Cara Gampang Membuat Gulai ikan simba yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 7, 2022

Gulai ikan simba

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai ikan simba yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Gulai ikan simba yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai ikan simba, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai ikan simba sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai ikan simba yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Gulai ikan simba diperkirakan sekitar 30 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai ikan simba dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kalau kamu mau, masakan Gulai ikan simba memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Dapet ikan hasil mancing di laut. Di buat gulai yg kalo di resto satu porsi kepala ikan simba ini bisa 50rb.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan simba:

  1. 1 ekor ikan simba berat 2 kg
  2. 1/4 kg bawang merah
  3. 7 siung bawang putih
  4. 3 ruas kunyit
  5. 3 ruas jahe
  6. 1 ruas laos
  7. 1/4 kg cabe merah [sesuai selera]
  8. 4 siung sereh
  9. 4 lembar daun jeruk [buang batangnya]
  10. 4 lembar daun salam
  11. 2 buah kemiri [boleh tidak pakai]
  12. 2 lembar daun kunyit
  13. secukupnya Ketumbar
  14. secukupnya Lada
  15. Garam
  16. Penyedap
  17. 1/2 kg Santan kental
  18. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan simba

1
Haluskan semua bumbu2 kecuali daun2an dan sereh hanya digeprek.
2
Tumis bumbu yg sudah dihaluskan sampai harum, masukkan daun kunyit, daun jeruk, dan sereh kemudian masukkan santan dan tambah air secukupnya.
3
Tunggu sampai mendidih lalu masukkan ikan yg sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera. Tutup biarkan 20 menit agar bumbu meresap.
4
Angkat dan ikan siap disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Tips agar santan tidak pecah meski dicampur daun singkong adalah,rebus terlebih dahulu setelah agak lunak, angkat tiriskan jgn disiram air dingin.

Gulai Ikan ala Padang (Pangek Masin)

Gulai Ikan ala Padang (Pangek Masin)

Kalau di Padang ini namanya pangek masin. Aslinya bumbu langsung direbus dg santan tanpa ditumis terlebih dahulu, sesuai selera aja sih...😊 Ikan nya juga bisa pakai yg lain, aku pilih ikan patin krn dagingnya lbh lembut dan ini resep andalan dari mama tercinta. Simpan resep dulu biar ga lupa atau ga bolak balik tlp ke Padang nanyain resep 😊😅

Gulai Ikan Labu Siam

Gulai Ikan Labu Siam

Walaupun agak butuh waktu masaknya, tapi ini simpel-simpel aja. Lauknya ada, sayurnya juga ada. Jadi ga usah ribet masak 2 kali hihi

Gulai Ikan Kakap Merah

Gulai Ikan Kakap Merah

Req kangmas bojo. 😍 udah lama banget gak nemu ikan kakap merah, pas kepasar masih sweger banget langsung di eksekusi. Ketemu nasi anget + kerupuk kulit ini endolita deh. 😁 #dikuahinbiarsyedep #pekaninspirasi #cookpadcommunity

30 menit
Gule ikan merah

Gule ikan merah

orderan sipapa

4 porsi
15 mnt
Gulai ikan Tongkol

Gulai ikan Tongkol

4 porsi
45 menit
Gulai ikan putih

Gulai ikan putih

Bosan masak kuah kuning terus,,, terlintas dipikiran pengen banget makan gulai pas buka puasa,,, jadi dehh bikin gulai ikan putih,,, Alhamdulillah suami juga suka,,, bahan.y mungkin ada yg kurang tp tetap enk kok,,, sesuaikan aja dgn bahan yg ada di dapur 😂

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan

Rasanya mirip sama di rumah makan langganan almh.mama. Gulai ini juga salah satu favoritnya beliau.

Gulai Kepala Salmon (Tanpa Santan)

Gulai Kepala Salmon (Tanpa Santan)

Ceritanya kemaren brusan mudik krumah mertua, nah brhbung rmah dket pantai hrga ikan dsna murah2... hmpir aja mamake kalap mo bebelian ikan semua muanya... 😅 Akhirnya mamke beli ikan salmon dah, sdh dpet hrga murah gedhe2 lg ikanya... girang lah mamake ini... hihihi... 🤭 Sesampainya drumah jd bngung nih ikan sgni bnyak mau diapain, haha... 😅😂 Yasyudah,,, ptong2 aj dl ikanya trus dbersihin, dksih wdah plastik per porsi dirapetin, trus msuklah ke frezer. Nah, tggal kpalanya nih... mau dbuang sayang... tba2 nongol dah ide buat ngolah kpala ikan yg hnya digoreng aja, cuz yuks... 😉😊

Gulai ikan salai pucuk ubi

Gulai ikan salai pucuk ubi

Karena baru2 nikah ni, aku nth kenapa semangat banget masak. Nah jd ini req suami , katanya dia sukaaa banget. Jd aku lgsg buat 😁

Gulai ikan baung

Gulai ikan baung

#Edisi pulang kampung. Ikan baung ini adalah salah satu ikan favorit saya. Biasanya ditempat saya tinggal jarang yg jual ikan sungai, apalagi yg segar. Kebetulan sekarang lg pulkam n banyak bingit yg jual ikan ini.

Gulai ikan belli

Gulai ikan belli

Hujan hujan kepingin yang seger anget2..secara saat ini gue baru program diet sehat coz IMT ku di warna coklat alias kelebihan BB, puji Tuhan 3 hari turun 1 kg. Jus buah sayur pagi dan sore, siang makan nasi 5 sendok disarankan protein dari ikan dan makan sayur yang buanyak.... Semangat hidup sehat guys..

8 pirsi
15 menit