Cara Gampang Menyiapkan Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss yang Lezat

Dipos pada November 27, 2022

Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan khas org Batak bgt nih. Jd ceritanya kemarin baru ada acara keluarga dirumah. Pagi ini liat di kulkas masih ada stok daging babi & bumbu rempah-rempah sisa hajatan kemarin. Jd cuss masak yg simple2 aja buat bersihkan isi kulkas. Enak bgt lo ini, pertama x andaliman saya masukin ke sambel 😂 pedas gurih dan wanginya bikin ketagihan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss:

  1. 1/2 kg daging babi (potongan samchan)
  2. Bumbu goreng:
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 cm jahe, cincang halus
  5. 3 sdm tepung bumbu serbaguna (optional)
  6. 1 sdt saori saos tiram (optional)
  7. bahan sambal haluskan:
  8. 9 buah cabai merah
  9. 3 buah cabai rawit (tambah jika suka lebih pedas)
  10. 4 siung bawang merah
  11. 2 siung bawang putih
  12. 1 butir kemiri
  13. 1 sdt andaliman
  14. 3 iris tomat
  15. secukupnya minyak
  16. secukupnya garam, gula, penyedap (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss

1
Cuci bersih daging babi lalu potong kecil memanjang (sesuai selera) lalu tiriskan hingga tidak ada lg airnya
2
Masukkan bawang bawang putih cincang, jahe cincang, saos tiram, dan tepung bumbu serbaguna ke wadah daging. Campur dengan tangan hingga rata (sebenarnya proses ini bisa di skip, daging bisa langsung digoreng. Tp langkah ini membuat daging terasa gurih dan wangi)
3
Goreng daging hingga matang (saya hingga kering) tiriskan
Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss - Step 3
4
Panaskan minyak goreng, tumis sambal andaliman hingga wangi, masukkan irisan tomat. Tambahkan garam, gula, penyedap sesuai selera. Hingga rasanya asin manis gurih. Aduk hingga sambal matang
5
Masukkan babi goreng ke dalam sambal lalu aduk hingga rata. Angkat dan sajikan bersama sepiring nasi putih dan sayur daun singkong rebus
Babi Goreng Sambal Andaliman maknyuss - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Babi bumbu

Sate Babi bumbu

Karena kangen sama masakan mami..pas kecil sering dimasakiin ini..apalagi pake nasi anget..yummy

187. Pork belly kecap ala Bali

187. Pork belly kecap ala Bali

Akhirnya dapat resep yang maknyus banget. Terimaksih @kareencooking untuk resepnya. Sebagian rempah ada yang saya tambah biar tambah maknyuss. Kencurnya harus ada yahh😃 Saya masak sampai agak asat, jadi tidak berkuah hanya demek saja. Minyak yang yang menggenang di bumbu , saya taruh di wadah. Bisa untuk tambahan pas masak indomie ataupun tumisan.

Babi kecap

Babi kecap

Karna suami gak terlalu suka makanan yg berminyak, jadi di sini saya gak pakai minyak goreng karna dari daging babinya sendiri akan mengeluarkan minyak.

3 orang
30 menit
Sapi Teriyaki / Slice Pork Teriyaki

Sapi Teriyaki / Slice Pork Teriyaki

Sapi/pork slice plus bawang bombay, bisa bikin beef teriyaki

2 porsi
Chinese Red Braised Spare Ribs (non Halal)

Chinese Red Braised Spare Ribs (non Halal)

Sekilas muncul video di feed dari Marion Grasby… Looks yummmiii… dari tampilannya bisa ngebayangin pasti juicy dan gurih. Ternyata sesuai ekspektasi…. Soooo yummi dan gampang. Note: buat versi halalnya bisa diganti iga sapi/ chicken wing.

Spicy Pork Belly

Spicy Pork Belly

Terinspirasi dari resto Song Fa Bak Kut Teh, masakan yang enak, simple dan kaya rasa🥰

3-4 orang
Tumis Daging Maling

Tumis Daging Maling

Ini jelas non halal yah karena pakai daging maling kalengan. Ini juga makanan darurat yang gampang bikinnya, nggak banyak bumbu, anti gagal, dan rasanya enak.

Roti Panggang Bacon  (bacon French Toast)

Roti Panggang Bacon  (bacon French Toast)

Di Sydney, café selalu ramai di hari sabtu pagi. Mengapa? orang2 tidak ngantor dan judulnya itu hari malas sedunia. Banyakan memilih sarapan di luar sambil jalan kaki untuk menghasilkan langkah (orang barat rajin sekaliii olahraga). Roti panggang bacon adalah salah satu menu yang paling disukai oleh warga Australia. Tahun 2014, pertama kali saya ke negara ini, sy berpikir mana bisa kenyang hanya dengan sekerat roti? ahhh lama kelamaan juga akhirnya terbiasa. Nih sy share resepnya yaaa.. mudah kok.... bisa bikin sendiri di rumah. Make your home feel like at the café.

1-2 porsi
5 menit
Babi kecap (non-halal)

Babi kecap (non-halal)

sebenarnya ini masakan udah lama banget aku masak, since setahun sebelum merit kayaknya,, kebetulan kita emang sama sama suka babi kecap, jadi ultahnya dia request babi kecap.. dan i'm swear ini pertama kali bikin dan happy banget langsung berhasil, enak pake banget,, padahal di ajar sama mama mertua (waktu itu masi calon mertua) hanya lewat telpon dan gak terperinci juga soalnya beliau lagi sibuk juga,, yah udahlah yahh modal nekat dan percaya diri,, taddaaaa so happy dengan hasilnya 😊😊

4-5 porsi
1 jam
Mie jam mien

Mie jam mien

Awalnya saya pikir mie jam mien ini mie yamin tapi dieja beda...ternyata beda. Mie jam mien pakai cuka, kalo mie yamin pakai kecap manis. Toping mie ini bisa ayam bisa juga babi dimasak kecap dan charsiu, bahkan komplit pakai pangsit segala. Tapi saya bikin tidak pakai pangsit. Rencana bikin ini juga karena ada stok lama mie keriting dan red wine vinegar. Untuk mie lebih enak mie telur/keriting basah , tapi bisa juga pakai mie keriting kering. Untuk cuka bisa pakai cuka putih biasa, bisa juga cuka yang lain. Berhubung di rumah ada red wine vinegar udah mau expired jadi pakai ini, cuka ini ga se asam cuka putih. Untuk minyak ayam ini bikinnya banyak, dan rencana mau dipakai buat tumis2. Udah di foto ,dimakan, baru inget.. Daun Bawang nya blom ditabur. Jadi maap ya, fotonya ga ada taburan daun bawang.

6 orang
Empal daging samcan sapi

Empal daging samcan sapi

enak krn ada lemak nya

Babi Kecap simpel n tasty

Babi Kecap simpel n tasty

Salah satu menu kesukaan anak2 n suami 😊

Babi Kecap Praktis Sedap

Babi Kecap Praktis Sedap

Menu wajib andalan yang gampang masaknya dengan rasa sedap tiada tara. Menggunakan daging babi has dalam dilengkapi telur rebus dan tahu. Bumbu dapurnya sederhana. Tunggu apalagi, yuk masak Babi Kecap Praktis Sedap, dijamin enak nggak pake ribet! Selamat mencoba dan salam sehat selalu yah.

4-6 orang
1 jam 30 menit
[Non Halal] Somai Babi Udang

[Non Halal] Somai Babi Udang

Babi campur udang? manis manis enak 👍

5 porsi
3 jam