Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sambel Pecel yang Lezat Sekali

Dipos pada June 10, 2019

Sambel Pecel

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Sambel Pecel yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Sambel Pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sambel Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambel Pecel ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Pecel memakai 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#SiapRamadan #SayangAnak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Pecel:

  1. 200 gr kacang tanah
  2. 1 ruas kencur
  3. 4 siung bawang putih
  4. 2 cabe besar
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 30 gr gula jawa
  7. 2 sdm air asam jawa
  8. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Pecel

1
Goreng kacang hingga matang,
Sambel Pecel - Step 1
2
Goreng bawang putih dan cabe besar hingga layu
Sambel Pecel - Step 2
3
Masukkan semua bahan dalam blender, masukkan air asam
Sambel Pecel - Step 3
Sambel Pecel - Step 3
4
Blender hingga tercampur, jika belum merata bisa di uleg
Sambel Pecel - Step 4
Sambel Pecel - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel Mba EkkyπŸ˜„

Pecel Mba EkkyπŸ˜„

Nyari yang cepet aja plus nyiasatin tetangga sebelah yang ga doyan sayur😏

Ayam bakar taliwang bumbu pecel

Ayam bakar taliwang bumbu pecel

Di singapore mau cari masakan Indonesia dengan ciri khas Indonesia banget susah susah gampang ya Kalo pun ada harganya pun juga lumayan menguras kantong apalagi buat makan sekeluarga. Masak sendiri pun kadang bumbu yang dicari juga ga mudah di dapat kayak kita di Indonesia tinggal lari ke warung heheh. So cara menghemat nya ya aku kl lagi pengen banget tapi males nya kumat, suka masak dengan bumbu siap sedia yang udah stock di rumah kalo pas pulang ke Indonesia. Jadi kali ini ada bumbu pecel kacang merk Sinti. Enak banget sih menurut aku rasanya pas, mau makan lotek atau rujak gitu aku pake bumbu pecel ini aja tinggal tambah cabe biar pedes.. Let's try ya

5 porsi
30 menit
Telur geprek sambel pecel

Telur geprek sambel pecel

Ini ceritanya lagi pengen makan telur geprek tapiii males ngulek sambel. Jadiii manfaatin stok bumbu pecel yang ada di kulkas aja buat sambelnyaπŸ˜†

Sambel Kacang Bumbu Pecel

Sambel Kacang Bumbu Pecel

source : Putu Dewi Suarda dengan sedikit modifikasi enak ini...pedas manis matap...cucok jadi stok di kulkas..😁

Sambal pecel

Sambal pecel

Mengobati kangen akan pecel khas blitar yg legendaris maka mamakti mencoba membuat sambal pecel ini. Ini kali pertama bikin sambal pecel, penambahan bumbu nya sampai 2 kali untuk menemukan cita rasa yg pas. Sambal pecel ini cenderung berasa pedas manis dengan aroma kencur yg kuat. Semoga bisa mengobati rindu akan kampung halaman.

500 gr
Pecel Ayam Ala mamakagga

Pecel Ayam Ala mamakagga

Yang ini fotonya pake lele goreng, berhubung saya gk dapat foto yg pake ayam goreng. Karena suka dgan yang namanya pecel ayam.... Jadi kepikiran terussss. . dri pada beli jauh tempatnya mending buat sendiri saja πŸ˜…. Ayamnya ini saya pake bagian sayap saja..... Dan sekalian untuk di jual juga πŸ˜‚, sekalian...... Sambil menyelam minum air.... Sambil jualan sambil di makan sekeluarga.

Pecel Serbuk Beras Merah

Pecel Serbuk Beras Merah

Bumbu pecelnya dicampur dengan serbuk beras merah. Jadi ga perlu ditambah kentang ato lontong untuk karbonya. Cara buatnya pun cukup simpel. #2019hidupsehat

Pecel uleg

Pecel uleg

Suka skli bli pecel... Ahirnya belajar buat sendri kli ini... Yuk... Kita kedapur

6. Bumbu Pecel a la Rumah

6. Bumbu Pecel a la Rumah

Ceritanya lagi intip mak nyak bikin bumbu pecel. Belajar juga dech biar bisa. Sapa tau nanti di rumah mertua di suruh masak pecel. Biar PeDe πŸ˜… Eeaaaa resepnya banyak opsionalnya yag. Karena saya paham, selera manis, asin dan pedas tiap orang beda2. Jadi di sesuaikan sendiri yaa dengan seleranya masing2.

1 porsi
30 menit
Pecel terong bakar

Pecel terong bakar

Pecel Terong Bakar

2 porsi
Cilok bumbu pecel

Cilok bumbu pecel

Pingin cilok sesuai selera,Nemu resep mbak Fitri,langsung eksekusi aja lah.kebetulan di kulkas masih nyimpen bumbu pecel,jadinya gak umek bikin saus kacangnya.tinggal dikasih air panas bumbu pecelnya+saus sambel+kecap.maksudnya buat cemilan tapi kenyang juga.cobain yuk

Telur Pecel Santan

Telur Pecel Santan

Resep super simpel. Bikin ini karena lagi kangen banget sama pecel santan di rumah. Saya pakai santan instan berhubung tidak ada santan kelapa asli. Biasanya dipecel sama terong, telur, atau tempe kukus.

1 porsi
20 menit
Pecel bumbu kacang instan

Pecel bumbu kacang instan

#7resepterbaruku #15maret2019

1 menit
Pecel

Pecel

Masih di hari selasa hujan dipagi hari.. Ditinggal pergi ibuk senam dan belum ada sarapan. Niatnya cuma masak tahu bacem (resep sebelumnya). Tapi ada request dari simbah dan yg dirumah bikin pecel.. Jadi bikin pecel dengan bahan seadanya dirumah. Bayam+kacang panjang metik dikebun, kacang tanah masih ada sisa dari nanam disawah.. kekurangannya belanja sendiri πŸ˜…πŸ˜… Selasa produktif πŸ‘πŸ‘ Resep dari tanyaΒ² ke simbah πŸ˜„πŸ˜„

Pecel Jawa ala Bakul Pecel

Pecel Jawa ala Bakul Pecel

Sering bikin pecel pakai bumbu jadi, tapi rasanya tetap berbeda dengan pecel ala bakul/penjual pecel. Bumbu pecel jadi menggunakan lebih banyak kacang dan gula Jawa daripada yang biasa dipakai bakul pecel. Lebih enak bumbu pecel buatan bakul pecel kalau di lidah saya πŸ˜‚ akhirnya sekalinya pulang ke Jawa, saya amatin bener2 apa aja bumbunya, lalu eksekusi di rumah.

1-2 porsi
79. Pecel Terong Bakar Tempe Kukus

79. Pecel Terong Bakar Tempe Kukus

Bosen punya terong digoreng,di crispy,balado,oseng,di jangan santen. Jadi kali ini dibakar tp tetep menggunakan sambal dan santan.. Enak bgt nih bisa nambah" nasinya.

Resep Pecel Sehat

Resep Pecel Sehat

Video cara bikinnya dan resep yg lain ada Di instagram @sulistyowati_05