Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Ikan Bawal yang Menggugah Selera

Dipos pada April 24, 2022

Gulai Ikan Bawal

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Ikan Bawal yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Gulai Ikan Bawal yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Ikan Bawal, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Ikan Bawal sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai Ikan Bawal adalah 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Gulai Ikan Bawal diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Ikan Bawal dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Ikan Bawal memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Bawal:

  1. 2 ekor ikan bawal
  2. Bahan halus
  3. 5 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 4 pcs cabe merah
  6. 3 cm kunyit
  7. 2 cm jahe
  8. 2 cm lengkuas
  9. 1 lembar daun kunyit
  10. 1 buah tomat
  11. Air asam
  12. 500 ml air putih
  13. 1 sdm Garam
  14. 1 sdt Gula

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Bawal

1
Balur ikan dengan air jeruk. Diamkan 3menit.
2
Haluskan bumbu halus. Bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe.
Gulai Ikan Bawal - Step 2
3
Tumis hingga harum.. tambahkan lengkuas dan daun kunyit dan tomat masukkan ikan. Tambahkan air asam, air putih dan santan. Tambahkan garam dan gula.
Gulai Ikan Bawal - Step 3
4
Masak ikan kurleb 15 menit
Gulai Ikan Bawal - Step 4
5
Tes rasa dan sajikan.
Gulai Ikan Bawal - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan Bandeng

Gulai Ikan Bandeng

Karena bosen mengolah bandeng dengan cara digoreng, akhirnya memutuskan untuk membuat gulainya. Resepnya simple banget. Cekidot ★

6 Porsi
25 menit
Gulai Kenikir Ikan Kari

Gulai Kenikir Ikan Kari

Aku belum pernah masak kenikir sebelumnya kecuali direbus. Lihat resep sana sini, Akhirnya Kucoba pake bumbu gulai padang. Tapi ga merah kuah nya, Soalnya cabenya Cuma lima biji. Tapi rasanya udah pedes bgt kok. Hehe. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Ikan KAKAP Gulai Acar

Ikan KAKAP Gulai Acar

Pengen makan ikan kakap kaya gini. Hummm 😊 #berburucelemekemas #resolusi2019 2 feb 2019

15-20 menit
Gule kepala nila plus tahu tempe

Gule kepala nila plus tahu tempe

Gule andalan keluarga makannya pakek nasi panas plus kerupuk...... Makyus dah.

Gulai Ikan dan Daun Mangkokan

Gulai Ikan dan Daun Mangkokan

Daun mangkokan di Padang disebut daun tapak leman. Mungkin mereka menganggap lebih mirip tapak si Leman dari pada mangkokan. Daun ini di Padang diolah orang menjadi sayuran. Hidangan tersaji khas dengan aroma daun tapak leman. Daun ini banyak khasiatnya sebagai memperlancar sistem darah. Mencegah radang. Mencencegah anemia dll. Nah silakan mencoba hidangan yg kaya manfaat ini.

Gulai ikan mas kuning

Gulai ikan mas kuning

Kalo setiap minggu mau buatnya yang simpel.

4 porsi
45 me
Tongkol Putih Gulai Kari 😘

Tongkol Putih Gulai Kari 😘

Kebetulan ada sisa bumbu ulek untuk kari saat bikin gulai kari ayam nya roti cane.. daripada mubazir dimasakin sama tongkol putih enak kali ya..hehheehe

Gulai Ikan Gurami dengan Nenas

Gulai Ikan Gurami dengan Nenas

Ini gulai yang cukup segar. Hari ini kebetulan punya nenas dan belajar 1 masakan baru menggunakan daun ruku ruku. Ruku ruku itu fungsi nya seperti daun kemangi. Daun ini khas banget ternyata di tambahkan di masakan tradisional minang #Resep pertamaku menggunakan daun ruku ruku #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Gulai ikan dan kacang panjang

Gulai ikan dan kacang panjang

Yuk yg suka gulainya org padang, boleh dicoba nih... 😋

Gulai Dagu kakap

Gulai Dagu kakap

Hari ini belanja dapet dagu kakap 4bj, diolah pake santen aja deh. Rasanya mantep, olahan yg pake santen pasti gurih2 ya. 😁😁

4 porsi
Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Kepasar,dan pengen nyobain olah ikan tongkol jd menu masakan yg endeeuusss!abis klo ikan nila,gurame, bandeng...termasuk yg paling sering!nah kali ini cobain tongkol..

Gulai Ikan resep Minang

Gulai Ikan resep Minang

Dulu ibu saya sering masak gulai ikan ini. Biasanya gulai ikan di minangkabau dicampur dengan kacang panjang. Tapi disini tidak ada kacang panjang, jadi saya pakai buncis. resep ini mudah untuk diikuti bunda. oia kalau punya asam kandis boleh dimasukkan bersamaan dgn daun2an ya. selamat mencoba.

5 porsi
30 menit