Cara Gampang Membuat 187. Pork belly kecap ala Bali yang Enak

Dipos pada November 8, 2022

187. Pork belly kecap ala Bali

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat 187. Pork belly kecap ala Bali yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya 187. Pork belly kecap ala Bali yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari 187. Pork belly kecap ala Bali, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 187. Pork belly kecap ala Bali di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep 187. Pork belly kecap ala Bali dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan 187. Pork belly kecap ala Bali memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Akhirnya dapat resep yang maknyus banget. Terimaksih @kareencooking untuk resepnya. Sebagian rempah ada yang saya tambah biar tambah maknyuss. Kencurnya harus ada yahh๐Ÿ˜ƒ Saya masak sampai agak asat, jadi tidak berkuah hanya demek saja. Minyak yang yang menggenang di bumbu , saya taruh di wadah. Bisa untuk tambahan pas masak indomie ataupun tumisan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 187. Pork belly kecap ala Bali:

  1. 1 kg pork belly/ samcan. Cuci bersih
  2. 3 lembar Daun salam untuk rebus
  3. 5 sdm Kecap manis
  4. 1 sdm Gula jawa
  5. Garam
  6. 1/2 sdt kayumanis bubuk
  7. 1 sdt ketumbar sangrai bubuk
  8. 4-5 butir cengkeh
  9. 1/2 sdt Totole/ bubuk kaldu jamur
  10. 3 daun Salam
  11. 2 sereh,geprek
  12. 8 lembar daun jeruk purut, buang tulang tengahnya
  13. Bumbu halus di ulek/blender
  14. 4 kemiri
  15. 5 cm langkuas
  16. 5 cm jahe
  17. 3 cm kunyit
  18. 5 cm Kencur
  19. 12 siung bawang merah
  20. 5 siung bawang putih
  21. 3 cabe merah. Buang biji
  22. 2 sdm minyak untuk tumis
  23. 600 ml air panas

Langkah-langkah untuk membuat 187. Pork belly kecap ala Bali

1
Untuk mengurangi aroma, baluri samcan dengan tepung terigu. Tunggu 3 menit. Cuci bersih. Rebus samcan dalam air mendidih selama 20 menit. Angkat potong potong.
2
Sambil menunggu rebusan, siapkan bumbu halus.
3
Tumis bumbu halus sebentar lalu masukkan ketumbar, sereh, salam dan daun jeruk. Aduk sampai harum, masukkan irisan samcan. Aduk rata. Tambahkan air panas, kecap manis,garam totole, cengkeh, kayumanis bubuk. Aduk sebentar. Tutup dan masak selama 40- 45 menit, api medium low. # Kalau mau berkuah, tambah air panas). Koreksi rasa # Kalau mau gelap warnanya, aduk sampai agak asat..koreksi rasa.
4
Minyak yang menggenang, dikumpulkan di wadah. Simpan kulkas, bisa untuk tumisan / indomie
187. Pork belly kecap ala Bali - Step 4
5
Siap dihidangkan dengan nasi putih hangat dan sambal matah
187. Pork belly kecap ala Bali - Step 5
187. Pork belly kecap ala Bali - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

GORENGAN u/ ASAM MANIS ala LC

GORENGAN u/ ASAM MANIS ala LC

Kalau bikin gorengan dengan saus asam manis , seperti Angsio Hie / Gurami Asam Manis atau Kolobak atau Koloke orang2 pakai tepung macam2 , ada yang pake campuran tepung roti , terigu dll . Kalau aku sukanya pakai kanji walaupun pernah juga bikin yang pakai tepung roti. Ini resep gorengannya aja hehehe sausnya nyusul , ga pernah takar2. Gorengan ini dimakan gini aja udah enak.

Babi Kecap

Babi Kecap

Belajar seni melalui masak

1. Topping Bakmi: Daging/ayam/b2 cincang saus kecap (Easy)

1. Topping Bakmi: Daging/ayam/b2 cincang saus kecap (Easy)

Salah satu makanan favorite saya adalah mie. Mie apa aja. Sudah nyobain berbagai macam resep bakmi, sampai akhirnya cipta-in resep sendiri. Semoga bisa diterima rasanya ya.

2-4 porsi
1jam
Bihun goreng dengan sosis babi atau sapi n baso

Bihun goreng dengan sosis babi atau sapi n baso

Bihun ini selalu ada dihidangkan pada malam tahun baru imlek untuk makan bersama keluarga. Bisa diganti dengan Seafood atau sosis sapi

Samcan / bellypork bakar teflon (non halal)

Samcan / bellypork bakar teflon (non halal)

Pertama kali bikin langsung cocok. Seneng banget...

Spicy Braised Pork with Omelette (Babi Kecap Pedas dengan Telur Dadar)

Spicy Braised Pork with Omelette (Babi Kecap Pedas dengan Telur Dadar)

Olahan daging pemberian dari mama mertua๐Ÿ˜…. First time ever aku masak daging babi, selama ini males nyoba masak karena takut gak seenak kalau beli, tp ternyata enak juga. Jangan lupa mention aku kalau udah nyoba recook ya moms! ๐Ÿ˜˜

3 orang
45 menit
Spicy Pork Belly

Spicy Pork Belly

Terinspirasi dari resto Song Fa Bak Kut Teh, masakan yang enak, simple dan kaya rasa๐Ÿฅฐ

3-4 orang
Nasi Asin dengan Sosis Lapjiong

Nasi Asin dengan Sosis Lapjiong

Ngelihat postingan temen dimasakin sama mertuanya yang asli dari Cina, trus penasaran banget, akhirnya saya tanya mama saya dan dibilangin kalo gampang banget, akhirnya saya buat deh masak untuk suami dan adik2 saya.

Sate babi sederhana

Sate babi sederhana

Pingin coba bikin sate babi sendiri yang mirip sate babi J****. Tapi masih jauh dari mirip. Tapi saya kategorikan cukup dan bisa dimakan. Hahahahahaha

3 porsi
60 menit
[NON HALAL-Air Fryer] Babi Panggang

[NON HALAL-Air Fryer] Babi Panggang

Gegara freezer ngadat, stok daging mesti diselamatkan jadi masakan. Ini salah satu hasilnya.

4-6 orang
2 jam
Rendang daging Babi ๐Ÿ–

Rendang daging Babi ๐Ÿ–

Udah lama gak masak rendang, berhubung disini sulit sekali dapat daging sapi jadilah kita pakai daging Babi, oh iya ini daging babi bukan daging babi yang di ternak, tapi daging babi hutan atau celeng, tekstur nya hampir sama ama daging sapi..

Maling Masak Kecap

Maling Masak Kecap

Pernah ngalamikah disaat penghuni rumah kelaperan ditengah malam dan ga ada lauk? Disitulah kita wonder mom beraksi..๐Ÿคฃ Liat persediaan ... yeay ada maling .. langsung aja masak simple dan liat senyum merona pak bos dan jagoanku .. and they say.. thankyou mamiii.. puas bahagiaa campur aduk rasa di hatii .. tetep semangat ya para wonder mom dan berkreasilah tiap saat.. yeayy..๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช #5Minggu5Resep #cookpadcommunity_yogyakarta

Babi kuah kecap/SEK BAK

Babi kuah kecap/SEK BAK

Ini salah satu favorite keluarga kami memasak daging babi, secara umum dikenal juga Sek Bak/Bek Tim, yang suka dijual encek2 keliling naik sepeda, di Petak Sembilan juga banyak encek2.engkoh2 yang mangkal, isinya bisa macam2, samcan, lidah, kuping, usus, tahu dan lainnya. Kali ini saya masak pakai spareribs / paikut babi dan bahan seadanya di rumah

Nasi goreng lapchiong

Nasi goreng lapchiong

Ada nasi dingin sisa kmrn n banyak sosis ๐Ÿ˜ต jg hiwan sisa anak2.. ta daaaa.. jadilah nasi goreng simple ini

2 orang
Sekba / Bektim Babi

Sekba / Bektim Babi

Salah satu dish babi favorit saya. Biasanya isinya lebih "ramai": kulit, kuping, usus, dan lain-lain. Tapi kali ini, pakai daging babi & samcan saja, ditambahkan sayur asin, kentang, tahu & telur.

8 porsi