Bagaimana Membuat Babi Kecap yang Lezat Sekali

Dipos pada November 18, 2023

Babi Kecap

Sore-sore begini enaknya membuat Babi Kecap yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Babi Kecap yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Babi Kecap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Babi Kecap di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Babi Kecap yaitu 5-6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Babi Kecap diperkirakan sekitar 1 jam.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Babi Kecap dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Babi Kecap memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Awalnya dulu pas bujang Anti Babi. Eh, sudah nikah kok ya ketularan suami jadi doyan banget makan masakan Babi Kecap. Ini resepnya dari suami loh. Dia asli Dayak Kenyah. Ternyata gampang banget masaknya, tinggal cemplung2 aja, tapi rasanya maknyuuzzz pokoknya. Saya yang orang Madiun ketagihan makannya, hahaha....bisa kalap.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Kecap:

  1. 1 kg daging babi/ samcan
  2. Bumbu Halus:
  3. 5 siung bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 2 buah kemiri
  6. 1/2 jempol laos
  7. 1 jempol jahe
  8. 1/2 jempol kunyit
  9. 1 bungkus pala bubuk
  10. 1 sdt merica
  11. 100 ml air
  12. Bumbu Cemplung:
  13. 5 cm kayu manis
  14. 1 bks masako sapi
  15. selera Garam, gula merah, kecap, sesuaikan
  16. 500 ml air
  17. 2 sdm minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Babi Kecap

1
Rebus daging babi sebentar, tiriskan, dan potong kecil2
Babi Kecap - Step 1
2
Siapkan wajan, tuang minyak, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, kayu manis, masako, gula, garam.
3
Kalau bumbu sudah harum, masukkan daging babinya. Beri air. Aduk. Tutup wajan. Masak dengan api sedang cenderung besar sekitar 30-50 menit tergantung tingkat kealotan daging.
Babi Kecap - Step 3
4
Kalau sudah empuk dan air menyusut, kecilkan apinya. Masukkan kecap. Tes rasa. Tunggu 5 menit hingga meresap. Matikan api. Babi kecap siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan sambal bawang.
Babi Kecap - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi kecap mentega

Babi kecap mentega

Masakan simple dan cepat (babi bisa diganti ayam)

Β± 2 porsi
30menit
Babi Kecap

Babi Kecap

Hari bersih2 tempat kerja dan rmh, jadinya masak buat karyawan dan keluarga.. πŸ˜‰ Ini sy pake daging babi, karena mereka jarang2 juga makannya, yg mau ganti silahkan, bisa pake daging suka2 kalian ya

Casserole Zucchini dengan Daging Slice

Casserole Zucchini dengan Daging Slice

Lagi-lagi casserole.. wkwk. Stok zucchininya banyak sih. Kali ini pakai susu dan daging. Aku pakai daging has luar mentah yang diiris tipis. Klo kalian ada daging asap ataupun yang udah pre-cook lebih ok.. #CookpadCommunity_Jakarta

Babi kecap/Babi Hong anti gagal

Babi kecap/Babi Hong anti gagal

Udh lama gak masak Babi Hong. Mau masak lg ahhhh ky nya yummy πŸ˜‹πŸ˜‹ agar daging tidak bau Amis , saya rebus dulu .

Pork Ribs - Bakut Goreng Saus BBQ

Pork Ribs - Bakut Goreng Saus BBQ

Hari terakhir nemenin si kecil menghadapi UAS, besok tinggal test terakhirnya... akhirnya punya kesempatan nulis resep lagi... udah siap2 mau masak, eh buka kulkas saos barbeque ready nya abis, coba2 bikin saus barbeque sendiri.. uuukh enak #SatuResepSatuPohon

Lawar Babi Khas Bali 🐷

Lawar Babi Khas Bali 🐷

Makanan terrrrr..fav 🐽 Untuk pertama kali buat lawar sama Ayah.. Adik...PamanTokir, Papogit. Karna ini bner bnyak bgt bahanya..πŸ˜‚ Dan butuh tenaga extra... Biasanya dibali pada saat HariRaya Galungan kebiasan kebiasan disetiap kluarga di bali..Ngelawar..lalu kita bagikan ke sodara2 (ngejot) Dulu pernah ikut bantu2 diruma nenek..ketika Alm Uwak masih adaπŸ’› Karna Ayah sama sekali ga pernh mau buat diruma sndiriπŸ˜‚πŸ˜‚ (ini Ngelawar perdana diruma, sekalian membicarakan buat Bale bali)πŸ™ Pas bgt ada event #CpBali_Lawar #CookpadCommunity_Bali

10 orang
Simply Delicious Mashed Potato

Simply Delicious Mashed Potato

Sejujur-jujurnya ini rencananya mau bikin potato cream soup tapi ternyata tida butuh kentang giling sebanyak itu untuk buatnya...jadilah dibuat jadi mashed potato saja, ah tapi tida menyesal karena bahkan ini terasa lebih maknyos daripada cream soupnya! Jadilah ini saja dulu yg dipublish di cookpad☺️

1 porsi seperti foto
20 menit
Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Ini sebenernya pengen bikin babi kecap pake pete banyakkkkkkkan, tp apa daya pas pete di kupas keluar ulet2 cantik πŸ€ͺ, ya ud deh ambil aja pete2 yang bagus ..

3 porsi
Baby Kol bawang putih. #brusselssproutcreamy

Baby Kol bawang putih. #brusselssproutcreamy

Biasanya sayuran ditumis bawang putih dan diberi udang, lalu selesai. Tetapi ini ditambahkan keju dan susu, ini hanya untuk menyiasati supaya bocah di rumahku mau makan sayur. Rasanya yang creamy selalu disukai oleh anak-anak zaman now #berburucelemekemas #resolusi2019

Nasi Goreng Teri Lapciong (sosis B2) ala Tiger Kitchen

Nasi Goreng Teri Lapciong (sosis B2) ala Tiger Kitchen

Ini saya diajari teman dari Filipina. Lucu yaa gak pake bawang putih dll. Simple juga dan wenakkk. Utk sosis lapciong bisa diskip.

Iga masak sup lobak

Iga masak sup lobak

Bahannya ngak banyak jenis. Mudah dibuat. Cukup bermodal lobak + tulang iga (bisa pakai daging sapi atau babi). Atau pakai tetelan sapi maknyus! Menu ini kurang cocok pakai daging ayam karena kurang sedap menurut saya :)

5-6 orang
40-60 menit