Bagaimana Membuat Gulai Ayam Hijau (Green Curry) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 22, 2023

Gulai Ayam Hijau (Green Curry)

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Ayam Hijau (Green Curry) yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Gulai Ayam Hijau (Green Curry) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Ayam Hijau (Green Curry), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Ayam Hijau (Green Curry) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Ayam Hijau (Green Curry) adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Gulai Ayam Hijau (Green Curry) diperkirakan sekitar 30 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Ayam Hijau (Green Curry) dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Ayam Hijau (Green Curry) memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Gak punya cabe merah, jadilah kyk ini. ๐Ÿ˜‚

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ayam Hijau (Green Curry):

  1. 1/2 ayam (6 potong) atau 500 gr fillet
  2. ๐Ÿ’ข Bumbu-Bumbu๐Ÿ’ข
  3. 4 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 8 cabai hijau
  6. 1 kemiri
  7. 1 cm jahe
  8. 1 cm lengkuas
  9. 3 cm kunyit
  10. 1 batang sereh
  11. 1 daun salam
  12. 1 daun jeruk
  13. 1 sdt bubuk cabai hijau
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1/2 sdt gula
  16. 1/4 sdt kaldu bubuk non MSG
  17. Sedikit: lada, pala, jintan bubuk (selera)
  18. 20 gr santan bubuk (selera)
  19. 300-400 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ayam Hijau (Green Curry)

1
Cuci bersih ayam. Beri 1 sdm perasan jeruk nipis/lemon. Biarkan 5 menit, lalu cuci bersih dr sisa air lemon.
2
Rebus ayam 7-10 menit utk mengurangi minyak lemak. Lalu buang airnya, rebus lg dengan 400ml air. Masukkan: jahe, lengkuas dan sereh geprek. Iris kunyit jd 2, jgn digeprek. Daun salam dam daun jeruk. Didihkan.
3
Haluskan (sy pakai blender) bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai hijau sampai halus. Bumbu bisa ditumis dg sedikit minyak sampai harum atau lgsg masukkan dalam rebusan ayam mendidih.
4
Kalau rebusan ayam sdh mendidih, masukkan bumbu halus. Tambahkan garam, gula, bubuk cabai hijau, lada dan pala bubuk. Tutup panci, masak 10-20 menit atau sampai ayam masak dan lunak.
5
Bukan tutup panci, beri kaldu bubuk. Aduk rata, lalu kecilkan api. Masukkan santan bubuk. Aduk perlahan spy santan tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Koreksi rasa, masak 5 menit lagi. Lalu matikan api.
6
Hidangkan dg taburan bawang merah goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan tuna

Gulai ikan tuna

Di Jayapura ikan tuna atau biasanya yang disebut di Papua sini adalah ekor-kuning salah satu ikan yang dagingnya sangat nikmat mau diolah menjadi masakan apapun

Gulai ikan lele + kemangi

Gulai ikan lele + kemangi

Kesukaan suami

Gulai kambing tanpa Santan

Gulai kambing tanpa Santan

Bismillah.... Cocok banget sama selera semua masakan yg di share mbak @byviszaj terimakasih mbak... Menu2 nya mengingatkan masakan jiddahku Allahuyarhamha... Gule ini rasa rempahnya halusss ramah di lidah semua...Ndak Mahteh jadi yg Ndak begitu suka dengan masakan yg rempahnya "nyolok lidah" masih bisa menikmati gule ini lezat dan segerrr...Masyaa Allah....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #cookpadersjawabali #cookpad_denpasar #cookpadcommunity #cookpadindonnsia #masakitusaya #Bagikaninspirasimu #tidaksekedarmasak #cookingwithhearteatingwithlove

Gulai Daun Singkong Ikan Sale

Gulai Daun Singkong Ikan Sale

Di Freezer udah minim berbagai stok Lauk, bahkan udah kosong, tinggal sisa udang berapa biji lagi, Menu tanggal Tua.. Daun Singkong Ambil di kebun tetangga, Ikan Sale (Ikan Asap) Bontot dari Ibu Mertua, pergunakan sebaiknya.. jadilah hasil yg menggugah selera

4 Porsi
20 Menit
Gulai Kacang Panjang Tahu Telur Puyuh

Gulai Kacang Panjang Tahu Telur Puyuh

#PejuangGoldenApron2 Minggu ke 4

Gulai Daging Sapi

Gulai Daging Sapi

Bikin menu buka puasa yang awet ๐Ÿ˜‹

6 porsi
60 menit
Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Maap foto ngasal hehe

Gulai Lele Kecombrang

Gulai Lele Kecombrang

Resep dari Ibu Mertua. Enak dan anti ribet. #TiketMasukGoldenApron3

Gulai Daging Sapi Ala Kapau

Gulai Daging Sapi Ala Kapau

pengen nyobain masakan ala kapau, nyari resepnya di cookpad, dapat gulai ini yg asli org sono hehe. aslinya cma pke kol dan kacang panjang. karena di kulkas ada stok daging, skalian aja dimasak. asli...gulainya enak banget. saya tambahin secuil gula aren jadi tambah legit hehe..

027. Gulai Telor Lobak Singgalang

027. Gulai Telor Lobak Singgalang

selama lockdown harus pintar-pintar bikin menu sederhana tapi tetap digemari ๐Ÿคค di Riau ada sayur namanya Lobak Singgalang, sayur kiriman dari daerah Sumatera Barat kalau bahasa Indonesianya kurang paham dan g tau di daerah lain ada atau g nya sayur ini tp bisa diganti dengan sayur pucuk ubi/daun singkong

Gule Kambing

Gule Kambing

Olahan nusantara ini kaya rempah, hampir semua rempah masuk ke dalamnya. Udah kebayang dong enaknya kayak apa. Pilih kambing yang muda ya, supaya tulangannya masih banyak yang empuk, dan mempersingkat waktu memasak. Masaknya mungkin ga segampang makannya ya, tapi percayalah usahanya akan terbayar dengan rasa gule kambing yang gurih dan hangat ๐Ÿ˜ #PejuangGoldenApron3 #BerburuCelemekEmas #MingguKe-2

1,5 jam
Gulai Teri Tempe

Gulai Teri Tempe

#weekendchallenge #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_bandung Meramaikan event #weekendchallenge saya buat masakan kesukaan suami, simple dan nikmat. 30 menit jadi ini masakan. Salah satu menu andalan utk bekal suami.

Gulai Ayam Kampung Praktis

Gulai Ayam Kampung Praktis

Gulai tanpa ribet. Fotonya pun apa adanya

Gulai daun ubi

Gulai daun ubi

Daun ubi adalah sayuran kesukaan saya, ditumis digulai direbus disambal dg sarden ..semuanya menjadi menu favorit saya dan keluarga..kedengaran simple tapi kalo sdh dirasa ..piring licin hingga menjilat jari...๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Gulai kostยฒan

Gulai kostยฒan

Weekend, kepengen gulai yg simpel, akhirnya bikin ini di kost