Langkah Mudah untuk Menyiapkan Taipon Roll Cake yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 8, 2017

Taipon Roll Cake

Hari ini saya akan berbagi resep Taipon Roll Cake yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Taipon Roll Cake yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Taipon Roll Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Taipon Roll Cake ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Taipon Roll Cake bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Taipon Roll Cake memakai 17 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Source : @ Linaqueen. Tapi yang pertama aku cookmark punya mbak fitri sasmaya di ig. Mau recook, mbak fitri nggak nongol2 di cookpad. Malah resep soes lagi. Wk wk... Ciuss resepnya ya... Pakai bahasaku dan cara buatku yang grusa grusu ya.. Hi hi...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Taipon Roll Cake:

  1. Meringue. Mixer sampai stiff peak :
  2. 4 butir putih telur
  3. 6 sdm gula pasir kering
  4. 1/2 sdt air jeruk nipis (aku skip kr lg gk punya)
  5. Mix pakai wisk bahan cair:
  6. 3 butir kuning telur
  7. 1 butir telur utuh
  8. 50 ml minyak
  9. 80 ml susu cair (ak 1 sdm susu skim + air)
  10. Ayak :
  11. 70 gram tepung segitiga
  12. Motif dicampur:
  13. 1 sdm cokelat bubuk
  14. 1 sdm air hangat (aku air biasa)
  15. 1 sdt pasta cokelat
  16. Filling :
  17. 120 gram butter cream

Langkah-langkah untuk membuat Taipon Roll Cake

1
Siapkan bahan dan lapisi loyang 26 dengan kertas roti. Preheat oven 200Β°c selama 15-20 menit. Api atas bawah.
2
Buat pasta dengan mencampur bahan cair dengan tepung segitiga. Aduk dengan wisk hingga licin.
3
Ambil 1/3 bagian pasta, beri adonan motif di baskom lain. Aduk rata pakai wisk lain atau spatula.
4
Ambil 1/3 meringue, namun dalam 2 atau tiga tahapan. Masukkan ke pasta cokelat. Aduk balik hingga rata namun jangan over beat supaya cakenya gak mimpes. Sisihkan.
5
Sisa 2/3 meringue masukkan dalam 3 tahapan ke pasta putih. Aduk balik. Pakai wisk bisa. Pakai spatula juga boleh. Jangan over beat juga ya.
6
Masukkan adonan putih ke loyang. Ratakan.
7
Tuang sedikit2 hingga rata adonan cokelat keatas putih. Ratakan pakai spatula.
8
Buat motif taipunnya menggunakan ujung pegangan sendok. Tarik garis tanpa putus dari sisi atas lurus kebawah keatas lagi terus sampai ujung loyang.
9
Lakukan hal yang sama untuk sisi yang atas namun ditarik tanpa putus ke arah samping kiri hingga ujung lalu kekanan sampai seluruh permukaan loyang.
10
Kalau bingung bisa lihat di youtub aja deh. Wk wk...
11
Panggang sesuai oven masing2. Aku cuma 15 menit. Coba tes tusuk. Jika nggak ada adonan basah yang menempel berarti sudah matang.
12
Dinginkan di rak pendingin. Kelupas perlahan. Beri olesan fillinh secara merata dengan sisi yang pertama kali digulung lebih banyak fillingnya.
Taipon Roll Cake - Step 12
13
Gulung perlahan. Dinginkan di kulkas supaya set.
Taipon Roll Cake - Step 13
14
Potong. Sajikan.
Taipon Roll Cake - Step 14
15
Taipon Roll Cake - Step 15

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung filling strawberry

Bolu gulung filling strawberry

Masih dari buku resep ci tintin rayner. Kalo sesuai resep fillingnya pandan, berhubung isian pandan aku ngga punya,jd aku isi pake selai strawberry. Untuk tekstur bolunya lembut. Maklum ya penampakan bolu gulungnya begitu,baru perdana bikinnya. Tapi alhamdulillahnya bolunya tidak patah pas digulung. Monggo dicoba. Oiya untuk ukuran loyang yang aku pake 25x26 ( adanya loyang ukuran itu )

Bolu Gulung Abon Mini

Bolu Gulung Abon Mini

Ini kalau bukan PR dari Grup masak tercinta kagak bakalan buat sepertinyaa. Secaraa gituu drku selalu tak pernah lulus soal gulung menggulung si bolu πŸ˜…πŸ˜… Check it out yaw 😘😘

Resep bolu gulung / 5 telur

Resep bolu gulung / 5 telur

Yaahh ini bener2 pertama kalinya bkin bolu gulung, dr dlu pngen buat tp takut gak bisa gulung, takut gak mateng bagus krna cma punya otang. Smpe akhirnya hari ini brani coba baking dan berhasilll hihi yipii. Makasi banyak buat ci tintinrayner yang udah share resepnyaa. Sekali cba berhasil pasti karna faktor resep yg emang udah bagus. Kalo masalah rasaa hmm enaakk lembut bgt tp sayang aku blm bsa bkin toping n masih brantakan bgt krna bru pertama buat hihi. Silakan diliat yaaa resepnya ini aku share ulang tp pke takaran sendok makan biar momy yg males nimbang ato gak punya timbangan bisa langsung cus buat k dapur.

Bolu Gulung Pelangi Kukus (Trial and Error)

Bolu Gulung Pelangi Kukus (Trial and Error)

Don't judge a book by it's cover. Hahaha... defense bgt yak :P Tapi bener, utk rasa dan tekstur kuehnya emang mantap! Nah knp bs patah2 gitu? Ana lupa boooo'... Maksud hati cm mau bikin sampai hangat aja biar bisa oles buttercream, eh kelupaan. Keburu dingin. Jd patah pas digulung. Maklum bu ibu, msh belajar bikin bolgul... In syaa Allah nanti mau coba bikin lg, semoga ana berhasil!!! Ayeeeeay...

Strawberry Swiss Roll

Strawberry Swiss Roll

10 porsi
50 menit
Orange Honey Chiffon Swiss Roll

Orange Honey Chiffon Swiss Roll

Ceritanya punya Jeruk tapi g dimakanΒ² alhasil jeruk sdh mulai agak keriput dan sayangkan kalau nantinya busuk dan dibuang. Alhasil cari ide olahan jeruk biar jeruknya bs dimakan dengan bentuk yg berbeda sehingga menarik buat memakannya. Dan ketemulah Resep Orange Honey Chiffon Swiss Roll ini. Hasilnya Alhamdulillah semua suka 😍πŸ₯° rasanya enak manis dan seger alhasil dalam sekejap langsung habis. Source : Victoria Bakes #PejuangGoldenApron3 #GoldenApronSeason3 #CookpadCommunity_Jakarta #MasakItuSaya #KedapurAja #SwissRoll

Bolu gulung selai nanas

Bolu gulung selai nanas

Coba coba bikin bolu gulung, setelah nyoba beberapa resep, ini yang menurut saya pas dan sempurna

Bolu Gulung Panggang

Bolu Gulung Panggang

Isi selai nyam nyam,resep source tintin rayner modif susu diganti santan

1 loyang
1 jam
Choco Swiss roll cake

Choco Swiss roll cake

Yak mari gulung menggulung mak, supaya lebih tertantang yaa mak, karena bikin bolu macam begini gampang gampang susah, kalo sudah sering bikin pasti tau suka dukanya, yukkkk nyobain juga, resep aslinya dari @cooking_tree , tapi kali ini di modif jadi rasa coklat 😁

Bolu Gulung Cokelat

Bolu Gulung Cokelat

Bang_@nto 031217 Malam Bolu gulung coklat bisa menjadi alternatif jika anda bosan menyajikan bolu yang itu-itu saja. Dengan penyajian yang dibuat melingkar seperti rolade dan diisi dengan lapisan vla manis, bolu gulung coklat tampil menawan. Agar tidak retak, bolu harus segera digulung begitu keluar dari oven/ kukusan . Gulung bersama kertas minyak pelapisnya, dan baru dibuka setelah dingin dan siap diolesi vla. Dengan cara ini, maka bolu akan lentur dan tidak akan patah ketika dioles vla dan digulung kembali. Kunci pembuatan bolu yang lentur terletak pada penggunaan kuning telur. Gunakan kuning telur yang segar dan berwarna kuning agak oranye. Kocok hingga benar-benar lembut, baru campurkan dengan bahan lainnya. Langsung Eksekusi guys, berangkat olah-olah πŸ˜πŸ‘Œ, semoga bermanfaat buat semua amin.

Bolu Gulung Simple #Pr_digulungjangandigiling

Bolu Gulung Simple #Pr_digulungjangandigiling

Resep ini simple karena dicampurkan jadi satu, yang terpenting kuncinya adonan dimixer sampai mengembang dan kental. Untuk isian boleh diganti sesuai selera ya. Source : Tintin Rayner

Selai nanas untuk bolgul

Selai nanas untuk bolgul

source : JE DeBloom sy bikin 1/2 resep ini texturnya agak lembek/lebih encer ya cocok untuk isian bolu gulung atau olesan Roti tawar. kalau untuk isian nastar dibikin lebih kering dan sy lbh suka diparut bukan diblender biar ada texturenya

Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Ini bolu gulung sangat mudah membuatnya,, enak, lembut dan hemat pastinya (emak emak suka yg hemat ya mam.😁

Bolu Gulung Pandan

Bolu Gulung Pandan

Bolu gulung pake pasta pandan

Ananas Roll Cake

Ananas Roll Cake

5 porsi
40 menit
Roll Cake/Bolu Gulung Keju Gondrong

Roll Cake/Bolu Gulung Keju Gondrong

Pengen bikin kue yang simple, cepet, dan enak. Akhirnya nyoba resep dari mbak @genikayu ternyata enak banget. Bolunya lembut ditambah buttercream hollman yang enak dan ga bikin eneg bikin tambah yummy~

Bolu gulung ekonomis irit telur

Bolu gulung ekonomis irit telur

Source : Tintin Rayner Maunya sih bikin motif leopard, tapi apalah dayaku,, ternyata motifnya nempel di kertas rotinyaπŸ˜…,, bneran lupa kalo pake kertas roti, karna biasanya pakai baking papper yg ga pernah lengket.

Bolu gulung mini 2 telor

Bolu gulung mini 2 telor

Awalnya bikin ini nekat" aja.eh ternyata jd..juga..bulgul mininya