Cara Gampang Membuat 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan yang Anti Gagal

Dipos pada December 3, 2022

6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan memakai 25 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Gulai kepala kakap adalah menu favorit saya kalau di rm padang sekitar rumah saya. Sayangnya, kadang rasanya nggak konsisten. Akhirnya saya coba sendiri dengan browsing berbagai sumber dan bahan yang ada di rumah. Tampaknya memang repot dan banyak banget ya bahannya, tapi sebenernya nggak sesulit yg dibayangkan kok moms. Mari dicoba..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan:

  1. Haluskan:
  2. 2 ekor ikan kakap beserta tulang badannya
  3. Jeruk nipis
  4. 20 siung bawang merah
  5. 10 siung bawang putih
  6. 4 ruas jari lengkuas
  7. 4 ruas jari kunyit
  8. 3 ruas jari jahe
  9. 8 butir kemiri
  10. Campur ke dalam tumisan:
  11. 4 ruas jari lengkuas, geprek
  12. 2 batang serai, geprek
  13. 5 lembar daun salam
  14. Campur ke dalam kuah:
  15. 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  16. 10 buah cabai rawit galak
  17. 5 buah tomat hijau, iris-iris
  18. 1 lembar daun kunyit, iris halus
  19. 10 buah cabai hijau keriting, iris halus
  20. Segenggam daun kemangi
  21. 1 sdm asam, cairkan
  22. 2 sdm garam
  23. 1 sdm kaldu bubuk
  24. 1 sdm gula jawa
  25. 3 liter air

Langkah-langkah untuk membuat 6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan

1
Kucuri kepala kakap dengan air jeruk nipis, kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menit. Cuci bersih setelahnya.
2
Blender bumbu halus hingga tercampur sempurna. Panaskan minyak, tumis bumbu dengan api kecil hingga harum. Masukkan bumbu campuran tumisan kecuali jeruk nipis, aduk rata hingga bumbu matang sempurna.
6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan - Step 2
3
Jika bumbu sudah kecoklatan, tuangkan air, besarkan api hingga mendidih. Setelah mendidih, gunakan api sedang.Masukkan daun jeruk nipis ke dalam kuah. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula merah.
4
Masukkan air asam. Masukkan irisan tomat hijau, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis.
5
Masukkan ikan kakap ke dalam kuah. Taburkan daun kemangi dan irisan daun kunyit, aduk-aduk hingga tercampur rata. Masukkan cabai hijau iris dan cabai rawit utuh. Jika sudah matang dan air menyusut, angkat, sajikan.
6. Gulai Kepala Kakap tanpa Santan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan Topping Dedaunan

Gulai Ikan Topping Dedaunan

6 orang
60 menit
Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Ada beli daun singkong buat dimakan bareng rendang tp kbnykn. Akhirnya dibuat gulai aj biar maknyuss.. Resep adopsi dr mba susi agung.

Gulai ikan kembung

Gulai ikan kembung

Ini dia salah satu makanan favourite saya.. Waktu kecil saya suka minta mama saya masakin gulai ikan ini, n hasilnya makannya bisa nambah2...😜 kali ini saya mau bikin gulainya pakai cabe hijau.. Lets start cooking..

3orang
30menit
Gulai Cumi tahu padang

Gulai Cumi tahu padang

Kemaren di pasar liat cumi seger Jadi tertarik mau beli Padalah ga tau mau bikin apa Liat isi kulkas ada santen jadi di bikin aja nih gulai cumi tahu padang

4 porsi
1jam
89. Gulai Daging Sapi

89. Gulai Daging Sapi

Hal yang paling berkesan saat berada di dapur adalah berbagai kenangan yang muncul saat dulu memasak bersama mamakku tersayang. Beliau yang dengan cekatan mengolah berbagai bahan masakan menjadi sajian kesukaan keluarga yang rasanya tak ada duanya. Dan untuj mengenang beliau, kali ini aku membuat salah satu menu yang sering beliau olah untuk kami.... 🥰 #rindumamak #MasakanUntukIbu #PejuangGoldenApron3

Gulai Ikan & Tahu

Gulai Ikan & Tahu

Bosan makan ikan sambal, ya wes lah ikannya mmk gulai aja, yg penting anak anak suka, walau ga pakai lengkuas, daun jeruk, daun salam & cabe keriting juga di kulkas ternyata g ada, jadi full pakai cabe rawit🙈🙈🙈 tp ttp enak kok ☺️☺️

Nasi Goreng Gulai

Nasi Goreng Gulai

Bosan dengan nasi goreng yang sama, maka hari ini,saya mencoba mengolah nasi sisa kemarin,menjadi nasi goreng bumbu gulai. Rasanya ternyata mirip nasi kebuli.

4-5 oranh
30 menit
[Week-30] GULAI / GULE KAMBING - Simple & Enak ala Madam

[Week-30] GULAI / GULE KAMBING - Simple & Enak ala Madam

Dulu saya sama sekali tidak doyan daging kambing ataupun segala olahannya karena menurut saya aromanya tuh gimanaaaa gituu 😅 Seringkali diajak makan di rumahmakan sate-satean... but ya tetep kambing ga pernah jadi opsi menu pilihan saya wkwkwk Dan.. kayakanya saya kena kutukan salah satu temen yg bilang: "Coba kambing muda deh ga prengus sama sekali, dagingnya lembut, sekali lu coba pasti nagih" Pas tekanan darah anjlok saya dibeliin tongseng dan ternyata daging kambing muda memang ga bau pemirsaaa hihihi Wadidaaaawwww.. jadi doyan sekarang Nah kaaaan kena karma deh saya 😅 Btw.. Ini saya bikin menu andalan saya ya, gule alias gulai. Ini versi saya, mudah & simple pokoknya sih, kalian yg pemula wajib coba! #ResepMadam #Cookpadcommunity_Semarang #PejuangGoldenApron3 #Markobar_BebasinRasamu

6 porsi
90 menit
Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Bertemakan olahan sayur hijau, jatuh hati sama sayur gulai daun singkong ini.. dikasih taburan teri garing, menjadikannya sempurna.. salah satu menu fav. Dirumah 💕 || Source : Susan Mellyani || #JelajahResepSayuranHijau #Maminang_Basayua #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #GA_TheNextLevel #MingguKe28 #CookpadCommunity_Jayapura

Gule Padeh

Gule Padeh

Gule padeh khas sumpu sumatera barat, perpaduan jeroan sapi, cabe rawit dan bawang putih yg bikin maknyus...

Gulai daging sapi

Gulai daging sapi

Ini percobaan pertama, recook resep dr cookpad jg & berhasil pd percobaan pertama.. Bikin yuk mom, ternyata bikinnya gak ribet deh..

Gulai k. Panjang campur sari.

Gulai k. Panjang campur sari.

Ada hasil k. Panjang dr pekarangan rumah ada daun singkong dan bunga pepaya jg.. Tanpa pupuk loh, so pasti kan lbh sehatkan. Yuk kita masak.#PejuangGoldenApron3.

8 org.
30 menit.
Nasi Gulai Tuna Goreng

Nasi Gulai Tuna Goreng

Masak yang gampang lagi... pakai tuna kaleng bumbu gulai so easy to make nasi goreng #PejuangGoldenApron3

3 orang
Gulai Ayam & Gundur

Gulai Ayam & Gundur

Kalau biasanya gulai ayam di campur kentang kali ini saya masak ayam di campur buah Gundur / kundur.

Gulai Kambing (No santan, No MSG, No minyak)

Gulai Kambing (No santan, No MSG, No minyak)

Cek Instagram @sulistyowati_05 YouTube https://youtube.com/channel/UCNbaGy-A6PqhEOYgx0Cy5PQ

Gulai Pedas Ikan Asin

Gulai Pedas Ikan Asin

Ceritanya nyoba2 resep, suami pgn makan asin tp aku pgn yg berkuah2 gitu karna ada PR markobarnya Semangcook yg isinya makanan berkuah pedas, jadi aku coba deh ikan asin pake bumbu gule ala2 dan hasilnyaaa... Enak Ini kata tukang sayur sih asin jambal roti tp aku ko ragu yah ... Hihihi. Jadi bisa pakai asin apa aja yaa sesuai favorit moms.. Oiya ini ga ditambah garam pun udh enak ko, tp kembali ke selera ya moms #markobar_segerdipedesin #cookpadcommunity_semarang

Gulai belut

Gulai belut

3x makan
Gulai Tunjang telor

Gulai Tunjang telor

Karena saya dan suami suka tunjang...daripada beli lebih baik masak sendiri😆 Gulainya saya tambahin Telor rebus dan kacang panjang..Praktis ga ush bkin sayur lagi.

4 Orang
2 jam 15 menit
Gulai Pare  Tongkol (Tanpa Santan)

Gulai Pare  Tongkol (Tanpa Santan)

Kmrn saya masak tongkol gulai pake santan, kali ini saya masak pke Pare biar sekaligus ada sayur dan lauk. Wlpn ditambah Pare tp kuah dan sayurnya tidak pahit loh.. Menu ini bs buat saya makan sampai nambah nasi terus.. Selamat makan siang ...

Gulai Tunjang

Gulai Tunjang

Beli tunjang. Duuhhh ini tunjang mantep banget ya. Mikir mau dimasak apa. Kata suami, coba dong gulai tunjang. Gini ya klo lakik orang padang. Okelah...😂 Cari resep dan jatuh sm resep ini. Enakkk... Santan disini saya kurangi, biar gak terlalu kental karena sudah ada kemiri juga... Source : yasmin kitchen #cabeku #bamasakjosantan #cookpadcommunity_bekasi #cookpadcommunity #cookpadindonesia #bundarazs #olahansantan #olahantunjang #ga_thenextlevel #pilkadacookpad_bekasi #masakitusaya #masakmudah #cookinglover #clovercookinglover #cookingwithhearteatingwithlove #gulaitunjang