Bagaimana Membuat GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 13, 2023

GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG

Menu praktis dan gampang yaitu membuat GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dalam rangka meramaikan kontes @cookpad_id Dengan tema #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu Gulai Paku Udang ini adalah salah satu Masakan Favorit Ibu. Mengenang ibu lewat masakan kesukaannya adalah hal yang paling sering mami lakukan ketika mami sangat merindukan beliau. Semoga ALLAH melapangkan kubur dan mengampuni dosa ibu . Amin Darin SD, Kalo ibu masak di dapur jangan harap mami bisa nonton TV, Main, tiduran dll. Mami harus ikutan ke dapur bantu, dan perhatikan semua yang dibuat ibu. Ibu selalu bilang begini : NAK LIAT LAH YANG IBU MASAK. IBU DULU NENEK MENINGGAL IBU MASIH SPG (SMA) IBU GAK BISA APA APA KARNA NENEK DULU SAKIT LAMA. JADI NENEK GAK SEMPAT AJARIN IBU MASAK. SETELAH NENEK MENINGGAL DAN IBU MENIKAH TERNYATA KALO GAK BISA APA APA ITU TERASA LANGIT TINGGI APALAGI SAAT ADA ACARA DI RUMAH. JADI IBU BELAJAR MASAK SENDIRI, DENGAN CARA DATANG KE ACARA TETANGGA MISALNYA ACARA YASINAN/SYKURAN. NAH IBU DATANG BANTU BANTU SAMBIL PERHATIKAN ORANG YANG MEMASAK. MANA TAU UMUR IBU JUGA PENDEK, MAKANYA IBU AJARKAN MASAK DARI KECIL. Makanya karna pengalaman ibu seperti itu dari SD mami udh kedapur bareng ibu. Alhamdulillah banyak ilmu masak yang mami pelajari dari ibu. Ibu mami meninggal waktu mami kuliah semester 7. Alhamdulillah mami punya bekal yg cukup karna ibu sudah mengajarkan banyak hal.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG:

  1. 300 gram udang
  2. 2 ikat paku/pakis, siangi
  3. 800 ml santan kekentalan sedang
  4. 2 keping asam kandis
  5. Garam
  6. Penyedap rasa (optional)
  7. Bumbu halus
  8. 10 batang cabe merah keriting
  9. 5 butir cabe rawit, sesuai selera (boleh diskip)
  10. 8 butir bawang merah
  11. 5 siung bawang putih
  12. Seruas lengkuas
  13. 3 cm jahe
  14. 2 cm kunyit
  15. 1 sdt ketumbar bubuk
  16. Daun Pelengkap
  17. Selembar daun kunyit
  18. 1 batang serei, geprek ikat simpul
  19. 4 lembar daun jeruk
  20. 2 lembar daun salam

Langkah-langkah untuk membuat GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG

1
Siapkan semua bahan bahannya
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 1
2
Blender semua bumbu halus
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 2
3
Siapkan wajan, tuang santan, bumbu halus dan daun pelengkap. Aduk hingga bumbu rata. Lalu hidupkan api kompor. Aduk terus hingga kuah gulai mendidih.
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 3
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 3
4
Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
5
Setelah kuah gulai mendidih dan mulai nampak berminyak masukan udang dan 2 keping asam kandis. Aduk sesekali sampai kuah gulai mendidih kembali.
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 5
6
Setelah kuah gulai mendidih masukan paku/pakis. Aduk pelan pelan, sampai kuah gulai mendidih lagi. Jika dirasa pakis sudah matang sempurna matikan api kompornya.
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 6
7
Gulai pakis udang siap disajikan
GULAI PAKU UDANG / GULAI PAKIS UDANG - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Tewel (nangka muda)

Gulai Tewel (nangka muda)

Dimintai tolong masak untuk orang yg kerja di sawah tadi pagi, mintanya sayur yg ada santannya., sisanya tinggal semangkok kecil karena udah di kirim buat ke sawah 😅

Gulai pakis vs udang

Gulai pakis vs udang

Biasa gulai ini buat sayur lontong/ketupat kalo dipadang,tapi kali ini karna ngak ada sayur yg lain,pengen nya yg berkuah"jadi buat sayur pas buka puasa #Cookpadcommunity_payakumbuh

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 #Cookpadindonesia #Bagikaninspirasimu #Masakitusaya

Gulai telor dadar lobak singgalang

Gulai telor dadar lobak singgalang

Dulu pernah makan gulai ini semasa masih kuliah.ceritanya makan siang di kampus,karena jadwal praktikum sampe sore.teman ku bawa bekal dari rumah dan aku ditawari makan.sempat tanya2 gimana cara masaknya,walau akhirnya gak pernah dicoba.tiba2 teringat dan kepengen masak beginian.sambil mengingat ingat bumbunya apa.masakan nostalgia setelah 15 tahun meninggalkan bangku kuliah. Minggu ke 14 #pejuanggoldenapron2

Gulai kambing

Gulai kambing

Gulai kambing makanan favorit bapak dan aku. Gulai kambing cocok dijadikan menu buka puasa ditambah lalapan rasanya lebih mantap. Ramadhanberkah #resepwarisanibu #semangatberpuasa #happycooking🍴😍😘❤

Gulai tepek khas sbrang kota jambi ala ammik syifa❤

Gulai tepek khas sbrang kota jambi ala ammik syifa❤

Gulai tepek khas sbrang kota jambi ala ammik syifa

Gulai Ikan Rempah

Gulai Ikan Rempah

#siapramadan #ikanjanganditawar Hai moms udah lama gak share resep lauk. Kali ini aku lagi takana jo kampuang(kangen kampung). Kalau ngebahas Sumatra Barat mah yang kebayang nasi Padang ya 😁. Masa kecil yang ku habiskan di dataran tinggi Solok bagian Selatan, membuat banyak sekali memory tentang masakan khas kampung, salah satunya yang akan aku share kali ini. Yang suka tumbuhan herbal pasti langsung jatuh cinta sama masakan ini.

Gulai Lobak Pahit + telur

Gulai Lobak Pahit + telur

krn lobak pahit/sawi ladang, biasanya ada di jual d bln ramdan, mk lgsg d buat gulainya. Yuuks k dapur... #siapramadan

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Daun singkong kaya akan zat besi juga protein. Mengkonsumsi olahan daun singkong baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Diantaranya membantu mengatasi anemia terutama pada ibu hamil, mengobati diare, mencegah cacingan dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dan sayur gulai daun singkong ini salah satu booster saya untuk memperbaiki nafsu makan 😍😍😍. Maafkan kali ini ga disertai foto-foto lengkap, efek kelupaan ngecas hp🙂 #OneRecipeOneTree #BerburuCelemekEmas

Gulai Cumi Tahu

Gulai Cumi Tahu

Pengen coba resep lain yg gak melulu cumi goreng tepung 😁

Gulai jantung pisang+ikan gabus

Gulai jantung pisang+ikan gabus

Tekstur ikannya yang empuk dan santannya yg kental membuat masakan ini menjadi gurih dan nikmat

4 porsi
Gulai bandeng

Gulai bandeng

#PejuangGoldenApron2 #Week_11 #SatuResepSatuPohon

Gulai Ayam dengan Fiber Creme

Gulai Ayam dengan Fiber Creme

Source: mommy Lidia Lestari Bosan makan ayam goreng terus, dibuat gulai gini enak loh moms😉 #cookpadcommunity_tangerang #cookpad_aop

Gulai ayam daun singkong

Gulai ayam daun singkong

Simpel lauk dan sayur jadi satu 😀🤭🤤

Gulai ikan selai daun singkong terong

Gulai ikan selai daun singkong terong

#18-4-2019#hari ini aku dapat ikan selai gabus y oleh2 dari saudara tercinta, kepikir mau di masak apa, ak gulai sm daun singkong dan terong, buat menu siang, semoga makan siangnya tmbh selera.