Cara Gampang Menyiapkan Gulai Ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 15, 2023

Gulai Ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Ayam yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Gulai Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Ayam bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ayam memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ayam:

  1. 1 kg ayam potong/ayam negri.potong sesuai selera
  2. Santan dari 1 buah kelapa
  3. 4 buah kentang
  4. 15 buah cabe merah
  5. 10 siung bawang merah
  6. 2 siung bawang putih
  7. Jahe
  8. Kunyit
  9. 2 butir kemiri
  10. Lengkuas
  11. Sere
  12. Daun jeruk
  13. Daun kunyit
  14. Daun salam
  15. Minyak secukup nya utk menumis bumbu halus
  16. secukupnya Garam dan gula
  17. Sepotong asam kandis/2 biji asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ayam

1
Cuci bersih ayam,beri perasan jeruk nipis aduk dan diam kan selama 5 menit.cuci kembali dan tiriskan.
2
Kupas kentang,potong sesuai selera lalu cuci bersih.
Gulai Ayam - Step 2
3
Haluskan cabe merah,bawang merah,bawang putih,kunyit,jahe,kemiri.
Gulai Ayam - Step 3
4
Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus,masak sampe harum.masukan sere dan,lengkuas yg sdh di geprek,daun salam,daun jeruk daun kunyit.
5
Masukkan ayam kedalam wajan yg berisi bumbu,aduk2 biar kan kurleb 5 menit,agar bumbu tercampur dgn ayam.
Gulai Ayam - Step 5
6
Masukan santan ke dalam ayam tadi,aduk2 jgn sampai santan pecah,setelah setengah masak masuk kan kentang,asam kandis/asam jawa.(masak dengan api sedang).
Gulai Ayam - Step 6
7
Masukan gula dan garam,masak sampai matang(santan agak mengental).koreksi rasa,angkat dan sajikan.
8
Catatan:kekentalan santan di sesuaikan dengan selera.bisa di tambah kelapanya klo suka kental.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Pucuk Ubi ala khas padang(bekal anak)

Gulai Pucuk Ubi ala khas padang(bekal anak)

#harianaknasional2019 #isitempatbekalanak Kali ini mau share sayurnya ya moms.untuk lauk ungkep tahu sudah saya share.bekalnya berisi nasi putih,sayur gulai pucuk ubi,dadar telor,dan ungkep tahu.

Gulai Nangka Muda

Gulai Nangka Muda

17-01-2020 Masakan Minggu lalu dapat kiriman dari tetangga nangka muda yg udah dipotong-potong, asikan gaa perlu kotor-kotoran sama getahnya. 😘 Kalau ibun makannya sama lontong lebih nikmat, tambahin sambal ulek sachetan. Udah pasti nambaahh maakk, alamat diet mulai besok niih! 😜 #cookpadcommunity_jakarta

Gulai Kentang Sederhana

Gulai Kentang Sederhana

#MurahMeriah #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge #OlahanKentang #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya #PekanInspirasi #CookpadCommunity #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Lampung #SiUmbi #SiapRamadan

Gulai Cumi Isi Tahu Telor Dapurnya Ken

Gulai Cumi Isi Tahu Telor Dapurnya Ken

Bosen makan seafood yang itu-itu ajaaa...

20. Gulai tatem

20. Gulai tatem

Adanya tempe dan tahu, wow ternyata mendes rasanya

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Jadi bumil ini kadang ngidamnya aneh2. Untung kali ini Sy ngidamnya sederhana, pingin makan gulai daun singkong. Kalo beli kadang nggak sesuai sama selera yaa...kalo masak, Sy bisa kira-kira resepnya cocok di lidah (dan kemampuan memasak) apa nggak, hihihi Karena ngidamnya makan ini ya, Sy bela-belain bawa kendaraan ke Pasar Modern yg jaraknya sekitar 5 km untuk cari daun singkong. Karena udah jalan ke 2 kios sayur yang deket rumah, tapi nggak ada... Resep gulai ini dari Bu Susan Mellyani. Pas liat resep dan fotonya dah kebayang kira2 rasanya gimana...dan bener aja, pas masak...passss...rasanya pas di lidah 😍😍😍

Gulai ikan nila

Gulai ikan nila

Ini sebenarnya masak tumis aceh

Gulai Tahu Telur ala Padang

Gulai Tahu Telur ala Padang

Seneng banget kalo makan nasi padang tuh pake gulai nya yang rasanya gurih manis. Sedep banget rasanya . Ternyata bikinnya gampang lo mom . Dan dijamin nagihhh . Dimakan pake nasi anget pake kerupuk emang paling mantep . 👍👍

Gulai Urat Sapi

Gulai Urat Sapi

Menu yg selalu dipesan Almh. Bapak😭😊. #PejuangGoldenApron2

Gulai Ikan

Gulai Ikan

Biasanya yg digulai ikan mas, tapi keabisan hhi.. Tapi apapun ikannya tidak mengurangi kekangenannya. #SemuaTentangIbu #IbuKangenKampung pekan ke 52 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #SatuResepSatuPohon #CookpadCommunity_Cimahi

Gulai Tunjang (gulai kikil)

Gulai Tunjang (gulai kikil)

Masakan Minang, kesukaan 😍

Gulai Ayam (Padang)

Gulai Ayam (Padang)

Masih masak resep turun temurun dri nenek 😀 ini kalo pake ayam kampun lebih enak.. Tapi kalo ayam kampung, masukin ke santan lebih cepat krna tekstur dagingnya lebih keras.

8 porsi
Gulai Ayam Cipera

Gulai Ayam Cipera

Tepung cipera itu dari jagung tua yg disangrai dan banyak didapat di medan. Gulai ayam cipera ini masakan khas tanah karo, asal suami.

4-8 orang