Bagaimana Membuat 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) yang Lezat

Dipos pada August 28, 2023

7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) biasanya untuk 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) memakai 19 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Kali ini saya bikin babi kecap dengan tambahan tahu goreng sebagai pelengkap menu kali peng atau nasi kari peranakan. Bisa juga untuk lauk sehari hari.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan):

  1. 500 gr daging babi samcan
  2. 6 butir telur rebus
  3. 3 buah tahu besar
  4. Bumbu bumbu
  5. 8 siung bawang putih, cincang
  6. 1 ruas jari jahe, geprek
  7. 1 bonggol bawang putih dg kulit
  8. 2 batang kayu manis
  9. 4 buah pekak/bunga lawang
  10. 1 sdt bubuk ngohiong
  11. 30 gr gula batu
  12. 3 sdm minyak makan
  13. 2 sdm kecap asin
  14. 2 sdm kecap kental (dark soy sauce)
  15. 2 sdm arak masak (shaoxing wine/arak tape Siau Hing/mirin)
  16. 1 sdt masing masing garam, kaldu jamur, merica bubuk
  17. 500 ml air
  18. Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng tahu
  19. Secukupnya air untuk blanching samcan

Langkah-langkah untuk membuat 7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan)

1
Pertama kita akan blanch samcan. Masukkan samcan kedalam panci, tuang air secukupnya hingga samcan terendam. Nyalakan kompor. Tunggu hingga mendidih. Rebus 1 sisi 2 menit, kemudian balik rebus lagi 2 menit. Matikan api. Tiriskan.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 1
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 1
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 1
2
Kemudian potong samcan ukuran besar/bagi 4 memanjang.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 2
3
Siapkan wajan, tuang minyak makan, masukkan gula batu. Nyalakan kompor. Masak hingga menjadi gula karamel. Kemudian masukkan daging samcan aduk hingga kecoklatan.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 3
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 3
4
Kemudian masukan kecap asin, kecap kental, dan arak masak, aduk hingga wangi. Tambahkan bawang putih cincang, jahe, kayu manis, pekak dan bubuk ngohiong. Aduk sebentar.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 4
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 4
5
Tambahkan air kurang lebih 500 ml. Bumbu garam, kaldu jamur dan merica bubuk. Tutup wajan. Masak dengan api sedang 15 menit.
6
Potong tahu. Goreng dengan minyak panas hingga garing berkulit.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 6
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 6
7
Masukkan tahu goreng, telur rebus dan bawang putih kulit kedalam masakan babi kecap tadi. Aduk. Masak dg api kecil hingga daging lunak. Sesekali buka dan aduk. Jika air menyusut, boleh ditambah sedikit sedikit. Koreksi rasa.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 7
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 7
8
Setelah kurang lebih 30 menit atau sampai samcan lunak, matikan api. Siap saji sbg pendamping kali peng.
7. Babi Kecap (untuk pelengkap kali peng/nasi kari peranakan) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Maling Masak Kecap

Maling Masak Kecap

Pernah ngalamikah disaat penghuni rumah kelaperan ditengah malam dan ga ada lauk? Disitulah kita wonder mom beraksi..🤣 Liat persediaan ... yeay ada maling .. langsung aja masak simple dan liat senyum merona pak bos dan jagoanku .. and they say.. thankyou mamiii.. puas bahagiaa campur aduk rasa di hatii .. tetep semangat ya para wonder mom dan berkreasilah tiap saat.. yeayy..💪💪 #5Minggu5Resep #cookpadcommunity_yogyakarta

Bakcang Babi Telur Asin(Non Halal) /Bacang /Pork Dumpling /粽子

Bakcang Babi Telur Asin(Non Halal) /Bacang /Pork Dumpling /粽子

#ResepBakcang #Bakcang #bacang #ResepBacang mohon maaf kali ini Non Halal🐷 , tapi bisa ganti dengan daging ayam ,sapi , atau jamur saja . ( ngohiong / angciu tak pakai gpp ) Festival bakcang sudah lewat ya , tapi resep buat yang mau buat selalu akan di tulis biar sendiri juga ingat resep nya . Itung itung nyimpen resep 🙏🏻 photo step nya tidak di upload , soalnya super repot karena masih belajar bungkus bakcang dan belum pintar😛. Biasanya nenek yang bikin . Setiap olang beda cara buat nya dan bumbunya ya BTW .

28-30 Biji
Babi 🐷 Pedas

Babi 🐷 Pedas

Tips: biar daging tidak alot, jangan diberi air, cukup air yang keluar dari daging. Pilih daging yang berwarna pink dan berserat kecil. Niscaya daging cepat empuknya.

Brenebon soup (#recook arisan)

Brenebon soup (#recook arisan)

Minggu ke 29(20 Desember 2020) Resep ke-135 Wow minggu ini masakan menado dr resep nya teh herlina (Dapur b'wish) mengiurkan, yah gimana nggak sop daging aja udh nikmat apalagi kalo isinya ditambah kacang merah/kacang ndul. Source: Dapur B'Wish #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bandung #cocomba #cookpadcommunityBandung #Authorsbandunghebring #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_id #cookpad_id #BandungArisanRecook4_DapurB'wish #Bandungsilihasaan_KaresepMamah #masakanuntukibu

Bakso Goreng Babi Udang

Bakso Goreng Babi Udang

❗️Tips ketika adonan siap harus langsung goreng, ini saya tunggu parents pulang sekitar 2jam di wadah terbuka hasil nya kulit kurang crispy, pdhal pas test goreng awal selesai ngembang bagus kriuk 😭

Siobak (Crispy Pork Belly) Non Halal

Siobak (Crispy Pork Belly) Non Halal

Salah satu makanan yang "beli, mahal. Bikin ribet" hehe tapiiiii kali ini saya mau bikin yg versi gampangnya. Seriuss. Ga ribet tp ga gagal.

Mie Goreng Tomat Basah (samchan)

Mie Goreng Tomat Basah (samchan)

Sharing Resep mama lagi nih :) Kebetulan mama lagi main kerumah n masakin buat cucunya yang doyan mie :) Sekalian mendukung #onetreeonerecipe 🌳

Babi kecap

Babi kecap

Suami kangen berat masakan kk ipar yg di kalimantan.. akirnya saya minta resepnya.. pertama agak gagal.. ini yg kedua uda cakep warnanya.. rasanya pun enakkkk...

Braised Pork Belly aka Babi Hong

Braised Pork Belly aka Babi Hong

Salah satu in my bucket list yg udah dari lama banget pengen dibikin tapi nggak jadi jadi, baru sekarang kesampaian. Kirain repot banget ternyata nggak juga. Kalau emang udah niat, fun aja sih. Apalagi setelah mateng rasanya wenak pol👍. Bakal langganan nih. Next tinggal diaatur aja potongan samcannya dan ditata nyusunnya biar rapih kayak di resto A**ke. #PejuangGoldenApron3

3 - 4 orang
4 jam
☡Non Halal☡ Sop Lobak Daging Babi kembang tahu Enak & Sehat

☡Non Halal☡ Sop Lobak Daging Babi kembang tahu Enak & Sehat

#AntiRibet #Simple #PorkSoup #ChineseDish #HealtySoup #Sopdagingbabi

2 porsi
20-30 menit
Hekeng Babi

Hekeng Babi

#PejuangGoldenApron3 Masih terngiang jelas dalam ingatan saya, beberapa tahun yang lalu pernah diajak makan oleh seorang sahabat di rumah makan Chinese food di Jakarta. Ada salah satu menu yang kami pesan, namanya hekeng. Saat itu aku baru pernah memakannya, ehmmm rasanya maknyus, mirip-mirip dengan salah satu menu yang ada di Hokben, namun lebih gurih hekeng, karena dagingnya adalah daging babi, dan kulitnya memakai kembang tahu. Namun saat ini, kapan lagi ya bisa ke Jakarta tuk kembali menikmati Hekeng? Daripada rindu terkatung-katung, akhirnya kucoba membuat sendiri. Wow rasanya persis, bahkan menurutku lebih enak dan gurih buatanku, hehehhee. Oya beberapa waktu yang lalu, saya pernah post hekeng, tapi dagingnya daging ayam, dan tidak dicampur udang. Lumayan enak sih, tapi tetap hekeng itu paling pas atau cocok jika dagingnya daging babi dan dicampur dengan udang.

2 lonjor
1 jam
Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Ini sebenernya pengen bikin babi kecap pake pete banyakkkkkkkan, tp apa daya pas pete di kupas keluar ulet2 cantik 🤪, ya ud deh ambil aja pete2 yang bagus ..

3 porsi
Gyoza Udang Ayam/Babi

Gyoza Udang Ayam/Babi

40 pcs
1 jam
Sate Babi bumbu

Sate Babi bumbu

Karena kangen sama masakan mami..pas kecil sering dimasakiin ini..apalagi pake nasi anget..yummy

Babi kentang mede pedas manis (NON HALAL)

Babi kentang mede pedas manis (NON HALAL)

☆16.06.2018☆hari ini masak yg gampang2 aja soale makin berat perut makin males ngapa2in 😥..oia ini dagingnya bisa diganti fillet ayam ya 😊

Nasi goreng lapchiong

Nasi goreng lapchiong

Ada nasi dingin sisa kmrn n banyak sosis 😵 jg hiwan sisa anak2.. ta daaaa.. jadilah nasi goreng simple ini

2 orang
Babi Hong (Non Halal)

Babi Hong (Non Halal)

Resep babi hong siper praktis dengan bahan-bahan super simple, tanpa arak yaa soalnya saya jarang masak pakai arak, jadi kalau beli sebotol suka terbuang percuma 😭. Resep ini simple banget, yang dibutuhkan hanya niat dan kesabaran untuk menunggu daging nya empuk.😁 Enjoy!!