Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat MPASI: Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada February 11, 2022

MPASI: Opor Ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat MPASI: Opor Ayam yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya MPASI: Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari MPASI: Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian MPASI: Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan MPASI: Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat MPASI: Opor Ayam memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Di usia 10 bulan ini Abdulloh sudah mau makan nasi. Dia lebih tertarik makan 1 piring bareng orangtuanya dibandingkan di piring makannya sendiri. Maasyaa Alloh makannya lahap kalau pakai lauk opor. Sebelumnya pernah share resep opor mpasi juga tapi versi bumbu minimalis ala bayi kecil. Ohya seperti biasa ini opor encer ya karena Ibun emang sukanya yang light gini kuah-kuahnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat MPASI: Opor Ayam:

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 3 butir telur rebus/ceplok
  3. 1 batang serai, memarkan/ikat
  4. 2 lembar daun salam, remas
  5. 2 lembar daun jeruk, remas
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 500 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa (atau
  8. Secukupnya air untuk merebus, gula garam lada sesuai selera
  9. Bumbu halus:
  10. 4 butir bawang merah
  11. 2 butir bawang putih
  12. 3 butir kemiri
  13. 1/2 cm kunyit
  14. 1 cm jahe (tadi skip karena habis)
  15. Secukupnya ketumbar (Ibun pakai yang bubuk)
  16. Secukupnya jinten (tadi skip karena ga ada stoknya)

Langkah-langkah untuk membuat MPASI: Opor Ayam

1
Blansir ayam dengan merebusnya dalam air mendidih selama 3 menit, angkat, buang airnya, lalu tambahkan secukupnya air untuk merebus kembali dengan api kecil supaya keluar kaldu.
2
Sembari menunggu ayam lunak, siapkan bumbu lalu tumis bumbu halus beserta serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk. Saya blender bumbu menggunakan tambahan minyak (bukan air), jadi saat menumis tidak ditambahkan minyak lagi.
3
Tuang tumisan bumbu ke rebusan ayam, aduk rata.
4
Setelah ayam cukup matang, masukkan gula garam lada, tes rasa. Kecilkan api, masukkan santan, aduk sebentar, matikan kompor.
5
Saat menyajikan, untuk Abdulloh Ibun potong-potong kecil ayamnya paka gunting. Untuk Ayah tambahkan lagi garam dan lada (pakai merk Ladaku).

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Opor yg aku bikin ini opor ayam kering ...klo mau opor ayam yg kuah tinggal tmbh bumbu dan air ya😊

Opor ayam dkk

Opor ayam dkk

Beli ayam bingung mau di apain. di goreng bosen. akhirnya pengen nyoba di bikin opor ayam aja. kebetulan ada telor rebus sisa sarapan pagi tambah irisan kentang jadi rame opor ayam nya jadilah opor ayam dkk hehe..

Opor ayam kuah kuning

Opor ayam kuah kuning

Cerita di balik semua resep ini adalah krn ada seseorang yg lg bersungguh sungguh bgt pgn bisa msak πŸ˜†πŸ˜† jd apalah daya saya luangkan waktu buat pamer masakan saya dan ngasih tau resepnya πŸ˜‚πŸ˜‚βœŒβœŒ

1 porsi
Opor ayam dan tahu sederhana

Opor ayam dan tahu sederhana

Pengen coba bikin opor ayam,tanpa bumbu jadi,eh alhamdulilah suami sukak banget,yukk cus liat resepnya😁😁😘😘

TERIK AYAM TAHU #SelasaBisa

TERIK AYAM TAHU #SelasaBisa

#selasabisa #cookpadcommunity #resepkuhariini #cookpadcommunity_surabaya #clover #cookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #Naads_kitchen ceritanya tempo hari beli gudeg, trs dikasih lauk ayam. Penasaran sama rasanya yg gurih2 manis medhog gitu. Coba nanya nama masakannya apa, trs dikasih tau kalo itu namanya terik ayam. Coba cari2 resep yang menurut saya gambarnya sesuai dengan apa yg saya lihat & komposisi bumbunya matching 😁 ini aq nyontek resepnya mba @siska_dewi_lestari dengan sedikit modifikasi. Deg-degan karena pertama kalinya buat. Untung rasanya sesuai ekspektasi 😁😁😁😁

Opor ayam

Opor ayam

Ini menu andalan lebaran. Resep dari mamaku. Ini enak banget. Apa lagi makannya pakai ketupat/lontong. Maknyussss...silahkan dicoba yaa 😊

Opor Ayam Kampung πŸ“

Opor Ayam Kampung πŸ“

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #3weekchallenge #BringBackMemories #cookpadcommunity_kudus

5 porsi
60 menit
🐀Opor Ayam Kampung (simpel)

🐀Opor Ayam Kampung (simpel)

Lebaran sebentar lagii.. 🎢🎼🎢 Nyanyi2 dulu sebelum masak2 dahhhπŸ˜„ Kali ini mau bikin opor ayam kampung khas resep turun temurun dari keluarga dijogja. Biasanya tiap lebaran dirumah simbah pasti dimasakin rendang, opor, sambal goreng ati, soto/bakso. Karna semua anak mantu cucu cicit pada kumpul tumpah ruah. Dan tahun ini agendanya g mudik deh πŸ˜₯ Mka utk melepas rasa syedih karna g mudik tahun ini tanya2 sama bulek yang udh apal resep dr simbah. Masak sendiri..πŸ˜› Ternyata simpel banget.. enakk.. mirip2 sama masakan yg dijogjaπŸ˜„

Terik kecap hati ayam praktisss

Terik kecap hati ayam praktisss

Resepnya terik dr ibu,tambahin kecap krn suami suka kecap.yummy...buat anak jg bisa,tanpa cabe.

3porsi
45menit
Opor ayam

Opor ayam

Requestan suami untuk idul adha, karena daging sapinya ga ada πŸ˜πŸ˜‚

Opor Ayam (Pedas)

Opor Ayam (Pedas)

Karena opor biasa dirasa kurang greget (ga pedes sama sekali), perlu tambahan cabe rawit setan biar tambah seger dimakan siang2 🌢🌢 Yg ga suka pedas boleh di skip cabe nya loh, rasanya tetep endeusss kayak di warteg2 πŸ‘ŒπŸ»

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Cerita ya si doi request minta dimasakin opor ayam dr bbrp bln yg lalu 😁..tp krn sya blm prnh masak opor ayam sendiri jd gk saya turutin hahahaha...bru skrg saya berani masak opor ayam...dan alhamdulillahh masakan opor ayam saya disukai sma doi walapun ini bru perdana sya masak opor ayam...dia bilang masakan nya enak dan ini favorit dia..jd nambah nafsu makan smpe nambah nasi lagi😊

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Ini dia menu favorit pas lebaran kemarin. Ayamnya yang melihara bapak mertua dari itik hingga besar. Dilepas di kebun, diberi makan tanpa disuntik apapun.in sya alloh ayam sehat. Sumber resep: ibu malka, terima kasih ibu. Saya 2x resep karena ukuran ayam besar, santannya tdk menutupi ayam kalau menggunakan 1x resep.selamat mencoba.

5 porsi
Opor telur plus ceker

Opor telur plus ceker

Salah satu masakan kesukaan anak sy 😍😍😍

3 porsi
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Kali ini opornya pakai kunyit sedikit ben warna kuah e ayu nek jare wong jowo hihii 😊