Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam yang Enak

Dipos pada February 12, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 12 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam
  2. Santan dari 1/2 butir kelapa
  3. secukupnya Gula garam
  4. πŸŽ‹Bumbu halus :
  5. 5 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 1/2 sdt ketumbar
  8. 1/2 sdt mrica
  9. 2 butir kemiri
  10. 1 ruas kunyit
  11. πŸŽ‹bahan cemplungan :
  12. salam lengkuas & sereh yg di geprek

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Cuci bersih ayam, rebus sebentar utk ngilangin kotorannya. Sisihkan
2
Tumis bumbu halus sampe wangi lalu masukkan bahan cemplungnya, tambahi sedikit air lalu masukkan ayam. Bisa di tambahi tahu, telor atau tempe jg ya buat temen ayam.
3
Masak kira"1/3 ayam empuk baru tambahi santan. Aduk" biar gak pecah. Tambahi bumbu pelengkap gula garam & masako. Masak pake api kecil biar matangnya merata. Stelah matang taburi bawang goreng. Sajikan.
Opor Ayam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Source :Fitri Sasmaya #FestivalResepAsia #Indonesia #Ayam #OporAyam #OlahanAyam #MasakanIndonesia Assalamualaikum..Selamat Idul Adha teman sesama cookpaders..lebih afdol kalau postingannya berbau daging ya..apalah daya besok kayaknya ngga dapat daging qurban.Ikut meramaikan event yang diadakan cookpad,pertama aku posting resep dari negeri tercinta dulu..yup..opor ayam memang salah satu masakan indonesia yang cukup dikenal,opor diklaim sebagai masakan dari Jawa,tapi menurut kesotoyan saia..ada juga opor yang berasal dari suku Betawi Jakarta.Kenapa pilihnya ayam?karna aku jarang makan daging..πŸ˜‚πŸ˜‚. .Pernah coba bikin opor tapi pake telur hasilnya kurang sedep,pake resep mba' Fitsas..alhamdulillah..enakkk biarpun ngga lengkap bumbunya(lengkuas dan jintan)..apa karna aku pake ayam ya jadi lebih gurih ketimbang telur..πŸ˜„πŸ˜„

Opor ayam super simpel

Opor ayam super simpel

Kenapa dbilang super simpel? Karena emang bahan2nya gmpg dcari dan 1 resep ini bs dbikin jadi pepes ayam juga atau ayam goreng..

Opor Ayam Edisi Lebaran

Opor Ayam Edisi Lebaran

Menu special untuk hari yang special. Beruntung yah saya beli bumbu di warung yang sudah paketan. Tapi bukan instant, ternyata, baru tau rahasia masakan kampung, karena rempahnya. Hasilnya lebih enak dari yang saya bikin (ya iyalah, saya masak selalu minimalis hahahaha) saya simpan siapa tau next gak perlu lebaran lagi bikin opornya.

Opor telur pedas

Opor telur pedas

Menu baru buat suami dan rasanya enaaaqqq😍

2 porsi
Opor ayam dan tahu sederhana

Opor ayam dan tahu sederhana

Pengen coba bikin opor ayam,tanpa bumbu jadi,eh alhamdulilah suami sukak banget,yukk cus liat resepnya😁😁😘😘

Opor Ayam

Opor Ayam

Salah satu menu terrrrfavorit dirumahπŸ‘Œ Sangkin suka nya,si kk rela repot2 bekel opor ke skul padahal biasanya maunya keringan aja,tapi klo ada opor malah minta dibekelin 😁 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge (7)

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Sungguh ayam yang sangat kuat, mau di sembelih brapa kali kabur burr.. Alhamdulillah akhirnya takluk juga bi'idznillaah. Jadilah opor ala ala ummu ikhlas.

Opor ayam

Opor ayam

py 1 ekor ayam dikulkas,,lgsg aj cuzz dimasak opor

Opor ayam klasik

Opor ayam klasik

maaf ini agak pucat fotonya, krn pas foto belum masukiin kunyitnya hahahhaha :')

10 porsi
Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Source: kiki nurmala #berburucelemekemas#resolusi2019

Opor Ayam bumbu instan Indofood

Opor Ayam bumbu instan Indofood

Kelebihan stok bumbu instan, sayang kalau dibuang.Tapi biar rasanya lebih maknyus..ada beberapa bumbu tambahannya.

Terik Babat

Terik Babat

Memang jeroan itu enak bangetz, kalau masaknya tepat bumbunya jg pas. Babat, orang jawa bilang "anduk", lezat jg di bacem, di empal, di buat taburan soto, di gule n many more. Di buat terik jg oke, let's make it. 😊😊

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Ini Menu ke-2 edisi Idul Adha kemarin 😊 Pengennya pas plating, dagingnya disiram kuah kenthel yg bumbunya medhok Tapi ada insiden teman teman hehe Seharusnya masak terik begini lamaa. Kurang lebih 1 jam, dan jangan dibuka-buka tutupnya. (Dan lebih enak, dibawah tutup manci dilapis daun pisang pas masaknya) mungkin punya saya kurang banyak airnya, pas menjelang 1 jam airnya udah habis dan nyariiis gosong πŸ™ˆ tapi belom gosong kok πŸ˜‚ hehe Yang penting rasanyaa yaa πŸ‘Œ mantaap kok bwt pemulaa πŸ‘

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam ala dapur guweeeeh πŸ˜† setiap th selalu bikin dgn resep yg sama. Blm bs move on krn resep ini paling cucok d lidah πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘