Cara Gampang Membuat Babi Kecap yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 25, 2023

Babi Kecap

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Babi Kecap yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Babi Kecap yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Babi Kecap, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Babi Kecap ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Babi Kecap sekitar 15 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Babi Kecap diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Babi Kecap sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Babi Kecap memakai 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Kecap:

  1. 1 kg daging babi + samcan
  2. 5 cm jahe parut
  3. 2 atau 3 sdt bumbu ngohiong
  4. 2 sendok makan bawang putih cincang
  5. 6 buah bunga lawang
  6. secukupnya Kecap manis
  7. sesuai selera Saus tiram
  8. 2 sdm kecap hitam
  9. secukupnya Gula
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Lada
  12. 1 sdm minyak goreng
  13. Air

Langkah-langkah untuk membuat Babi Kecap

1
Cuci lalu potong samcan dan daging babi kira kira 1 ruas jari.
2
Lumuri dengan jahe parut dan bumbu ngohiong selama 30-45 menit.
3
Tumis bawang putih hingga sedikit kecoklatan. Masukan samcan dan daging babi yang sudah dimarinasi. Lalu masukan kembang lawang. Masak hingga daging berubah warna.
4
Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap hitam. Masak sebentar hingga mengkaramel.
5
Tambahkan air secukupnya hingga menutupi daging. Masak sampai air menyusut dan daging empuk, kurang lebih 45-60 menit.
6
Setelah menyusut, tambahkan garam, gula, dan lada. Koreksi rasa, tambahkan bumbu sesuai selera.
7
Tips : 1. Lebih banyak bawang putih dan jahe bisa menghilangkan bau amis. 2. Gunakan sedikit minyak saat menumis karna saat dimasak, daging mengeluarkan banyak minyak. 3. Jangan memotong terlalu tipis karna samcan bisa hancur.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tangsuyuk aka babi asam manis

Tangsuyuk aka babi asam manis

lagi asa daging babi, tadinya mau bkn woku eh tapi kok nonton drama korea jd kepengenan makan babi asam manis or yg di kenal sm orang Korea dgn nama tangsuyuk... yah ini mah bkn asli Korea tp ya ala2 saya ajaa.. daging bisa di ganti dengan daging ayam atau ikan fillet..

Maling Kentang Kecap

Maling Kentang Kecap

Hari ini bangun kesiangan jadi hrs masak yang cepetπŸ˜€Pas bgt emang udh cookmark resep ini udh lama,sengaja udh nyetok maling juga buat bikin resep ini.Yummyy banget deh recommended kalo butuh yang cepet masaknya😍

Tumis Pakchoy Maling (non halal)

Tumis Pakchoy Maling (non halal)

Hujan gini pengen mkn sayur n pedes2...jadilah pakai bahan seadanya di rumah...😊

2porsi
5-10mnt
Sup Maling Makaroni (Non Halal)

Sup Maling Makaroni (Non Halal)

Sesekali masak ini untuk variasi sup.

4 orang
1 jam
Babi Kecap

Babi Kecap

Supaya tidak terlalu berminyak, kugunakan campuran daging, tidak hanya samchan. Untuk membuat daging empuk banget sy pakai slow cooker juga selain wajan. Dimasak malam hari menggunakan slow cooker selama 1 jam (tombol high). Pada pagi hari tinggal dimasak 30 menit dengan wajan, dan siaplah untuk #bekal kantor πŸ‘ŒπŸ˜‰ #nonhalal #cookpadcommunity_tangerangselatan #generasigakpakaimicin

5 porsi
90 menit
Braised Pork Belly (non halal)

Braised Pork Belly (non halal)

BELAJAR TEKNIK MASAK AJA. Ceritanya ditantang temen buat bikin ini. Jadi merasa tertantang dan buat deh. Sourcenya chinese chef John dari Taste. Ini memang agak sulit tahapnya. Karena saya kombinasikan teknik masak Perancis dengan teknik chinese. Tapi saya rasa ga salahnya kita belajar ya.

1 porsi
7 jam
Bakut / baikut sayur asin kecut non msg (micin)

Bakut / baikut sayur asin kecut non msg (micin)

Ada sawi asin, sisa setengah kotak, udah hampir 1 bulan.. Jadi diolah deh.. Suka banget sama sawi asin ini, krn kecut nya bikin seger.. Buat yg mau beli, ga mw repot, bisa pesen ya di ms.pyurple ( shopee & ig) atau di snack-kering (tokped). Rasa terjamin. Kalau kalian mau sedikit repot, bisa bikin sendiri, resep ada di resep2 saya sebelumnya ya..😁 Nih, bagi yang tidak makan babi, iga nya bisa diganti iga sapi.. Ga jauh beda.. Atau pakai ayam juga boleh.. Oya untuk iga, biasanya saya kuah godogan pertama saya campur, untuk masak.. Untuk dapat kaldunya. Jadi ga perlu pake msg lagi. Cuma, warna nya jadi lebih keruh daripada yang pakai air baru, dan menurut saya, rasanya kurang mantap kalau bukan pake air godogan.. Tapi kembali ke selera ya 😁 Supaya iga nya empuk, saya godog dulu, sampai mendidih, biarkan suhu ruang godog lagi sampai mendidih. Dan biarkan suhu ruang bisa digunakan. Untuk air, saya pakai biasanya sampai menutupi keseluruhan daging, tambah garam sedikit dan irisan jahe (1-2 ruas - - opstional ya) Nah untuk kecut nya, ini saya kecut alami, dari sawi asin nya. Airnya baceman saya campur.. Dan sawinya saya bilas.. Sawi ini sangat menetukan, apakah baikut kita bisa kecut seger ga.. Karena kalau dapatnya sawi asin nya kurang mantap(kurang/ga kecut) sangat berimbas pada rasa di baikut. Meskipun kita tambah asam/cuka akan berbeda rasa segernya.. Oleh karena itu, sangat penting dalam pemilihan sawi ny

3-4 orang
Babi Kecap Samchan

Babi Kecap Samchan

Babi kecap samchan nikmat dengan rempah bunga lawang dan cengkeh

5 porsi
Babi kecap

Babi kecap

Masakan resep warisan mama tercinta. Favorit anak-anak dan suami saya.

Bakut Sayur Asin pakai presto

Bakut Sayur Asin pakai presto

Minggu ke 4 ( 21 February 2022) Masak bakut sayur asin ini termasuk sering masak dikeluarga. Tapi kali ini, saya memasak dg menggunakan presto. Suami beli presto ini buat masakan (daging) jadi empuk dan lembut waktu di makan. Maka dari itu sy mencoba masak Bakut pakai presto baru hehe... Untuk hasilnya lembut dan empuk banget guy...tapi kurang rasa aj hehe...(belum bisa menyesuaikan pakai presto) Source by @cookmama_OliveSet πŸ™πŸ˜‡ #DirumahAja# #PejuangGoldenBatikApron#

Sup Maling(Pork Luncheon Soup)

Sup Maling(Pork Luncheon Soup)

Kebeneran ada stok maling di kulkas,kepikiran bikin ini,udah lama banget kangen juga makan sop ini.Comfort food banget,anak2 juga pas lagi pada ga enak badan,jadi cocok deh☺

Babi Kecap ala Dapurku (Non Halal)

Babi Kecap ala Dapurku (Non Halal)

Babi kecap makanan yang enak bagiku, Aku selalu masak hidangan ini setidaknya seminggu sekali waktu di negeri tirai bambu, kenangan masak bersama dengan boss yg gaul 🀭 Babi kecap yang rasanya manis gurih sangat cocok dilidah #PejuangGoldenApron3 πŸ€žπŸ™πŸ’ͺ #Week52 πŸ€²πŸŽ‰ #CookPad_Indonesia πŸ‡²πŸ‡¨β€οΈ

2 porsi
1 jam 15 menit
36. Kuping Babi ala Ocin

36. Kuping Babi ala Ocin

Bingung nih kuping dmasak apa yaa.. Etss dmasak ini juga enakk. Rasanya manis, asin, ada pedesnya juga.. Aq bingung kasi nama apa..

2 porsi
45 mnt