Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak Biji Salak yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 3, 2021

Kolak Biji Salak

Anda sedang mencari inspirasi resep Kolak Biji Salak yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Kolak Biji Salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak Biji Salak ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak memakai 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Di Malang susah nemuin kolak biji salak kalo g pas puasa. Jadinya pas kepingin gini bikin aja deh. Kebetulan di kulkas ada sisa labu kuning. Jadi di manfaatkan yang ada saja ;)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak:

  1. 200 gr labu kuning (kukus)
  2. 2 sdm gula
  3. 150 gr tepung tapioka
  4. Kuah gula merah:
  5. 850 ml air
  6. 230 gr gula merah
  7. 1/2 sdt garam
  8. Pandan
  9. 2,5 sdm tepung tapioka (larutkan)
  10. Kuah santan:
  11. 650 ml santan
  12. 1 sdt garam
  13. Pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak

1
Lumatkan labu kuning yang sudah di kukus hingga halus. Masukkan gula dan tepung tapioka, campur hingga membentuk adonan dan bisa di pulung. Kadar air labu kuning biasanya beda beda, jika masih lembek bisa di tambahkan tepung tapioka.
Kolak Biji Salak - Step 1
Kolak Biji Salak - Step 1
2
Pulung bulat bulat adonan hingga adonan habis.
Kolak Biji Salak - Step 2
3
Siapkan Air dalam panci. Masukkan gula merah, pandan, dan sedikit garam.
4
Jika air gula sudah mendidih. Masukkan semua adonan yang sudah di pulung. Jika adonan sudah mengapung, tandanya sudah matang.
5
Sebelum matikan apinya, larutkan tepung tapioka dgn sedikit air lalu masukkan ke kolak biji salaknya. Aduk hingga mengental.
6
Panaskan air santannya, masukkan pandan dan beri sedikit garam. Aduk hingga mendidih.
7
Sajikan kolak biji salak dengan kuah santannya...rasanya yummyyyy :)
Kolak Biji Salak - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak x bubur sumsum

Kolak biji salak x bubur sumsum

Hati-hati kolesterol tinggi ya

Kolak Pisang Kepok

Kolak Pisang Kepok

Karna dirumah panen pisang kepok, jadi lah buat kolak pisang karna di goreng udah bosan banget. Kolak nya enaaaakk banget. Simple dan gampang banget. Gak enaknya pas part marut kelapa. Karena pake santan asli ya gak pake santan instan. Dan rasanya jauh lebih enak pakai santan asli. Tapi kalau males ya pakai santan instan juga gak papa kok.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Bulan ramadhan identik dengan makanan manis dan gorengan pastinya buat berbuka puasa. Namun kali ini saya membuat kolak biji salak, yang mudah sekali dibuat..

4 porsi
Kolak waluh (labu/pumpkin)

Kolak waluh (labu/pumpkin)

beli waluh di tukang sayur cuma 5k saja,,ujan” laper, udah punya santan bikin kolak aja deh..

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Kolak biji salak umumnya mudah ditemui saat bulan puasa namun sehari-hari makanan ini tetap enak untuk dinikmati buatnya mudah untuk diikuti, bahan utamanya bisa dikreasikan bisa ubi jalar kuning ubi ungu atau yang orisinil dari tepung ketan

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Kolak biji salak homede

Kolak LABUKU (ning)

Kolak LABUKU (ning)

Bentar lagi bulan puasa nih mom..iklan Marjan udh berseliweran di tv, yuuk dicoba masak Kolak LABU kuningnya

Kolak candil ubi talas

Kolak candil ubi talas

Pagi kpasar liat talas, rupanya lagi musim tales bun.. Banyak dipasar, dibikin kolak Enak buat tajil, buka puasa😁😁

Kolak Candil Labu Kuning

Kolak Candil Labu Kuning

Kemaren beli labu kebanyakan πŸ˜‚πŸ˜‚ yasudah daripada dibuang mending dibikin kolak candil biar cepat habis. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Dengan pede bikin kolak candil ternyata stok daun pandan udah mengering jadi terpaksa saya skip, tapi tetap Enak kok πŸ˜‚. Ini tadi bikinnya gak liat resep di mana-mana cuma modal bahan seadanya di rumah, yang penting bahan utamanya labu kuning sisa kemaren yang harus dihabiskan dengan takaran campuran yang dikira-kira tapi tetap ditimbang, mulai dari takaran tepung paling sedikit, kalau masih belum bisa dipulung tetap ditambahkan @50 g tapioka, sampai adonan bisa dipulung. Haaaadduuuhh... Eks orang lab kayaknya ribet banget pas mau bikin Candil doank. Kayak mau bikin rancangan penelitian aja 🀣🀣🀣🀣. #WanilahMeolah #berLABUHdihatimu #CookpadCommunityBanjarbaru #PejuangGoldenApron2

Kolak biji salak (candil ubi)

Kolak biji salak (candil ubi)

karena hari ini bertepatan dengan tgl 10 bln muharam...jd pingin buat ta'jil..biar serasa bulan ramadhan gituuu...kbetulan ada ubi cuman satu satunya lg di dapur..berkreasi dehhh jadilah candil simpel dan superrrr iriiit.....

2-3 porsi
Kolak waluh ubi enak gampang

Kolak waluh ubi enak gampang

Barusan ke pasar beli sayuran, eeh liat waluh/labu sama ubi jadi kepikiran buat kolak😍. Biasanya buat kolak kl pas puasa2 gt ya kan. Ini kolaknya isinya macem2 : ubi,kolang kaling, waluh/labu, nangka. Dijamin seger, baunya wangi..enak deh pokoknya😍😍dimakan pas masih anget2 gitu enak bgt,dimakan dingin juga oke..πŸ˜†πŸ˜†

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Baru pertama buat, ada ubi bagus2 jadi deh dieksekusi jadi ini.. Lagi WFH, senengnya makan kan ya, mau jajan diluar jg ga berani. Bikin sendiri aja lebih aman dan sehat.. anak2 suka.. 😊

Kolak Pisang Sederhana

Kolak Pisang Sederhana

Sebentar lagi masuk bulan puasa (Ramadhan), cocok nih sebagai salah satu alternatif hidangan berbuka puasa. ^,^ Catatan: pilih pisang kepok kuning (kepok kecil) atau pisang tanduk untuk hasil yang lebih baik.

5-6 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ini me-recook dari bunda Henny lihat postingan nya jadi pengin langsung lah execution..

Kolak biji salak-pisang

Kolak biji salak-pisang

Makanan wajib buka puasa, dulu di bikinin emak, skrg hrs bs bikin sendiri, lockdown euii ga bs minta bikinin emak di sono 😭😭

Kolak candil ubi merah

Kolak candil ubi merah

2 orang
45 menit
Kolak Candil simple ala anak kos

Kolak Candil simple ala anak kos

Iseng2 hujan daripada beli mending buat sendiri hihi