Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor tahu yang Lezat Sekali

Dipos pada February 11, 2022

Opor tahu

Hari ini saya akan berbagi resep Opor tahu yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor tahu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor tahu memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu masakan yg dulu sering dibuatin sm mamah 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor tahu:

  1. Bahan utama
  2. 1 bungkus tahu kulit (isi 10 tahu)
  3. 1 batang daun bawang
  4. secukupnya Air
  5. Kelapa parut
  6. secukupnya Minyak
  7. Bumbu halus
  8. 5 buah kemiri bulat
  9. 5 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. secukupnya Kunyit
  12. secukupnya Garam
  13. secukupnya Penyedap rasa
  14. Bumbu tambahan
  15. 1 batang sereh
  16. 2 lembar daun salam
  17. secukupnya Lengkuas
  18. secukupnya Gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Opor tahu

1
Potong dadu tahu kulit. Potong kecil2 daun bawang. Geprek lengkuas. Peras kelapa parut (pisahkan antara santan kental dan cair).
2
Haluskan semua bumbu halus. Rebus air secukupnya sambil panaskan minyak (ditempat lain). Masukan bumbu halus yg sudah dihaluskan. Tunggu hingga harum.
3
Masukan sereh, daun salam, dan lengkuas. Aduk sebentar. Lalu masukan bumbu serta minyaknya ke panci yg ada rebusan air tadi (air sudah mendidih).
4
Aduk sebentar. Lalu masukan tahu kulit. Masukan santan cair. Aduk terus, jgn berhenti. Jika sudah mendidih, masukan santan kental. Aduk kembali.
5
Tambahkan gula pasir dan masukan daun bawang. Aduk kembali. Koreksi rasa. Aduk terus agar santan tidak pecah. Tunggu hingga santan benar2 matang. Angkat lalu sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam tanpa santan ala Arien's kitchen

Opor ayam tanpa santan ala Arien's kitchen

Masih punya stok lontong di kulkas sisa lebaran. Cek freezer masih ada paha ayam . Lihat lemari stok ada sisa telur puyuh jg. Tapi sayangnya ga punya stok santan instant. Baiklah, kita modifikasi aj resepnya pake fibercreme..hasilnya, opor ayam yg ringan tapi gurih bgt. Tentunya lebih sehat ya. Arien sampai habis 2 piring nasi makan pakai opor ini. Yuk cobain, gampang dan cepat.

4 porsi
30 menit
Opor ayam endes #Festival Resep Asia#Indonesia#Daging Ayam

Opor ayam endes #Festival Resep Asia#Indonesia#Daging Ayam

Beda sama yang lain,biasanya opor gak pakai cabe,tapi ini brrrbrrr pedesnya.....

Terik ayam tahu tempe

Terik ayam tahu tempe

Bahan yg ada dikulkas ayam tahu tempe di manfaatkan aja krn klo pagi2 mo kepasar lom sempat sibuk sm anak2 yg mo brkt sekolah.

Opor ayam super mudah ala anak rantau

Opor ayam super mudah ala anak rantau

Lebaran jauh dari orang tua rasanya berat banget karena melewatkan moment bersama tapi yang pasti buat sedih waktu yang lain santap makanan sama org tua lah kita anak kost cuma bisa makan yang dimasak sendiri but tak apa demi study cepet selesai, so dengan keterbatasan kemampuan , serta alat dan bahan memberanikan diri untuk buat opor ayam sendiri biar kerasa suasana lebarannya hehe Alhasil jadilah ipor ayam dengan rasa kaya dirumah tapi dengan segala alat dan bahan seadanya banget hehe #FestivalResepAsia #Indonesia #DagingAyam

8 porsi
30 Menit
Opor Ayam Telur Tahu Gurih

Opor Ayam Telur Tahu Gurih

Ini opor tanpa kunyit ya Moms. Tetep lekker. Si kembar dan Kakaknya doyan makan opor ini dgn lahappppnyaaa πŸ€—

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Masakan yang super gampil, super fast, cocok buat yang punya krucil. Semua bisa makan nih mulai dari yg kecil sampe yg gede jadi bener2 simple. Tinggal pakein sambel terasi aja kalo mau rada pedes.

Opor Ayam

Opor Ayam

Ini makanan kesukaan anakku, biasanya aku suka nambahin tahu goreng setengah matang😊

Opor telur ayam 😁

Opor telur ayam 😁

ceritanya nih , gra2 kesiangan bangun . jdi gak sempet belanja di pasar ? akhirnya beli telur di warung , bingung juga mau masak apa . mau di masak bumbu bali , udah bosen gtu trus . dan suami minta di bikin yg ada kuahnya ? jadi deh opor telur ayam 😁 yg hemat dan lebih murah . tapi enak banget rasanya gak kalah sama opor pakek ayam πŸ˜‰

6 porsi makan
Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Recook: Mommy Indah (sedikit modifikasi) Resep asli beliau pakai telur rebus, dan bumbu halusnya ditambah jinten. Saya skip 😁 Kali ini saya masak sore2. Spesial buat suami yg mau guiding tamu jepang ke bromo sepulang kerja. Request makanan berkuah biar dibadan anget πŸ’•

Opor Ayam

Opor Ayam

Aku tambahin telur juga, soalnya aku sebenernya lebih suka makanin telur opor daripada ayamnya hehehe

4 porsi
60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Berhubung lebaran di tanah rantau, jadilah menu nya cuma opor ayam, belado kentang ati ampela sama lontong magic com.. Hihihihi

Opor Ayam tahu ala sayahh

Opor Ayam tahu ala sayahh

bikin lauk nya satu macem plus sambel....😬😬

Opor Ayam Rumahan

Opor Ayam Rumahan

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Opor ayam bumbu komplit

Opor ayam bumbu komplit

Rasa opor ini khas banget .. serasa makan gulai.. ayo bikin..

Opor Ayam

Opor Ayam

Kerupuk jengkol recommended niih buat pelengkap makan hehehe