gula
  12. Garam
  13. Bumbu halus:
  14. 5 siung bawang putih
  15. 8 siung bawang putih
  16. 3 bh kemiri
  17. 1/2 sdt ketumbar
  18. 1 bh bunga lawang
  19. 1/4 sdt jintan
  20. 2 bh kapulaga
  21. 2 bh cengkih
  22. 1 bh cabai jawa
  23. 2 cm jahe
  24. 6 cm kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Gulai kepala ikan kakap

1
Lumuri kepala ikan dengan air jeruk nipis, sisihkan sambil menyiapkan bumbu halus
2
Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bumbu lainnya. Tuang air, masukkan gula, garam. Tunggu hingga mendidih.
3
Cuci kepala ikan sampai bersih, lalu masukkan ke dalam wajan. Masukkan kacang panjang. Tunggu hingga mendidih.
4
Masukkan santan, cabai, dan tomat. Tunggu hingga mendidih
5
Sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai daun singkong ikan salai

Gulai daun singkong ikan salai

Assallamualaikum warohmatullahi wabarokatuh Masakan ini sallu ngangenin y bun... Ceritanya lg kangen ne bun...n langsung eksekusi😊 #berburuCelemekEmas #resolusi2019 #masakanHarian #masakanenak #cookpadcommunity_pekanbaru

57. Kakap Gulai Kampung 👍

57. Kakap Gulai Kampung 👍

Gulai praktis yg satu ini selalu jadi andalan kalo lagi mager karena sistem masaknya cemplang cemplung aja ga pake ribet, soal rasa dijamin ketagihan karena gurih santan, asem pedas seger nya yg menggugah selera.... Aslinya ini gulai ikan kakap, karena dari kmren nyari kakap yg segar ga nemu akhirnya diganti ikan Nila.... Yuks intip resepnya 👇👇👇👇

Gulai Manis Ikan Laut Simpel

Gulai Manis Ikan Laut Simpel

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru Ini sebenarnya bukan gulai bersantan yg kebanyakan dibikin para mommi2 keceh, tp ini pembuatannya seperti kuah sayur bening pd umumnya,, namun di kmpung sy padang ini dikatakan gulai manis,, mngkin dinamakan begini krn rasanya yg emang sedikit manis x ea,,, ahh yg penting ini segeeerrrr dan seddaapp,, yukkk cuss bebikin ajja kitah mom..

Gule Ikan Tuna Kacang Panjang

Gule Ikan Tuna Kacang Panjang

Kmrn belanja, tumben pak suami mt beli ikan tuna, biasanya kl ditny mau ikan apa, sll jawab terserah. Kali ini ada request. Hari ini kita olah tanpa goreng2an dl. Bosan jg makan ikan goreng, sesekali kita gule aja. Mumpung msh ada stock bahan2 dari medan, asam cekala dan rias/kencong.

Gulai kakap kemangi

Gulai kakap kemangi

Resep dari mamer, karena suami suka jadi coba dieksekusi 🤩😍 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Gulai kepala salmon ala Indofood

Gulai kepala salmon ala Indofood

Berhubung pulang kerja agak ribet kayaknya klo uleg uleg bumbu 😆😆 jadilah beli bumbu instan Indofood .. tapi untuk rasa tetep yaa endesssss #5resepterbaruku

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Klo ngomongin masakan khas padang, pasti ga jauh2 sama gulai.. Krn ak asli sumatera jg, ga asing bagi lidahku untuk masakan2 padang.. Dengan keterbatasan bahan di kulkas, hr ini aku coba buat Gulai Ikan Patin dan Buncis. Apalagi pas banget lg ada kontes #ikanjanganditawar dan #pekan_padang.. #pekaninspirasi #berburucelemekemas #resolusi2019 #pekan_padang #cookpadcommunity_balikpapan #ikanjanganditawar Note : *untuk bumbu ak pake paprika jg. biar kuah ttp merah tp ga pedas..

Gulai Ikan Salai Nenas

Gulai Ikan Salai Nenas

Gulai salai nenas ini menjadi masakan favorit di kluarga saya yang keturunan melayu. Apalagi disajikan bersama sambal belacan dan rebusan daun ubi muda..😋😋😋😋 waahhh..jd laper..

Gulai Ikan (no santan)

Gulai Ikan (no santan)

Siang ini masak ikan kesukaan suami nih... Gampang banget bikinnya bu ibu... Kali ini saya kreasi sendiri bikin gulai ikannya. Biasanya kan pake santan ya... Karena saya gak begitu suka santan, saya ganti pake kemiri bu ibu... Yuk masak yg sehat... #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Gulai ikan kembung

Gulai ikan kembung

Nyari ikap kakap di pasar sudah habis di borong orang, dapat nya ikan kembung. Gak mengapalah.... Menurutku gulai ikan kembung juga enak, se enak gulai kepala ikan 😁🐬 #berburucelemekemas #resolusi2019

Gulai aceh ikan bawal

Gulai aceh ikan bawal

Pas lagi diet, cm bole makan ayam dan ikan.... Tapi bingung banget gimana ya supaya diet itu menyenangkan ga kalah ama yg makanan di restoran2.... Beberapa hari yang lalu, saya melihat di akun instagram temen ada pemandangan menu ikan yang bagi saya luarrrr biasaaaa.... Kepo dong.... Tanya itu masak apaan ya?? Menggiurkan sekaliiii.... Nah baru di jawab " GULAI ACEH " Nah search internet... Resep Gulai Aceh.... Padukan bbrp resep dan saya gabungkan.... Dan saya sesuaikan dengan menu makanan diet saya yakni LESS OIL, GARAM DIET, GULA NO CALORIE DAN NO MSG!!!!! PENASARANNN???? YUKKK CHECK IT OUT..... "GULAI ACEH BAWAL"

4 porsi
25menit
Gulai ikan asap daun ubi pedas

Gulai ikan asap daun ubi pedas

Masak lauk sekaligus sayur. Jadi bisa hemat waktu. Karna si dede skrg udah mulai rewel, jd masaknya yg simple2 aja, biar bs hemat waktu.

30 mnt