Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sayur Pecel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 24, 2019

Sayur Pecel

Anda sedang mencari inspirasi resep Sayur Pecel yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sayur Pecel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sayur Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sayur Pecel ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sayur Pecel adalah 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Pecel memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur Pecel:

  1. sayuran:
  2. secukupnya kecambah
  3. secukupnya kacang panjang, potong2
  4. secukupnya kangkung, petiki
  5. secukupnya kol, iris tipis
  6. 1 buah mentimun, iris bentuk dadu
  7. Bumbu pecel (bumbu kacang):
  8. 250 gr kacang tanah, goreng
  9. 3 siung bawang putih, goreng
  10. 4 buah cabe rawit/sesuai selera, goreng
  11. 1 ruas kencur
  12. 5 lbr daun jeruk
  13. 75 gr gula merah
  14. 1,5 sdt garam
  15. 1 sdm air asam

Langkah-langkah untuk membuat Sayur Pecel

1
Cuci bersih semua sayuran (kecuali mentimun), lalu rebus masing2 sayuran dgn air mendidih yg diberi sedikit garam, angkat dan tiriskan.
2
Haluskan bumbu2 dan kacang tanah (sy diulek aja, jd msh ada tektur kacangnya). Klo sdh halus semua, beri air panas secukupnya lalu aduk hg didpt bumbu kacang yg agak kental.
3
Siapkan semua sayuran dipiring saji lalu siram dgn bumbu kacangnya... Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel Gendar (#pr_kacangpanjang)

Pecel Gendar (#pr_kacangpanjang)

Sebenarnya inii bukan resep aseli punyaQ..tapi buatan emakmertua kemarin dulu waktu aQ masih standby di solo..sekarang mah bang toyyib weZ gowess lagi mencari sebongkah berlian di pulau nan jauh sana.. sedihh ehh rasanyaa..nglangutt..kesepian๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ harus menunggu 2bulan lagii baru pulang๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ #curahanhatiseorangistri๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… sebener'e inii nda rencana juga mau ta' ikutke pr..jadi nda ada foto step'nya๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….. menu sederhana tapi rasanya benar2 mantap beudd pokok'nya๐Ÿ‘๐Ÿ‘..aQ ajj sampai nambah terus lhoo.. nasi gendar'nya aseli homemade dari emakmertuaQ..sayangnya aQ nda lihat+nda sempat tanya piye bikin'e ๐Ÿ˜†๐Ÿค”..beli nasi gendar yg weZ jadi ajj ada..biasanya dipenjual ketan lupis dipasar tradisional.. yg harus diperhatikan.. asal bumbu kacangnya enak..racikan pecel nya juga nendang..inii beli bumbu pecel yg weZ jadi di warung.. 1ons 2ribu.. tiap pagi di daerah dekat rumah emakmertuaQ di solo ada juga yg jualan pecel..kalo bilang'e mau beli pecel thok yaa cuma isian sayur..nek bilang'e beli pecel gendar baru dikasih gendar+sayur.. sayur'nya bisa apa ajj..macem2..tapi yg HARUS ada yaa kacang panjang+taoge pendek.. cuco' bangett kalo disandingkan sama gendar+bumbu pecel nya๐Ÿ‘๐Ÿ‘..oiyaa..maapkan daku teman2..nda menuliskan takaran bahan nya..bisa disesuaikan sendiri yoo๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ ..yuhh marrii ahh dicoba..nda' bakalan nyesel๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™

Pecel,Appetizer Indonesia

Pecel,Appetizer Indonesia

2 porsi
30 menit
Lotek / Pecel

Lotek / Pecel

Semalem bikin menu simpel inih,,, dan dengan sayur seadanya๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Pecel KK (Kangkung-Kecambah)

Pecel KK (Kangkung-Kecambah)

4 porsi
30 menit
Pecel sawi putih labu siam

Pecel sawi putih labu siam

Pengen bikin pecel tapi sayurnya yg ada di kulkas cuma sawi putih dan labu siam manis ( warna lebih ijo dan rasanya jauh lebih kres dan manis dibanding labu siam biasa). Cuzz aja deh..

Pecel Purwodadi

Pecel Purwodadi

Kepingin makan yang sehat tanpa banyak minyak goreng tapi cepet masaknya? Masak pecel ajah. Kenapa purwodadi? Karna kali ini pakai bumbu pecel jadi khas purwodadi. Dari segenap bumbu pecel, paling pas di lidah ya bumbu ini ! Try it !

4 porsi
20 menit
Pecel iwak pe asap

Pecel iwak pe asap

Resep warisan ibu saya yang patut dicoba. Disantap dengan nasi hangat...wah nikmatnya!

4 porsi
45 menit
Ayam,telur & tempe kuah pecel

Ayam,telur & tempe kuah pecel

-22.jan.18- Makan dg ini tak perlu pakai lauk lagi๐Ÿ˜‰. Sayur plus lauk sudah jadi satu. Pedasssss & mantap๐Ÿ˜‰. Thankyu mom Jo & Mimoy Dewie yg sudah share resep ini๐Ÿ˜Š.

Cilok ala kadarnya (pake bumbu kacang pecel)

Cilok ala kadarnya (pake bumbu kacang pecel)

Hujan tak kunjung berhenti, orderan sepi pula, bingung mau ngapain. Ubeg" dapur dan terbesitlah buat cilok.

5-6 porsi
Tahu bumbu pecel praktis

Tahu bumbu pecel praktis

Pulang kerja bikin yg praktis2 aja buat makan mlm misua...jadi deh tahu bumbu pecel

Bumbu pecal

Bumbu pecal

Suka aja

Nasi pecel

Nasi pecel

Sarapan nasi pecel enaknya kalo pagi pingin masak super cepat ๐Ÿ˜

Pecel sayur simple

Pecel sayur simple

Baru sebulan jadi istri ๐Ÿ˜, mulai bingung masak apa buat suami hehe , bosen makan nasi, akhirnya bikin pecel sayur deh g pake ribet ๐Ÿ˜†

2 porsi
Mie Pecel

Mie Pecel

Liat stok makanan cuma ada kol & mie, keinget pernah dikasih teman bumbu pecel, jd lah buat mie goreng & bala-bala goreng ๐Ÿ˜€

45 menit
Gablok pecel

Gablok pecel

Ini menu sarapan tadi pagi. Gablok ni mirip sm gendar y bundsay tp ini gak pake bleng. Jadi warnanya putih aja, lebih sehat kan drpd yg pake bleng. Dulu pas kecil ibu sy sering bikin gendar dr nasi sisa semalam. Secara dl gak ada magic com kan... Jadi nasi sisa sering diolah lagi jadi gendar, mau lgsg dimakan ato dijemur buat krupuk gendar oke semua. Kalau dl sih sy sukanya gendar dimakan pake saus gula merah dan parutan kelapa, endesss banget. Kalo gablok ini sy taunya pas d smrg sini, rasanya gak jauh beda sm gendar yg lbh kenyal tentunya krn pemakaian bleng but its o. K karna yg ini lebih sehat juga kan... Cusss resep bundsay,