Bagaimana Menyiapkan Gulai Tahu Jamur yang Bikin Ngiler

Dipos pada April 24, 2023

Gulai Tahu Jamur

Bagaimana membuat Gulai Tahu Jamur yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Gulai Tahu Jamur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Tahu Jamur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Tahu Jamur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Tahu Jamur yaitu 3 Mangkuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai Tahu Jamur sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kalau kamu mau, masakan Gulai Tahu Jamur memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Awalnya gak niat masak ini sih, berhubung pas belanja tdi pagi dpt stok kelapa parut. Boleh deh eksekusi dgn tahu dan jamur πŸ˜€ #cookpadcommunity_jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Tahu Jamur:

  1. 5 Tahu (Aku pakai tahu susu kuning, belah dua diagonal)
  2. 4 Jamur Champignon/Kancing (Iris melebar)
  3. 6 Buah Buncis (Iris serong)
  4. 1/4 Kg Kelapa Parut (Bisa dignti dgn sebungkus santan instan)
  5. 800 ml Air
  6. 2 Helai Daun Jeruk Purut
  7. 2 Helai Daun Salam
  8. Bumbu Dihaluskan
  9. 6 Buah Cabai Merah Keriting (Aku mix keriting + rawit)
  10. 4 Siung Bawang Merah
  11. 1 Siung Bawang Putih
  12. 1 Ruas Kecil Jahe (Sekitar 0.5 - 1 cm)
  13. 1 Ruas Kunyit (Sekitar 0.5 - 1 cm)
  14. 3 Buah Kemiri
  15. 1 Gelas Air (Untuk menghaluskan bumbu)
  16. Sedikit Garam
  17. 1/2 Sdm Ketumbar Halus/Bubuk
  18. 1 Sdt Lada Bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Tahu Jamur

1
Persiapkan serta cuci bersih tahu dan sayuran.
Gulai Tahu Jamur - Step 1
2
Blender seluruh bumbu.
Gulai Tahu Jamur - Step 2
3
(Skip langkah ini jika menggunakan santan instan) Tambahkan air ke kelapa parut, lalu aduk rata agar tercampur (Saya menggunakan blender untuk mencampurnya). Selanjutnya peras dan saring untuk mengambil santannya.
4
Goreng tahu hingga kekuningan dan tiriskan.
5
Tambahkan bumbu ke dalam santan dan panaskan hingga mendidih sambil terus diaduk. (Jika menggunakan santan instan maka tuang 1/2 - 1 sachet santan dan tambahkan air ke dlm bumbu).
6
Kecilkan api kompor dan tambahkan sayuran, tahu, daun jeruk, dan daun salam.
Gulai Tahu Jamur - Step 6
7
Setelah matang, angkat dan sajikan.
Gulai Tahu Jamur - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Rebung Muda + Kerupuk Kulit

Gulai Rebung Muda + Kerupuk Kulit

Alhamdulillah Lagi dpt Tunas rebung bambu daun yg kecil .. empuk dan enk bgt ..saya campur dengan kerupuk kulit lebih puolll πŸ˜‰ suami sukak😎 #Kapsulajaib

4 porsi
Gulai cumi gendut

Gulai cumi gendut

Udah lama banget pengen masak resep ini baru kesampean. Recook dari bunda @dianayupuspitasari. Kalau menurut saya ini mirip masakan di rumah makan padang, gulai usus sapi yg diisi tahu. Cuma ususnya diganti cumi. Bismillahirrahmanirrahim minggu ke9 #PejuangGoldenApron2

1 porsi
45 menit
Gulai Lado Hijau Tongkol

Gulai Lado Hijau Tongkol

Resep kali ini sengaja dibikin menggigit karena cabenya diganti pake rawit bun biar nambah selera makan juga sekalian ngeluarn keringat tanpa perlu berolahragaπŸ€—. Masakan satu ini masih berhungan dengan kelapa, tapi dengan buah kelapa ya bun karena namanya juga gulai. Ditantangan kali ini disuruh berkreasi dari kelapa, baik itu buah, daun, santan, kelapa parut dll. Disini aku ambil santan ya bun. Santan bisa dikreasikan kemasakan ataupun makanan tapi disini aku milih masakan buat temenya nasi bunπŸ˜‡ #CABEKU #kelapaseribumanfaat

Ikan bandeng tahu gulai ala Eadlyn

Ikan bandeng tahu gulai ala Eadlyn

Bingung masak ap tadinya ingat dikulkas msh ada ikan bandeng sama tahu

secukupnya
Gulai Kapau Bukittinggi simple

Gulai Kapau Bukittinggi simple

Kualitas santan padang dengan di jakarta berbeda. Jadi kekentalan kuahnya juga berbeda.

Ayam Gulai

Ayam Gulai

30 menit
152. Gulai Ikan Blanak Dapoer Budhe

152. Gulai Ikan Blanak Dapoer Budhe

#PejuangGoldenApron2 #CelemekEmas #DapoerBudhe #Gulaiblanak #Gulaiikan #Masakanku #CookpadCommunity_kudus

4 porsi
45 menir
Gulai Daun Singkong Tumbuk

Gulai Daun Singkong Tumbuk

Lebih enak ditambah rimbang dan teri medan. Ini bikin seadanya aja dulu.

8 porsi
Gule ikan nila tanpa msg

Gule ikan nila tanpa msg

Suami minta gule ikan jadi dh gule nila

Gulai Pedas Kepala Ikan Kacang Panjang

Gulai Pedas Kepala Ikan Kacang Panjang

Hari ini saya bikin gulai kepala ikan dan kacang panjang dengan bumbu ala ibu tapi saya modifikasi dikit dengan tambahan cabe dan tekokak. Biasanya ikan yang dibikin gulai yaitu ikan tongkol, berhubung ikan tongkolnya ga ada saya pake aja kepala ikan mas supaya durinya ga terlalu banyak. Kacang panjang adalah salah satu tanaman palawija yang sering nangkring didapur ibu saya, jadi ga heran apa aja bisa diolah dengan si ijo panjang ini. Selain campuran untuk gulai ikan, kacang panjang juga didadar ama telor (diiris tipis-tipis dulu), kadang ditumis pake kecap bareng tempe atau sebagai tambahan sayur-sayuran untuk gulai nangka. Emang resep dari ibu itu tiada duanya πŸ˜πŸ‘ . . #SemuaTentangIbu #OlahanPalawijaAlaIbu #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_bandung #ResepHadleny

Gulai Rebung

Gulai Rebung

Resepnya sama aja kayak Gulai Daun Singkong yang sebelumnya pernah dishare. Hanya di sini Sy ganti rebonnya dengan ikan asin bulu ayam yang dipotong.

Gulai otak sapi padang/ gulai banak

Gulai otak sapi padang/ gulai banak

Anak2 setiap diajak ke RMP Sederhana pasti akan cari ayam pop dan otak sapi. Bisa nambah2 sampai 2 prosi.. hehehe.. secara udah resign si mamak harus kreatif.. kalau masak sendiri selain lebih hemat dan makan bisa puas karena bisa dapat potongan lebih dari 2 porsi.. bisa sampai 4 porsi loh.. gulai banak ini bisa bikin nambah nasi terus..

4 orang
Gulai Terong Pete

Gulai Terong Pete

Liat resep Terong Santan Pedas dari Mbak Dinaakaa.. Akhirnya bikin sesuai bahan yang ada dikulkas dan sesuaikan dengan selera lidah keluarga.

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

di srkitar rmh bayak daun singkong,,, kebetulan suami suka banget sama daun singkong masak padang gini,,,

Gulai Ikan Pari

Gulai Ikan Pari

Ini ceritanya kemarin pas belanja ke pasar masih bingung mau mau masak apa, eh ngeliat yg jual ikan pari masih seger" dan langsung kepikiran bikin gulai sedap x ya πŸ˜‚πŸ€£ Dan akhirnya bikin gulai ikan pari dehπŸ˜‚ #saturesepsatupohon #daripengenjadibisa #sukamasaktapigakpintermasak

Gulai Putih Ikan Nila Tempe Petai

Gulai Putih Ikan Nila Tempe Petai

#Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #KapsulAjaib

5 porsi
60 menit