Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Kacang Ijo Biji Salak yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 27, 2018

Bubur Kacang Ijo Biji Salak

Bagaimana membuat Bubur Kacang Ijo Biji Salak yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Kacang Ijo Biji Salak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Kacang Ijo Biji Salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Ijo Biji Salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Ijo Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Ijo Biji Salak memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini hasil recook dari resep Biji Salak mba Mel'z Kitchen. Awalnya ragu mau eksekusi, soalnya liat resep lain rata2 pake tapioka, bukannya ketan. Saya ga gitu suka bau tepung ketan, tapi lidah ini lagi kepengen banget makan biji salak, dan dari sekian resep, saya jatuh cinta sama resep mba Mel ini. Kebetulan tukang sayur bawa ubi jalar tadi pagi, jadi deh eksekusi resep ini..hasilnya, amazingly delicious! Ga bau ketan sama skali! Kemaren karena bikinnya banyak, jadi bagi ke tetangga, tadi pagi pada ke rumah minta resepnya, enak banget katanya, ga ada rasa pahit tepung ketan, dan ga bau, alhamdulillah pada suka.. Kebetulan (lagi) ada kacang hijau di dapur, udah direndam dari semalam, sekalian dicampur aja deh..enaak, legit biji salak campur kacang hijau, kuahnya yang kental, sedaaaaappp..biji salak ini tidak keras dan alot, tapi lembut, agak kenyal, enak enak enak πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹makasih resepnya mba Mel..ohya, saya lebih suka makan dingin, dah masuk kulkas, masyaallah nikmatnyaa..resep aslinya ga pake kacang ijo, ini saya tulis ulang dengan sedikit penyesuaian yaa..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Ijo Biji Salak:

  1. Biji Salak:
  2. 250 gr ubi jalar, kukus dan haluskan
  3. 75 gr tepung ketan putih
  4. 1/4 sdt garam
  5. Sedikit air, hanya jika adonan masih terasa susah dipulung
  6. Kuah Gula Merah:
  7. 150 gr gula merah/aren
  8. 1 sdm gula pasir
  9. 500 ml air
  10. 2 lbr daun pandan
  11. 1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air (me: tdk pakai)
  12. Kacang hijau, rebus matang hingga air agak menyusut, sisihkan
  13. Saus Santan (campurkan, didihkan)
  14. 250 ml santan kental
  15. 1/2 sdt garam
  16. 1 lbr daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Biji Salak

1
Buat adonan biji salak. Campur tepung dan garam serta ubi jalar yang sudah dihaluskan, uleni hingga dapan dipulung. NOTE: HANYA JIKA adonan masih terasa agak kering dan susah dipulung, boleh tambahkan air sedikit hingga adonan lembut dan dapat dipulung.
Bubur Kacang Ijo Biji Salak - Step 1
2
Di panci kecil, masukkan sedikit air dan gula merah, rebus hingga gula merah mencair semua, lalu saring ke dalam panci besar.
Bubur Kacang Ijo Biji Salak - Step 2
3
Didihkan sisa air, gula pasir, dan gula merah cair yang sudah disaring serta daun pandan.
Bubur Kacang Ijo Biji Salak - Step 3
4
Masukkan biji salak, masak hingga semua biji salak mengapung, lalu masukkan larutan tepung beras, masak hingga mengental. Matikan api. Saat akan disajikan, ambil semangkuk biji salak, siramkan saus santan diatasnya, sajikan.(Ini versi asli mba Mel)
5
Versi saya : Masukkan biji salak, masak dengan api sedang hingga semua biji salak mengapung. Kecilkan api, masukkan kacang hijau yang sudah direbus matang sebelumnya beserta airnya. Masak hingga agak mengental. (Dimasak agak lama sekalian untuk hilangin bau ketan). Masukkan saus santan, masak bersamaan sebentar saja dengan api kecil. Sajikan.
Bubur Kacang Ijo Biji Salak - Step 5
6
Enaaakk..foto seadanya dan gelap, soalnya lagi mendung..makin pas makan ini πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
Bubur Kacang Ijo Biji Salak - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Tiap malem bingung cari cemilan bwt pak suami pulang kerja, iseng2 bikin burjo aja deyh πŸ€—πŸ€— tp kali ini tanpa gula jawa karna ngga punya..

6 mangkok
Bubur kacang ketan hitam

Bubur kacang ketan hitam

Suka sekali bubur kacang hijau,tanpa santan.

2 porsi
30 menit
Bubur Poligami

Bubur Poligami

Bebikinan menu bukber spesial buat keluarga kecil tercinta😍😍 #JemputRejeki #siapramadan #cookpadcommunity

Bubur mutiara cangjotan sruputt

Bubur mutiara cangjotan sruputt

Cuaca lg dingin di temani gemericik hujan guys,,, pngn yg hngat" buat bubur aj ahhh. Like, comment and share y guys hhhh

bubur kacang ijo kesukaan si kecil

bubur kacang ijo kesukaan si kecil

Bubur ini di buat krn cocok bgt pas musim ujan,anak2ku jg suka dgn buburnya.

6 porsi
30 menit
Bubur Kacang Ijo Istimewa

Bubur Kacang Ijo Istimewa

Lagi kepingin makan makanan simple masaknya tapi kaya vitamin plus murah.. hehe. Jadi kepikiran untuk masak burjo, bahannya juga simple banget. Terus fyi, harga kacang ijo per kilo sekitar 20.000 dan beli 1/4 aja udah bisa jadi banyak lho, murah kan?

5 porsi
20 menit
Burjo...bubur kacang hijau

Burjo...bubur kacang hijau

Sebenernya tanpa di rendam pun bubur kacang hijau empuk,jadi masak kacang hijau dengan air mendidih,tunggu sampai kacang hijau empuk, baru tambahkan gula merah,garam,santan,daun pandan 😁

Bubur Kacang Hijau (mpasi 6+)

Bubur Kacang Hijau (mpasi 6+)

Tadi panas sekarang hujan, yuhuuu ubi lapar, bu ibu masak yuu 😚

1 porsi
260 menit
Bubur kacang Hijau lembut

Bubur kacang Hijau lembut

favorite! masak 1 kg kacang hijau alhasil bisa bagi2 tetangga hihi

Bubur Kacang Hijau Pisang Hijau

Bubur Kacang Hijau Pisang Hijau

Perut saya lagi kurang sehat beberapa hari ini bunda, makan tidak enak. Jadi pengen bikin makanan pengganti nasi, kepikiran deh bikin Burjo. Alhamdulillah enak banget

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

2 - 3 orang
Bubur Kacang Hijau Oatmeal

Bubur Kacang Hijau Oatmeal

Lagi bingung mau bikin cemilan apa, ketika melihat ada kacang hijau dan oatmeal, langsung terpikir untuk menggabungkannya. Kebetulan saya ingin cepat menghabiskan persediaan oat jadi saya bikin komposisinya lebih banyak oat daripada kacang hijau.Tapi hasilnya seperti terlihat difoto kelihatan seimbang komposisinya. Buburnya kental, gurih, manis dan nampol di perut πŸ˜‚ Semoga menginspirasi buat yang sedang bosan makan oatmeal.

4 mangkok
Bubur pedas (khas kalimantan barat)

Bubur pedas (khas kalimantan barat)

Khas kalbar tepatnya berasal dr kabupaten sambas

10-15 orang
+-60menit
Mpasi 8m : Bubur Oat Kacang hijau

Mpasi 8m : Bubur Oat Kacang hijau

Hari ini g ada stok prohe,jd seadanya wae yang di kulkas cemplung2😁. Dan ini g pake bumbu aromatik karena sy pkir g ada ikan2an dan kacang hijau jg udh manis

Bubur kacang merah

Bubur kacang merah

Karna ini lagi musim hujan paling enak bikin kudapan yang hangat dan manis ya, suami saya sukaaa sama bubur kacang merah, ini 1st time saya bikin bubur kacang merah dan berhasil setelah cari cari resepnya di cookpad ig dll

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Takaran resep memakai feeling 😁

Untuk 8 porsi
Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Bubur ketan hitam dan kacang ijo Sederhana

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba πŸ˜πŸ™